Carisinyal / Tips Trik / Buat Kamar Canggih dan Smart dengan Samsung SmartThings!

Buat Kamar Canggih dan Smart dengan Samsung SmartThings!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah membayangkan jika semua perangkat yang ada di kamar bisa terkoneksi dan dikontrol dengan menggunakan satu ponsel saja? Zaman sudah berubah, semuanya sekarang serba mudah. Tidak perlu lagi repot menggunakan remot AC, karena kamu bisa menyalakan AC lewat HP.

Nggak ada lagi masalah kehilangan remot TV, karena kamu juga bisa mengendalikan setiap channel di TV lewat satu genggaman smartphone. Bahkan, lewat smartphone juga kamu bisa mengawasi setiap pergerakan yang ada di kamar kamu. Canggih banget kan? Nah, untuk bisa melakukan semua itu, hanya membutuhkan satu aplikasi yang namanya Samsung SmartThings.

Apa itu Samsung SmartThings? Bagaimana cara kerjanya? Kecanggihan apa saja yang ditawarkan oleh SmartThings? Untuk mengetahui semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan simak bahasan di bawah ini ya!

Apa Itu Samsung SmartThings?

Samsung SmartThings

SmartThings, awalnya ini adalah sebuah perusahaan teknologi yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan Samsung di tahun 2014. Semenjak pengakusisian tersebut, namanya pun ditambahkan menjadi Samsung SmartThings.

Uniknya, Samsung SmartThings ini merupakan platform terbuka. Bahkan, ia bisa digunakna oleh perangkat canggih apapun, seperti smartphone, smart TV, atau teknologi lainnya yang memang kompatibel dengan SmartThings, khususnya dari produk Samsung.

Tujuan adanya Samsung SmartThings tentu untuk memudahkan segala aktivitas, utamanya pengguna Samsung Elektronik. Cukup menggunakan smartphone dan manfaatkan aplikasi SmartThings. Koneksikan semua perangkat yang ada di kamar kamu ke SmartThings, mulai dari TV, AC, mesin cuci, kulkas, lampu, hingga speaker dengan menggunakan Hub SmartThings. Keren banget, kan?

Apa Saja yang Bisa Dilakukan oleh Samsung SmartThings?

Jawaban dari sub-judul di atas tentu saja “Banyak”. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Samsung SmartThings bertujuan untuk mengoptimalkan pengaturan serta kontrol segala perangkat yang ada di kamar. Tentu saja bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Maka dari itu, Samsung SmartThings bisa mengontrol banyak perangkat lewat satu smartphone saja. Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh Samsung SmartThings ini? Berikut kami jabarkan satu persatu kerja dari Samsung SmartThings.

1. Monitor dan Kontrol

Monitor dan Kontrol

Pernah mengalami lupa meletakkan remot TV atau remot AC? Padahal saat itu mungkin kamu tengah bersiap menonton acara TV kesayangan. Namun semua itu bakal buyar ketika lupa menaruh remot TV dan akhirnya kamu harus mencari remot TV. Buang waktu banget, kan? Bisa telat nonton acara kesayangan, deh!

Tapi kesulitan tadi tidak berlaku jika menggunakan Samsung SmartThings. Pasalnya, kamu tidak perlu menggunakan remot untuk menyalakan TV, cukup andalkan aplikasi SmartThings dan nyalakan TV-nya segera! Tidak hanya TV, dengan layanan SmartThings ini juga bisa diandalkan untuk menyalakan speaker juga lho!

Semua perangkat serta perabot yang ada di dalam kamar bisa dikontrol dalam satu genggaman. Satu aplikasi yang bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana, efektif, dan efisien.

2. Pengingat Otomatis

Pengingat Otomatis

Tidak hanya untuk menyalakan TV atau speaker, karena Samsung SmartThings bisa digunakan lebih dari itu. Selain bisa mengontrol perangkat dengan efektif, Samsung SmartThings juga bisa diandalkan sebagai pengingat yang bisa diimbangi dengan jadwal para penggunanya.

Sebagai contohnya, kamu sedang bekerja di rumah (work from home) namun pada waktu yang bersamaan kamu juga harus mencuci baju. Tidak perlu menunggu mesin cuci sampai selesai, tinggal atur saja pengingatnya di mesin cuci.

Jika mesin cuci sudah selesai melakukan tugasnya, secara otomatis Samsung SmartThings akan memberikan notifikasi bahwa cucian sudah beres. Lebih efektif daripada harus menunggu mesin cuci sampai berhenti, kan? Tidak perlu khawatir soal jadwal yang sibuk dengan pekerjaan rumah tangga yang menumpuk, cukup atur dan kontrol lewat satu aplikasi, Samsung SmartThings.

3. Automasi

Automasi

Jadwal yang padat tidak mengendorkan kewajiban dan tugasmu lainnya, mungkin kamu membutuhkan bantuan untuk menjadwalkan beberapa hal. Misalnya, setiap pagi kamu ingin semua lampu di kamar harus sudah padam jam 6 pagi. Tidak perlu beranjak dari kasur dan mematikannya secara manual, atur saja di SmartThings Automations untuk mematikan lampu setiap pukul 6 pagi.

Setelah membuat pengaturan tersebut maka secara otomatis Samsung SmartThings akan melakukannya sesuai perintah yang dikehendaki. Yang lebih menariknya lagi, kamu bisa memberikan perintah/pengaturan untuk banyak aktivitas di jam-jam sesuai dengan kebutuhan. Bisa mengatur kapan TV , speaker, hingga alarm nyala/mati.

Semua serba sederhana, mudah, efektif, dan efisien. Andalkan satu sistem dan semuanya bisa dikontrol dengan mudah juga aman. Jadi, siap untuk memberikan sentuhan canggih di dalam kamar dengan Samsung SmartThings?

4. Terintegrasi dengan Asisten Suara Pintar

Terintegrasi dengan Asisten Suara Pintar

Ingin lebih simpel dan mudah dalam mengontrol semua perangkat yang ada di kamar? Silakan kolaborasikan Samsung SmartThings dengan asisten suara pintar. Ada tiga asisten suara yang kompatibel dengan Samsung SmartThings. Ketiganya adalah Bixby, OK Google, dan Alexa.

Dengan kehadiran asisten suara ini, setiap pengguna Samsung SmartThings bisa memberikan perintah apapun hanya melalui suara. Kendalikan salah satu atau semua perangkat dalam sekali waktu hanya melalui perintah suara. Kemudian, biarkan Samsung SmartThings menjalankan semuanya tanpa ada yang terlewat. Super canggih, modern, dan sederhana!

Perangkat yang Kompatibel dengan Samsung SmartThings

perangkat yang kompatibel dengan samsung smartthings

Meski ada nama ‘Samsung’ dalam SmartThings, namun ternyata produk ini bisa digunakan oleh banyak perangkat, mulai dari TV, AV, AC, Robot Cleaner, Sensor Gerakan, Smart Home Adapter, Aksesoris Jendela, Lampu, hingga Kunci Pintu, hampir semuanya bisa dikoneksikan ke Samsung SmartThings.

Nah, untuk mengetahui berbagai perangkat yang bisa digunakan di Samsung SmartThings ini, pengguna bisa mengeceknya melalui situs resmi Samsung. Untuk mencarinya juga mudah, cukup ketikan nomor model dan Samsung akan mencarikan perangkatnya untuk kamu.

Galaxy A31 dan Galaxy A21 Bisa Terkoneksi dengan SmartThings

Selain seri Samsung galaxy S, beberapa HP Samsung seri lainnya juga bisa terkoneksi dengan SmartThings lho. Ada dua HP yang bisa dikoneksikan ke SmartThings, yakni Galaxy A31 dan Galaxy A21. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan sudah mengunduh aplikasi SmartThings di HP. Bisa temukan aplikasinya di PlayStore atau website resmi Samsung.

2. Lalu, login akun Samsung di aplikasi SmartThings.

3. Kemudian, pastikan Hub SmartThings sudah terhubung ke jaringan internet di rumah.

4. Langkah selanjutnya, masuk ke aplikasi SmartThings dan nyalakan Bluetooth di HP.

smartthings konek 1

5. Tekan tombol [ + ] dan klik [ add device ].

smartthings konek 2

6. Tapi, jika belum ada nama device-nya, bisa klik [ Wi-Fi/Hub ] dan pilih nama Hub-nya.

smartthings konek 3

7. Masukan nama jaringan serta password Wi-Fi Hub.

8. Terakhir, silakan ikuti saja petunjuk selanjutnya yang tertera di layar HP.

Kecanggihan teknologi tidak bisa lagi dibendung. Bahkan, dari pertumbuhan teknologi yang pesat justru Samsung selalu berinovasi untuk membuat kehidupan manusia yang lebih sederhana dan efektif. Salah satu inovasi yang dibuat adalah Samsung SmartThings yang memudahkan segala aktivitas para pengguna hanya dengan satu ponsel pintar. Jadi, apakah kamu mau coba layanan Samsung SmartThings ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *