carisinyal web banner retina

Review Remote Pintar Smart IR Controller DS-3301

Konsep smart home alias rumah pintar memang identik dengan sebuah ekosistem. Dengan ekosistem, pemilik rumah mendapat benefit karena peralatan elektronik yang dipunyainya berasal dari satu merek. Namun, konsep smart home sebetulnya tak sesaklek itu.

Anda bisa menciptakan ekosistem sendiri dengan mencomot berbagai merek peralatan elektronik yang berbasis inframerah. Bahkan, Anda juga bisa memasukkan alat elektronik yang jadul ke dalam ekosistem. Lantas, bagaimana caranya agar Anda dapat mengendalikan seluruh alat elektronik itu semua?

Sebuah benda mungil bernama remote pintar akan menjadi solusinya. Remote pintar itu seperti Smart IR Controller DS3301 yang sampai ke meja pengujian Carisinyal. Anda tak perlu khawatir soal harga karena remote pintar ini hanya dibanderol Rp200 ribuan.

Smart IR Controller DS3301 sendiri merupakan produk dari jenama Prolink. Jenama ini sering hadirkan beragam produk seperti router, lampu pintar, WiFi extender, keyboard, mouse, kabel USB, hingga UPS. Informasi beragam produk Prolink bisa Anda cari tahu lebih di situs resminya, Prolink2u.com.

Prolink Smart IR Controller DS3301 merupakan jembatan bagi Anda yang ingin mengimplementasikan konsep smart home. Alat mungil yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan alat elektronik dari jarak jauh.

Namun, ia punya segudang fitur yang mampu meningkatkan kualitas hidup Anda. Apa saja fitur-fitur yang dimiliki Smart IR Controller DS3301. Simak ulasannya berikut!

Spesifikasi Prolink Smart IR Controller DS-3301

prolink smart ir controller
  • Dimensi: 64,7 x 64,7 x 20 mm; 68 g
  • Antarmuka dan daya: microUSB; 5V 1A
  • Standar WiFi: IEEE 802.11 b/g/n
  • Frekuensi dan Radius Infrared: 38 KHz; hingga 10 m
  • Dukungan: Android 9.0 dan iOS 9.0 ke atas

Isi Kotak

prolink smart ir controller

Kami mendapati kotak penjualan yang minimalis saat hendak melakukan unboxing. Karena pada dasarnya memang tidak perlu mewah.

Prolink memilih warna yang netral untuk kotak produk ini. Ada biru, putih, dan abu-abu. Selain simpel, tampilan kotak penjualan Prolink Smart IR Controller DS-3301 juga cukup informatif.

Ia menampilkan wujud produk, fitur-fitur unggulan yang dimiliki, serta spesifikasi teknis produk. Lalu bagaimana dengan isi kotaknya. Ternyata cukup rapi. Pada bagian atas, kami menjumpai produk utamanya, yakni Prolink Smart IR Controller DS-3301, yang dibungkus dengan plastik.

prolink smart ir controller

Benda berbentuk bulat dengan warna hitam itu duduk di atas sebuah kompartemen yang menciptakan sekat dengan ruangan di bawahnya. Nah, yang ada di ruangan bagian bawah kotak meliputi buku panduan sekaligus kartu garansi, kabel micro USB (± 1 m), adaptor 5V 1A, dan stiker dudukan.

Khusus untuk stiker dudukan, benda ini boleh dipakai boleh juga tidak. Stiker dudukan ini penting jika Anda ingin memasang Prolink Smart IR Controller DS-3301 pada bidang vertikal. Pasalnya, stiker dudukan tersebut membuat Prolink Smart IR Controller DS-3301 bisa menempel di tembok.

Desain

prolink smart ir controller

Prolink Smart IR Controller DS-3301 memiliki bentuk bulat seperti uvo dan berwarna hitam. Bagian atasnya dipoles secara glossy, sehingga cukup reflektif. Noda sidik jari memang gampang menempel pada permukaan glossy.

Akan tetapi, hal itu tidaklah masalah mengingat pengguna tak akan sering memegang benda yang satu ini. Anda tentu akan lebih sering memegang smartphone, bukan? Nah pada bagian atas remote pintar ini terdapat lampu LED indikator dan colokan microUSB.

prolink smart ir controller

Bagian bawah alat ini justru memiliki matte. Di situ tertera nama produk dan satu tombol reset kecil. Tombol ini fungsinya untuk mengatur Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke setelan pabrik. Sementara itu, yang berwarna putih dan melingkari bagian bawah alat ini adalah dudukan berbahan karet.

Prolink Smart IR Controller DS-3301 terasa mungil dalam genggaman tangan orang dewasa. Pantas saja, dimensi remote pintar ini 64,7 x 64,7 x 20 mm dengan bobot hanya 68 g. Walau begitu, build quality-nya bagus. Tidak ada suara "kriuk-kriuk" saat kami memencet seluruh permukaan bodi si alat.

Cara Menyambungkan ke HP

Cara menyambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke HP tidaklah sulit. Namun, sebelum membahas hal itu, terdapat tiga hal yang mesti Anda perhatikan. Pertama, usahakan alat ini bisa menjangkau seluruh alat elektronik yang ada di rumah Anda.


Ingat, daya jangkau alat ini adalah radius 10 m. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasang alat ini di tengah-tengah perangkat elektronik yang ada di rumah Anda. Kedua, tak masalah jika Anda hendak memasang alat ini dengan menaruhnya saja di meja ataupun menempelkannya di tembok.

Hanya saja, pastikan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ini dapat menjangkau stop kontak terdekat. Alat ini tidak bisa beroperasi jika tidak terhubung ke sumber listrik. Adapun kabel adaptor alat ini punya panjang kurang lebih 1 m.

Ketiga alias yang terakhir, pastikan rumah, kos, atau kantor Anda memiliki instalasi WiFi yang tersambung ke internet. WiFi adalah syarat agar remote pintar ini bisa menerima perintah dari HP.

Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menyambungkan remote pintar ini ke HP. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Sambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke kabel microUSB dan adaptornya, lalu colokkan ke sumber listrik

2. Unduh aplikasi mEzee di App Store untuk iPhone dan di Goole Play Store buat HP Android.

prolink mezee

3. Buatlah akun mEzee dengan memilih "Sign Up" dan ikuti semua instruksi.

prolink mezee

4. Lampu indikator Prolink Smart IR Controller DS-3301 akan menyala dengan berkedip-kedip. Ini merupakan tanda bahwa si remote pintar siap disambungkan ke HP.

5. Nyalakan Bluetooth pada ponsel Anda.

6. Buka Aplikasi mEZee. Pada tampilan paling awal, klik tombol "Add Device" atau simbol (+) di pojok kanan atas.

prolink mezee

7. Ponsel kemudian akan otomatis mendeteksi keberadaan remote pintar ini. Jika logo remote pintar ini muncul di deretan paling atas, klik tombol "Add Device". Namun, bila tidak, Anda bisa menghubungkannya secara manual dengan memilih bilah "IR Controller" dan klik tipenya, yaitu Smart "IR Controller".

prolink smart ir controller

8. Tunggu sekitar 30 detik lalu klik "Next" dan "Done".

9. Pilih koneksi WiFi yang ingin dihubungkan dan masukkan passwordnya.

10. Prolink Smart IR Controller DS-3301 pun sudah tersambung dengan ponsel.

prolink smart ir controller

11. Langkah terakhir adalah menyambungkan (sinkronisasi) setiap alat elektronik berbasis inframerah ke Prolink Smart IR Controller DS-3301. Caranya yakni dengan klik ikon remote pintar ini yang ada di aplikasi mEzee, lalu klik "Add".

prolink smart ir controller

12. Kemudian pilih kategori produk. Setelah itu, Anda akan diberi pilihan antara "Quick Match" dan "Learn Match". Jika Anda memilih "Quick Match", Anda akan diminta memasukkan merek alat elektronik dan aplikasi akan mencarikan database remote alat elektronik terkait.

Sementara itu, "Learn Match" meminta Anda untuk langsung mencoba memencet tombol-tombol virtual di ponsel untuk melihat respons alat elektronik.

prolink smart ir controller

Fitur

prolink smart ir controller

Tugas Prolink Smart IR Controller DS-3301 sebetulnya cukup sederhana, yakni mengendalikan seluruh perangkat elektronik berbasis inframerah. Melalui alat ini, Anda bisa menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik di rumah dari jarak jauh. Konsep smart home pun telah terjadi di sini.

Namun, sebagaimana Prolink Smart Bulb DS-3601 yang telah kami uji sebelumnya, Prolink Smart IR Controller DS-3301 juga mendukung fitur otomasi yang disediakan oleh aplikasi mEzee.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mematikan atau menghidupkan perangkat elektronik secara otomatis dan terjadwal.

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan skenario khusus ketika suatu perangkat harus menyala. Misalnya, saat temperatur udara sekitar menyentuh 34°C, AC (Air Conditioner) akan otomatis menyala.

Fitur selanjutnya yang dimiliki aplikasi mEzee untuk Prolink Smart IR Controller DS-3301 adalah kontrol suara. Jika Anda malas untuk membuka aplikasi mEzee untuk sekadar mematikan TV, Anda tinggal bilang perintahnya ke HP.

Hal yang seperti ini bisa dilakukan lantaran Prolink Smart IR Controller DS-3301 mendukung perintah suara dari asisten pribadi seperti Apple Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant.

Kami mencoba fitur pengendalian suara melalui Google Assistant dengan menggunakan ponsel Android. Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Home pada Play Store.

google home

Google Home fungsinya menjembatani Google Assistant dan mEzee, sehingga perintah yang diberikan bisa dieksekusi oleh Prolink Smart IR Controller DS-3301. Penyetelan Google Home tidaklah rumit.

Setelah selesai memasang aplikasi ini, Anda akan diminta untuk membuat nama wilayah operasional. Dalam kasus ini, kami menamainya "Kantor". Setelah sukses, klik simbol (+) di pojok kiri atas, lalu pilih "Works with Google".

Selanjutnya ketikkan "mEzee", pilih, lalu masukkan alamat email atau nomor ponsel yang sama dengan akun mEzee Anda. Lakukan verifikasi, tunggu beberapa saat. Prolink Smart IR Controller DS-3301 siap menerima perintah via suara.

Pengalaman Uji Pakai

prolink smart ir controller

Prolink Smart IR Controller DS-3301 terbilang mudah digunakan. Selama kami menguji remote pintar ini, tidak ada kendala berarti. Proses menyambungkan alat ini ke HP simpel dan instan. Hal ini tak lepas dari antarmuka aplikasi mEzee yang mudah dimengerti sekalipun oleh orang awam.

Selanjutnya, mengenai sinkronisasi ke perangkat elektronik, opsi "Quick Match" lebih cepat mendeteksi perangkat terkait opsi "Learn Match". Walaupun begitu, kami tetap harus mencoba beberapa pilihan tombol virtual pada kedua opsi sampai perangkat elektronik benar-benar merespons perintah.

Saat melakukan sinkronisasi, kami berhasil menyambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 dengan sebuah televisi Samsung. Proses sinkronisasi sukses meskipun remote pintar ini tidak kami dekatkan ke televisi, tidak pula kami dekatkan ke remote asli ataupun remote bawaan.

Hanya saja, kami tidak berhasil menyambungkan Prolink Smart IR Controller DS-3301 ke sebuah AC dengan merek Daikin. Kemungkinan yang menyebabkan sinkronisasi gagal adalah remote pintar ini belum memiliki database perangkat yang dimaksud.

Adapun Prolink Smart IR Controller DS-3301 mampu menerima dan mengirimkan perintah dengan baik. Jeda antara perintah dan reaksi perangkat (televisi) cukup singkat. Hal ini kami rasakan baik saat menggunakan jaringan internet WiFi maupun seluler. Mengirim perintah langsung dari aplikasi mEzee ataupun perintah suara via Google Assistant juga tak ada bedanya.

Simpulan

Prolink Smart IR Controller DS-3301 merupakan solusi bagi Anda yang ingin menerapkan konsep smart home pada hunian ataupun kantor. Dengan remote pintar ini, Anda bisa mengendalikan seluruh perangkat elektronik berbasis inframerah dari mana saja.

Adanya fitur otomasi pada Prolink Smart IR Controller DS-3301 membuat Anda tak perlu meluangkan waktu untuk sekadar menghidupkan atau mematikan perangkat. Anda tinggal membuat jadwal nyala dan mematikan berdasarkan waktu atau kondisi tertentu.

Anda pun tidak perlu khawatir bila ada perangkat elektronik yang tak bisa dikendalikan dengan remote Prolink Smart IR Controller DS-3301. Pasalnya, jangkauan remote pintar ini cukup luas, mencapai radius 10 m.

Maka dari itu, remote pintar ini secara teori ideal dipakai pada rumah tipe 36, 45, 54, dan 60. Pada akhirnya, Prolink Smart IR Controller DS-3301 merupakan remote pintar yang cukup menarik untuk dipertimbangkan, apalagi harganya hanya Rp200 ribuan.

Berikut beberapa hal yang bisa kami simpulkan setelah menguji Prolink Smart IR Controller DS-3301:

Kelebihan Prolink Smart IR Controller DS-3301

  • Harga terjangkau
  • Build quality bagus
  • Instalasi mudah
  • Mendukung Google Home
  • Mendukung beragam platform asisten pribadi
  • Fleksibel dipasang secara vertikal ataupun horizontal

Kekurangan Prolink Smart IR Controller DS-3301

  • Kabel charger kurang panjang
  • Harus tersambung ke sumber listrik

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Prolink Smart IR Controller DS-3301, apakah Anda tertarik untuk membeli produk ini? Apabila produk ini memang dirasa menarik dan sesuai kebutuhan Anda, tidak ada salahnya untuk melirik Prolink Smart IR Controller DS-3301.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram