Review Redmi Buds 3 Lite, TWS Murah Xiaomi yang Layak Dipilih

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Setelah mencicipi JBL Live Pro+ TWS, saya agak sungkan untuk mencoba TWS (True Wireless Stereo) murah. Karena tentu saja harga tidak bisa bohong. Harga mahal sebuah produk tentu ada alasannya. Meskipun terkadang ada produk yang memang dibuat untuk terlalu mahal.

Bukan apa-apa, harga murah biasanya sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Misalnya, kualitas suara yang mungkin kurang enak. Namun, akhirnya saya coba juga memakai TWS terjangkau. Saya memilih produk dari Xiaomi, Redmi Buds 3 Lite.

Alasan memilih produk tersebut karena pertama, saya cukup antuasias membeli produk dari Xiaomi. Kedua, karena bentuknya yang cukup menarik untuk kelas harga terjangkau.

Redmi Buds 3 Lite sendiri dijual di rentang harga Rp250 ribu. Menilik harganya, jelas ini bukan TWS terbaik. Namun, yang terbaik tidaklah selalu mahal. Ada beberapa produk yang harganya cukup oke dengan fitur atau spesifikasi yang ditawarkan.

Redmi Buds 3 Lite ini saya beli di salah satu toko online. Saya membeli dari toko resminya untuk memastikan produk punya garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Untuk link pembelian, bisa cek pada tombol di bawah spesifikasi.

Dengan banderol Rp200 ribuan, apa yang ditawarkan Redmi Buds 3 Lite? Apakah TWS ini cukup layak dipilih, terutama untuk kalangan kere hore? Untuk memastikan, langsung saja simak review Redmi Buds 3 Lite berikut ini.

Spesifikasi Redmi Buds 3 Lite

Redmi Buds 3 Lite
  • Dimensi: 24,5 x 16,7 x 24,6 mm (earbud), 60 x 46 x 23,7 mm (dudukan pengisi daya)
  • Berat: 4,2 gram (earbud), 36 gram (plus dudukan pengisi daya)
  • Port: USB Type-C 
  • Bluetooth: 5.2 
  • Jangkauan: 10 meter (ruang terbuka tanpa penghalang)
  • Baterai: sampai 5 jam, dudukan pengisian daya sampai 18 jam

Kotak Penjualan 

Redmi Buds 3 Lite

Dengan banderol Rp200 ribuann, apa saja yang bisa didapatkan dari Redmi Buds 3 Lite? Hal pertama yang saya lihat adalah kotak penjualannya yang biasa saja, Sederhana sudah sangat pasti. Hal yang saya wajarkan karena memang TWS ini dibanderol dengan harga yang murah.

Namun, ada satu hal yang saya apresiasi dari kotak penjualannya. Hal tersebut adalah tulisan merek Redmi Buds 3 Lite yang sangat menarik. Tulisannya tampak seperti chrome menonjol dengan pantulan warna yang dapat berubah tergantung dari sudut pandang mana melihatnya.

Redmi Buds 3 Lite

Bentuk kotaknya sendiri memanjang dan tampak dibungkus dengan balutan yang seadanya. Hal yang tentu bisa saya pahami. Sementara untuk isi kemasannya, di dalam kotak tersebut ada dudukan buku panduan, pengisi daya, dua earbu, dan ada bantalan earbud serta pengait earbud pengganti, bila ukuran yang terpasang kurang cocok.

Redmi Buds 3 Lite

Di kotak penjualan, tidak ada charger untuk pengisian daya. Hal yang umum karena TWS lain juga tidak menyediakan barang yang sama. Sayangnya, jika TWS lain menyediakan kabel pengisian daya, di dalam kotak Redmi Buds 3 Lite, tidak ada. Jadi, Anda yang mau beli pastikan sudah punya kabel pengisian daya dengan port USB Type-C. Yap, port USB Type-C untuk pengisian daya tersemat di dudukan pengisian daya. Bukan port micro-USB.

Desain

Redmi Buds 3 Lite

Redmi Buds 3 Lite hadir dengan bentuk earbuds yang sederhana tanpa batang menonjol. Bentuk seperti ini, bagi saya pribadi terasa kurang nyaman saat melakukan pemasangan. Karena saya agak kesulitan menemukan fiting yang tepat di telinga. Bahkan, berkali-kali saya berganti bantalan earbud demi menemukan posisi yang pas.

Karena hal tersebut, saat memakai Redmi Buds 3 Lite, saya jarang banyak bergerak karena earbuds rentan jatuh. Namun, setelah beberapa hari, saya bisa menemukan penempatan yang pas sehingga jarang jatuh. Bisa dibilang, butuh waktu untuk fiting agar pas di telinga.

Untuk desainnya, saya tidak terlalu mempermasalahkan. Tentu tidak berharap punya desain yang bagus dari sebuah produk Rp200 ribuan. Tapi saya akui, bentuk Redmi Buds 3 Lite ini terlihat seperti salah satu TWS ternama dengan banderol harga mahal.

Redmi Buds 3 Lite

Sementara untuk desain dudukannya, bentuknya agak lonjong dengan satu lampu indikator. Ada tulisan Redmi di dudukannya namun tulisannya tidak terlalu jelas. Ada juga lampu indikator yang bakal menyala saat sedang diisi daya. Lampu tersebut akan mati jika dudukan pengisian daya sudah terisi penuh.

Oh yah, Redmi Buds 3 Lite ini tersedia dalam 2 pilihan: hitam dan putih. Saya memilih warna hitam karena waktu beli, varian warna putih sudah habis. Kedua, warna hitam juga sebenarnya sudah oke terlihat lebih netral.

Fitur dan Kualitas Suara

Redmi Buds 3 Lite

Sebagai sebuah TWS murah, tidak banyak fitur yang tersemat di Redmi Buds 3 Lite ini. Fitur ANC atau Adaptive Noise Cancelling tidak hadir di TWS ini. Sebagai informasi, ANC atau Adaptive Noise Cancelling merupakan fitur untuk meredam suara dari luar. Hal ini membuat telinga lebih fokus pada suara yang ada di earbuds.

Namun jangan khawatir, Redmi Buds 3 Lite ini punya fitur mirip-mirip ANC. Fitur tersebut adalah fitur peredam kebisiangan. Fitur ini bakal aktif saat sedang digunakan menelepon.

Fitur lainnya adalah hadirnya sertifikasi IP54. Itu artinya, TWS dari Xiaomi ini punya ketahanan terhadap air dan debu dengan batasan tertentu. yang pasti sih, terkena keringat atau berolahraga di tempat agak gersang memakai TWS tidak akan terlalu masalah.

Redmi Buds 3 Lite hadir dengan Bluetooth 5.2 yang membuat koneksi berbagi data lebih stabil. Ketika dihubungkan ke perangkat Bluetooh 5.0 pun cukup lancar. Saya mencoba menghubungkan dengan Bluetooth versi 4. Keterangannya bisa tersambung dengan perangkat. Namun, saat dicoba mendengarkan lagu, suaranya kresek-kresek. Sederhannya, Redmi Buds 3 Lite tidak kompatibel dengan Bluetoot versi 4.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram