Carisinyal / Samsung Galaxy A31, Smartphone dengan Kamera Oke dan Fitur AI Beautification

Samsung Galaxy A31, Smartphone dengan Kamera Oke dan Fitur AI Beautification

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ponsel pintar zaman sekarang bukan hanya sekadar komunikasi tetapi juga kebutuhan fotografi. Apalagi dengan kehadiran media sosial, ponsel dengan kamera yang baik, terutama yang depan, banyak diincar.

Selain itu, karena banyaknya orang yang mulai bermain di mobile photography, kebutuhan akan kamera ponsel yang lebih baik juga bermunculan. Tren ini pun mulai berkembang 2 atau 3 tahun terakhir, tren ketika sebuah ponsel tidak cukup hanya menghadirkan satu kamera saja.

Bukan hanya itu, kamera di ponsel pintar juga tidak hanya cukup bekerja mengandalkan hardware tetapi juga sebuah sistem pintar yang kemudian sering disebut AI Camera (Artificial Intelligence Camera).

Tidak heran, pada perkembangannya, ponsel pintar kini memiliki kamera dengan kemampuan membaca lingkungan sekitar dan memproses hasil foto bisa menjadi lebih baik.

Kemampuan dan fitur tersebut bahkan bukan hanya hadir di smartphone atau ponsel pintar dengan harga belasan juta. Ponsel kelas menengah dengan harga Rp3 jutaan saja sudah memiliki kemampuan apa yang dibutuhkan oleh sebuah ponsel pintar zaman sekarang. Contohnya Samsung Galaxy A31.

Mengenal Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 merupakan ponsel pintar dari Samsung yang menawarkan spesifikasi menarik dan memiliki harga terjangkau, yakni Rp3 jutaan. Ponsel ini hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel atau FHD+.

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 sendiri dibekali chipset Mediatek Helio P65 yang tergolong oke untuk kebutuhan gaming di kelas menengah. Ponsel ini juga cocok diajak multitasking karena menawarkan RAM 8 GB. Ada juga varian RAM 6 GB yang harganya lebih terjangkau. Sementara untuk penyimpanan, ponsel dengan baterai 5.000 mAh ini dibekali memori internal 128 GB.

Keunggulan Kamera Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31

Penggunaan panel Super AMOLED dan baterai 5.000 mAh membuat ponsel pintar ini termasuk ponsel dengan daya tahan baterai yang baik. Dan hal tersebut salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A31.Namun, tidak hanya itu. Samsung Galaxy A31 juga hadir dengan keunggulan di sektor kamera. Kamera belakangnya, contohnya. Samsung Galaxy A31 menawarkan konfigurasi empat kamera belakang.

Keempat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro  5 MP, dan kamera depth 5 MP.

Kamera utama 48 MP merupakan tipe kamera Quad Bayer. Tipe kamera ini menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar 1,6μm.

Kamera ini secara bawaan akan hadir di mode 12 MP. Namun, ada opsi untuk mengubah ke mode 48 MP agar hasil foto lebih baik. Hasil foto mode 48 MP memang lebih detail dibandingkan mode 12 MP.

Sementara kamera 8 MP di ponsel ini hadir sebagai kamera ultra-wide yang bisa meghadirkan tangkapan kamera dengan sudut pandang yang lebih luas. Ada juga kamera 5 MP makro yang berfungsi untuk mengambil foto jarak 2 cm sampai 5 cm dari objek.

Kamera terakhir adalah kamera 5 MP. Kamera ini merupakan kamera bokeh yang berfungsi membuat foto memiliki efek kedalaman sehingga membuat latar foto bisa blur dan fokus pada objek.

Keempat kamera ini memiliki fungsi yang menarik yang tentunya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi untuk sebuah ponsel di kelas menengah

Kamera Depan dan AI Beautification

Samsung Galaxy A31

Satu lagi kelebihan dari kamera Samsung Galaxy A31 adalah kamera depannya. Kamera depan ponsel ini menawarkan resolusi besar, yakni 20 MP dengan bukaan

Kamera depan ini memakai sensor SK Hynix Hi-2021, yang secara khusus dioptimalkan untuk penggunaan ultrawide dan selfie. Hal tersebut bukan klaim semata karena banyak pengulas ponsel Samsung Galaxy A31 yang memuji kamera depannya.

Salah satu media teknologi internasional ternama menyebut jika kamera depan Galaxy A31 ini dapat menghasilkan foto selfie dengan banyak  detail dan terlihat sangat tajam. Warna dan rentang dinamis yang dihasilkan kamera depan ini juga tergolong bagus.

Selain itu, kamera depan Samsung Galaxy A31 juga memiliki fitur AI Beautification. Dengan fitur ini, hasil selfie bisa menjadi lebih baik tetapi tidak terlihat berlebihan.

Hal yang tentu jadi keunggulan tersendiri. Pasalnya, ponsel lain yang punya embel-embel “Beautification” justru malah membuat hasil foto terlihat berlebihan dan hasil foto tidak terkesan natural.

Sementara AI Beautification di ponsel Samsung, terutama di Samsung Galaxy A31 mampu menghadirkan kemampuan AI Beautification yang tergolong baik. Bahkan, pengguna dapat mengatur levelnya sendiri.

Opsi ini sangat bagus karena hasil akan tergantung dengan level yang dipilih. Misalnya, agar tidak terlalu berlebihan, sebaiknya memilih level AI Beautification ada di level 5. Di level ini, sistem akan bekerja memproses gambar dengan fitur memperindah wajah lebih baik. Bandingkan dengan ponsel lain yang menawarkan fitur sejenis. Fitur beautification yang dihadirkan seringkali terlihat gonjreng dan umumnya tidak memberikan fitur untuk mengatur tingkatnya.

Hadirnya fitur AI Beautification ini menjadikan Samsung Galaxy A31 cocok digunakan untuk keperluan foto selfie guna dikirim di media sosial. Kamera depannya juga dilengkapi kemampuan rekaman video 1080 piksel yang hasilnya tergolong bagus untuk digunakan main aplikasi kekinian.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, terutama di sektor kamera, tidak berlebihan jika menyebut Samsung Galaxy A31 sebagai ponsel yang menarik untuk dilirik. Terlebih menilik kelas harganya, ponsel ini memberikan pengalaman fotografi maupun untuk selfie menjadi lebih baik.

Kehadiran AI Beautification juga akan membuat ponsel dari Samsung ini cocok dibeli oleh perempuan muda dan energik yang sering foto selfie, live di media sosial, ataupun berkegiatan lain yang memakai kamera depan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *