carisinyal web banner retina

Samsung DeX, Multitasking untuk Produktivitas yang Lebih Baik

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Smartphone saat ini lebih dari sekadar komunikasi. Perangkat ini bisa jadi sebuah komputer kecil untuk menghubungkan banyak orang, melakukan berbagai hal secara mobile, dan membantu berbagai pekerjaan ringan. 

Sayangnya, untuk pekerjaan yang lebih berat dan kompleks, orang masih nyaman memakai PC (Laptop dan Desktop), barangkali termasuk Anda. Kemudahan penggunaan dan tampilan PC terasa lebih leluasa bagi penggunanya dalam melakukan berbagai pekerjaan produktivitas. Padahal, sebenarnya beberapa pekerjaan bisa dilakukan di Smartphone. 

Jika alasannya karena tampilan smartphone yang kecil dan cenderung memberikan pengalaman mobile, maka Anda perlu berkenalan dengan Samsung DeX. 

Mengenal Samsung DeX

samsung dex

Samsung DeX ini pertama kali diperkenalkan pada 2017. Saat itu, Samsung Galaxy Note8 jadi ponsel pertama yang mendukung fitur ini. Fitur ini kemudian terus ditingkatkan dan didukung perangkat Samsung premium lainnya, Samsung Galaxy S Series. 

Saat kemunculannya, Samsung DeX bekerja dengan cara menghubungkan smartphone ke perangkat khusus Samsung DeX untuk kemudian disambungkan ke perangkat lain. Selanjutnya, saat kehadiran Samsung Galaxy Note10, Samsung DeX mengalami peningkatan fitur. 

Peningkatan fitur tersebut adalah memungkinkannya smartphone terhubung dengan layar memakai kabel saja. Tidak ada lagi perangkat tambahan untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat layar seperti TV atau monitor. Hanya saja, kedua perangkat harus tetap terhubung memakai kabel penghubung kabel HDMI dengan USB Type-C.

Tahun 2020, Samsung menghadirkan Samsung DeX yang lebih revolusioner. Bersamaan dengan hadirnya Samsung Galaxy Note20 Series, Samsung DeX hadir menawarkan fitur yang memungkinkan Samsung Galaxy Note20 Series terhubung dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel. 

Teknologi ini semacam ini sebenarnya sudah ada, yakni Miracast. Hanya saja teknologi Miracast menampilkan tampilan di monitor seperti di ponsel alias dengan cara mirroring

Samsung DeX tidak bekerja seperti itu. Tampilan di perangkat layar adalah tampilan OneUI dengan versi Desktop. Sementara perangkat Samsung Galaxy Note20 akan tetap tampil serupa. Cara ini jelas memberikan pengalaman memakai ponsel pintar menjadi benar-benar baru. 

Multitasking dengan Samsung Dex

samsung dex

Samsung DeX dengan fitur ini jelas membuat pengalaman komputasi menjadi lebih baru. Karena tanpa gangguan kabel, Samsung DeX ini kini bisa disebut sebagai Wireless DeX. Dengan Wireless DeX, semua pekerjaan produktivitas menjadi lebih menarik karena tidak terbatas dengan panjang pendeknya kabel. 

Contohnya adalah dengan melakukan presentasi. Anda bisa memakai Samsung Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra untuk dihubungkan ke perangkat tampilan seperti TV atau perangkat layar lain dengan lebih leluasa. Tidak hadirnya kabel juga memudahkan Anda untuk melakukan presentasi dengan lebih aktif, bahkan memakai ponsel Galaxy Note20 series sendiri. 

samsung dex

Sebelum presentasi dimulai, pastikan dulu presentasi Anda dibuat dengan baik. Anda tidak perlu repot-repot membuat presentasi di PC. Anda bisa membuatnya dengan mudah di Samsung Galaxy Note20 Series. 

Jika tampilan mobile kurang terasa nyaman dalam membuat presentasi, Anda cukup hubungkan Samsung Galaxy Note20 Series ke perangkat layar, bahkan bisa ke laptop Anda. Setelah itu, Anda bisa berkreasi membuat presentasi menarik hanya dengan sebuah ponsel pintar. 

Sambil membuat presentasi, Anda bisa membuka aplikasi lain. Siapa tahu, ada kolega yang menghubungi Anda via Skype. Atau bisa jadi Anda saat itu juga ada panggilan meeting online via Zoom atau Cisco Webex Meetings. 

samsung dex

Setelah meeting online dan membuat presentasi selesai, Anda bisa menikmati konten Youtube di Wireless DeX. Atau siapa tahu Anda ingin berinternetan dengan nyaman layaknya PC? Cukup membuka Google Chrome di Wireless DeX. Anda pun bisa internetan sambil mendengarkan musik. 

Jika Anda ingat ada dokumen yang belum diselesaikan, Anda bisa membuka aplikasi pengolah kata. Ada MS Office Word atau Polaris Office Mobile DeX yang bisa Anda andalkan. Tenang saja, tampilan aplikasi-aplikasi tersebut yang dijalankan memakai Wireless DeX akan memiliki tampilan yang lebih menyesuaikan. 

Dengan Wireless DeX, Anda akan mendapatkan pengalaman komputasi yang nyaman layaknya PC. Anda pun bisa mengatur berbagai aplikasi tersebut ke dalam berbagai ukuran. Baik dalam mode penuh, maupun dalam mode yang lebih minimal yang bisa disesuaikan, layaknya Anda melakukan multitasking di PC. 

samsung dex

Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa lebih efektif dalam melakukan aktivitas yang mendukung produktivitas. Terlebih karena Samsung DeX ini memungkinkan Anda bekerja dengan multitasking atau membuka aplikasi dalam satu waktu dengan mudah. 

Anda juga diberi kemudahan diberi kemudahan dalam  mengubah ukuran jendela aplikasi dan mengakses shortcut pada keyboard hanya dengan ponsel saja. Yap, fungsi navigasi PC seperti keyboard dan mouse bisa Anda gunakan memakai ponsel Galaxy Note20 Series. Bahkan, fungsi tombol kanan dari mouse berjalan dengan baik.

Dengan memakai satu ponsel saja, kehadiran Samsung DeX tentunya membuat aktivitas kerja semakin efektif dan produktif. Tidak lagi perlu direpotkan dengan pemindahan data dari perangkat PC ke smartphone. Semua hal justru bisa dilakukan dengan smartphone yang bisa berubah fungsi layaknya sebuah komputer mini dengan dapur pacu yang bagus. 

Samsung DeX juga tidak hanya hadir sebagai perangkat yang mendukung produktivitas. Samsung DeX pun dapat bekerja dengan baik sebagai perangkat untuk mendukung pengalaman bermain gim pada layar yang lebih besar. 

Dengan kata lain, Samsung DeX memungkinkan Anda menjalankan berbagai gim Android pada perangkat layar yang lebih besar. Banyak gim yang sudah kompatibel dengan Samsung DeX. Sebut saja Vainglory,  Lineage 2 Revolution, dan masih banyak lagi. Anda bisa melihat berbagai aplikasi dan gim yang support Samsung DeX di laman www.samsungdex.com

Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah, lebih praktis tetapi tetap lebih produktif. Menarik bukan fitur yang ditawarkan oleh Samsung DeX ini? Jika Anda ingin merasakan pengalaman PC melalui smartphone, segera rasakan Samsung DeX dengan cara memiliki Samsung Galaxy Note20 series. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram