Review Redmi Note 11 Pro, HP 108 MP di Harga 3 Jutaan

Ditulis oleh Ahmad Tsalis
kamera ultrawide redmi note 11 pro
Jepretan kamera ultrawide

Di sisi lain, kamera makro HP ini tak dinyana bisa menghasilkan foto yang bagus. Padahal resolusinya sebatas 2 MP (turun 3 MP dari Redmi Note 10 Pro) tanpa autofokus. Foto bagus bisa didapat asalkan tangan tidak goyang dan objek dibidik dengan jarak kurang dari 10 cm.

kamera makro redmi note 11 pro
Jepretan kamera makro

Yang menurut kami agak kurang justru kamera selfie-nya. Karakter warna bukan masalah, melainkan detail pada muka yang tampak oversharpening. Tangkapan oversharpening tak bisa dihindari meskipun efek beautify sudah disetel ke level nol alias original.

kamera selfie redmi note 11 pro
Jepretan kamera selfie

Sementara itu, kemampuan foto malam hari Redmi Note 11 Pro termasuk baik, khususnya jika mode malam diaktifkan. Modem malam meningkatkan kualitas foto dalam segala aspek. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk mengaktifkan mode malam saat berfoto pada malam hari.

mode malam redmi note 11 pro
Jepretan kamera utama - kiri tanpa mode malam, kanan dengan mode malam

Adapun untuk perekaman video, singkat saja. Cukup bagus di kelas harganya baik dari segi kecepatan mengunci fokus (kamera utama), warna, detail, dan audio. Hal yang kami apresiasi adalah pengalaman zooming yang mulus saat merekam menggunakan kamera utamanya.

Baterai

Redmi Note 11 Pro

Ponsel Android masa kini umumnya memiliki baterai dengan kapasitas mumpuni. Redmi Note 11 Pro pun punya baterai dengan kapasitas besar, yakni 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar merupakan sebuah keniscayaan mengingat makin intensnya aktivitas penggunaan smartphone

Meski begitu, baterai berkapasitas besar bukan jaminan ponsel bisa menyala lebih lama. Hanya smartphone dengan sistem manajemen daya baik yang mampu memiliki waktu nyala panjang.

Untuk membuktikan seberapa lama waktu nyala Redmi Note 11 Pro, kami pun menguji ketahanan baterainya. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi PC Mark.

Aplikasi ini menguji ketahanan baterai si smartphone dengan cara memberi simulasi beban kerja seperti pada pemakaian sehari-hari. Ada lima macam skenario yang diberikan, meliputi browsing, mengedit video, mengedit foto, mengetik, dan memproses data.

Dari hasil tes yang kami lakukan, Redmi Note 11 Pro mencatat skor ketahanan baterai 11 jam 29 menit. Skor tersebut terbilang kurang mengingat POCO M4 Pro bisa memperoleh skor yang lebih baik, yakni 13 jam 47 menit.

pengisian baterai redmi note 11 pro

Xiaomi, atau dalam hal ini Redmi, sepertinya perlu melakukan tuning ulang pada sistem manajemen daya si smartphone agar ketahanan baterainya lebih baik. Di sisi lain, kecepatan pengecasan Redmi Note 11 Pro masuk kategori baik berkat dukungan teknologi pengisian cepat 67W.

Kami pun menguji kecepatan pengisian dayanya dengan charger bawaan 67W. Pengujian dilakukan untuk mengetahui durasi pengisian baterai dari 1% hingga penuh. Data penambahan kapasitas tiap waktunya kami catat dengan aplikasi Battery Log.

Hasilnya, dalam tempo 30 menit mengecas, kapasitas baterai berubah jadi 59%. Sementara itu, waktu pengecasan yang diperlukan hingga baterai terisi penuh adalah 1 jam 8 menit.

Konektivitas, Sensor, dan Haptic FeedBack

Redmi Note 11 Pro

MediaTek Helio G96 yang dipakai Redmi Note 11 Pro adalah SoC dengan modem internal 4G. Oleh sebab itu, dukungan jaringan seluler 5G belum tersedia buat HP ini. Walau demikian, umur jaringan 4G di Indonesia masih cukup panjang. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

Di luar jaringan seluler, dukungan konektivitas yang dipunyai Redmi Note 11 Pro terbilang lengkap. Ada Bluetooth 5.1, WiFi AC (5 GHz), Infrared, NFC, dan Radio FM.

Sensor yang dimiliki pun tak kalah lengkap. Mulai dari akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, dan giroskop. Keberadaan sensor giroskop membuat para pemain gim seperti Apex Legends, PUBG Mobile, atau COD Mobile, lebih leluasa mengontrol karakternya.

Nah, terkait haptic feedback atau getaran yang ditimbulkan saat mengetik, sudah cukup halus meski belum seperti ponsel flagship. Hal ini karena motor getar yang dipakai Redmi Note 11 Pro masih bertipe sumbu z, bukan sumbu x.

Motor getar sumbu z bekerja dengan menciptakan vibrasi secara vertikal (atas-bawah). Sementara itu, motor getar sumbu x, memiliki arah vibrasi horizontal (kiri-kanan). Arah getaran ini yang konon membuat tingkat kelembutan kedua motor getar berbeda.

Simpulan

Redmi Note 11 Pro dirilis di Indonesia dengan harga Rp3.799.000 untuk varian memori 8/128 GB dan Rp3.499.000 buat varian memori 6/128 GB. Pada rentang 3 jutaan ini, sebagian besar orang sudah mengharapkan sebuah smartphone dengan kemampuan mumpuni di beragam aspek.

Jika itu adalah parameternya, Redmi Note 11 Pro tentu sudah memenuhi harapan orang. Desain segar, tampilan layar memukau, speaker lantang, dan kualitas tangkapan yang bisa diandalkan. Cocok untuk penggunaan kasual.

Hanya, jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Redmi Note 10 Pro, perubahan yang ada rasa-rasanya minim. Karena itu, jika saat ini adalah pengguna Redmi Note 10 Pro, sebaiknya Anda bertahan dengan ponsel tersebut.

Hal yang paling krusial dari Redmi Note 11 Pro sebenarnya hanya ada dua: performa gaming dan daya tahan baterainya. Update software harus segera diberikan agar potensi performa apik yang dimiliki SoC Helio G96 keluar, serta daya tahan baterai si ponsel jadi lebih baik.

Berikut ini kesimpulan kami mengenai Redmi Note 11 Pro setelah mengujinya dalam beberapa hari.

Kelebihan Redmi Note 11 Pro

  • Desain flat yang trendi
  • Tahan debu dan percikan air (IP53)
  • Layar AMOLED 120 Hz, tajam, pekat, dan mulus
  • Antarmuka bersih tanpa iklan
  • Performa harian oke
  • Kamera bisa diandalkan
  • RAM besar (hingga 8 GB, plus 3 GB via Extension Memory)
  • Speaker stereo lantang dan berimbang
  • NFC, infrared, radio FM, dan jack audio tersedia
  • Pengisian daya cepat
  • Paket penjualan lengkap (ada charger dan softcase)

Kekurangan Redmi Note 11 Pro

  • Tonjolan pada modul kamera utama
  • Performa gaming kurang sip
  • Foto selfie oversharpening
  • Perekaman video terbatas pada resolusi 1080p 30 fps
  • Daya tahan baterai perlu dibenahi
  • Slot SIM hybrid, tidak ada opsi memori internal 256 GB

Ditinjau dari poin-poin di atas, Redmi Note 11 Pro masih layak untuk dipertimbangkan karena punya lebih banyak kelebihan. Namun, Anda juga mesti memperhatikan poin-poin kekurangan sebelum mengambil keputusan akhir meminang si ponsel atau tidak.

«1234 5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram