carisinyal web banner retina

Review Samsung Galaxy Core Prime VE

Sukses dengan seri Galaxy Core, kini Samsung menghadirkan Galaxy Core Prime VE (Value Edition) yang cukup menarik perhatian. Pasalnya, smartphone yang kabarnya akan segera dirilis pada bulan Oktober ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari versi pendahulunya.

Untuk saat ini Galaxy Core Prime VE baru akan dirilis untuk kawasan India saja. Namun tidak menutup kemungkinan ponsel ini juga akan dirilis di Indonesia karena harganya cukup terjangkau untuk konsumen di Indonesia.

Penasaran apa saja yang akan ditawarkan dari ponsel pintar besutan vendor asal Korea Selatan ini? Simak review Samsung Galaxy Core Prime VE beserta kekurangan dan kelebihannya yang dirangkum oleh Carisinyal berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: PLS LCD 4.5 inch, 480 x 800 pixels (207 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 1 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Spreadtrum SC7730S
  • CPU: Quad Core 1.3 GHz, Cortex-A7
  • GPU: Mali-400 MP2
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.2 (KitKat)
  • Kamera utama: 5 MP, 2592 x 1944 pixels
  • Fitur kamera: LED flash
  • Kamera depan: 2 MP, mendukung native video call
  • Baterai: Li-ion 2000 mAh

Desain

Hampir sama dengan dimensi Samsung Galaxy Core Prime, smartphone Value Edition ini memiliki panjang 131.1 mm, lebar 68.4 mm dan ketebalan 8.8 mm. Tidak hanya itu, bobot dari kedua smartphone tersebut sama, yakni 130 gram.

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Core Prime VE

Namun, kali ini Core Prime VE tersedia dalam 3 varian warna yang bisa Anda pilih, mulai dari abu-abu, putih, dan silver. Warna biru yang menjadi ciri khas Samsung Galaxy Core edisi pertama nampaknya ditiadakan oleh Samsung pada Core Prime VE ini.

Layar

Setali tiga uang dengan Core Prime, seri VE ini juga masih mengusung layar berukuran 4.5 inch dengan teknologi PLS yang dilengkapi 16 juta warna. Layar smartphone ini memiliki resolusi 480 x 800 pixels dengan tingkat kerapatan 207 ppi. Layar tersebut bersifat multitouch dan sudah mengusung tampilan antarmuka Touchwiz UI.

Meskipun resolusi ini terbilang kecil, tampilan layar dari smartphone ini tidak terlalu mengecewakan. Hanya saja, karena Core Prime VE termasuk ponsel low-end, maka layarnya tidak diproteksi oleh anti gores semacam Corning Gorilla Glass.

Prosesor

review Samsung Galaxy Core Prime VE

Satu hal yang membanggakan dari Core Prime VE terletak pada sektor dapur pacu yang digunakan smartphone ini. Ya, ponsel pintar ini menggunakan prosesor yang berbeda dari Core Prime biasa, yakni Spreadtrum SC7730S dengan CPU Quad Core 1.3 GHz Cortex-A7. Prosesor ini dinilai cukup mumpuni untuk kelas smartphone low-end dengan harga terjangkau.

Untuk menunjang aktivitas yang mengandalkan tampilan grafis, seperti bermain game atau menonton video, Samsung melengkapi Core Prime VE dengan GPU Mali-400 MP2. Walaupun kartu pengolah grafis ini tidak bisa dibilang spesial, tetapi ini cukup mampu untuk memberikan tampilan grafis yang baik.

Memori

Sebagian besar pengguna setia Samsung Galaxy Core tentu berharap adanya penambahan kapasitas dalam sektor memori. Namun, sayangnya Samsung tetap menggunakan memori internal dan RAM yang sama pada seri Galaxy Core pertama. Core Prime VE hanya dibekali kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB.

Untuk ukuran RAM, Core Prime VE masih bertahan dengan menggunakan RAM sebesar 1 GB. Akan tetapi, selalu ada sisi positif dari smartphone yang diproduksi oleh Samsung, yakni Anda bisa mengisi slot memori eksternal hingga 128 GB.

Kamera

Karena ini adalah smartphone low-end, maka Anda jangan berekspektasi dapat menikmati kamera seperti yang terdapat di Samsung Galaxy Note 5. Core Prime VE hanya dibekali dengan kamera belakang 5 MP.

For sure, sejauh ini kamera Samsung tidak pernah mengecewakan meskipun resolusinya tidak terlalu besar. Kamera belakang ini juga didampingi LED Flash untuk memotret dalam keadaan gelap. Beberapa fitur juga turut tersedia, seperti geo-tagging, digital zoom, face detection, autofocus, touch focus, dan panorama.

Kamera dari Core Prime VE mampu merekam video hingga resolusi 720p. Untuk kamera depannya, Samsung menyematkan kamera berukuran 2 MP. Kamera tersebut cukup terang untuk mengambil potret selfie atau melakukan video call.

Konektivitas

Core Prime VE adalah ponsel dual SIM yang bisa menggunakan dua provider GSM. Akan tetapi, smartphone ini belum bisa digunakan pada jaringan 4G LTE. Oleh karena itu, pengguna Core Prime VE harus puas dengan menggunakan jaringan 2G dan 3G saja.


Selain menggunakan jaringan 2G dan 3G, pengguna smartphone ini juga bisa menggunakan koneksi dari Wi-Fi. Untuk keperluan mentransfer data antar perangkat, Anda bisa memanfaatkan Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0 yang tersedia pada ponsel pintar ini. Kekurangan pada konektivitas di smartphone ini adalah belum dibekali dengan teknologi NFC.

Baterai

Sama seperti Galaxy Core Prime, seri VE ini juga menggunakan baterai berkapasitas 2000 mAh. Kapasitas baterai ini terbilang kecil. Namun, baterai tersebut masih bisa mengimbangi aktivitas Anda. Baterai ini juga bisa menyokong berbagai kegiatan multitasking menggunakan Core Prime VE.

Fitur

Ada beberapa fitur standar yang juga disematkan pada Core Prime VE, antara lain adalah Radio FM. Hal ini jelas menjadi unggulan smartphone ini karena ada beberapa ponsel pintar yang tidak memiliki Radio FM, seperti LG G4 Stylus.

Untuk melengkapi kegiatan travelling Anda, gunakan GPS built-in dan A-GPS yang terdapat pada smartphone ini. Pastikan operator telepon yang Anda gunakan memiliki sinyal yang kuat untuk dapat memanfaatkan fitur tersebut. Core Prime VE masih menggunakan sistem operasi Android KitKat v4.4.2, namun smartphone ini mungkin bisa diupgrade ke Android Lollipop v5.1.

Harga

Belum ada harga pasti untuk Samsung Galaxy Core Prime VE. Namun, berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Carisinyal, ponsel ini akan dibandrol dengan harga 2 – 2,5 jutaan rupiah. Untuk harga pastinya, kita tunggu saja hingga smartphone ini resmi dirilis di Indonesia!

Review Samsung Galaxy Core Prime VE ini dirangkum berdasarkan beberapa sumber yang tersedia. Namun, review ini sudah mencerminkan sebagian besar spesifikasi dari smartphone ini. Apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone ini? Kita tunggu saja kabar resmi dari Samsung mengenai peluncuran smartphone ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Core Prime VE:
- Prosesor mumpuni

Kekurangan Samsung Galaxy Core Prime VE:
- Tidak mendukung jaringan 4G LTE
- Masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram