Review realme Narzo 50 5G, HP Mid-Range dengan Performa Dahsyat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Namun menurut pengalaman penulis, hasil foto 48 MP tidak berbeda jauh dengan Auto setelah di-zoom. Saking perbedaannya yang minim, kami sarankan Anda untuk gunakan mode Auto saja karena ukuran gambarnya yang lebih kecil dan tidak terlalu memakan storage. Berikut adalah sampel foto keduanya yang telah kami ambil.

mode auto
Mode Auto
mode 48 mp
Mode 48 MP

Kondisi pemotretan siang hari di HP ini begitu memuaskan. Rentang dinamisnya terlihat begitu oke, warna-warna yang ditampilkan begitu punchy dan enak dilihat. Detilnya pun terlihat dengan cukup jelas. Berikut ini adalah hasil-hasil fotonya.

kamera belakang auto realme narzo 50 5g
kamera belakang auto realme narzo 50 5g
kamera belakang auto realme narzo 50 5g
kamera belakang auto realme narzo 50 5g
  • Perekaman Video

Saat kami mencoba mengubah resolusi rekaman video, rupanya viewfinder hanya menampilkan 720p dan 1080p saja. Ini artinya, ponsel memang tidak mendukung perekaman 4K. Sebuah kekurangan yang cukup jarang terjadi di HP kelas menengah.

resolusi video
realme Narzo 50 5G hanya mendukung dua resolusi yakni 720p dan 1080p

Lalu untuk mengetes apakah ponsel memiliki stabilisasi yang baik atau tidak, realme Narzo 50 5G pun dipakai untuk merekam kondisi perjalanan saat berada di dalam mobil bergerak. Kami membandingkan videonya dengan realme C17 yang tidak memiliki gyro-EIS, dan hasil video dari keduanya comparable.

Terlihat bahwa video tidak terekam dengan stabil alias shaky, meskipun kendaraan melaju dengan kecepatan lambat. Pun ketika dicari opsi untuk menyalakan mode stabilisasi, penulis tidak dapat menemukannya. Tandanya, smartphone memang tidak dihadirkan dengan gyro-EIS.

  • Selfie dan Portrait

Perangkat memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP pada bukaan f/2.0 dan focal length 26 mm. Sama seperti kamera belakangnya, kamera depan ini juga tidak memiliki stabilisasi gyro-EIS, serta mendukung resolusi perekaman 720p dan 1080p.

selfie
Hasil foto kamera selfie
selfie portrait
Hasil foto selfie portrait
portrait kamera belakang realme narzo 50 5g
Mode portrait kamera belakang

Kamera depan tidak hanya dapat mengambil gambar secara default melainkan bisa juga untuk hasilkan foto bokeh. Kedua foto punya kualitas foto yang cukup baik dengan exposure yang oke dan detil yang terjaga.

Mode portrait selfie-nya pun berhasil menghasilkan efek bokeh yang bagus. Isolasi subjeknya terbilang rapi. Penulis pun tidak perlu melakukan tap dulu pada viewfinder untuk mengunci fokus.

Hasil foto portrait yang memuaskan juga terlihat pada kamera belakangnya. AI pada kamera HP ini dapat dengan akurat mendeteksi bagian mana yang menjadi subjek utamanya, dan memberikan isolasi dengan rapi.

  • Pemotretan malam hari

Jelas saja, sebagaimana smartphone berkualitas di rentang harga menengah, realme Narzo 50 5G juga dihadirkan dengan fitur mode malam. Mode tersebut memang ada pengaruhnya saat memotret di kondisi minim cahaya, meningkatkan exposure serta mengurangi intensitas cahaya dari lampu agar detilnya lebih terlihat.

auto low light_
Low Light tanpa Night Mode
mode malam_
Night Mode

Berdasarkan perbedaan kedua foto di atas, yang paling kentara adalah rentang dinamisnya. Terlihat bahwa lampu dari dalam ruangan minimarket dan pada tiang lampu menjadi tidak terlalu terang agar logonya terlihat dengan jelas.

  • Street Photography

Ada sebuah fitur unik pada fotografi realme narzo 50 5G yakni Street Mode. Fitur ini dapat membantu Anda mengambil gambar pada kondisi jalanan dengan lebih baik.

street mode 24 mm
Street mode 24 mm
street mode 120 mm
Street mode 120 mm

Pada kondisi siang hari, kami tidak begitu melihat adanya perbedaan kualitas gambar secara keseluruhan antara Street Mode dan mode Auto biasa. Namun, perbedaan yang kami notice adalah kendaraan bergerak cenderung tidak ngeblur saat difoto.

Simpulan

Siapapun tidak dapat mengelak kalau realme Narzo 50 5G merupakan salah satu smartphone kelas menengah terbaik yang bisa didapatkan. Performa yang disuguhkan benar-benar tidak tertandingi di kelasnya, bahkan hasil benchmark-nya pun lebih unggul dari sebagian besar pesaingnya.

Ponsel pintar yang menjadi penerus dari realme narzo 30 ini dirilis pada 24 Mei 2022 di pasar Indonesia, memiliki banderol harga Rp3.299.000,-. Berikut adalah poin-poin kelebihan dan kekurangan yang bisa ditemukan pada realme Narzo 50 5G.

Kelebihan

  • Sisi antarmuka realme UI 3.0 yang cantik dan kaya akan fitur
  • Performa Dimensity 810 5G sungguh bersinar di HP ini, berhasil pertahankan sustained performance meski bermain gim dalam waktu lama
  • Tampilan bodi yang elegan, premium, dan terasa kokoh
  • Hadir dengan kualitas speaker stereo yang kencang
  • Kualitas hasil foto siang hari yang memukau
  • Ketahanan baterai yang luar biasa dengan fast charging 33 W yang gesit

Kekurangan

  • Tidak memiliki kamera ultrawide
  • Tidak memiliki stabilisasi gyro-EIS

Seandainya smartphone ini hadir dengan lensa ultrawide, realme Narzo 50 5G sudah pasti menjadi barang auto buy di kalangan muda-mudi. Minimnya stabilisasi gyro-EIS juga cukup disayangkan.

Meski umumnya para gamer hard core lebih membutuhkan sisi performa ketimbang kamera, sensor ultrawide dan stabilisasi tetap jadi barang penting di era kreasi konten mengingat maraknya Instagram Reels dan TikTok.

Kendati demikian, smartphone ini adalah satu-satunya yang Anda butuhkan untuk bermain gim terberat sekalipun dengan lancar. Ketahanan baterainya juga merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya, membuatnya cocok untuk menunjang aktivitas seharian penuh.

Dan jika Anda sesekali membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen, lensa utama 48 MP-nya sangat mampu hasilkan foto berkualitas tinggi. Tertarik membelinya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram