Review Redmi Note 7, HP Paling Juara di Kelas Harganya

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kalau saya tidak menguji PUBG Mobile, jelas bakal banyak pembaca yang kecewa. Yah, mau gimana lagi, PUBG Mobile sekarang jadi gim sejuta umat dan paling sering ditanyakan kalau ada HP baru, apakah PUBG Mobile berjalan dengan baik atau tidak?

Sebenarnya, saya tidak perlu menguji PUBG Mobile di Redmi Note 7. Kenapa? Karena performa PUBG Mobile serupa dengan penglaman ketika saya memainkan gim PUBG Mobile di  Xiaomi Mi 8 Lite. Yah karena keduanya memakai chipset yang sama.

pengaturan grafis pubg mobile redmi note 7

Memainkan PUBG Mobile di Redmi Note 7 berjalan dengan baik, feel yang saya rasakan ketika memainkan gim ini serupa ketika saya bermain PUBG Mobile di Xiaomi Mi 8 Lite dan Asus Zenfone Max Pro M2. Gim PUBG Mobile bisa berjalan dengan lancar dengan pengatura grafis HD sekalipun. Hanya saja baik grafis smooth maupun HD, framerate yang saya dapatkan hanya sampai "high" alias 30 fps saja.

Menariknya, angka 30 fps di Redmi Note 7 cenderung stabil. Jarang sekali angka fps-nya drop sehingga saya bisa memainkan PUB Mobile dengan baik dan cukup oke buat dapat "Chicken Dinner".

Kamera Belakang

Redmi Note 7 (13)

Satu keunggulan yang dimiliki Redmi Note 7 adalah kamera belakangnya. Kamera belakang ponsel ini hadir dengan kombinasi dua kamera. Yang satu kamera normal dan yang satu kamera dept sensor alias untuk bokeh dengan sensor 5 MP. Sementara kamera normal alias kamera utamanya hadir dengan sensor 48 MP.

Sensor kamera utama 48 MP inilah yang jadi sorotan banyak pihak. Mengapa? Hal ini karena jika menilik situs resmi Snapdragon 660, tertulis kalau chipset ini hanya mendukung sensor kamera maksimal sampai 25 MP. Karena itu, banyak pihak yang terkejut dengan kehadiran kamera 48 MP ini.

Lantas apakah Redmi Note 7 ini benar-benar hadir dengan kamera 48 MP? Jawabannya, bisa ya dan tidak. Yah, karena memang Redmi Note 7 mampu menghasilkan foto dengan resolusi 48 MP. Tidak, karena secara bawaan, kamera ini hadir dengan sensor 12 MP saja dengan fitur-fitur umum seperti panorama, kota, video singkat, potrait, dan lainnya.        Redmi Note 7 (15)

Kamera Redmi Note 7 dengan mode normal, pada dasarnya hanya hadir dengan resolusi 12 MP. Di mode lain juga, resolusi yang ditawarkan umumnya hanya 12 MP. Kameranya sendiri memiliki bukaan f/1.8 dengan fitur PDAF. Hadir pula fitur bokeh yang hasilnya tergolong baik seperti contoh gambar berikut ini.

foto potrait bokeh hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

Redmi Note 7 juga dapat memotret foto makanan dengan baik. Meskipun kadang tidak terasa terlihat detail, tetapi hasil tangkapan kamera belakang Redmi Note 7 untuk makanan tergolong baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang Redmi Note 7 dalam memotret makanan.

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

Yang saya suka dari kamera Redmi Note 7 adalah ketika memotret lingkungan. Kameranya mampu menangkap detail gambar yang rumit dengan baik. Meskipun secara kontras warna kurang begitu terlihat detail jika dbandingkan warna aslinya. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Redmi Note 7 dengan kondisi outdoor.

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

Yang menarik, Redmi Note 7 ternyata dapat menangkap gambar dengan kondisi cahaya yang kurang. Gambar yang dihasilkan justru tergolong bagus dan cukup baik. Sayangnya, jika kondisinya terlalu gelap, hasil tangkapan gambarnya terasa kurang nendang.

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi

Perhatikan foto pot bunga di atas. Foto tersebut diambil di kondisi kurang cahaya di bawah kolong meja. Kemudian saya coba ambil dengan mode "malam hari", hasilnya kamera bisa memberikan efek cahaya tetapi jelas hasil foto jadi terasa kurang maksimal.

Foto-foto sebelumnya, saya ambil dengan berbagai mode bawan yang hanya 12 MP. Lantas, bagaimana dengan klaim 48 MP di ponsel ini? Ternyata, kamera 48 MP di Redmi Note 7 bisa diaktifkan di mode Pro. Di mode ini, ada pilihan di bagian atas, untuk mengaktifkan mode sensor 48 MP.

Redmi Note 7 (14)

Seperti yang sudah disebutkan, kamera 48 MP di Redmi Note 7 sebenarnya 12 MP saja. Hanya saja, kameranya memiliki sistem pixel biner yang memungkinkan kamera memiliki resolusi 48 MP. Lantas, seperti apa tangkapan kamera 48 MP ini? Apakah lebih bagus jika dibandingkan dengan mode kamera normalnya? Untuk menjawabanya, silakan simak perbandingannya berikut ini.

perbandingan mode kamera redmi note 7

perbandingan mode kamera redmi note 7 2

Jika menilik dua foto di atas, kamera 48 MP dan kamera normalnya hasilnya sedikit berbeda. Tangkapan kamera normalnya memiliki cahaya yang lebih terang tetapi kamera 48 MP memiliki detail yang cukup baik, bahkan efek cahayanya cenderung lebih dari cukup. Oh yah, kedua hasil tangkapan kamera tersebut telah mengalami resize alias lebih kecil dari ukuran aslinya tetapi tidak ada perubahan edit foto.

Berdasarkan hal tersebut, saya bisa mengatakan kalau tangkapan kamera Redmi Note 7 ini tergolong baik. Fitur 48 MP jelas jadi fitur menarik meskipun sensor tersebut bukanlah sensor yang sebenarnya tetapi resolusi yang ditawarkan memang 48 MP.

Kamera Depan

Redmi Note 7 (6)

Kamera depan Redmi Note 7 hadir dengan kamera 13 MP. Kamera belakang ini memiliki bukaan f/2.2 dan memiliki fitur HDR. Hasil tangkapan kameranya tergolong baik untuk selfie meskipun tentu tidak lebih baik daripada Xiaomi Mi 8 Lite yang menawarkan sensor kamera selfie yang cukup tinggi.

Redmi Note 7

Kamera depan Redmi Note 7 sendiri memiliki beberapa mode yang kurang lebih sama dengan mode kamera belakang, seperti mode video singkat, mode foto normal, mode potrait untuk bokeh, dan mode kotak. Yang tidak ada di kamera depan adalah mode malam hari, panorama, dan mode pro saja.

hasil tangkapan kamera depan redmi note 7

hasil tangkapan kamera depan redmi note 7 (3)

Untuk hasil tangkapan kamera depan, bisa disimak hasil selfie kamera depan Redmi Note 7 pada 2 foto di atas. Tampak kalau hasil selfie Redmi Note 7 cenderung biasa, malah terasa kurang menarik. Untuk kamera depan, saya sih lebih memilih Xiaomi Mi 8 Lite karena hasil tangkapan kameranya tergolong baik.

Baterai

Redmi Note 7

Redmi Note 7 hadir dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterainya ini tergolong cukup bagus di kelasnya. Dengan baterai yang besar tersebut, saya bisa bermain PUBG Mobile cukup intens dan masih sedikit sisa ketika malam tiba.

Daya tahan baterai Redmi Note 7 cukup lama. Tanpa bermain gim dan hanya main medsos saja, dengan jaringan internet VoLTE yang menyala, baterainya bisa menyisa sampai 2 harian saja. PC Work 2.0 sendiri menilai daya tahan baterai Redmi Note 7 bisa mencapai 15 jam lamanya. Hasil yang tergolong bagus tentunya.

PC Work battery redmi note 7

Hal yang menarik dari baterai Redmi Note 7 ini adalah kemampuannya untuk cepat dingin. Misalnya, ketika saya main PUBG Mobile selama satu jam, bodi baterai Redmi Note 7 memang terasa cukup panas tetapi ketika dicek dengan pembaca suhu, suhunya tergolong cukup dingin, ada di kisaran angka 35 derajat Celcius sampai 37 derajat Celcius.

Redmi Note 7 (21)

Oh yah untuk pengisian baterainya, Redmi Note 7 ini tergolong cepat pengisiannya. Hal ini karena ponsel ini sudah mendukung pengisian cepat Quick Charge 4. Untuk estimasi pengisian, saya mencoba dua kali pengujian.

Pengujian pertama, ketika daya tahan baterai 19 persen, diisi sampai penuh ternyata butuh 2 jam pengisian daya. Pengujian kedua, ketika daya tahan baterai 9 persen, diisi sampai penuh ternyata ttetap butuh 2 jam pengisian daya. Hal ini mengindikasikan kalau Redmi Note 7 cukup cepat untuk pengisian daya meskipun tentu tidak lebih cepat dari ponsel yang diklaim memiliki pengisian super cepat.

Simpulan

Redmi Note 7 (4)

Berdasarkan pengalaman saya memakai Redmi Note 7, saya bisa menyimpulkan kalau ponsel ini memang menarik. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan ponsel ini. Dan di kelas harganya, kekurangan yang ditawarkan masih bisa dimaklumi.

Kelebihan Xiaomi Mi 8 Lite 

  • Performa sudah oke di kelas harganya
  • Kamera belakang cukup bagus dan mode 48 MP tergolong menarik
  • Memiliki pelindung Corning Gorilla Glass 5 di seluruh bodi
  • Sudah memakai USB Type-C
  • Memiliki port audio jack
  • Hadirnya Quick Charge

Kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite

  • Masih tentang MIUI yang tetap ada iklan
  • Kamera depan kurang begitu nendang
  • Layar tidak jelek tetapi tidak terlalu istimewa
  • Bodi plastik tetapi tertutupi desain mengkilap dan pelindung Corning Gorilla Glass 5

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, Redmi Note 7 ini adalah ponsel yang benar-benar bagus di kelasnya. Apalagi jika Anda memilih model warna merah dan biru. Dengan harga yang cukup terjangkau, Redmi Note 7 bisa jadi ponsel sejuta umat dengan berbagai kelebihan menarik yang ditawarkannya.

Bisa dibilang Redmi Note 7 adalah HP paling juara di kelas harganya. Terlebih karena para pesaing di kelas harga yang sama tidak menawarkan kelebihan seperti yang ditawarkan Redmi Note 7. Tertarik membeli? Langsung saja klik link berikut.

«1 2
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram