Carisinyal / Apa Saja Kelebihan & Kekurangan iPhone 6s Plus?

Apa Saja Kelebihan & Kekurangan iPhone 6s Plus?

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini iPhone dikenal sebagai smartphone yang simple dengan desain yang minimalis. Namun, melalui iPhone 6s Plus ini, Apple nampaknya ingin bereksperimen dengan smartphone yang mengusung layar lebih besar.

Ya, iPhone 6s Plus hadir untuk memenuhi permintaan konsumen akan sebuah ponsel pintar dengan ukuran layar yang lebih besar. Dengan layar yang luas ini, tentu saja kita lebih leluasa dalam melakukan berbagai aktivitas multitasking dengan iPhone 6s Plus.

iPhone 6s Plus adalah solusi bagi para pecinta produk Apple yang sudah lama mendambakan iPhone dengan desain elegan, tapi disertai dengan layar yang lebih besar. Nah, apa saja kelebihan iPhone 6s Plus yang membuat Anda wajib untuk memiliki ponsel cerdas ini? Simak ulasan selengkapnya dari Carisinyal berikut ini.

Desain

Jika dilihat sekilas, desain yang dibawa oleh iPhone 6s Plus nampak sama dengan iPhone 6. Smartphone ini tetap tampil dengan desain yang elegan dan memikat siapa saja yang melihatnya. Dimensi dari iPhone 6s Plus ini adalah 158.2 x 77.9 x 7.3 mm. Sementara itu, bobot dari smartphone ini adalah 192 gram.

Bobotnya memang sedikit lebih berat dibandingkan seri iPhone 4 dan 5, karena ukuran dari iPhone 6s Plus ini juga jauh lebih besar. Ponsel ini dibuat dengan material aluminium seri 7000, yang merupakan jenis logam terkuat yang pernah digunakan oleh Apple.

Ada yang menarik dari varian warna yang diberikan Apple untuk iPhone 6s Plus ini. Pasalnya, smartphone ini memiliki 3 pilihan warna spesial, yaitu Space Gray, Silver, Gold, dan Rose Gold. Warna Rose Gold ini menjadi salah satu warna terbaru yang ditawarkan iPhone untuk smartphone besutannya. Dan benar saja, iPhone 6s Plus dengan warna Rose Gold menjadi sangat laris di pasaran.

Layar

kelebihan dan kekurangan iphone 6s plus

Smartphone high-end yang satu ini tampil dengan mengusung layar LED-Backlit IPS LCD 16 juta warna dengan ukuran 5.5 inci. Layar Retina HD tersebut mengusung resolusi 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar 401 ppi. Walaupun layar smartphone ini tidak lebih baik dari layar yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S7, tetapi layar iPhone 6s Plus sudah cukup tajam dan terang.

Salah satu kelebihan iPhone 6s Plus adalah ketersediaan sensor pemindai sidik jari di tombol Home yang terletak di bawah layar. Apple memang lebih dulu menyematkan teknologi ini di iPhone 5s-nya dibandingkan Samsung.

Selain itu, layar smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi 3D Touch, di mana teknologi ini akan menginformasikan seberapa kuat Anda menekan layar, sehingga ketika Anda mengaktifkan fitur ini, maka layar iPhone akan sangat responsif dengan ketukan yang halus sekalipun.

Prosesor

Kelebihan iPhone 6s Plus berikutnya terletak pada sektor dapur pacunya. Apple mengklaim bahwa chip A9 APL0898 yang digunakan pada iPhone 6s Plus ini merupakan chip yang paling canggih yang pernah ada dalam sebuah smartphone.

Chip A9 merupakan chipset generasi ketiga besutan Apple dengan arsitektur 64-bit. Di samping itu, chip A9 ini juga berjalan dengan CPU Dual Core 1.85 GHz. Dengan performa chip A9 ini, maka kinerja keseluruhan CPU dapat meningkat hingga 70% dibandingkan chip generasi sebelumnya.

Apple mempercayakan kualitas grafis iPhone 6s Plus pada GPU PowerVR GT7600. Dengan chip yang digunakan oleh Apple ini, performa dari kartu pengolah grafis ini dapat meningkat hingga 90% dibandingkan iPhone generasi sebelumnya. Hal ini membuat pengalaman gaming dan multitasking Anda jadi lebih menarik saat menggunakan handset ini.

Memori

Seperti biasa, Apple selalu menyediakan beberapa pilihan kapasitas memori pada iPhone besutannya. iPhone 6s Plus hadir dalam 3 pilihan kapasitas memori internal, yakni 16, 64, dan 128 GB. Untuk penggunaan standar, sebaiknya pilih varian dengan memori internal 64 GB. Karena iPhone tidak dibekali slot microSD untuk mengupgrade memori eksternal, maka Anda harus memilih iPhone dengan kapasitas memori internal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


RAM yang ditawarkan oleh iPhone 6s Plus adalah 2 GB. Sebenarnya RAM ini sudah cukup baik untuk mengimbangi performa dari prosesor yang digunakan, tetapi kami sedikit kecewa mengingat saat ini sudah banyak ponsel high-end yang dibekali RAM 3 GB, bahkan 4 GB. Dalam sektor RAM, iPhone 6s Plus masih kalah dengan Samsung Galaxy S7 yang mengusung RAM 4 GB.

Konektivitas

Sebagai smartphone kelas menengah ke atas, sudah dapat dipastikan bahwa iPhone 6 Plus telah kompatibel pada jaringan 4G LTE. Namun, iPhone ini bukanlah ponsel dual-SIM, sehingga Anda hanya bisa menggunakan 1 SIM Card saja pada handset ini.

Beberapa konektivitas lainnya juga hadir melengkapi iPhone 6s Plus, mulai dari konektivitas Bluetooth v4.2 yang akan memudahkan Anda untuk mentransfer data antar perangkat dengan sangat cepat, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang menawarkan kecepatan ekstra saat ponsel ini terhubung ke jaringan internet nirkabel, NFC, dan USB v2.0.

Baterai

Hingga saat ini, permasalahan yang kerap kali dikeluhkan oleh pengguna iPhone adalah baterainya yang cepat habis. Di iPhone 6s Plus ini, Apple mengusung baterai dengan kapasitas standar yang tidak terlalu besar, yakni 2.750 mAh.


Dengan baterai ini, iPhone Anda akan mampu hidup selama 384 jam dalam waktu siaga di jaringan 3G. Sementara itu, bila Anda menggunakan ponsel ini melakukan panggilan suara, maka iPhone bisa menyala selama 24 jam di jaringan 3G. Jika Anda mengaktifkan jaringan 4G dengan pemakaian aktif, maka baterai ponsel ini hanya mampu bertahan selama 12-14 jam saja.

Kamera

Sampel kamera iPhone 6s Plus

Sampel kamera iPhone 6s Plus

Beralih ke sektor kamera, sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas kamera iPhone memang tidak perlu diragukan lagi. Kelebihan iPhone 6s Plus juga terletak pada kamera utamanya yang berukuran 12 MP.

Kamera super canggih ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi, seperti prosesor sinyal gambar baru, sensor tercanggih, penstabilan gambar optik, dan focus pixel. Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur terbarunya pada iPhone 6s Plus ini, yaitu Live Photos, di mana foto Anda akan dilengkapi dengan gambar dan suara, sehingga menyerupai gambar dengan format GIF.

Kamera iPhone 6s Plus juga tampak unggul karena dapat merekam video dalam resolusi 4 kali lebih tinggi dari video HD. Dengan kamera ponsel ini, Anda bisa merekam video di ruangan dengan pencahayaan yang minim sekalipun. Di bagian depan terdapat kamera berukuran 5 MP yang dilengkapi dengan retina flash. Kamera depan yang ditawarkan oleh iPhone ini juga sudah cukup canggih.

Fitur

review iphone 6s plus 3d touch

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, iPhone 6s Plus dibekali dengan beberapa teknologi baru, yaitu Live Photos dan 3D Touch. Di samping itu, ponsel yang mengusung ios 9 ini juga menyertakan fitur keamanan Touch ID, yakni kemampuan membuka ponsel dengan sidik jari. Tak hanya itu saja, Apple juga menyematkan beberapa fitur standar yang biasa ada pada iPhone, yaitu Siri, Wi-Fi Calling, dan GPS.

Harga

Setelah membahas tentang sejumlah kelebihan iPhone 6s Plus, kini tiba saatnya kita mencari tahu tentang harga ponsel pintar ini. iPhone 6s Plus dengan ROM 16 GB dibandrol dengan harga Rp 10.500.000, iPhone 6s Plus yang menawarkan ROM 64 GB dijual dengan harga Rp 12.000.000, sedangkan bila Anda ingin iPhone 6s Plus dengan memori internal 128 GB maka Anda harus merogoh kocek Rp 13.500.000.

Simpulan

Secara keseluruhan, iPhone 6s Plus sangat cocok bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan performa kelas atas tanpa memikirkan harganya. Fitur-fitur yang dimilikinya juga cukup inovatif seperti 3D Touch dan Retina Flash pada kamera depannya.

Kekurangan paling menonjol pada smartphone ini terletak pada ketiadaan memori eksternal sehingga Anda akan cepat kehabisan memori jika hanya menggunakan versi 16 GB. Selain itu, baterai smartphone ini juga kurang begitu tahan lama jika dibandingkan dengan kompetitornya. Tertarik untuk membeli? Anda bisa membelinya melalui toko online di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Kenapa pada kamera depan maupun belakang terlihat tidak bisa fokus . Kalau kurang cahaya kamera depan kayak burem gitu itu gimana solusinya agar kameranya bisa terlihat jernih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *