Review Remote Pintar Smart IR Controller DS-3301

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Konsep smart home alias rumah pintar memang identik dengan sebuah ekosistem. Dengan ekosistem, pemilik rumah mendapat benefit karena peralatan elektronik yang dipunyainya berasal dari satu merek. Namun, konsep smart home sebetulnya tak sesaklek itu.

Anda bisa menciptakan ekosistem sendiri dengan mencomot berbagai merek peralatan elektronik yang berbasis inframerah. Bahkan, Anda juga bisa memasukkan alat elektronik yang jadul ke dalam ekosistem. Lantas, bagaimana caranya agar Anda dapat mengendalikan seluruh alat elektronik itu semua?

Sebuah benda mungil bernama remote pintar akan menjadi solusinya. Remote pintar itu seperti Smart IR Controller DS3301 yang sampai ke meja pengujian Carisinyal. Anda tak perlu khawatir soal harga karena remote pintar ini hanya dibanderol Rp200 ribuan.

Smart IR Controller DS3301 sendiri merupakan produk dari jenama Prolink. Jenama ini sering hadirkan beragam produk seperti router, lampu pintar, WiFi extender, keyboard, mouse, kabel USB, hingga UPS. Informasi beragam produk Prolink bisa Anda cari tahu lebih di situs resminya, Prolink2u.com.

Prolink Smart IR Controller DS3301 merupakan jembatan bagi Anda yang ingin mengimplementasikan konsep smart home. Alat mungil yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan alat elektronik dari jarak jauh.

Namun, ia punya segudang fitur yang mampu meningkatkan kualitas hidup Anda. Apa saja fitur-fitur yang dimiliki Smart IR Controller DS3301. Simak ulasannya berikut!

Spesifikasi Prolink Smart IR Controller DS-3301

prolink smart ir controller
  • Dimensi: 64,7 x 64,7 x 20 mm; 68 g
  • Antarmuka dan daya: microUSB; 5V 1A
  • Standar WiFi: IEEE 802.11 b/g/n
  • Frekuensi dan Radius Infrared: 38 KHz; hingga 10 m
  • Dukungan: Android 9.0 dan iOS 9.0 ke atas

Isi Kotak

prolink smart ir controller

Kami mendapati kotak penjualan yang minimalis saat hendak melakukan unboxing. Karena pada dasarnya memang tidak perlu mewah.

Prolink memilih warna yang netral untuk kotak produk ini. Ada biru, putih, dan abu-abu. Selain simpel, tampilan kotak penjualan Prolink Smart IR Controller DS-3301 juga cukup informatif.

Ia menampilkan wujud produk, fitur-fitur unggulan yang dimiliki, serta spesifikasi teknis produk. Lalu bagaimana dengan isi kotaknya. Ternyata cukup rapi. Pada bagian atas, kami menjumpai produk utamanya, yakni Prolink Smart IR Controller DS-3301, yang dibungkus dengan plastik.

prolink smart ir controller

Benda berbentuk bulat dengan warna hitam itu duduk di atas sebuah kompartemen yang menciptakan sekat dengan ruangan di bawahnya. Nah, yang ada di ruangan bagian bawah kotak meliputi buku panduan sekaligus kartu garansi, kabel micro USB (± 1 m), adaptor 5V 1A, dan stiker dudukan.

Khusus untuk stiker dudukan, benda ini boleh dipakai boleh juga tidak. Stiker dudukan ini penting jika Anda ingin memasang Prolink Smart IR Controller DS-3301 pada bidang vertikal. Pasalnya, stiker dudukan tersebut membuat Prolink Smart IR Controller DS-3301 bisa menempel di tembok.

Desain

prolink smart ir controller

Prolink Smart IR Controller DS-3301 memiliki bentuk bulat seperti uvo dan berwarna hitam. Bagian atasnya dipoles secara glossy, sehingga cukup reflektif. Noda sidik jari memang gampang menempel pada permukaan glossy.

Akan tetapi, hal itu tidaklah masalah mengingat pengguna tak akan sering memegang benda yang satu ini. Anda tentu akan lebih sering memegang smartphone, bukan? Nah pada bagian atas remote pintar ini terdapat lampu LED indikator dan colokan microUSB.

prolink smart ir controller

Bagian bawah alat ini justru memiliki matte. Di situ tertera nama produk dan satu tombol reset kecil. Tombol ini fungsinya untuk mengatur Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke setelan pabrik. Sementara itu, yang berwarna putih dan melingkari bagian bawah alat ini adalah dudukan berbahan karet.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 terasa mungil dalam genggaman tangan orang dewasa. Pantas saja, dimensi remote pintar ini 64,7 x 64,7 x 20 mm dengan bobot hanya 68 g. Walau begitu, build quality-nya bagus. Tidak ada suara "kriuk-kriuk" saat kami memencet seluruh permukaan bodi si alat.

Cara Menyambungkan ke HP

Cara menyambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke HP tidaklah sulit. Namun, sebelum membahas hal itu, terdapat tiga hal yang mesti Anda perhatikan. Pertama, usahakan alat ini bisa menjangkau seluruh alat elektronik yang ada di rumah Anda.

Ingat, daya jangkau alat ini adalah radius 10 m. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasang alat ini di tengah-tengah perangkat elektronik yang ada di rumah Anda. Kedua, tak masalah jika Anda hendak memasang alat ini dengan menaruhnya saja di meja ataupun menempelkannya di tembok.

Hanya saja, pastikan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ini dapat menjangkau stop kontak terdekat. Alat ini tidak bisa beroperasi jika tidak terhubung ke sumber listrik. Adapun kabel adaptor alat ini punya panjang kurang lebih 1 m.

Ketiga alias yang terakhir, pastikan rumah, kos, atau kantor Anda memiliki instalasi WiFi yang tersambung ke internet. WiFi adalah syarat agar remote pintar ini bisa menerima perintah dari HP.

Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menyambungkan remote pintar ini ke HP. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Sambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke kabel microUSB dan adaptornya, lalu colokkan ke sumber listrik

2. Unduh aplikasi mEzee di App Store untuk iPhone dan di Goole Play Store buat HP Android.

prolink mezee

3. Buatlah akun mEzee dengan memilih "Sign Up" dan ikuti semua instruksi.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram