carisinyal web banner retina

Samsung Galaxy A21, Tampilan Memukau Harga Terjangkau!

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 22 September 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Samsung Galaxy A21 adalah pilihan yang baik ketika membutuhkan sebuah smartphone harga terjangkau dengan desain yang memukau. Mengapa demikian? Alasannya balik lagi soal harga, Samsung Galaxy A21 dilempar ke pasaran dengan harga yang terjangkau sehingga HP ini berada di kelas middle-end.

Meski ini adalah sebuah HP middle-end, namun banyak keunggulan yang bisa ditemukan pada HP ini, mulai dari performa, desain memukau, baterai berkapasitas besar, hingga kamera yang tergolong mumpuni untuk zaman sekarang. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di Carisinyal ya!

Spesifikasi Samsung Galaxy A21

Samsung Galaxy A21
  • Layar: IPS LCD, 6.5-inch, HD+ (720 x 1600 piksel), aspect ratio 20:9, 270 ppi density
  • Prosesor: Mediatek Helio P35 Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.8 GHz)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3GB
  • Memori Internal: 32GB, MicroSD up to 512GB
  • Baterai: 4000 mAh, fast charging 15W
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8, (wide), 1/3.06", 1.0µm, PDAF, 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm, 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 13 MP, f/2.0, (wide)
  • Fitur penunjang: Game Booster, Bluetooth 5.0, jack audio 3.5mm, NFC
  • Warna: Hitam

Secara spesifikasi, untuk HP kelas menengah tentu saja cukup menarik. Meski tidak sebagus Samsung Galaxy seri S, tapi Galaxy A21 sudah cukup baik dengan membawa performa menggiurkan.

Performa Samsung Galaxy A21

Jika dilihat dari spesifikasi di atas, Samsung Galaxy A21 membawa chipset Mediatek Helio P35 yang dipadukan dengan RAM 3GB. Tidak besar memang, tapi ini cukup bagus untuk penggunaan sehari-hari. Masih bisa diajak multitasking untuk membuka beberapa aplikasi penting, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, hingga email.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A21 adalah fitur Game Booster. Dengan fitur tersebut, Samsung mengklaim bisa membawa pengalaman bermain game yang lebih seru. Game Booster didesain semaksimal mungkin agar bisa membuat game berjalan dengan baik di HP, utamanya di Samsung Galaxy A21 ini.

Selain itu, Game Booster dinyatakan bisa memonitorisasi performa game dengan langsung meng-adjust temperatur serta memori yang ada di HP. Dengan begitu, performa untuk main gamenya bisa menjadi lebih kencang.

Hal menarik lainnya yang ada di Game Booster ini adalah bisa menyembunyikan notifikasi apapun saat pengguna Galaxy A21 sedang asyik bermain game. Bahkan, Bixby yang ada di dalam HP pun bisa di-disable (non-aktif) saat game sedang berjalan. Jadi, main game kamu tidak akan terganggu oleh notifikasi yang tiba-tiba muncul, ya!

Nah, untuk bisa menikmati pengalaman bermain game seperti tadi, kamu perlu mengaktifkan fitur Game Booster-nya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, silakan ikuti beberapa petunjuk berikut ini:

1. Saat sedang main game, kamu bisa swipe layar bagian kanan ke arah kiri.

game booster 1

2. Kemudian klik symbol Game Booster yang ada di bagian pojok bawah kanan.

game booster 2

3. Lalu klik Start.

game booster 3

4. Dan selesai, kini kamu bisa menikmati gamenya tanpa hambatan. Asyik banget kan?

Desain yang Memukau

Galaxy A21 samsung

Salah satu alasan yang membuat HP Samsung Galaxy A21 ini menarik adalah desainnya. Warnanya memang hanya hitam, tapi hitamnya ini sangat elegan. Pada bagian bodi di belakangnya itu terlihat sangat mulus yang bisa merefleksikan objek seperti ‘cermin’. Bisa dibilang bagian belakangnya agak shiny.

Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy A21 ini punya tata letak kamera yang agak berbeda dibanding Galaxy A21s. Di HP ini, kameranya dijejerkan ke bawah, tidak menyamping. Nah, tepat di samping kameranya terdapat lampu flash. Lalu, di bagian tengahnya ada tempat khusus untuk fingerprint. Sangat simpel dan elegan.

Kelebihan lain dari desain Samsung Galaxy A21 ini adalah cukup ringan. Bobot HP ini hanya 193 gram, dengan layar 6.5 inci dan aspek rasio 20:9, nyaman untuk digenggam oleh pengguna dari kalangan mana pun. Yang menariknya lagi, HP ini tergolong cukup tipis dengan dimensi 167.8 x 76.7 x 8.1 mm. Bisa dimasukkan ke saku tanpa khawatir kelebaran atau ketebalan.

Fitur Lengkap untuk Produktivitas

galaxy a21

Untuk yang memiliki kegiatan padat dengan tingkat produktivitas tinggi, pasti memerlukan ‘alat’ penunjang agar aktivitasnya bisa berjalan lancar. Salah satu alat yang biasa digunakan adalah smartphone. Nah, jika kamu salah satu orang seperti tadi dan membutuhkan alat yang tepat maka Samsung Galaxy A21 adalah pilihan yang bijak.

Pasalnya, keunggulan yang ada di Samsung Galaxy A21 tidak hanya sebatas pada performa dan desainnya saja, ada juga beberapa fitur lainnya yang cocok digunakan untuk menunjang produktivitas harianmu.

Yang pertama adalah baterai. Kapasitas baterai HP menjadi salah satu pertimbangan yang penting agar bisa menjalankan aktivitas padat dengan lancar. Samsung mengerti akan hal itu, maka dari itu disediakannya baterai berkapasitas 4.000 mAh pada Samsung Galaxy A21 ini. Tidak sampai di situ, baterainya ini bahkan bisa mengecas dengan cepat 15W.

Yang kedua, konektivitas Bluetooth 5.0 juga disematkan ke dalam HP Samsung Galaxy A21 ini. Tujuannya, agar pengguna bisa bertukar file dengan lebih mudah dan cepat. Yang ketiga, kehadiran NFC juga patut diapresiasi, mengingat masih belum banyak HP middle yang menawarkan fasilitas ini.

Selanjutnya adalah ketersediaan jack audio 3.5mm. Ini sangat penting bagi kamu yang suka mendengarkan musik atau teleponan lewat earphone (headset). Dengan kehadiran jack audio, tentu menjadi nilai plus sendiri karena di zaman modern seperti ini ada banyak HP yang menghilangkan fitur jack audio dan lebih mengandalkan Bluetooth untuk terkoneksi dengan earphone.

Kamera Awesome untuk Dipajang di Sosmed

samsung galaxy a21

Jangan lupakan soal kamera, di bagian belakang Galaxy A21 terdapat quad camera (empat kamera). Kameranya tergolong lengkap, kamu bisa menemukan kamera wide 16MP, ultrawide 8MP, macro 2 MP, dan depth 2MP. Keempat kamera tadi bisa memotret gambar dengan hasil memuaskan, Detail-nya juga masih terasa nyata dengan hasil natural.

Hal itu juga berlaku untuk kamera depannya yang memiliki resolusi 13MP. Kamera depan ini bahkan mampu untuk selfie bokeh dengan hasil yang tidak berlebihan. Menarik banget, kan?

Butuh HP terjangkau dengan spesifikasi mengesankan serta desain memukau, memang Galaxy A21 adalah pilihan yang tepat. Performa cukup baik, ditambah fitur yang lengkap menjadikan Galaxy A21 sebagai HP yang layak untuk dibeli. Bahkan, HP kelas middle-end ini sudah menyediakan fitur NFC lho! Tertarik?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram