Carisinyal / Samsung 2016 / Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Oktober 2018

Dewasa ini, ponsel 4G LTE memang sedang sangat dicari. Pasalnya, setiap masyarakat Indonesia tentu ingin merasakan seberapa cepat jaringan internet mutakhir tersebut. Namun, sebagian besar orang masih enggan mengganti ponsel 3G-nya dengan alasan harga ponsel 4G LTE masih terlalu mahal. Padahal, saat ini banyak smartphone 4G LTE murah yang beredar di pasaran, seperti Samsung Galaxy J2.

Tren smartphone berkualitas yang dibandrol dengan harga terjangkau memang sedang menjamur di pasaran. Samsung turut meramaikan pasar ponsel murah ini dengan melengkapi seri J dengan Galaxy J2. Smartphone ini lebih mahal dibanding Galaxy J1, tetapi lebih murah dibanding Galaxy J5 dan J7. Penasaran bagaimana review Samsung Galaxy J2 dari Carisinyal? Simak ulasan selengkapnya di sini!

Desain

Sama seperti seri J lainnya, J2 hadir dengan desain yang tidak terlalu mengesankan. Hal ini sangat kontras dengan Galaxy seri A yang mengusung desain yang lebih premium. Berbeda dengan J5 dan J7, Galaxy J2 memiliki back cover dari leather-like finish. Walaupun smartphone ini terbuat dari material plastik, tetapi smartphone ini cukup nyaman dan tidak mudah tergelincir dalam genggaman tangan.

Galaxy J2 memiliki lebar 69 mm, panjang 136 mm, dan ketebalan 8.3 mm. Sementara itu, bobot dari smartphone ini hanya sekitar 130 gram, sehingga Galaxy J2 tergolong smartphone yang ringan dan compact. Samsung menyediakan dua pilihan warna untuk J2, yaitu hitam dan putih.

Layar

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy j2

Meskipun masuk ke dalam kelas smartphone menengah ke bawah, Samsung sudah membekali J2 dengan layar Super AMOLED berukuran 4,7 inci. Layar tersebut juga dibekali dengan resolusi 540 x 960 piksel dengan kerapatan 234 ppi. Overall, layar smartphone ini terang, memiliki sudut pandang yang baik, menawarkan output warna cerah, dan visibilitas di bawah sinar matahari juga baik.

Karena layar smartphone ini tidak disertai dengan sensor cahaya, jadi Anda harus menyesuaikan kecerahan layar secara manual tergantung pada kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Layar smartphone ini sudah cukup kualitas, tapi sayangnya tidak ada proteksi khusus yang melindungi layar tersebut.

Prosesor

Bagi pemerhati performa smartphone, sektor prosesor dalam review Samsung Galaxy J2 ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. J2 hadir dengan prosesor Samsung Exynos 3475 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz.

Secara keseluruhan, hardware ini menawarkan kinerja yang sedang dan tidak membuat suhu perangkat menjadi panas. Namun, Carisinyal berpikir bahwa sejatinya Samsung bisa menyematkan prosesor dan CPU yang lebih baik untuk Galaxy J2 ini.

Kartu pengolah grafis yang terdapat di dalam Galaxy J2 adalah Mali-T720. Sebenarnya, ini bukanlah sebuah GPU terbaik, tetapi GPU ini sudah dapat bekerja dengan baik dalam beberapa permainan. Akan tetapi, jangan pernah menggunakan smartphone ini memainkan game-game yang memerlukan kualitas grafis yang lebih tinggi.

Memori

Sektor memori juga tidak kalah penting dengan prosesor, mengingat di zaman sekarang banyak aplikasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Nah, Galaxy J2 hadir dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Akan tetapi, setelah digunakan untuk aplikasi bawaan, kapasitas memori yang Anda dapatkan hanya sekitar 4,36 GB saja. Namun, hal tersebut tak jadi masalah karena Anda bisa mengupgrade slot microSD hingga 128 GB.

RAM juga merupakan elemen penting yang menentukan performa smartphone. Galaxy J2 dibekali dengan RAM sebesar 1 GB. Ukuran RAM ini tidak terlalu besar, mengingat saat ini ada banyak kompetitor lain dalam kelas smartphone low-end yang menyediakan RAM berukuran 2 GB.

Konektivitas

Seperti yang sudah kami katakan di awal review Samsung Galaxy J2 ini, ponsel pintar ini sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE. Bahkan, kedua slot SIM ini sama-sama mendukung jaringan 4G LTE. Namun, Anda hanya bisa mengaktifkan jaringan 4G di salah satu SIM saja.

Kedua SIM ini dibekali dengan fitur Smart DUAL SIM, di mana panggilan akan diteruskan ke SIM 2 jika nomor telepon SIM 1 sedang sibuk. Selain itu, konektivitas lain yang menyertai J2 antara lain adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan GPS. Bahkan, smartphone murah berkualitas ini juga sudah mendukung USB On-The-Go.

Baterai

Kapasitas baterai yang melengkapi J2 tidak terlalu besar, yakni hanya 2.000 mAh saja. Namun, baterai ini bisa membuat smartphone hidup sepanjang hari meskipun Anda telah mengaktifkan jaringan 4G.

Namun, bila Anda aktif menggunakan smartphone untuk memutar musik, melakukan panggilan, browsing, dan aktif di sosial media, maka baterai smartphone ini hanya bertahan selama beberapa jam saja.

Baterai ini hadir dengan mode hemat daya yang bisa menghemat penggunaan daya baterai smartphone. Baterai yang digunakan pada J2 ini juga bisa dilepas, sehingga Anda bisa membawa baterai cadangan untuk menggantikan baterai smartphone ini jika habis.

Kamera

Sampel kamera Samsung Galaxy J2

Sampel kamera Samsung Galaxy J2

Kamera juga merupakan hal terpenting yang selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli smartphone. Samsung membekali Galaxy J2 dengan kamera utama 5 MP yang sudah dilengkapi dengan autofocus dan aperture F/2.2.

Hasil foto pada siang hari cukup baik, tapi gambar tidak terlalu cerah. Kualitas pencahayaan yang rendah akan menimbulkan banyak noise pada hasil foto yang diambil dengan kamera utama smartphone ini. Namun, untuk mencerahkan hasil foto dengan kamera utama, Anda bisa memanfaatkan LED Flash yang tersedia.

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera dengan ukuran 2 MP. Walaupun tidak terlalu cerah dan spesial, kamera depan smartphone ini sudah cukup baik untuk membantu Anda aktif dalam media sosial dan melakukan panggilan video.

Fitur

review samsung galaxy j2

Seperti beberapa smartphone Samsung terbaru, J2 juga sudah dilengkapi dengan Smart Manager, untuk memeriksa informasi baterai, membersihkan cache atau junk, serta membebaskan RAM. Dengan adanya Smart Manager ini, kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi cleaner untuk membersihkan junk dan cache.

Smartphone berbasis Android Lollipop v5.1.1 ini juga sudah diperkaya dengan Ultra Data Saving Mode yang dikembangkan oleh Opera Max. Karena J2 tidak memiliki pemutar musik, maka Anda harus bergantung pada Google Play Music atau mengunduh aplikasi pemutar musik Android yang lain.

Harga

Nah, inilah bagian yang sudah dinanti oleh pembaca Carisinyal yang tertarik untuk memiliki Samsung Galaxy J2. Handset ini dijual dengan harga yang ekonomis, yakni sekitar 1,7 juta rupiah. Seperti yang sudah kami katakan tadi, smartphone ini lebih mahal dibanding Galaxy J1 yang masih dibandrol dengan harga 1,4 juta rupiah, serta lebih murah dibandingkan Galaxy J5 yang dijual seharga 2,5 juta rupiah.

Kesimpulan dari review Samsung Galaxy J2 kali ini, smartphone ini cukup worth bagi Anda pecinta handset besutan Samsung dengan harga yang lebih murah. Namun, bila Anda ingin smartphone dengan performa dan spesfikasi yang lebih baik, kami lebih menyarankan Anda untuk membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG atau Xiaomi Redmi 3 16 GB yang dijual dengan harga 1,8 juta rupiah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2”

  1. Thank bro!
    Dengan membaca situs ini saya merasa lebih paham lagi …

Tinggalkan komentar