Review realme Narzo 50 5G, HP Mid-Range dengan Performa Dahsyat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sementara ketika pengaturan grafis berada di Medium - 60 FPS, Anda bisa ekspektasikan frame rate stabil di atas 35 FPS. Jikapun ada frame drop saat adegan intens, frame rate hanya sedikit di bawah 30 FPS.

Setelah mencoba permainan Genshin Impact selama sekitar 15 menit, menu in-game bawaan perangkat menunjukkan suhu mencapai 47 derajat celsius. Meski begitu, penulis tidak terlalu merasakan hawa panas di tangan dan tetap dapat menikmati jalannya permainan dengan nyaman.

Layar

tampilan layar realme narzo 50 5g

realme Narzo 50 5G hadir dengan panel layar IPS LCD berukuran 6,6 inci. Resolusinya mengusung angka 1408 x 1080 piksel (Full HD+) dengan dukungan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Meskipun bukan OLED, layar tetap mampu menampilkan sebanyak 16,7 juta warna. Selama pengujian pun, kami sungguh merasakan warna-warna yang begitu menyala dan terlihat menyenangkan.

Rasio perbandingan bodi-ke-layar di HP ini mencapai 90,7% berkat bezel yang dirancang cukup tipis. Sedikit pengecualian pada bezel bagian dagu yang memang terlihat lebih tebal dibanding sisi-sisi lainnya.

dead trigger 2 90 hz
Berdasarkan System Status dan Display Checker, Dead Trigger 2 meraih frame rate 90 FPS pada refresh rate 90 Hz
alto's adventure 90 hz
Hal yang sama juga ditunjukkan pada permainan Alto's Adventure

Refresh rate yang bisa dipilih pada smartphone ini adalah Auto-select, High, dan Standard. Kami pribadi tidak begitu merasakan perbedaan antara Auto-select dan High, karena keduanya sama-sama tampilkan refresh rate 90 Hz pada sisi antarmuka dan beberapa gim yang mendukung, seperti Dead Trigger 2 dan Alto's Adventure.

Untuk dapat menikmati pengalaman menonton optimal di platform OTT seperti Netflix dan Amazon Prime Video, layar realme Narzo 50 5G juga telah dibekali dengan sertifikasi DRM (Digital Rights Management) di tingkatan tertinggi yaitu Widevine L1.

realme narzo 50 5g drm widevine l1
Berdasarkan informasi yang ditampilkan aplikasi DRM Info, layar realme Narzo 50 5G memiliki Widevine L1
netflix widevine l1 realme narzo 50 5g
Penemuan Widevine L1 rupanya juga selaras pada laman playback specification di aplikasi Netflix

Dengan sertifikasi Widevine L1, pengguna dapat merasakan resolusi tertinggi pada Netflix, namun tentu harus disertai dengan akun yang menyertakan fitur streaming 1080p.

Dan, jika Anda senang menonton Netflix atau YouTube, rupanya HP ini memiliki fitur background streaming yang dapat membuat video tetap berjalan meski layar dalam kondisi mati atau saat Anda keluar dari aplikasi.

Pada tingkat kecerahannya, laman resmi realme menyebutkan HP ini bisa mencapai kecerahan tipikal 480 nit. Namun ketika kami mengetes kecerahan layar pada kondisi maksimal, tingkat kecerahan yang kami dapat hanya berkisar di angka 382 nit.

Cara yang kami lakukan adalah dengan menginstal aplikasi Lux Light Meter pada realme C17, dan menggunakan sensor pengenali cahaya di HP tersebut untuk mendeteksi kecerahan layar realme Narzo 50 5G. Bisa jadi, cara ini kurang cukup akurat untuk menggambarkan tingkat kecerahan sebenarnya.

Yang pasti, penulis tidak merasakan kesulitan membaca isi layar saat berada di luar ruangan saat siang hari. Bahkan ketika mengunjungi taman saat matahari sedang terik-teriknya, tulisan dan gambar di layar tetap terlihat terang dan terbaca dengan jelas.

Baterai

baterai realme narzo 50 5g

Berbekal chipset yang dibangun atas proses fabrikasi 6nm, membuat baterai ponsel ini terbilang sangat awet. Ini juga dikarenakan kapasitas jumbo yang dibawakannya yakni 5.000 mAh.

Ponsel juga menawarkan port pengisian daya USB Type-C dengan dukungan 33 W Dart Charge sebagai fitur pengisian daya cepatnya (fast charging). Menariknya, sudah tersedia charger 33 W di dalam boks penjualannya.

  • Ketahanan Baterai

Kondisi ketahanan baterai yang pakai adalah sebagai berikut: volume speaker di 50%, kondisi kecerahan layar di 200 nit, WiFi terhubung, dan tidak mengaktifkan mobile data.

Baterai realme Narzo 50 5G terbukti memiliki ketahanan yang luar biasa awet. Pada pengujian PC Mark Work 3.0 Battery Life, perangkat dapat bertahan hingga durasi 22 jam 16 menit.

pcmark battery realme narzo 50 5g
PC Mark Work 3.0 Battery Life

Pun pada penggunaan sehari-hari, penulis tidak pernah berhasil membuat baterai benar-benar habis setelah pemakaian seharian penuh. Baik itu saat mengujikan beragam tes maupun juga bermain gim.

Setelah memainkan Genshin Impact selama kurang lebih 1 jam, baterai yang termakan hanyalah 455 mAh atau setara dengan 9,11%. Begitu pun setelah memainkan COD Mobile selama 27 menit, hanya mengurangi baterai sebesar 209 mAh (4,2%).

  • Durasi Fast Charging
antutu charging test
AnTuTu v9 Charging Test

Masih dengan kondisi smartphone yang sama, penulis pun mengujikan durasi pengisian daya cepat 33 W menggunakan charger dan kabel data bawaan. Saat diujika pada aplikasi AnTuTu v9, perangkat dapat diisi dari 18% ke 99% dalam waktu 1 jam 35 menit.

Kamera

kamera realme narzo 50 5g

realme Narzo 50 5G merupakan smartphone yang dikhususkan untuk gaming, namun bukan berarti kualitas kameranya tidak layak diacungi jempol. Di belakangnya, tersemat lensa utama 48 MP Ultra HD Camera dengan bukaan f/1.79 dan FOV sebesar 79,8 derajat.

Sebagai kamera pendampingnya, perangkat dilengkapi dengan lensa portrait B&W berkekuatan 2 MP, hadir dengan bukaan f/2.4 dan FOV 89,1 derajat.

Hanya memiliki konfigurasi Dual Camera memang membuatnya kalah saing dengan beberapa rivalnya. Terlebih mengingat ia tidak memiliki kamera ultrawide.

  • Kamera utama 48 MP vs. Auto

Mengingat kamera HP ini memiliki resolusi lensa sebesar 48 MP, tentu ia menghadirkan teknologi Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu. Hal ini membuatnya mampu menghasilkan output gambar dengan resolusi 12 MP dengan detil dan ketajaman lebih baik.

Pengguna juga mampu gunakan mode full 48 MP, dan secara teori semestinya ini dapat membuat hasil foto jadi lebih detil meski di-zoom.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram