Review Infinix Hot 12i, HP 1 Jutaan yang Kaya Fitur

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Berdasarkan pengalaman selama menggunakan Infinix Hot 12i ini, tidak terdapat kendala apa pun mengenai kenyamanan grip. Dengan bobot berada di angka 190 g dan dimensi 164,8 x 76,4 x 8,75 mm, HP ini sangat nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama.

Selain itu, Meskipun memiliki bodi belakang yang glossy, permukaan bodi belakang HP ini tidak terlalu licin dan sangat sedikit meninggalkan jejak sidik jari, bahkan hampir tidak terlihat.

Secara keseluruhan, desain dan tampilan yang dimiliki oleh Infinix Hot 12i ini telah dirancang sedemikian rupa demi memberikan pengalaman penggunaan yang terbaik. Sebagai HP kelas murah, tidak ada komplain yang bisa diberikan mengenai desain atau tampilan bodi yang dimiliki oleh HP ini.

Antarmuka Sistem Operasi

Infinix hot 12i
Infinix Hot 12i hadir dengan XOS 7.6 berbasis Android 11

Antarmuka yang dimiliki oleh Infinix Hot 12i dari pabrikannya adalah XOS 7.6 atau XOS Dolphin v7.6.0. Namun, HP ini masih berbasiskan pada Android 11, sehingga harus melakukan pembaruan secara manual untuk bisa mendapatkan Android 12.

Meskipun begitu, antarmuka XOS 7.6 ini sudah kaya akan fitur dan memiliki keunggulannya sendiri. Selain itu, Infinix Hot 12i juga memiliki beberapa software bloatware yang telah terinstal secara otomatis.

  • Aplikasi Bawaan

Beberapa aplikasi bloatware yang telah terpasang merupakan aplikasi dari Google, misalnya Files, Foto, Gmail, Maps, dan sebagainya. Namun, tidak sedikit juga aplikasi bawaan dari HP itu sendiri, misalnya Xclub, YoParty, Xshare Mini, dan sebagainya. Setelah melakukan set up, kami pun langsung mengunjungi laman informasi penyimpanan di pengaturan.

Infinix hot 12i

Ternyata, ROM memakan cukup banyak kapasitas storage yaitu hingga 23% dari total kapasitas memori internal sebesar 64 GB. HP masih menyediakan kapasitas sebanyak 48,69 GB untuk menginstal aplikasi, menyimpan file, dan sebagainya.

Meskipun begitu, sebagian besar aplikasi bawaan ini masih bisa dihapus dan dinonaktifkan untuk mendapatkan ruang penyimpanan lebih besar lagi.

  • Tampilan Home Screen
Infinix hot 12i
Tampilan Home Screen dan pencarian cepat aplikasi

Pada tampilan Home Screen atau halaman depan, pengguna disuguhkan dengan laman daftar aplikasi yang bisa digulir ke samping. Sama seperti HP lain pada umumnya, Anda juga melakukan tap and hold untuk memunculkan berbagai opsi kustomisasi yang bisa digunakan.

Melalui halaman depan, Anda bisa mencari aplikasi tertentu dengan cepat yaitu dengan menggunakan gerakan usap layar dari atas ke bawah di bagian tengah layar. Setelah itu, Anda tinggal menulis nama aplikasinya di kolom pencarian yang ada. Anda juga bisa melakukan gerakan usap layar dari bawah ke atas untuk melihat semua aplikasi yang ada.

  • Tampilan Quick Setting
Infinix hot 12i

Melakukan usap layar dari bagian atas akan memunculkan quick setting yang akan menampilkan sejumlah notifikasi dan menu pengaturan cepat, misalnya Wifi, Data Seluler, Bluetooth, Mode Getar,dan Lampu Senter.

Anda bisa menemukan menu pengaturan lainnya dengan mengusap ke bawah dan ke samping. Selain pengaturan, banyak juga fitur bawaan dari antarmuka yang tersemat di antaranya dan bisa digunakan, misalnya fitur Anti Intip, Peringatan Pencurian, Pacu Daya, dan sebagainya.

  • Aksi dan Gestur

Antarmuka yang dimiliki oleh XOS 7.6 ini memiliki fitur aksi dan gestur yang cukup banyak dan sangat bermanfaat. Anda bisa menemukan beberapa fitur aksi dan gestur tersebut di dalam menu pengaturan sebagai tambahan fitur.

Infinix hot 12i
Gestur musik

Gestur musik, ini sangat memudahkan dalam mengatur musik yang sedang dimainkan bahkan dalam keadaan layar mati. Fitur ini tentu sangat membantu, karena Anda tidak harus repot-repot menyalakan HP dan masuk ke aplikasi musik untuk mengontrolnya.

Setelah diaktifkan, Anda bisa mengontrol musik dalam keadaan layar mati dengan mengusap ke kiri untuk beralih ke sebelumnya, usap ke kanan untuk beralih ke musik selanjutnya, usap ke atas untuk berhenti atau pause, dan usap ke bawah untuk memutar lagunya kembali.

Infinix hot 12i
Gestur balik dan senyapkan

Balik dan Senyapkan, merupakan fitur gestur yang bisa digunakan untuk menyenyapkan nada dering dari panggilan yang masuk. Fitur ini akan sangat membantu ketika ada telepon di saat waktu yang tidak tepat, dengan hanya membalikkan HP, maka panggilan akan menjadi senyap.

Infinix hot 12i
Gestur angkat ke telinga

Angkat ke Telinga, merupakan fitur yang akan membantu Anda ketika ada panggilan telepon masuk. Anda hanya perlu mengangkat HP Anda ke telinga untuk menerima telepon yang masuk tersebut.

Infinix hot 12i
Gestur layar pintar menyala

Layar Pintar Menyala, merupakan fitur yang juga cukup membantu memudahkan penggunaannya. Pasalnya, ketika HP Anda diangkat, maka HP akan secara otomatis menyala dan siap digunakan.

Infinix hot 12i
Jawab telepon dengan gestur

Jawab Telepon dengan Gestur, menjadi salah satu fitur yang bisa digunakan untuk mengangkat telepon masuk. Setelah diaktifkan, kamera HP akan menyala secara otomatis untuk mengidentifikasi gestur yang diterima.

Untuk mengangkat telepon, Anda bisa melakukan gerakan gestur seperti peace, dengan mengangkat jari telunjuk dan jari tengah, menghadap kamera depan. Pastikan jarak tangan dengan kamera depan tidak terlalu jauh yaitu sekitar 20 cm di atas kamera depan.

Sedangkan untuk menolak panggilan tersebut, Anda bisa menggunakan gerakan gestur dengan merentangkan kelima jari di atas kamera depan. Sama seperti menerima, jarak antara tangan dan kamera juga harus diperhatikan yaitu sekitar 20 cm di atas kamera.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram