Review Prolink Smart Bulb DS-3601, Lampu yang Paham Suasana Hati

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Jenama Prolink kondang dengan produk-produk periferal IT. Anda mungkin sudah tak asing dengan brand ini saat hendak mencari router, WiFi extender, keyboard, mouse, kabel USB, hingga UPS. Informasi beragam produk Prolink bisa Anda cari tahu lebih di situs resminya, Prolink2u.com.

Selain produk-produk yang disebutkan di awal parafraf, Prolink belakangan juga terjun ke ranah produk Smart Home. Carisinyal pun berkesempatan menjajal salah satu produk Smart Home bikinan Prolink. Adalah Prolink Smart Bulb DS-3601 yang sampai ke meja pengujian kami. Produk tersebut adalah sebuah lampu LED pintar dengan harga terjangkau, hanya Rp100 ribuan.

Sebagaimana lampu pintar pada umumnya, Prolink Smart Bulb DS-3601 hadir untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi pengguna lampu konvensional. Misalnya, lupa mematikan dan menghidupkan lampu saat tidak berada di rumah.

Kendati demikian, kemampuan Prolink Smart Bulb DS-3601 tidak sebatas itu. Lampu pintar ini punya bermacam-macam fitur yang bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Penasaran dengan apa saja fitur yang dimiliki Prolink Smart Bulb DS-3601? Baca ulasannya sampai habis!

Spesifikasi Prolink Smart Bulb DS-3601 9W

Prolink Smart Bulb DS-3601
  • Dimensi: 60 x 60 x 118 mm; 108 g
  • Daya, Arus, dan Tegangan: 9W +/- 10%; 0,1 A (maks); 220-240 V
  • Efisiensi: >85%
  • Temperatur operasional: -10–40°C
  • Dimming range: 0-100%
  • Luminous flux: 900 lumen
  • Temperatur warna: 2700–6500 K
  • Warna: 16 juta warna
  • Standar WiFi: IEEE 802.11 b/g/n (2,4 GHz)
  • Masa pakai: 25.000 jam

Isi Kotak

prolink smart bulb ds 3601

Prolink Smart Bulb DS-3601 hadir dalam dua varian, 9W dan 12W. Yang masuk ke meja pengujian kami adalah varian 9W. Kedua varian lampu tidak memiliki perberbedaan dari segi isi kotak.

Saat membuka kotak lampu ini, Anda akan menemukan lampu yang menancap di sebuah kertas dudukan. Nah, di bawah dudukan tersebut terdapat buku kecil yang merupakan petunjuk instalasi Prolink Smart Bulb DS-3601.

Petunjuk tersebut sangat kami rekomendasikan untuk Anda baca. Lebih-lebih jika lampu LED ini adalah lampu pintar pertama Anda.

Ngomong-ngomong, kemasan Prolink Smart Bulb DS-3601 kami nilai berkualitas. Kemasannya memakai bahan kertas yang oke, punya perpaduan warna tak mencolok, serta memaparkan fitur-fitur tanpa gimmick.

Desain

prolink smart bulb ds 3601

Saat kali pertama memegang lampu ini, kami merasakan sensasi yang mantap dan kokoh. Maklum, Prolink Smart Bulb DS-3601 adalah lampu pintar, bukan lampu LED biasa. Ada komponen-komponen ekstra yang membuat bobot lampu ini tembus 108 g.

Walau begitu, ukurannya sudah pas di genggaman tangan berkat diameternya yang 60 mm. Selebihnya, lampu ini punya penampakan layaknya lampu LED model bohlam lain. Steker ulirnya punya warna silver, bodinya (tempat peredam panas) berwarna putih tulang, sedangkan lensanya berkelir putih susu.

Cara Menyambungkan ke HP

prolink smart bulb ds 3601

Ada dua hal yang mesti diperhatikan sebelum Anda menyambungkan Prolink Smart Bulb DS-3601 ke sebuah smartphone. Pertama, pastikan rumah, kos, atau kantor Anda memiliki instalasi WiFi yang tersambung ke internet. WiFi adalah syarat pertama agar lampu ini bisa menerima perintah dari HP.

Kedua, tentukan kegunaan lampu ini. Apakah akan dipakai sebagai lampu utama ruangan yang dipasang di langit-langit, atau digunakan lampu pendamping. Lampu pendamping itu seperti lampu tidur, lampu belajar, atau lampu penghidup suasana (ambience).

Jika lampu ini akan digunakan sebagai lampu pendamping, Anda mesti menyiapkan fitting dan sejenisnya. Kalau tidak ada fitting, lampu jelas tak punya akses ke sumber listrik.

Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menyambungkan lampu ini ke HP. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Sambungkan Prolink Smart Bulb DS-3601 ke fitting lampu dan sumber listrik.

2. Unduh aplikasi mEzee di App Store untuk iPhone dan di Goole Play Store buat HP Android.

prolink mezee

3. Buatlah akun mEzee dengan memilih "Sign Up" dan ikuti semua instruksi.

prolink mezee

4. Nyalakan Prolink Smart Bulb DS-3601.

5. Lampu ini seketika akan berkedip-kedip, tanda bahwa lampu siap disambungkan ke jaringan WiFi dan ponsel.

6. Aktifkan Bluetooth pada ponsel.

7. Buka Aplikasi mEZee. Pada tampilan paling awal klik tombol "Add Device" atau simbol (+) di pojok kanan atas.

prolink mezee

8. Ponsel kemudian akan otomatis mendeteksi keberadaan lampu. Jika logo lampu muncul di deretan paling atas, klik tombol "Add". Namun, bila tidak, Anda bisa menghubungkannya secara manual dengan memilih bilah "Lighting" dan klik tipe lampunya.

9. Pilih koneksi WiFi yang ingin dihubungkan, dan masukkan passwordnya.

prolink mezee

10. Tunggu sekitar 30 detik setelah nyala lampu tak lagi berkedip. Prolink Smart Bulb DS-3601 pun sudah tersambung dan bisa dikendalikan via ponsel.

prolink mezee

Fitur

Secara umum, kami mengelompokkan fitur-fitur yang ada pada Prolink Smart Bulb DS-3601 menjadi tiga kategori. Tiga kategori itu yakni pilihan warna, otomasi, dan kontrol.

1. Pilihan Warna

prolink smartbulb

Aplikasi mEzee menampilkan empat fungsi dasar pengendalian Prolink Smart Bulb DS-3601. Pertama, mematikan dan menghidupkan lampu. Kedua, perubahan mode. Ketiga, pengaturan kecerahan. Keempat, pengaturan temperatur warna.

Khusus fungsi yang kedua, disediakan empat pilihan mode. Ada mode colour (warna), scene (cahaya latar), dan music rythm (cahaya pengiring musik). Pengaturan yang lebih lanjut bisa Anda temui dengan mengetuk gambar lampu.

Ada empat bilah pengaturan yang muncul. Pada bilah pertama, yakni "Dimmer", Anda dibebaskan memilih warna sesuka hati. Bisa warna dasar seperti merah hijau biru, bisa juga memilih warna kombinasi yang terdapat pada palet warna.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram