Review Infinix Hot 12i, HP 1 Jutaan yang Kaya Fitur

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tidak hanya memori internal, RAM milik Infinix Hot 12i juga cukup menarik. Meskipun memiliki kapasitas biasa yaitu 4 GB dengan tipe LPDDR4x, RAM tersebut masih bisa diperluas dengan cara meminjam space atau ruang dari memori internal. Anda bisa menikmati fitur RAM Extension yang biasanya hadir di kelas HP harga 2 jutaan.

Menurut pantauan kami, jika digunakan untuk aktivitas ringan, Infinix Hot 12i ini masih layak digunakan. Dalam bermain game seperti Mobile Legend juga sebenarnya masih bisa, tetapi tidak bisa menjamin akan mendapatkan kenyamanan selama bermain game tersebut.

  • Benchmark AnTuTu v9 dan Geekbench
Infinix hot 12i

Infinix Hot 12i memang merupakan HP entry-level dengan chipset yang tidak terlalu tangguh. Bahkan, chipset Helio A22 yang digunakannya adalah salah satu chipset terendah milik Helio. Sehingga, tidak heran jika skor yang didapat ketika diuji menggunakan Benchmark AnTuTu atau Geekbench sangat kecil.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, Infinix Hot 12i ini hanya mencapai skor benchmark rendah. Pada pengetesan AnTuTu v9, HP ini hanya mencapai skor 99.346 poin, bahkan tidak mencapai 100 ribu. Sedangkan pada pengujian Geekbench mencapai skor 149 poin (Single-core) dan 403 poin (Multi-core).

  • Pengujian Kecepatan Storage

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Infinix Hot 12i ini memiliki kapasitas memori internal sebesar 64 GB. Selain itu, HP ini juga menyediakan slot khusus untuk microSD sebagai perluasan dari penyimpanan tersebut.

Infinix hot 12i

Dalam performa, hal yang memengaruhinya tidak hanya dari chipset saja, tetapi juga dari kecepatan memori internal dalam melakukan baca dan tulis terhadap sistem.

Tim Carisinyal telah melakukan pengetesan kecepatan storage sebanyak 10 kali menggunakan AnTuTu v9. Di antara kesepuluh hasil pengujian yang didapat, skor terbaik yang berhasil diraih oleh Infinix Hot 12i ini adalah 10.226 poin dengan kecepatan baca dan tulis sekuensial sebesar 295,5 MB/detik dan 141,6 MB/detik.

Sedangkan untuk pengujian dengan hasil terendah yang diraih adalah sebesar 8.031 poin dengan kecepatan baca dan tulis 294 MB/detik dan 139,3 MB/detik.

Layar

infinix hot 12i

Sebagai salah satu ciri khas yang dimiliki oleh produk infinix, Infinix Hot 12i juga dibekali oleh layar yang megah atau besar jika dibandingkan dengan produk lain di kelas harga yang sama. Infinix Hot 12i ini memiliki layar 6,6 inci dan memiliki bezel tipis di sekelilingnya membuat layar ini memiliki kesan lebih luas.

Adapun untuk resolusi yang dihasilkan oleh layar dengan panel IPS LCD ini adalah 720 x 1612 piksel atau HD+ dengan kerapatan piksel mencapai angka 267 ppi. Selain itu, layar ini telah mendukung refresh rate 60 Hz dan tingkat kecerahan mencapai 480 nit. Kemampuan yang dimiliki layar ini lagi-lagi masih terbilang wajar untuk di kelasnya.

Selama penggunaan HP, dengan layar besar yang dimilikinya, penulis merasa lebih nyaman ketika menonton video baik di YouTube atau media lainnya. Ditambah resolusi dan tingkat kecerahan yang cukup, penulis tidak merasa kesulitan untuk melihat dan membaca isi layar HP meski saat berada di luar ruangan saat siang hari.

Audio

infinix hot 12i

Tidak hanya memiliki tampilan layar HD saja, pengguna HP ini akan semakin diberikan kenyamanan oleh suara audio yang sudah sangat bagus di kelasnya. Meskipun hanya memiliki satu arah speaker atau mono speaker, suara yang dihasilkan cukup kencang bahkan jika hanya setengah dari volumenya.

Bagian yang lebih mengejutkan dari audio Infinix Hot 12i ini adalah ketika menggunakan headset. HP ini mampu menghasilkan suara yang sangat premium. Menonton film di YouTube pun berasa menonton bioskop terutama karena suara bass dan efeknya yang sangat nendang. Penulis bahkan iseng mencoba memutar video Dolby yang biasa menjadi opening di bioskop, dan hasilnya benar-benar memuaskan.

Tidak hanya dalam menonton video saja, ketika mencoba untuk mendengarkan musik atau bermain game, suara yang dihasilkan benar-benar bikin betah karena audio yang dihasilkan lebih realistis dan berkualitas tinggi.

Hal itu bukan tanpa alasan, Infinix Hot 12i ini telah didukung oleh teknologi Cinematic DTS (Digital Theater Sound) Audio Processing yang mampu meningkatkan kekencangan dan kualitas suara yang dihasilkan. Efek suara dari film, musik, atau game menjadi terasa lebih nyata dan menyenangkan bagi para penggunanya.

Baterai

Infinix hot 12i

Selain ukuran layar, Infinix juga selalu memberikan kapasitas baterai lebih besar dibanding HP lain di kelas yang sama. Infinix Hot 12i menjadi salah satu produk Infinix yang dibekali kapasitas baterai besar yaitu mencapai 5000 mAh.

Bila melihat dari laman resminya, kapasitas baterai ini mampu bertahan bahkan jika digunakan untuk mendengarkan lagu selama 150 jam, menelepon selama 34 jam, atau bermain game selama 13 jam. Bahkan, pihak Infinix juga menyebutkan bahwa jika pada mode siaga, HP ini mampu bertahan hingga 62 hari.

Ketika menggunakannya untuk aktivitas ringan sehari-hari seperti melakukan berbagai tes, browsing, menonton video, penulis tidak pernah membuat baterai HP ini benar-benar habis setelah digunakan seharian.

Namun, Infinix Hot 12i ini belum memiliki fitur fast charging sehingga proses pengisian daya memerlukan waktu yang ckup lama. Hal ini menjadi hal yang disayangkan karena kapasitasnya yang besar ternyata tidak dibarengi fitur fast charging yang baik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram