Review realme Narzo 50 5G, HP Mid-Range dengan Performa Dahsyat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Kami menonaktifkan Dark Mode, lalu mengaktifkan wallpaper secara kustom. Hasilnya, ikon-ikon pada antarmuka rupanya benar-benar mengikut palet warna wallpaper tersebut.

realme 3.0 Material You narzo 50 5g
Mengganti wallpaper akan otomatis menyelaraskan warna ikon dan tampilan UI

Bagian antarmuka yang terpengaruhi Material You adalah pada Quick Control, menu pengaturan, dan juga beberapa aplikasi bawaan seperti kalkulator, My Files, browser, dan lain sebagainya.

wallpaper color picking

Anda pun bisa melakukan kustomasi lanjutan dengan mengakses menu Personalizations di pengaturan, lalu memilih opsi Wallpaper color picking.

Di sini, Anda tinggal pindahkan beberapa titik ke bagian warna wallpaper yang Anda suka. Nantinya, warna-warna inilah yang akan diaplikasikan pada serangkaian elemen visual di antarmuka.

  • Mode Satu Tangan (One Hand Mode)
onr hand mode realme UI 3.0
One Hand Mode

Seperti smartphone kelas menengah pada umumnya, realme Narzo 50 5G juga dihadirkan dengan fitur mode satu tangan. Fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika Anda berada pada mode navigasi gestur.

Setelah mengaktifkan One Hand Mode melalui menu pengaturan sistem, Anda pun bisa melakukan swipe down pada bar gestur yang terletak di area paling bawah pada layar.

Namun menurut pengalamman penulis, kontrol untuk mengakses mode satu tangan ini sedikit hit and miss. Juga, ia hanya membuat layar menciut ke bawah dan membuat sebagian ikonnya menghilang. Pun saat membuka aplikasi (misalnya, Google Play Store), tampilan kembali ke kondisi semula.

  • Menu dalam gim
menu dalam gim

Saat bermain gim manapun di smartphone realme Narzo 50 5G, selalu ada menu in-game yang bisa dimunculkan dengan cara melakukan flick (swipe) pada elemen visual yang berfungsi sebagai penanda, terletak di sebelah kiri layar.

Setelah dimunculkan, Anda bisa melihat informasi sekilas seperti jam, suhu ponsel, serta sisa baterai. Pada menu ini, pengguna juga dapat menyetel mode performa yang terbadi menjadi tiga preset, yakni Low Power Mode, Balanced mode, dan Pro Gamer Mode.

performance setting

Sesuai namanya, Low Power Mode akan mengurangi performa dalam gim (berimbas pada frame rate yang patah-patah) agar tidak terlalu banyak memakan daya baterai.

Sementara, Pro Gamer mode akan hadirkan grafis paling bagus dan frame rate paling stabil namun akan cepat menghabiskan baterai. Balanced Mode merupakan penyeimbang di antara keduanya, dan merupakan mode yang terpilih secara default.

game focus mode
Game Focus Mode

Beragam menu lainnya juga bisa dipilih, seperti voice changer, optimasi sentuhan (menonaktifkan gestur screenshot dan lain-lain untuk menghindari "salah pencet"), screen recording untuk merekam gameplay, mengunci orientasi, serta game focus mode yang akan memblokir panggilan telepon, alarm, notifikasi, dan lain-lain.

menu dalam gim
Memasukkan ikon aplikasi sebagai shortcut, supaya bisa membuka floating window dengan praktis.

Bisa dibilang, fitur menu in-game ini adalah "versi gaming" dari Smart Sidebar. Pasalnya, Anda juga bisa memasukkan shortcut menuju aplikasi dan tool yang diinginkan pada menu in-game tesebut agar dapat mengaktifkan floating window saat bermain gim.

menu dalam gim
Menampilkan informasi FPS, GPU, dan CPU dengan cara melakukan tap pada menu "System Status"

Oh ya, yang tidak kalah menariknya, kini Anda juga dapat menampilkan System Status yang berisikan informasi penting, yakni FPS, daya GPU, dan juga daya CPU. System Status ini akan selalu mejeng di bagian sisi atas layar dan hanya akan hilang ketika dinonaktikan.

Performa

performa realme narzo 50 5g

realme Narzo 50 5G memiliki performa yang tiada dua di segmen harga mid-range. Penggunaan chipset MediaTek Dimensity 810 5G sungguh sebuah keputusan yang tepat pada HP ini, menawarkan fabrikasi 6 nm sehingga membuatnya tidak cepat panas dan tidak boros baterai.

Dimensity 810 5G mencakup konfigurasi CPU sebanyak delapan inti yang dibangun atas formasi 2 + 4. Kedelapan inti tersebut adalah dua big core Cortex A76 (2.4 GHz) dan enam unit little core Cortex A55 (2 GHz).

Chipset yang pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2021 ini memiliki GPU berupa Mali G57 MC2, berlari pada frekuensi 850 MHz. Sementara untuk kombinasi memorinya, perangkat dibekali dengan kapasitas internal 128 GB pada standar UFS 2.1 serta RAM berukuran 6 GB LPDDR4x.

Untuk semakin mempermudah pengguna dalam melkaukan aktivitas multi-tasking, tersedia pula fitur RAM Expansion yang bisa menambah RAM virtual sebanyak 2 GB, 3 GB, dan 5 GB. Efek dari penambahan RAM ini disebutkan akan tersaa setelah smartphone melakukan restart.

Akan tetapi, penulis merasakan bahwa RAM Expansion ini tidak memberi pengaruh signifikan terhadap kinerja gim maupun aktivitas pembukaan aplikasi.

Menurut pantauan kami, ini karena besaran RAM 6 GB saja sudah lebih dari cukup untuk bermain gim berat dan penggunaan harian. Tampaknya ini hanyalah salah satu dari kasus law of diminishing returns.

  • Benchmark AnTuTu v9, Geekbench, dan 3DMark Wild Life

realme Narzo 50 5G adalah salah satu smartphone kelas menengah dengan kinerja terbaik di industri. Ini terbukti saat perangkat diujikan serangkaian benchmark sintetis seperti AnTuTu v9, Geekbench, dan juga 3DMark Wildlife.

benchmark sintetis realme narzo 50 5G
Dari kiri ke kanan: Geekbench 5, AnTuTu v9, 3DMark Wild Life

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, realme Narzo 50 5G berhasil meraih skor benchmark yang begitu tinggi. Pada pengetesan AnTuTu v9, perangkat diketahui mencapai skor 389.321 poin. Lalu, pengujian Geekbench 5 mencatatkan skor 601 poin (single core) dan 1796 poin (multi-core).

3dmark wildlife stress test realme narzo 50 5g

Hasil pengujian 3DMark Wild Life pun menampilkan skor yang begitu tinggi di kelasnya, yakni 1.333 poin dengan rata-rata frame rate 8 FPS. Lebih lanjut lagi, perangkat juga berhasil raih skor loop terbaik sebesar 371 poin dan skor loop terendah sebesar 366 poin, memiliki stabilitas 98,7% pada Wild Life Extreme Stress Test.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram