Review Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Sky

Ditulis oleh Linda

Satu lagi pemain baru hadir dalam pasar smartphone 4G LTE di Indonesia, Coolpad Sky. Smartphone yang diproduksi oleh vendor asal Tiongkok ini masuk dalam jajaran smartphone mid-end alias kelas menengah.

Namun, apakah spesifikasinya sudah cukup ‘layak’ untuk disebut smartphone kelas menengah? Kita simak di review Coolpad Sky berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5.5 inch, 540 x 960 pixels (200 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 1 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 "64-bit"
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.2 (KitKat)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, CMOS sensor, Aperture F/2.2, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 2 MP, fixedfocus, Aperture F/2.4
  • Baterai: Li-ion 2500 mAh

Desain

Menurut Carisinyal, sekilas tampilan Coolpad Sky agak mirip dengan iPhone6+. Entah ada unsur kesengajaan atau tidak saat merancangnya, saat menatap smartphone ini kita jadi teringat dengan desain iPhone6+ yang cukup besar.

review coolpad sky

Coolpad Sky tampil tanpa bezel, hal ini membuat smartphone tersebut tampak lebih simpel dan dinamis. Keempat sudut smartphone berbentuk melengkung dan dibalut dengan aksen krom pada bagian sampingnya.

Coolpad Sky memiliki dimensi panjang 153 mm, lebar 77.5 mm, dan tebal 8.6 mm. Bobot dari smartphone ini adalah 158 gram. Ada 2 varian warna yang tersedia untuk Coolpad Sky, yakni putih dan gold.

Layar

Tidak ada yang spesial pada layar smartphone ini. Pasalnya, Coolpad Sky mengusung layar teknologi IPS dengan 16 juta warna yang memiliki resolusi 540 x 960 piksel dan kerapatan layar 200 ppi. Resolusi layar ini sebenarnya tidak layak untuk sebuah smartphone kelas menengah. Karena smartphone low-end yang mengusung resolusi lebih tinggi saja dibandrol dengan harga lebih murah.

Layar 5.5 inch Coolpad Sky juga dilengkapi dengan teknologi antarmuka CoolLife UI 6.0. Interface ini mempermudah Anda untuk custom tampilan layar sesuai dengan keinginan.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan coolpad sky

Dapur pacu yang digunakan oleh Coolpad Sky cukup tangguh. Akan tetapi, dapur pacu ini lebih sesuai untuk digunakan di kelas ponsel menengah ke bawah. Coolpad Sky ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 64-bit dengan CPU Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53.

Untuk tampilan grafisnya, Coolpad Sky mengandalkan GPU Adreno 306. GPU ini bisa menghasilkan tampilan grafis yang cukup baik, tetapi tidak terlalu mumpuni untuk menunjang game-game berkualitas HD.

Memori

Ukuran memori internal, eksternal, dan RAM Coolpad Sky mengingatkan kita pada sektor memori yang dimiliki Coolpad Star. Semua ukuran memorti Sky E501 memang sama dengan Coolpad Star. Memori internal yang dimiliki terbilang kecil, yakni 8 GB. Sementara itu, ukuran memori eksternal masih terbilang standar, yakni bisa diupgrade hingga 32 GB.

Di saat ada banyak smartphone asal China yang sudah mengusung RAM 2 GB, Coolpad Sky masih setia menggunakan 1 GB. Perlu Anda ketahui, bahwa semakin besar ukuran RAM dalam sebuah perangkat, maka perangkat tersebut akan semakin minim lag.

Kamera

Coolpad Sky memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP. Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan LED Flash untuk mengambil gambar dalam tempat yang minim pencahayaan. Beberapa fitur kamera yang terdapat pada Coolpad Sky cukup menghibur, antara lain adalah CMOS Sensor, Aperture F/2.2, geo-tangging, face detection, autofocus, digital zoom, touch focus, panorama, dan HDR.

Resolusi ketika merekam video dengan smartphone ini adalah 1080p pada 30fps. Nah, untuk keperluan selfie, kamera depan Coolpad Sky tidak terlalu buruk. Ya, kamera depan smartphone ini beresolusi 2 MP. Ukuran resolusi kamera yang cukup baik untuk mengambil potret diri. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan fitur fixedfocus dan Aperture F/2.4.

Konektivitas

Angin segar datang dari sektor konektivitas Coolpad Sky. Smartphone ini sudah bisa terkoneksi pada jaringan 4G LTE. Cukup menghibur saat mengetahui smartphone ini sudah bisa digunakan pada jaringan internet yang menjanjikan kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Namun, sekali lagi Carisinyal menegaskan bahwa beberapa ponsel low-end pun juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE.

Smartphone Dual-SIM (GSM-GSM) ini juga bisa digunakan pada jaringan 2G dan 3G. Wi-Fi 802.11 b/g/n juga tersemat pada smartphone ini jika Anda ingin menikmati fasiltas free HotSpot Wi-Fi yang kini dapat dijumpai dengan mudah di beberapa tempat umum. Untuk melengkapi keperluan transfer data antar perangkat, Anda bisa mengandalkan Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0 pada Coolpad Sky.

Baterai

Sama di sektor memori, lantas tidak membuat kapasitas baterai Coolpad Sky juga sama dengan Coolpad Star. Kapasitas baterai yang ditawarkan smartphone ini tidak terlalu besar. Hal tersebut lantaran ponsel pintar ini hanya menggunakan baterai Li-ion 2500 mAh. Mungkin Anda perlu membawa power bank jika ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram