carisinyal web banner retina

Review Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A7000

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Setelah sukses dengan seri A6000, Lenovo kembali merilis perangkat terbaru di seri tersebut dengan label A7000. Seperti kita ketahui, seri A dari Lenovo merupakan singkatan dari “Affordable” yang berarti smartphone di seri tersebut dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Lenovo A7000 sendiri dilepas di Indonesia seharga Rp 2 jutaan. Secara sekilas smartphone ini tampak seperti versi upgrade dari Lenovo A6000. Selain sudah mendukung jaringan 4G LTE, Lenovo A7000 juga menjadi smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan Dolby Atmos audio.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk meminangnya, kali ini Carisinyal akan mengulas kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 ini. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu spesifikasi kunci dari smartphone ini:

  • Layar: IPS LCD 5.5 inch, 720 x 1280 pixels (267 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 2 GB RAM (@800 MHz)
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: MediaTek MT6752M "64-bit"
  • CPU: Octa Core 1.5 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Mali-T760 MP2 @700 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0 (Lollipop)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash, Digital image stabilization, geo-tagging, digital zoom, face detection, auto focus, touch focus, panorama, HDR, ISO setting, exposure compensation, contibuous shooting, scene mode
  • Kamera depan: 5 MP, video record [email protected]
  • Baterai: Li-Polimer 2900 mAh

Layar

Lenovo A7000 hadir dengan layar berukuran 5,5 inci. Layar tersebut hanya memiliki resolusi HD 1280 x 720 piksel sehingga kepadatan pikselnya hanya berada di angka 267 PPI. Meskipun begitu, layar tersebut tetap mampu menyuguhkan gambar yang jernih.

Layar tersebut juga viewing angle yang baik, serta tetap terlihat jelas ketika berada di bawah sinar matahari langsung. Lenovo tidak memberikan informasi apakah layar ini dilapisi dengan Gorilla Glass atau lapisan pelindung lainnya. Di paket pembeliannya sendiri Anda akan mendapatkan sebuah lapisan anti gores standar.

Desain

kelebihan dan kekurangan lenovo a7000

Tidak ada yang istimewa dari desain yang diusung oleh Lenovo A7000. Pada bagian depannya Anda akan menemukan layar serta kamera 5 MP yang terletak di atasnya. Di samping kamera tersebut terdapat earpiece, sensor, dan juga LED notification yang akan menyala dengan warna merah dan juga hijau ketika ada pemberitahuan yang masuk.

Pada bagian bawah layar terdapat tiga tombol untuk menu, home, dan back. Ketiga tombol tersebut tidak dilengkapi dengan backlit sehingga tidak akan menyala ketika ditekan. Untungnya ketiga tombol navigasi tersebut dilengkapi dengan haptic feedback yang akan memberikan efek getar ketika disentuh.

Pada bagian sisi sebelah kanan terdapat tombol power dan volume yang cukup mudah dijangkau dengan ibu jari. Mikrofon utama terletak di sisi bawah sedangkan 3.5mm audio jack dan slit micro USB terdapat di sisi atas.

Pada bagian belakangnya terdapat kamera utama 8 MP yang dilengkapi dengan dua buah LED flash. Di sana juga terdapat mikrofon kedua dan lubang speaker. Cover belakangnya ini terbuat dari plastik dengan matte finish. Jika Anda membukanya, maka di dalamnya terdapat slot microSD dan dua slot micro SIM. Anda harus melepaskan baterai terlebih dahulu jika ingin memasang dan melepas kartu SIM.

Dengan bobot 140 gram, smartphone ini cukup ringan dibandingkan dengan smartphone lainnya yang memiliki layar 5,5 inci. Smartphone ini cukup mudah digenggam, namun sulit digunakan jika hanya menggunakan satu tangan.

Kamera

sampel foto lenovo a7000

Sampel foto Lenovo A7000

Beralih ke sektor kamera, lenovo A7000 dibekali dengan kamera belakang beresolusi 8 MP. Kamera tersebut memiliki aperture f/2.2 serta akan dibantu dengan dua buah LED flash. Anda dapat mengatur Contrast, Sautration, Sharpness, dan Exposure secara manual untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.

Untuk fiturnya sendiri terdapat HDR, Panorama, Live effects (Mono, Sepia, Negative, Aqua, Posterize, Fresh, Movie, Calm, Memory, Gorgeous, Elegant, dan Cool), serta scene modes (Auto, Night, Portrait, Landscape, Sunset, Party, Motion, Beach, Firework, dan Candle light).

Secara keseluruhan kualitas jepretan dari kamera ini tergolong standar saja. Beberapa foto yang diambil tampak terlalu tajam. Kamera ini juga memerlukan waktu fokus yang cukup lama ketika memotret objek macro. Untungnya, kualitas foto HDR dari kamera ini terbilang cukup baik.

Untuk foto yang diambil di tempat yang minim cahaya, Anda akan menemukan banyak noise dan detailnya juga tidak terlalu baik. Jika menggunakan flash, waktu yang dibutuhkan untuk mengunci fokus juga cukup lama sehingga sering menghasilkan gambar yang blur.

Memori

Lenovo A7000 memiliki memori internal sebesar 8 GB. Dari angka tersebut, hanya sekitar 3,6 GB saja yang bisa Anda gunakan karena selebihnya sudah digunakan untuk keperluan sistem operasi. Untungnya, smartphone ini menyediakan slot memori eksternal untuk menambah kapasitas memorinya.

Performa


Untuk dapur pacunya, Lenovo A7000 mengandalkan prosesor Octa-Core MediaTek MT6752M dengan delapan CPU ARM Cortex A53 pada kecepatan 1.5GHz. Performa yang disuguhkannya cukup halus tanpa ada masalah lag sedikit pun. Dalam benchmark Antutu, smartphone ini barada di atas Xiaomi Mi3 dan Mi4i serta sedikit di bawah Xiaomi Mi4.

Lenovo A7000 juga dibekali dengan RAM sebesar 2GB yang membuat proses multitasking berjalan lancar tanpa masalah. Dalam keadaan normal, biasanya hanya sekitar 1,1 GB RAM yang tersedia karena sisanya digunakan oleh aplikasi yang berjalan di background.

Untuk pengolah grafisnya, Lenovo A7000 mengandalkannya pada Mali-T760 MP2. Performa game-nya cukup baik dengan hanya sedikit lag ketika memainkan game dengan grafis papan atas. Panas yang ditimbulkan ketika memainkan berbagai game berat tersebut juga tidak terlalu menjadi masalah.

Baterai

baterai lenovo a7000

Lenovo A7000 dibekali dengan baterai berkapasitas 2900 mAh yang bisa dilepas. Baterai tersebut dapat bertahan selama 288 jam untuk waktu siaga dan 39 jam untuk waktu bicara. Agar lebih awet lagi, Lenovo menyediakan fitur Super Power mode yang akan meminimalisir penggunaan fitur yang tidak diperlukan.

Harga dan Simpulan

Lenovo A7000 dilepas di Indonesia dengan banderol harga Rp 1.999.000. Harga tersebut tentu sangat terjangkau jika melihat spesifikasi dan kualitas yang diberikannya. Smartphone ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan versi lebih baik dari Lenovo A6000. Berikut adalah kesimpulan dari review kelebihan dan kekurangan Lenovo A7000 di atas:

Kelebihan:

  • Layar yang mumpuni
  • Baterai tahan lama
  • Body ringan dan ramping

Kekurangan:

  • Kualitas kamera standar
  • Memori internal yang bisa digunakan hanya 4GB

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram