Review ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300, 2 in 1 Multifungsi

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Di ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 versi standar, yang ditemukan hanyalah keyboard standar tampak aksesoris tambahan. 

Bagian sticker yang menempel di keyboard ini patut diapresiasi. Ini membuat keyboard terlihat beda dan memberi nuansa kreatif pada pemakainya. Sayangnya, tampaknya stiker ini agak mudah terkupas. Harus agak hati-hati untuk pemakaian keyboard karena bisa jadi ada yang iseng menggores stiker di keyboard.

2. ASUS Pen atau Stylus

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Perangkat ini hadir dengan stylus atau ASUS Pen yang sudah ada di kotak penjualan. Kehadiran ASUS Pen ini patut diapresiasi karena tentu untuk memperkuat identitas laptop sebagai laptop kreator atau ilustrator. 

asus vivbook 13 slate oled t330


ASUS menyebut jika pen ini punya tekanan sampai 4.096 level tekanan. Selain itu, pen ini juga punya dukungan USB-C® charge dan  266 Hz sampling rate. ASUS Pen ini merupakan perangkat yang bisa diisi ulang. Karena itu, di paket penjualan, terdapat kabel data untuk pengisian ulangnya. Kabel data saja, tanpa charger.

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Untuk pengalaman penggunaan, memang ASUS Pen ini tergolong nyaman untuk menggambar. Digunakan untuk navigasi di layar juga sangat nyaman. Respon penggunaannya tergolong bagus.

Bagi yang suka bikin gambar, kehadiran ASUS Pen ini membuat pengalaman di ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 menjadi berbeda. Apalagi ASUS Pen ini punya empat mode tips yang bisa diganti yakni mode pensil 2H, H, HB, dan B. Mode tersebut bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kreator atau ilustrator.

asus vivbook 13 slate oled t330

Sayangnya, ASUS Pen hanya tersedia di versi kreator. Untuk versi standar, pengguna harus membeli ASUS Pen secara terpisah. Atau bisa juga memakai stylus Pen yang dijual umum. Hanya saja Pen yang dibeli harus punya Bluetooth.

Hal yang disayangkan lagi, versi kreator ini tidak punya tempat khusus untuk Pen atau stylus di bagian laptop. Minimal seharusnya bisa ditempelkan di bagian sisi atau pinggi laptop. Tapi ni bukan masalah yang besar sebenarnya.

3. Cover Stand

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 punya cover stand atau penyangga laptop. Cover Stand punya dua bagian. Bagian pertama adalah bagian luar, yang jadi tempat untuk hasil karya Steven Harrington. Karya ilustrasi yang sama dengan kotak kemasan. Hanya saja kali ini dengan sentuhan warna seperti pada gambar di atas.

Sementara bagian dalam, hanya berwarna hitam. Tidak ada yang menonjol di bagian ini kecuali tulisan Steven Harrington dengan satu karya ilustrasinya. Bagian dalam ini punya sistem magnetis yang bisa dengan mudah menempel di belakang perangkat.

asus vivbook 13 slate oled t330

Keberadaan cover stand ini sangat vital untuk penggunaan perangkat. Tanpa cover stand, perangkat ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 tidak bisa digunakan dalam mode penggunaan layaknya laptop biasa.

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Kehadiran cover stand, bisa membuat ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 dalam keadaan berdiri seperti berikut ini.

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Sistem cover magnetis ini bisa menempel kuat ke bodi layar. Saya awalnya agak sedikit khawatir apa stand ini cukiup kokoh atau tidak? Saat digunakan, ternyata cover stand cukup kokoh. Apalagi bagian bawahnya bisa diatur tingkat kemiringannya sehingga membuat penggunaan laptop bisa lebih fleksibel untuk sudut pandang menonton.

Cover stand ini juga bisa membuat ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 dalam mode portrait. Contohnya seperti berikut ini.

asus vivbook 13 slate oled t330

Untuk dapat diposisikan seperti pada gambar, bagian stand yang fleksibel perlu diatur sampai sudut 90 derajat. Ini dilakukan agar perangkat bisa berdiri seimbang seperti tampak pada gambar berikut ini.

asus vivbook 13 slate oled t330

Saat mode portrait, tentu keyboard perlu dilepas. Ini membuat keyboard tidak bisa digunakan saat laptop mode berdiri.

Dalam mode portrait ini, saya bisa dengan mudah scroll media sosial yang saat ini lebih banyak punya rasio video memanjang ke bawah. Contohnya video di TikTok atau di Instagram. Selain itu, mode ini juga bisa dimanfaatkan untuk ilustrator yang butuh pengalaman layaknya kertas portrait memanjang.

asus vivbook 13 slate oled t330

Dalam mode portrait, keyboard bawaan tidak bisa digunakan Karena keyboard perlu terhubung ke bagian bodi laptop. Jika ingin mengetik dalam mode ini, sebaiknya beli keyboard Bluetooth untuk kemudian bisa disambungkan ke ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300.

Karena fungsinya yang cukup vital, cover Stand ini sudah hadir di paket penjualan ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300, baik yang versi standar maupun versi kreator.

Khusus varian kreator, cover stand yang dihadirkan bercorak karya ilustrator. Sementara untuk ebrsi standar, hanya polos saja.

4. Tas Laptop

asus vivbook 13 slate oled t330

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 versi kreator dibekali juga dengan tas khusus untuk laptopnya. Tasnya ini cukup kokoh dan bagus dan mudah di bawa kemana-mana. Tasnya juga tidak lepas dari balutan karya Seteven Harrington.

5. Charger Type-C

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 datang dengan pengisi daya USB Type-C. Dengan charger ini, perangkat bisa terisi 60 persen dalam waktu 39 menit. Charger bawaan ini standar, tidak punya corak khsusus atau stiker ilustrasi karya kreator seperti pada aksesoris lain.

5. Cover atau Kasing Tambahan untuk Mode Tablet

ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300

Di kotak kemasan, terdapat juga cover atau lebih tepatnya kasing tambahan. Kasing ini bisa dipasang saat perangkat dalam mode tablet, alias tidak terhubung keyboard.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram