carisinyal web banner retina

Apa Saja Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy J5?

Setelah sukses mengenalkan seri Galaxy J melalui J1, kini Samsung merilis Galaxy J5 dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari pendahulunya. Dengan dirilisnya Galaxy J5, Samsung merasa siap untuk bersaing dengan kompetitornya di kelas low-end, seperti Xiaomi atau Lenovo.

Samsung Galaxy J5 adalah smartphone dengan harga terjangkau yang sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Nah, penasaran mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang satu ini? Simak review Samsung Galaxy J5 berikut!

Spesifikasi

  • Layar: Super AMOLED 5 inch, 720 x 1280 pixels (294 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 1.5 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 "64-bit"
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, aperture F/1.9, geo-tagging, digital zoom, face detection, panorama, autofocus, touchfocus, HDR
  • Kamera depan: 5 MP, LED flash
  • Baterai: Li-ion 2600 mAh

Desain

Desain J5 hampir sama sangat khas dengan desain seri Galaxy pendahulunya, seperti Grand, Core dan Ace. Memiliki dimensi 142 x 73 x 8.5 mm, smartphone ini berukuran sedang dan tidak terlalu besar ataupun kecil. Dengan baterai yang tersemat di dalamnya, Galaxy J5 hanya memiliki berat 149 gram saja.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy j5

Untuk pilihan warna, J5 hadir dengan varian warna hitam, putih dan gold. Warna gold terbilang baru untuk seri ponsel Samsung Galaxy karena smartphone produksi Samsung umumnya berwarna hitam, putih atau biru.

Layar

Layar dengan ukuran 5 inch juga tersemat pada Galaxy J5. Layar tersebut berjenis Super AMOLED Capacitive Touchscreen dengan kedalaman warna hingga 16 juta warna. Resolusi layar J5 terbilang lumayan, yakni 720 x 1280 pixels dengan kerapatan 294 ppi.

Layar Galaxy J5 yang dibekali dengan teknologi canggih Super AMOLED ini mampu mengoptimalkan tampilan layar secara lebih jelas dan kaya warna. Sayangnya, layarnya ini tidak dilapisi dengan pelindung semacam Gorilla Glass.

Prosesor

Pada sektor dapur pacu, J5 mengusung prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 64-bit. Prosesor tersebut juga didukung dengan keberadaan CPU Quad Core 1.2 GHz Cortex A-53 dan menggunakan GPU Adreno 306. Ini merupakan kombinasi yang match untuk menunjang performa Galaxy J5 saat digunakan untuk bermain game HD.

Memori

samsung galaxy j5

Beralih kepada memori Samsung Galaxy J5. Sayangnya, untuk ukuran smartphone yang cukup mumpuni, J5 hanya dibekali dengan memori internal 8 GB. Sementara itu, kompetitor lain kebanyakan sudah menyematkan memori sebesar 16 GB pada smartphone andalannya.

Namun, Anda tak perlu berkecil hati, karena Anda masih bisa menyimpan foto, musik, video dan data-data lainnya di smartphone ini dengan menggunakan memori microSD. Terdapat slot microSD hingga 128 GB pada Samsung Galaxy J5.

Untuk mengimbangi prosesor yang digunakan, J5 juga dibekali dengan kapasitas RAM yang lumayan besar, yakni 1,5 GB. Jadi, Anda dapat memainkan game atau sekedar browsing dengan smartphone ini tanpa perlu sering-sering menghapus cache atau junk files.

Kamera

Resolusi kamera yang ditawarkan oleh Galaxy J5 cukup besar. Anda bisa menggunakan kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash. Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080p.

Samsung juga memberikan kejutan yang menarik pada Galaxy J5. Pasalnya, kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 5 MP dan dibekali pula dengan LED Flash. Jadi, Anda tidak hanya bisa menggunakan LED flash kala menggunakan kamera belakang saja.

Dengan adanya kamera depan beresolusi cukup tinggi dan LED flash di sampingnya, Anda bisa mengambil foto selfie di tempat yang gelap sekalipun. Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

Konektivitas

Samsung Galaxy J5 sudah kompatibel dengan jarinngan 4G LTE. Hal inilah yang membuat smartphone ini dilirik oleh salah satu provider penggagas jaringan 4G LTE di Indonesia, Bolt. Bolt menawarkan bundling Galaxy J5 dalam keadaan unlock, yang artinya Anda masih bisa menggunakan operator lain pada smartphone ini.

Harga yang ditawarkan dari paket bundling dari Bolt ini sekitar 2,8 juta rupiah sudah termasuk dengan kuota data 14 GB. Fitur dual 4G yang ada pada smartphone ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan 2 kartu 4G sekaligus.


Namun, jika Anda masih belum menggunakan operator yang melayani jaringan 4G LTE, Anda tetap bisa menggunakan smartphone ini dengan jaringan 2G/3G. Seperti smartphone pada umumnya, J5 juga menawarkan koneksi Wi-Fi. Namun, J5 tidak dibekali dengan teknologi NFC untuk mempercepat proses pengirman data.

Baterai

Kapasitas baterai yang digunakan pada J5 terbilang mumpuni. Galaxy J5 menggunakan baterai Li-ion dengan kapasitas 2600 mAh yang juga didukung dengan fitur penghemat baterai bawaan dari OS Android Lollipop 5.1.

Jadi, meskipun kapasitas baterai tidak terlalu besar, fitur ini dapat menghemat daya baterai agar tidak mudah habis. Dengan kapasitas baterai yang dimiliki, smartphone ini bisa bertahan hingga 8 jam talk-time dalam jaringan 3G dan 62 jam untuk mendengarkan musik.

Fitur

Samsung Galaxy J5 menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang memiliki interface cukup baik dan sangat responsif saat pergantian layar. OS ini juga kompatibel dengan ribuan aplikasi dan fitur unggulan.

Smartphone ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio FM atau merekam siaran radio favorit Anda. Tak ketinggalan, fitur GPS juga mempermudah Anda untuk mencari lokasi tertentu dengan smartphone ini. Adapun J5 juga didukung dengan beberapa fitur lain, seperti ANT+ Support, SNS integration, Xvid, Photo Editor, Document Viewer dan masih banyak lagi.

Harga

Berbicara soal harga, Galaxy J5 masuk ke dalam jajaran smartphone kelas menengah di bawah 3 juta yang bisa dibeli di link ini. Harga ini cukup terjangkau mengingat smartphone ini sudah cukup mumpuni dan sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Anda bisa membeli smartphone ini dengan atau tanpa bundling dari operator, seperti Bolt.

Kelebihan Samsung Galaxy J5:
- Mendukung jaringan 4G
- Lampu flash pada kamera depan
- Fitur Quich Launh untuk kamera

Kekurangan Samsung Galaxy J5:
- Memori internal kecil
- Tidak ada lapisan pelindung layar

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram