carisinyal web banner retina

Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 3

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Di tahun 2016 ini nampaknya banyak sekali smartphone low-end atau mid-end dengan kualitas yang sangat baik. Seperti Infinix Zero 3 yang membawa spesifikasi yang cukup mumpuni ini. Harga dari handset ini di bawah 3 juta rupiah. Namun, spesifikasi yang terdapat di dalam smartphone ini mampu membuat kita berdecak kagum.

Brand Infinix memang tidak sepopuler Xiaomi atau Asus, tetapi kualitas dan spek yang ditawarkan oleh Infinix sangat bersaing dengan para kompetitornya. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan smartphone ini? Simak ulasan selengkapnya di review Infinix Zero 3 berikut ini.

Desain

Ponsel ini berbentuk persegi panjang, sehingga nampak berbeda dengan smartphone masa kini lainnya yang cenderung memiliki sudut yang cekung. Desain Infinix Zero 3 memang nampak seperti “kotak”, tetapi keempat ujung smartphone ini tidak seruncing yang Anda bayangkan. Sementara itu, smartphone ini terlihat lebih elegan berkat adanya tekstur ultra fine crystal pada bagian body belakangnya.

Infinix Zero 3 hadir dalam dimensi 151 x 75.8 x 6.8 mm dengan bobot 172 gram. Secara keseluruhan, dimensi dan bobot yang dibawa oleh Infinix Zero 3 membuatnya lebih ergonomis dan tidak terlalu berat. Tak tanggung-tanggung, Infinix turut memberikan beberapa pilihan warna sekaligus untuk handset ini, mulai dari abu-abu, silver, gold,merah, champagne, dan biru.

Layar

kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 3

Seperti biasa, di dalam review Infinix Zero 3 ini kita akan membahas beberapa kelebihan smartphone ini. Ya, salah satu keunggulan dari ponsel cerdas ini terletak pada bagian layar. Infinix Zero 3 mengusung layar berjenis IPS LCD dengan ukuran 5.5 inci. Sementara itu, resolusi yang terdapat pada layar ini adalah 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar 401 ppi.

Sekilas memang tidak ada yang spesial pada layar yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 ini, tapi ada sebuah teknologi yang melengkapi layar smartphone ini, yaitu High Light Transmittance. Teknologi yang satu ini akan mendukung kartu pengolah grafis smartphone ini untuk menghasilkan tampilan video atau game yang lebih jernih.

Prosesor

Kekuatan sebuah smartphone terletak pada dapur pacunya. Pun begitu dengan Infinix Zero 3 yang digadang-gadang membawa sebuah prosesor yang cukup tangguh. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6795 Helio X10 64-bit dengan CPU Octa Core 2 GHz. Overall, prosesor yang satu ini memang terbilang tangguh untuk sebuah smartphone yang berada di kelas menengah seperti Infinix Zero 3 ini.

Tak cukup sampai di situ, grafis smartphone ini turut terintegrasi pada GPU PowerVR G6200, sebuah kartu pengolah grafis yang memiliki kinerja yang prima. Jadi, menurut review Inifinix Zero 3, dapur pacu Infinix Zero 3 memang tidak mengecewakan.

Kamera

kamera Infinix Zero 3

Nah, inilah pembahasan yang mungkin paling Anda tunggu-tunggu di review Infinix Zero 3, yaitu kamera yang terdapat smartphone ini. Kamera utama yang dibawa oleh Infinix Zero 3 berukuran 20.7 MP dengan resolusi 5344 x 4016 piksel.

Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana kualitas foto yang akan dihasilkan oleh kamera ini, bukan? Hasilnya tentu saja sangat baik, karena kamera smartphone ini menggunakan sensor kamera Sony IMX230 CMOS. Dukungan dari dual-color LED Flash yang menyertai kamera utama ponsel pintar ini juga akan membuat hasil foto Anda lebih kaya warna dan nampak cerah.

Di bagian depan terdapat kamera sekunder dengan sensor 5 MP. Walaupun tidak terlalu spesial, tetapi kamera depan Infinix Zero 3 ini sudah memiliki kualitas yang cukup baik. Infinix turut menambahkan LED Flash di kamera depan Zero 3, sehingga Anda masih bisa berfoto selfie ketika berada di ruangan yang gelap.

Memori

Berbicara mengenai memori dalam sebuah smartphone, saat ini tentu saja smartphone dengan memori internal yang besar memang banyak dicari. Bila Anda juga menginginkan smartphone dengan ROM yang besar, maka Infinix Zero 3 adalah pilihan yang tepat. Ponsel pintar ini hadir dengan dua pilihan memori internal, yaitu 16 dan 32 GB. Infinix turut menyediakan slot microSD card untuk mengupgrade memori eksternal smartphone ini hingga 64 GB.

Nah, ukuran RAM juga menentukan kinerja sebuah smartphone. Pasalnya, RAM yang besar diklaim dapat mengimbangi performa prosesor smartphone agar tidak lemot atau lag. Smartphone ini dibekali dengan RAM 3 GB, sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas multitasking tanpa khawatir smartphone menjadi lag.

Konektivitas

Ponsel yang dirilis pada akhir tahun 2015 ini sudah kompatibel di jaringan 4G LTE. Jadi, Anda bisa menggunakan SIM Card dengan jaringan 4G yang aktif pada ponsel ini. Tak hanya itu saja, Infinix Zero 3 juga merupakan ponsel dual-SIM, sehingga Anda bisa menggunakan dua nomor sekaligus pada ponsel ini.

Konektivitas lain yang melengkapi smartphone ini adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, dan microUSB v2.0. Tidak ada NFC di dalam smartphone ini, sama seperti sebagian besar smartphone kelas menengah yang memang tidak dibekali oleh NFC.

Baterai

Kapasitas baterai yang melengkapi Infinix Zero 3 tergolong cukup baik, yaitu 3.030 mAh. Bahkan, baterai tersebut berjalan dengan Ultra Energy Density. Tak hanya itu saja, Infinix memberikan Mode Power Management yang berfungsi untuk membantu penghematan daya baterai. Jadi, menurut Carisinyal tidak ada masalah pada sektor baterai smartphone ini.

Fitur

review Infinix Zero 3

Di sektor audio, Infinix Zero 3 mengusung teknologi Hi-Fi (Hi-Fidelity) yang konon setara dengan audio iPhone 6. Audio di smartphone ini memiliki bass yang sama sekali tidak mengurangi kualitas audio orisinil yang sedang diputar. Tak hanya sampai di situ, Infinix turut menyematkan sensitivitas frekuensi tinggi dan AAC 1206 untuk meredam suara bising ketika melakukan panggilan telepon.

Fitur lain yang terdapat pada ponsel ini adalah Fast Charging, di mana fitur ini akan mempercepat proses pengisian daya baterai, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai ponsel hingga penuh. Smartphone ini berjalan di atas sistem operasi Android Lollipop v5.1 dan belum ada informasi resmi dari Infinix bahwa Zero 3 akan mendapat upgrade Android Marshmallow v6.0 atau tidak.

Harga

Sampai dengan saat ini, hanya Infinix Zero 3 versi 16 GB saja yang beredar di Indonesia. Harga jual dari smartphone ini masih berkisar di angka Rp 2.600.000. Harga ini tergolong murah mengingat kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel cerdas ini juga cukup mengagumkan.

Kesimpulan dari review Infinix Zero 3 kali ini adalah smartphone ini worth untuk dibeli. Karena spek yang diusung oleh Zero 3 cukup baik, mulai dari prosesor, kamera, dan baterai. Bahkan, harga ponsel ini pun cukup masuk akal. Bila Anda ingin memiliki smartphone berkamera bagus dengan harga yang murah, maka Infinix Zero 3 adalah jawaban yang sangat tepat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram