Review Redmi Note 11 Pro, HP 108 MP di Harga 3 Jutaan

Ditulis oleh Ahmad Tsalis
Redmi Note 11 Pro

Balik ke sisi depan, ada lubang kamera selfie yang posisinya di sisi tengah atas. Adapun Redmi Note 11 Pro telah mengantongi sertifikasi IP53. Artinya, HP ini tahan terhadap debu serta tahan terhadap percikan air.

Tampilan dan Suara

Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11 Pro memakai layar berpanel Super AMOLED dengan bentang 6,67 inci. Layar ini memiliki resolusi Full HD+ alias 2400 x piksel. Jika resolusinya dibagi dengan bentang layar, muncul angka kepadatan piksel 395 ppi.

Redmi Indonesia bilang, layar HP ini punya refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate 360 Hz. Wajar bila gerak animasi yang muncul begitu mulus saat tangan melakukan usapan. Responsnya pun instan, tidak ada delay.

Angka refresh rate akan secara otomatis menyesuaikan aplikasi yang dibuka. Misalnya, saat membuka aplikasi YouTube, refresh rate turun ke angka 60 Hz. Buat Anda yang ingin lebih menghemat baterai si ponsel, tersedia opsi untuk mengunci refresh rate di angka 60 Hz pada menu Settings.

Ngomong-ngomong soal kualitas tampilan, kami merasa bahwa layar HP ini bagus. Detailnya tinggi dan warnanya benar-benar keluar. Hal ini membuktikan klaim bahwa layar Redmi Note 11 Pro memiliki rentang warna luas sesuai standar DCI-P3, dengan rasio kontras 4.500.0000:1.

Kecerahannya layar HP ini bisa menyentuh 700 nit dalam High Brightness Mode (HBM). High Brightness Mode dinamai Sunlight Mode di ponsel ini. Fitur ini dapat diakses dengan masuk ke menu Settings, pilih Display, klik Brightness Level, lalu klik Automatic Brightness.

Fitur Sunlight Mode kemudian akan terbuka dengan sebuah saklar di sampingnya. Geser saklar ke arah kanan untuk mengaktifkannya. Fitur ini membuat tampilan layar bisa terlihat jelas sekalipun berada di bawah terik matahari. Sementara itu, kecerahan puncak layar HP ini diklaim tembus 1200 nit.

Bagi Anda yang ingin mengutak-atik karakter warna tampilan, antarmuka HP ini menyediakan fitur Color Scheme. Anda bisa memilih Vivid, Saturated, Standar, atau setel sesuai selera.

redmi note 11 pro

Dalam aplikasi YouTube, layar HP ini bisa menampilkan video hingga resolusi 1440p (2K). Sedangkan di aplikasi layanan streaming film seperti HBO Go, layar HP ini bisa menampilkan video sampai resolusi Full HD. Hal ini menandakan bahwa sertifikasi Widevine L1 sudah dikantongi.

Beberapa fitur pun disertakan untuk agar tampilan layar si ponsel makin ciamik. Beberapa fitur di antaranya adalah, Dark Mode, Reading Mode, dan Always-on Display. Fitur yang terakhir berguna untuk menampilkan berbagai macam informasi, misalnya jam dan agenda terkini.

Oh iya, layar Redmi Note 11 Pro sudah diproteksi oleh kaca Gorilla Glass 5 bikinan Corning. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat benda tajam bersentuhan dengan layar si ponsel. Layarnya dipastikan tahan terhadap goresan.

Walau sudah punya diproteksi Gorilla Glass 5, layar HP ini masih diberi lapisan antigores yang terpasang sejak HP masih berada di dalam kardus.

Di sisi lain, tak lengkap rasanya tanpa membahas kualitas audio si ponsel pada poin ini. Menurut kami, kualitas audio Redmi Note 11 Pro cukup baik. Speaker stereonya mampu mengeluarkan suara cukup lantang.

Elemen bass pada suaranya memang biasa saja. Akan tetapi, trebelnya cukup terasa. Suara simbal drum pun terdengar ketika kami memutar sejumlah lagu, misalnya Brompton Cocktail dan Beast and The Harlot dari Avenged Sevenfold. Selain itu, kelantangan speaker bawah dan atasnya ternyata cukup berimbang.

Jika ingin mendapatkan sensasi audio yang lebih sip, Anda bisa mencolokkan earphone dengan memanfaatkan jack audio 3,5 mm. Audio beresolusi tinggi dapat Anda putar di HP ini melalui earphone.

Antarmuka

Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11 Pro datang dengan antarmuka MIUI 13.0.2 versi stabil. Antarmuka ini berbasis Android 11, cukup disayangkan memang. Sebab saat HP ini muncul, sudah banyak ponsel-ponsel lain yang langsung dibekali Android 12.

Saat pertama kali ponsel ini dihidupkan, antarmuka dan segala aplikasi yang terpasang tercatat memakan ruang sekitar 22,9 GB dari total 128 GB. Itu termasuk bloatware alias aplikasi pra-instal.

Untungnya, sebagian bloatware itu bisa di-uninstall untuk memperlega ruang simpannya. Yang bisa di-uninstall misalnya Amazon Shopping, Lazada, LinkedIn, dan NovelToon.

Menariknya, kami tidak menemukan iklan selama pengujian. Hanya ada notifikasi penawaran dari aplikasi pra-instal (seperti toko aplikasi GetApps) yang muncul. Itu pun tidak terlalu mengganggu dan bisa dinonaktifkan.

MIUI 13.0.2 pada dasarnya enak dipakai. Pasalnya, pengguna diberikan berbagai kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Mulai dari memilih tampilan Home classic tanpa app drawer ala Xiaomi, atau dengan app drawer seperti HP Android pada umumnya.

Redmi Note 11 Pro

Lalu Anda bisa memilih sistem navigasi dengan tiga tombol (recent apps, home, dan back), atau gestur dengan menyentuh sisi tepi layar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur layout ikon aplikasi pada tampilan Home, mengatur ukuran ikon, mengatur ukuran teks dan fon, menyembunyikan notch dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan MIUI 13.0.2 juga menyediakan dua macam gaya untuk menampilkan notifikasi, yakni lama dan baru. Pada gaya lama, toggle (ikon akses cepat fitur) dan notifikasi yang masuk ditumpuk dalam satu tampilan. Seluruhnya muncul ketika melakukan usapan ke arah bawah dari ujung atas layar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram