carisinyal web banner retina

Duel HP 5G 3 Jutaan, Samsung Galaxy A23 5G vs Infinix Zero 5G 2023

Ditulis oleh Aris Wibowo

Samsung dan Infinix bersaing di pasar ponsel kelas HP 5G terjangkau atau murah melalui produk Samsung Galaxy A23 5G dan Infinix Zero 5G 2023.  Kedua ponsel ini hadir dengan sejumlah kelebihan yang membuat pengguna semakin mudah betah menggunakan ponsel untuk bekerja maupun bermain game.

Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan spesifikasi layar, chipset dan kamera yang sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini. Bahkan untuk sektor chipset, Samsung menggunakan chipset Snapdragon yang lancar untuk multitasking dengan koneksi 5G.

Sementara itu, Infinix Zero 5G 2023 dilengkapi dengan layar yang lebar untuk memudahkan pengoperasian dan memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Smartphone ini juga dibekali sistem pengisian cepat untuk baterainya, sehingga ponsel dapat cepat terisi daya. 

Tentu akan menarik membandingkan spesifikasi maupun fitur, HP kelas menengah ini. Apalagi, keduanya dipasarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda. Maka dari itu,  pembahasan dalam artikel ini mengenai apa saja perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Infinix Zero 5G 2023. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Zero 5G 2023

infinix zero 5g 2023
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Infinix Zero 5G 2023

Sebagai HP kelas menengah, tentu Samsung dan Infinix menghadirkan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Yuk, simak terlebih dahulu perbedaan keduanya. Semoga perbedaan ponsel Android 5G pada poin-poin berikut ini dan bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

1. Desain Kekinian dengan Keunikan Tersendiri

samsung galaxy a23 5g cover

Kalau diperhatikan beberapa tahun terakhir desain ponsel di pasar kelas menengah kian nampak mewah. Bila sebelumnya, ponsel dengan desain layar lebar dan bodi tipis selalu identik dengan ponsel flagship, kini Anda dapat dengan mudah menemukan desain kekinian tersebut di pasaran. Seperti yang tampak pada Samsung Galaxy A23 5G maupun Infinix Zero 5G.

Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan desain bodi kekinian yang nampak minimalis dan elegan. Kesan mewahnya masih nampak meski bodi belakang ini menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing glossy. Ini membuat bodi belakang mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Walaupun demikian, berkat desain bodi samping yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam dengan erat.

infinix zero 5g 2023

Sedangkan Infinix menghadirkan ponsel dalam dengan konsep premium meski masih mengusung bodi berbahan plastik. Ponsel ini memiliki bodi yang sederhana dan kokoh namun elegan. Bagian bodi belakang ponsel, tepatnya bagian housing kamera terlihat hampir menempel pada bodi. Tonjolan kamera belakang ini memiliki lekukan yang halus nan simetris. Desain bodi ini disebut “Uni-Curve Design”.

Sayangnya, sama seperti ponsel Samsung A23 5G yang bodi belakang menggunakan bodi plastik; membuat sidik jari mudah menempel dan terasa licin. Hal ini cukup menjengkelkan dan mengurangi keindahan dari bodi ponsel ini. 

Beralih di sisi depan, Infinix Zero 5G 2023 tampil lebih modern dengan memakai kamera selfie model punch hole dibagian tengah atas layar. Hal berbeda justru tampak pada Samsung Galaxy A23 5G dimana Samsung sayangnya masih menggunakan model kamera depan tipe lama yakni model V-Shaped. Lebih lanjut lagi, tepian layar Samsung terlihat sedikit lebih tebal. Sedangkan tepian layar Infinix terlihat lebih tipis.

Untuk sensor sidik jari, kedua produsen menghadirkan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Desain ini membuat pengguna mudah membuka atau mengunci ponsel.

Lalu, bagaimana dengan dimensinya? Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan tebal hanya 8,4 mm dan berat 197 gram. Sementara itu, Infinix Zero 2023 memiliki tebal 8,9 mm dan berat 201 gram. Ponsel Samsung ini hadir dengan dimensi yang lebih ringkas dibanding Infinix. Ini membuat pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan atau menyimpan smartphone.

2. Layar 120 Hz Beda Ukuran

Samsung Galaxy A23 5G layar_
Layar Samsung Galaxy A23 5G

Membahas spesifikasi layar, Infinix Zero 5G 2023 memiliki layar yang cukup unggul. Dalam HP ini terpasang layar berukuran 6,78 inci yang nyaman untuk gaming. Sedangkan, Samsung Galaxy A23 5G memiliki ukuran layar yang lebih kecil, yakni 6,6 inci. 

Kedua layar lebar ini sayangnya masih menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD+. Layar IPS ini diklaim hemat daya dan mampu menampilkan detail yang baik. Namun, dibalik itu semua, panel IPS ini tidak memiliki akurasi warna yang baik. 

Untuk bermain game atau membuka media sosial, baik ponsel Samsung maupun Infinix sudah menggunakan refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz. Maka dari itu, layarnya bisa menampilkan tampilan yang lebih mulus serta lebih responsif. 

infinix zero 5g 2023
Layar Infinix Zero 5G 2023

Membedah bagian kecerahan layar, Infinix Zero 5G 2023 mendukung kecerahan 500 nits di indoor, Keunggulan Layar Infinix bertambah dengan adanya fitur Ultra Touch untuk mengatur motion speed dan swipe speed. Sementara itu, Samsung juga menghadirkan kecerahan layar 500 nits. Layar ini juga sudah dibekali anti gores Corning Gorilla Glass 5. Layar pun akan lebih kuat dan tahan dari goresan.

Fitur lainnya, layar Samsung Galaxy A23 2023 dan layar Infinix Zero 5G 2023 ini sudah mendukung sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda bisa menonton film streaming dengan kualitas HD yang tajam.

3. Snapdragon 695 5G VS MediaTek DImensity 920

samsung galaxy a23 5g

Samsung Galaxy A23 5G ingin memberikan pengalaman performa yang lebih kencang untuk harian dan bekerja, maka dari itu Samsung menggunakan Snapdragon 695 5G. Berbeda dengan Infinix yang memasang chipset MediaTek Dimensity 1080. Infinix menggunakan chipset yang bertenaga untuk memuaskan kebutuhan pasar yang butuh ponsel harga terjangkau yang performa kencang. Lalu, seperti apa detail dua chipset tersebut?

Snapdragon 695 5G menjadi salah satu chipset kelas menengah yang dimiliki oleh Qualcomm. Chipset fabrikasi 6 nm ini memiliki konfigurasi octa-core yang terdiri dari 2 core Kyro 660 Gold 2,2 GHz dan 6 core Kyro 660 Silver 1.7 GHz. Chipset ini dapat optimal bekerja berkat dukungan GPU Adreno 619, memori penyimpanan UFS 3.1 64 atau 128 GB dan memori RAM 4, 6 atau 8 GB LPDDR4X. 

Kini saatnya membahas performa Samsung Galaxy A23 5G, kami pun merujuk pengujian yang dilakukan Jagatreview. Pada AnTuTu 9, Samsung A23 5G mencetak skor 390.765. Untuk Geekbench 5, ponsel ini mendapat single core 672 dan multicore 2002. Skor tersebut memang tidak tinggi untuk kelas HP mid-range. Walaupun demikian, HP ini sudah cukup nyaman untuk digunakan multitasking maupun main game.

infinix zero 5g 2023

Lalu bagaimana dengan dapur pacu Infinix Zero 2023? Ponsel kelas menengah ini tampak dipersiapkan untuk pengguna yang butuh performa. Maka, Infinix memakai chipset MediaTek Dimensity 920.

Chipset ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 6 nm. MediaTek Dimensity 920 memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A78 performa tinggi dengan kecepatan 2,5 GHz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz untuk efisiensi daya.

Agar performanya kian optimal, chipset ini disokong GPU Mali G68 MC4 serta dukungan RAM 8 GB LPDDR5 dan memori penyimpanan 256 GB. Keunggulan bertambah dengan adanya fitur RAM virtual tambahan sebesar 5GB, sehingga total RAM menjadi 13 GB.Dilansir dari Jagatreview, Infinix Zero 5G 2023 memiliki skor AnTuTu 9 478.211.

Menurut pengujian yang dilakukan Effort Limitless, HP ini bisa digunakan untuk multitasking dan bermain game dengan lancar. Bahkan ketika digunakan bermain PUBG Mobile, HP ini bisa memainkan dengan pengaturan grafis smoothultra tanpa masalah. Tidak ditemukan penurunan fps dan panas berlebih pada bodi.

4. Konfigurasi Kamera Berbeda

samsung galaxy a23 5g rekaman video

Samsung terkenal sebagai produsen yang memiliki keunggulan pada sektor kamera. Maka, dari itu dalam seri Samsung Galaxy A23 5G ini, Anda masih menemukan kamera ultra-wide yang akan mendampingi kamera utama, kamera makro dan kamera bokeh. Sedangkan, dalam Infinix Zero 5G 2023 hanya ada kamera makro dan kamera bokeh untuk mendampingi kamera utamanya.

Tidak adanya kamera ultra-wide ini di ponsel Infinix memang sedikit mengecewakan. Namun, untungnya Anda masih bisa memotret pemandangan luas menggunakan mode panorama di kamera utama 50 MP. Lalu bagaimana detail spesifikasi kamera kedua HP Android 5G ini?

Samsung  masih menggunakan konfigurasi kamera yang umum. Seperti adanya kamera utama 50 MP bukaan f/1.8 punya autofocus dan OIS. Untuk kamera pendukung lainnya ada kamera ultra-wide 5 MP bukaan f/2.2 dengan sudut pandang 120 derajat, kamera depth 2 MP, kamera makro 2 MP, dan satu kamera selfie 8 MP bukaan f/2.2.

Menurut laman Androidauthority, tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A23 5G sudah lumayan bagus. Foto-foto yang dihasilkan cukup tajam dengan warna yang tidak berlebihan. Hasil fotonya cocok untuk diunggah ke media sosial. Untuk hasil selfie, juga sudah bagus. Warna kulit yang ditampilkan cukup akurat. Detailnya pun bagus dengan rentang dinamis yang lumayan.

Perihal perekaman video, resolusi 1080p 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama dan depan. Sayangnya untuk perekaman video di malam hari, HP ini masih terbilang standar saja hasilnya.

Menurut Ryan Haines, hasil kamera utama 50MP ini sangat bagus saat kondisi cahaya tepat. Simak hasil fotonya di bawah ini.

Hasil kamera standar Samsung Galaxy A23 5G
Hasil kamera standar Samsung Galaxy A23 5G
Hasil kamera potrait Samsung Galaxy A23 5G
Hasil kamera potrait Samsung Galaxy A23 5G
Hasil kamera ultrawide Samsung Galaxy A23 5G
Hasil kamera ultrawide Samsung Galaxy A23 5G

Sementara itu, dalam Infinix Zero 5G 2023 terdapat tiga kamera belakang dan sebuah kamera depan. Menariknya, infinix menambahkan mode baru yakni mode film. Dalam mode film terdapat sejumlah efek dan kemampuan edit yang dibuat mirip pembuatan sebuah film. Infinix sengaja menghadirkan mode ini agar pengguna bisa lebih berkreasi dalam membuat konten video.

infinix zero 5g 2023

Lebih lanjut lagi, untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 50 MP dengan sensor. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.6, dilengkapi autofocus PDAF.Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera depth. Kamera ini punya bukaan f/2.4, dan terakhir mengenai kamera makro berukuran 2 MP dengan AF.

Sementara itu di bagian kamera depan, HP Infinix 5G ini sudah dibekali kamera 16 MP f/2.0. Untuk perekaman video, kamera utamanya mampu merekam video 4K 30fps dan kamera depan hanya video 1080p 30fps. Dengan kemampuan video 4K dan mode film, HP ini memang cocok untuk para konten kreator.

Menurut Jagatreview, hasil kamera yang dihadirkan ponsel Infinix memiliki detail yang cukup lumayan bagus baik kamera depan maupun belakang. Fitur stabilisasi video yang dihadirkan cukup baik.

5. Fast Charging 25W vs 33W

Samsung Galaxy A23 5G baterai_
Baterai Samsung Galaxy A23 5G

Di sektor ini, Samsung menggunakan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang umum digunakan. Walaupun demikian, Samsung mengklaim baterai ini cukup untuk membuat HP menyala dari pagi sampai malam. Hal ini disebabkan oleh fitur hemat daya baru dan chipset Snapdragon. 

Selanjutnya, Samsung juga menyematkan teknologi pengisian cepat 25W saja. Dengan charger 25W, HP Samsung ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 1 jam 20 menit. Pengecasan dengan tempo itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga penuh. Sayangnya, dalam paket penjualan, Samsung tidak menyertakan kepala charger. Jadi, Anda harus membeli kepala charger secara terpisah.

infinix zero 5g 2023
Baterai Infinix Zero 5G 2023

Di perangkat lain, Anda akan disajikan fitur fast charging 33W dengan baterai 5000 mAh tertanam pada Infinix Zero 5G 2023. Dengan teknologi tersebut, HP ini hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi baterai 50%. Sedangkan untuk mengisi penuh butuh waktu 1 jam 20 ment.

Untuk performanya, dalam website resmi, Infinix Zero 5G 2023 hanya mampu bertahan 22 jam saja untuk menelpon. Ketika mode stand by, Infinix Zero Zero 5G 2023 bertahan selama 27 hari. Peningkatan performa ini terjadi karena penggunaan chipset yang lebih baik.

6. OneUI vs XOS UI

OneUI

Samsung terkenal sebagai produsen yang aktif mengembangkan sistem Android. Maka dalam Samsung Galaxy A23 5G, produsen memasang sistem operasi Android 12 OneUI 4.1 yang dapat diupdate ke Android 13 OneUI 5.1. Dalam OneUI ini Anda bisa menginstal dual aplikasi seperti WhatsApp, bisa mengedit tampilan sesuai warna wallpaper, hingga adanya fitur diagnosa hardware.

Di perangkat yang berbeda, Infinix menghadirkan sistem operasi dengan antarmuka XOS yang terkenal nyaman untuk gaming. Untuk varian Zero 5G 2023 yang sudah menggunakan sistem Android 12 dengan XOS 12. Sayangnya, HP ini masih memiliki banyak bloatware dan update sistem operasi yang belum jelas.

7. Harga

infinix zero 5G

Samsung Galaxy A23 5G dipasarkan dengan harga Rp3,9 juta untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Untuk Infinix Zero 5G 2023 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp3,5 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Simpulan

Dipasarkan dengan harga 3 jutaan, baik Samsung Galaxy A23 5G dan Infinix Zero 5G 2023 memiliki perbedaan yang menarik satu sama lain. Samsung A23 5G hadir dengan layar yang lebih kecil namun kuat. Sektor kamera yang dihadirkan cukup lengkap dengan sistem Android yang lebih ringan dan nyaman digunakan.

Berbeda dengan Infinix Zero 5G 2023 yang memiliki layar lebar. Performa yang ditawarkan cukup kencang berkat chipset dan RAM besar yang dibawa. Kameranya juga cukup baik untuk merekam video. Bahkan, Infinix sudah menghadirkan mode film agar pengguna bisa membuat video dengan berbagai efek.

Menurut tim Carisinyal, Samsung Galaxy A23 5G cocok untuk Anda yang butuh ponsel desain mewah dengan kamera foto yang mumpuni. Sedangkan Infinix Zero 5G 2023 cocok untuk Anda yang butuh ponsel gaming karena RAM 8 GB yang dibawanya serta cocok untuk ponsel pembuat konten video karena kameranya memiliki fitur yang lengkap.

Bagaimana menurut Anda, lebih tertarik dengan Samsung Galaxy A23 5G atau Infinix Zero 5G 2023?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram