Review realme Narzo 50 5G, HP Mid-Range dengan Performa Dahsyat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Terlepas dari kendala tersebut, fitur Face Unlock dan sensor sidik jari sama-sama memiliki akurasi yang kuat dan menawarkan proses pembukaan kunci layar yang cepat.

Jika Anda menyetel Face Unlock saat memakai kacamata, pemindai wajah tetap akan mengenali wajah Anda saat kacamata tidak dipakai. Namun, sayangnya Face Unlock ini gagal berfungsi saat Anda mengenakan masker.

  • Pengambilan Screenshot dan Screen Recording

Penulis juga sangat menyukai fitur pengambilan tangkapan layar (screenshot) yang begitu lengkap dan praktis digunakan. Cara yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot adalah menekan tombol Power dan volume down bersamaan.

gesture untuk ss
Gesture untuk mengambil screenshot penuh, parsial, dan scrolling screnshot

Namun, realme Narzo 50 5G juga menyediakan cara lain yakni dengan menggunakan gesture. Anda bisa menyentuh (tap) tiga jari pada layar untuk ambil screenshot. Anda juga bisa mengetuk dan hold menggunakan tiga jari jika ingin mengambil screenshot secara parsial.

Sedang ingin mengambil screenshot keseluruhan dari laman web? Tinggal perlu mengetuk dan hold pakai tiga jari kemudian gulir ke bawah sampai melewati tepian.

scrolling screenshot
Scrolling screenshot

Cara ini sangat praktis karena layar akan bergulir dengan sendirinya tanpa harus di-adjust secara manual. Anda hanya tinggal perlu mengetuk opsi "Done" jika ingin memberhentikan cakupan tangkapan layar.

edit screenshot
Fitur pengeditan screenshot, meliputi cropping, rotate, filter, tulisan, pengaturan saturasi dan kontras, dll.

Setelah screenshot diambil pakai cara apapun, Anda juga bisa langsung mengeditnya untuk menambahkan beberapa elemen visual seperti anotasi, panah, tulisan, dan sebagainya.

Kemudian, Android 12 juga membawakan fitur screen recording bawaan tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga seperti pada versi-versi Android terdahulu. Menu screen recording ini bisa diakses menggunakan dua cara, yaitu melalui Quick Setting atau Smart Sidebar.

screen recording
Fitur screen recording di HP ini sangat inutitive, dapat merekam suara pengguna via mikrofon sekaligus merekam selfie.

Selain dapat merekam suara yang dihasilkan sistem dan aplikasi pada HP, fitur screen recording juga dapat merekam suara via mikrofon. Ini sangat berguna jika Anda berencana membuat konten tutorial untuk diunggah ke TikTok.

Supaya lebih terkesan seperti content creator, Anda juga dapat merekam video selfie agar memperlihatkan ekspresi wajah ketika menjelaskan.

Format screen recording yang bisa dipilih juga beragam, Anda bisa memilih resolusi mulai dari 480p, 720, hingga paling tinggi 1080p. Untuk frame rate-nya, bisa dipilih antara 15 FPS, 24 FPS, dan 30 FPS. Pengguna juga dapat memilih Dynamic yang akan menyesuaikan frame rate secara otomatis berdasarkan konten yang direkam.

  • Smart Sidebar dan Floating Window

Hal unik lainnya dari antamuka realme UI 3.0 di HP ini adalah kemudahan dalam ber-multitasking. realme Narzo 50 5G menyediakan fitur Floating Window 2.0 untuk membuka aplikasi kedua dalam bentuk jendela kecil yang posisinya bisa dipindah-pindahkan.

Berdasarkan pengalaman penulis pada HP ini, Anda bisa mengaktifkan floating window melalui Smart Sidebar yang harus Anda aktifkan dulu melalui menu pengaturan. Pasalnya, Smart Sidebar memang tidak aktif secara default.

floating window dan smart sidebar_

Smart Sidebar akan menampilkan shortcut terhadap tool paling populer yang sering digunakan, seperti pengambilan screenshot, pesan, kalkulator, Google Chrome, Photos, My Files, dan lain-lain.

Jika ingin menambahkan sendiri aplikasi atau tool ke dalam Sidebar, tinggal lakukan slide down pada Sidebar dan akan muncul tulisan Edit. Layar akan menampilkan daftar tool dan aplikasi pada tab yang terpisah, dan Anda hanya perlu memasukkannya ke Sidebar secara drag and drop.

floating window melalui menu recent task_

Selain melalui Smart Sidebar, fitur Floating Window juga bisa dilakukan dengan cara mengakses recent task. Kemudian, tinggal mengetuk simbol titik dua pada satu jendela yang ditampilkan.

Dengan cara ini, Anda pun bisa mengakses fitur splitcreen, yakni menampilkan dua jendela aktif secara bersamaan (atas dan bawah).

splitscreen
Melakukan splitscreen untuk menampilkan dua jendela aktif bersamaan

Kemudian, fitur Floating Window 2.0 di HP ini juga dapat difungsikan untuk memindahkan data/file dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Misalnya, bisa saja dengan memasukkan aplikasi galeri foto ke Keep Notes.

Memindahkan file dari floating window ke jendela utama dengan cara drag-and-drop
Memindahkan file dari floating window ke jendela utama dengan cara drag-and-drop

Caranya cukup mudah. Anda tinggal perlu membuka My Files atau Photos sebagai floating window dan membuka aplikasi Keep Notes sebagai jendela utama.

Lalu, lakukan tap dan hold pada file yang ingin dimasukkan, kemudian geser file tersebut ke aplikasi utama. Cara yang sama juga berlaku saat hendak membagikan file foto/dokumen ke aplikasi Gmail sebagai attachment, atau ke aplikasi messenger seperti WhatsApp, LINE, dan Telegram.

  • Privacy Dashboard

realme UI 3.0 pada HP ini juga menawarkan fitur Privacy Dashboard yang dapat diakses melalui menu pengaturan. Fitur ini dapat menampilkan aplikasi-aplikasi mana saja yang telah mengakses mikrofon, lokasi, kamera, dan beragam permission lainnya, baik itu aplikasi sistem maupun pihak ketiga.

privacy dashboard_

Di fitur ini, Anda pun bisa mengkaji ulang kalau-kalau ada aplikasi tidak diinginkan yang secara tidak sengaja telah mendapatkan izin akses untuk mikrofon atau kamera. Anda tinggal perlu melakukan revoke izin tersebut agar privasi tetap terjaga.

  • Material You

Salah satu fitur andalan yang cukup banyak diantisipasi pada Android 12 adalah "Material You", yakni fitur kustomasi tema yang dapat menyelaraskan warna-warna ikon dan elemen visual antarmuka dengan wallpaper apapun yang Anda gunakan.

Karena realme Narzo 50 5G juga menggunakan Android 12, kami pun memutuskan apa smartphone ini mendukung fitur tersebut atau tidak.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram