Wajib Punya! Review Flashdisk TEAMGROUP C212 512 GB

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Seperti yang kita ketahui, TEAMGROUP terkenal dengan produk-produk hardware-nya yang mumpuni. Ya, selain memproduksi SSD, TEAMGROUP pun menghadirkan produk USB Drive atau flashdisk. Sebelumnya kami sudah pernah me-review beberapa produk dari TEAMGROUP, termasuk flashdisk T-FORCE Spark RGB 128 GB.

Kini kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu produk unggulannya, yakni TEAMGROUP C212 Extreme Speed USB Drive dengan kapasitas 512 GB.

TEAMGROUP mengklaim kalau flashdisk ini memilki kecepatan transfer mencapai 600MB/s. Kira-kira, sekeren itukah produknya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Flashdisk

TEAMGROUP C212_
  • Voltage: DC +5V
  • Interface: USB 3.2 Gen2 Type-A
  • Dimensions: 78.2(L) x 20.5(W) x 12.2(H) mm
  • Weight: 9 g
  • Capacity: 512 GB
  • Data Transfer Rate: Read: up to 600/500MB/s (512 GB)
  • Support OS: Windows® 10, Windows 8.1, Windows 7, mac OS® x 10.11 or higher, Linux® 2.6., Console, Chrome OS
  • Warranty: 5 year warranty

Fitur Flashdisk

Fitur Teamgroup c212_

Serupa dengan flashdisk TEAMGROUP yang lain, TEAMGROUP C212 Extreme Speed USB Drive 512 GB ini tentu memilki fitur unggulannya tersendiri. Apa sajakah fitur-fitur keren dari flashdisk satu ini. Berikut daftarnya:

  • Kapasitas besar. Dapat memuat lebih dari 150.000 file musik dengan ukuran file 4MB per lagu
  • Push-and pull design yang memudahkan pemakaian flashdisk
  • Transfer data super cepat, 10 GB file hanya dalam 30 detik saja
  • Bisa digunakan di platform konsol seperti PlayStation
  • Anti-fingerprint

Kemasan 

kemasan flashdisk teamgroup c212 depan_

Pertama-tama, kami akan mengulas mengenai kemasan dari flashdisk ini. Ya, seperti yang bisa Anda lihat pada foto di atas, kemasan TEAMGROUP C212 Extreme Speed ini serupa dengan kemasan flashdisk kebanyakan. 

Bisa dibilang, memang kemasannya tak seistimewa T-FORCE Spark RGB 128 GB yang begitu besar. 

Meski begitu, kemasan flashdisk ini hadir dengan informasi produk yang terbilang lengkap. Di bagian depan terdapat informasi tentang data transfer read, serta beberapa fitur unggulan lain dari flashdisk USB 3.2 ini.

kemasan teamgroup c212 belakang_

Sementara di bagian belakang, ada lebih banyak informasi yang ditampilkan. Di antaranya spesifikasi singkat produk, mulai dari berat, interface, dimensi, dukungan sistem operasi, hingga voltasenya.

Selanjutnya, ada pula informasi tentang jumlah file yang dapat disimpan di flashdisk ini, sesuai dengan ukuran penyimpanannya. 

Pada flashdisk varian 512 GB yang kami review ini, Anda bahkan bisa menyimpan lebih dari 200.000 file foto beresolusi 2592 x1944 piksel. Terakhir, ada informasi singkat tentang produk ini.

Desain

Desain Teamgroup c212 1_

Selanjutnya, kami akan membahas desain flashdisk ini. TEAMGROUP C212 Extreme Speed USB Drive hadir dengan desain minimalis yang keren. Warnanya hitam, dipadukan dengan warna merah pada bagian slider-nya.

Untuk ukurannya sendiri, bisa dibilang lebih besar dari TEAMGROUP Spark RGB 128. Akan tetapi, beratnya jauh lebih ringan, yakni hanya seberat 9 gram saja. Oleh karena itu, Anda dapat mengantongi flashdisk ini dan membawanya kemana saja dengan mudah.

Tidak hanya hadir dengan desain yang compact dan minimalis, TEAMGROUP memudahkan pengguna untuk mengoperasikan flashdisk ini. 

Cara menggunakan flashdisk ini sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan jari untuk menggeser slider ke bagian atas, kemudian Anda dapat langsung menghubungkan flashdisk dengan perangkat lain.

indikator lampu flashdisk 2_

Oh iya, flashdisk ini memang tidak dilengkapi lampu RGB yang begitu stunning. Akan tetapi, ketika Anda menyambungkannya dengan perangkat lain seperti laptop, lampu indikator berwarna merah akan menyala sebentar.

Nah, ketika flashdisk sedang digunakan untuk mentransfer data, indikator lampunya akan berkedip dan mati otomatis saat proses transfer data usai.

Sekadar info, flashdisk ini juga hadir dengan fitur anti-fingerprint yang memungkinkan sidik jari tidak mengotori badan flashdisk. Jadi, walau telah dipegang dan digunakan berkali-kali, tampilan bodi dari perangkat ini akan tetap bersih.

Performa

performa teamgroup c212_

Tidak lengkap rasanya jika kami tak membahas performa dari TEAMGROUP C212 Extreme Speed USB Drive 512 GB ini. 

Ya, seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, TEAMGROUP menawarkan performa kencang untuk sebuah flashdisk di kelasnya, lewat produk yang satu ini. Kecepatan lebih dari 500MB/s dapat diraih jika Anda menggunakannya untuk proses transfer data. Benarkah begitu?

Guna membuktikan klaim tersebut, kami melakukan pengujian dengan perangkat lunak CrystalDiskMark8. 

Kami menggunakannya untuk mentransfer data di sebuah laptop yang ditenagai dengan prosesor AMD A10 Radeon R5 2.5GHz dan RAM sebesar 8 GB, serta dibekali OS Windows 10. Berikut hasil uji benchmark flashdisk ini memakai perangkat lunak CrystalDiskMark 8.

teamgroup c212 crystaldiskmark_

Kami menggunakan setting 5 test count, dan test file 4 GiB, serta MB/s untuk test unit. Seperti yang tampak pada gambar di atas, hasil pengujian SEQ1MQ8T1 menunjukkan angka 327.62 untuk kecepatan baca, dan 221.25 untuk kecepatan tulisnya.

Bisa dibilang, bahwa klaim dari TEAMGROUP cukup valid, karena hasil yang mendekati angka 600 MB/s untuk transfer data mampu dihasilkan dengan mudah oleh perangkat ini. 

Hanya saja, dengan perangkat laptop yang kami gunakan untuk mentransfer file sebesar 4GB, kami memerlukan waktu sekitar 3 menit hingga prosesnya selesai.

Tidak hanya mengujinya di laptop berbasis OS Windows 10, kami pun melakukan pengujian kedua pada perangkat lain, yakni sebuah MacBook yang ditenagai Intel Core i5 dengan prosesor Dual-Core 1,6 GHz dan RAM 4GB.

Bedanya, kami menggunakan perangkat lunak AmorphousDiskMark 4.0 yang suitable untuk sebuah MacBook. Fungsi dan fitur software ini sama dengan CrystalDiskMark.

Untuk menguji flashdisk TEAMGROUP yang kami ulas ini, kami menggunakan pengaturan serupa yang diterapkan pada pengujian sebelumnya dengan CrystalDiskMark8. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram