Review Kekurangan dan Kelebihan Coolpad Shine

Ditulis oleh Linda

Setelah menyimak review dari Coolpad Soar, Star, dan Sky, kini tiba saatnya untuk mengulas smartphone besutan Coolpad lainnya, yakni Shine. Menurut Carisinyal, Coolpad Shine ini merupakan smartphone terbaik dari berbagai sektor jika dibandingkan dengan varian Coolpad lainnya.

Harga yang dibandrol untuk Coolpad Shine juga cukup ‘masuk akal’ melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone tersebut. Nah, apa saja spesifikasi dan fitur yang membuat Coolpad Shine ini patut untuk dipertimbangkan? Mari kita simak review Coolpad Shine berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5.5 inch, 720 x 1280 pixels (267 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 "64-bit"
  • CPU: Octa Core 1.5 GHz, Cortex-A53 + Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Aperture F/2.0, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 5 MP, video record 720p@30fps
  • Baterai: Li-Polimer 2500 mAh

Desain

Coolpad Shine mengusung desain premium yang terlihat elegan. Layarnya menggunakan desain bezel-less yang membuat smartphone ini tampak minimalis. Body ponsel ini cukup ramping karena memiliki panjang 153 mm, lebar 77 mm, dan tebal 8.6 mm.

kelebihan dan kekurangan coolpad shine

Coolpad Shine hanya tersedia dalam pilihan warna gold. Namun, warna gold inilah yang membuat desain Coolpad Shine jadi semakin menarik. Tidak diketahui apakah Coolpad akan merilis varian warna lainnya atau tidak.

Layar

Layar Coolpad Shine berukuran 5.5 inch dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Layar ini juga menggunakan teknologi IPS 16 juta warna dan memiliki kerapatan layar 294 ppi. Resolusi ini cukup tajam dan jernih. Ukuran resolusi layar tersebut juga kerap kali digunakan pada beberapa smartphone mid-end.

Tampilan visual layar yang tidak mengecewakan ini juga dibekali dengan interface Cool UI. Sistem tampilan antarmuka ini membuat layar Coolpad Shine lebih menawan. Sayangnya, smartphone ini belum memiliki proteksi layar bawaan, seperti Corning Gorilla Glass. Oleh karena itu, Anda harus memasang screenguard sendiri pada layarnya.

Prosesor

review coolpad shine

Sektor dapur pacu adalah bagian yang paling penting dalam review Coolpad Shine. Pasalnya, dapur pacu merupakan jantung bagi setiap gadget. Coolpad Shine ditenagai chipset Qualcomm MSM8939 615 ’64-bit’ dengan CPU Octa Core 1.5 GHz Cortex-A53.

Komponen hardware yang dimiliki Coolpad Shine ini sangat tangguh dan lumayan baik. Prosesor inilah yang membuat Coolpad Shine sedikit lebih unggul dari Coolpad Soar, Star, dan Sky yang masih menggunakan prosesor low-end.

Pada sektor tampilan grafis, Coolpad menggunakan kartu pengolah grafis Adreno 405. GPU ini akan mengolah tampilan grafis smartphone ini menjadi lebih sempurna sehingga smartphone ini sangat kompatibel untuk streaming video dan bermain game-game HD.

Memori

Harus kami akui bahwa di sektor memori, Coolpad Shine juga lebih unggul dibanding varian Coolpad lainnya. Meskipun smartphone ini hanya memiliki memori internal berkapasitas 8 GB, tetapi memori eksternalnya bisa diupgrade hingga 32 GB.

Sementara itu, beberapa netizen mungkin mengeluhkan kapasitas RAM varian Coolpad yang terbilang kecil. Nah, dari beberapa kritik dan keluhan tersebut, kini Coolpad menyematkan RAM sebesar 2 GB pada seri Shine ini. Kapasitas RAM yang lumayan besar ini mampu menandingi kekuatan dan kinerja dari hardware yang digunakan smartphone ini.

Kamera

Keunggulan Coolpad Shine dari varian Coolpad lainnya juga terletak dari segi kamera. Kamera belakang ponsel pintar ini berukuran 13 MP. Tak hanya itu saja, kamera tersebut juga dilengkapi dengan LED Flash. Beberapa fitur, seperti Aperture F/2.0, geo-tagging, face detection, digital zoom, autofocus, touch focus, panorama, maupun HDR, juga disematkan ke dalam kamera Coolpad Shine.

Kamera smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps. Selain itu, bagi Anda yang gemar menggambil foto selfie atau melakukan video call, Anda bisa menggunakan kamera depan beresolusi 5 MP. Kamer depan yang bisa diandalkan ini juga bisa merekam video dengan resolusi 720p pada 30fps.

Konektivitas

Mengingat semua varian Coolpad sudah kompatibel pada jaringan 4G LTE, tentunya Coolpad Shine ini juga bisa terkoneksi pada jaringan tersebut. Nikmati kecepatan berselancar dalam dunia maya menggunakan Coolpad Shine yang sudah terkoneksi pada jaringan 4G LTE. Jika provider atau wilayah Anda belum menyediakan jaringan 4G LTE, Anda tetap bisa menggunakan smartphone ini pada jaringan 2G dan 3G.

Selain jaringan dari provider, Anda juga bisa menggunakan jaringan internet hotspot Wi-Fi menggunakan smartphone ini. Jika ingin mengirim atau menerima file dari perangkat lain, Anda hanya perlu menyalakan Bluetooth v4.0 pada smartphone ini atau menyambungkan smartphone ke PC dengan microUSB v2.0.

Baterai

Tak perlu khawatir akan kehabisan baterai smartphone ini saat sedang berpergian. Pasalnya, Coolpad Shine menggunakan baterai dengan kapasitas yang lumayan. Ponsel pintar yang satu ini ditenagai oleh baterai Li-Polimer 2500 mAh.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram