Carisinyal / itel 2020 / Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan itel Vision 1

Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan itel Vision 1

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bukan hanya BBK Electronic yang memiliki beberapa anak perusahaan di bidang smartphone. Perusahaan lain juga ada yang memiliki beberapa lini merek smartphone. Contohnya Transsion Holdings.

Perusahaan yang bermarkas di Shenzen tersebut memiliki tiga merek, yaitu Infinix, itel, dan Tecno. Merek tersebut dikenal di Afrika. Di benua tersebut, ketiga merek tersebut laku keras. Ketiga merek tersebut juga hadir resmi di Indonesia.

Infinix masuk resmi lebih dulu di tahun 2015. Di tahun 2020 ini, itel dan Tecno pun masuk resmi ke Indonesia. Merek itel menggebrak pasar Indonesia dengan dua produk yang cukup menarik, itel Vision 1 dan itel Vision 1 Plus.

Yang bakal dibahas pada kesempatan kali ini adalah itel Vision 1. Yang menarik dari ponsel yang satu ini adalah harganya yang mencapai Rp1 juta. Malah, tidak sedikit di toko online, itel Vision 1 dijual dengan harga Rp900 ribuan.

Dengan banderol harga tersebut, tentu menarik untuk menilik berbagai kelebihan yang ditawarkan ponsel ini. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan itel Vision 1? Mari langsung simak saja pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi itel Vision 1

itel Vision 1

  • Rilis: 2020
  • Layar: 6,1 inch HD+
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: 8 MP + 0,8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 4.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan itel Vision 1

Sebagai sebuah ponsel murah di rentang harga Rp1 juta ke bawah, ada banyak hal yang bisa dimaklumi dari ponsel ini. Karena itu, kami menuliskan lebih banyak kelebihan karena menilik kelas harganya.

1. Kamera Cukup di Kelas Harganya

itel vison 1 (4)

Memiliki dua kamera di bagian belakang memang sudah tidak spesial lagi. Namun, untuk kelas harganya, hadirnya kamera 8 MP +  kamera depth 0,8 MP di bagian belakang ponsel ini patut diapresiasi.

Hasil tangkapan kamera belakangnya sendiri dapat mengambil gambar dengan jernih. Tentu jika ada di kondisi terang. Sayangnya, jika menilih ulasan BGR.in, reproduksi warna dari kamera ponsel ini seringkali kali miss. 

Foto yang seharusnya memiliki warna yang kaya tampak lebih memudar. Hal ini tampak dilakukan agar foto tampak terlihat cerah.

Sementara kamera bokeh 0,8 lumayan membantu untuk memberi efek kedalaman.

Selain adanya dua kamera, itel Vision 1 juga dilengkapi dengan LED flash untuk membantu hasil foto agar lebih jernih.

Sementara situs Indiatvnews.com, mengatakan bahwa kamera belakang itel Vision 1 memang memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tingkat kecerahan gambar yang diambil bahkan dalam situasi pencahayaan yang baik. Namun, secara umum hasilnya cukup layak jika menilik kelas harganya.

Untuk kamera depan, kamera 5 MP di ponsel ini sudah cukup oke untuk berswafoto dan sekadar unggah di media sosial.

2. Memiliki Sensor Sidik Jari dan Face Unlock

itel vison 1 (4)

Biasanya ponsel di kelas harga Rp1 sampai Rp1,5 juta, hanya menawarkan satu sensor biometrik. Ada yang hanya menawarkan sensor sidik jari dan ada juga yang hanya menawarkan face unlock. 

Namun, itel Vision 1 justru menawarkan kedua sensor biometrik tersebut. Tentu ini jadi kelebihan tersendiri. Terlebih tidak banyak ponsel dengan harga kisaran Rp900 ribu sampai Rp1 juta yang menawarkan face unlock dan sensor sidik jari. Soal kecepatan respon, jelas bukan yang tercepat tapi masih tetap oke dan bisa dimaklumi.

3. Mendukung OTG

itel vison 1 (2)

Tidak hanya sensor biometrik, itel Vision 1 juga hadirkan fitur yang tidak banyak dimiliki Hp lain di kelas harga paling murah, yakni fitur OTG atau USB On-The-Go.

Dengan dukungan fitur ini, itel Vision 1 dapat dengan mudah memindahkan data dari ponsel ke flash drive atau flashdisk. Tidak perlu repot lagi menghubungkan ponsel ke komputer untuk sekadar memindahkan data.

Fitur ini di banyak ponsel kelas harga Rp1 jutaan bahkan tidak hadir. Karena itu, dukunga fitur USB On-The-Go patut jadi kelebihan tersendiri.

4. Layar HD Curved

itel vison 1 (8)

Layar 6,08 inci dengan resolusi  720 x 1560 piksel jadi satu hal lain yang ditawarkan ponsel ini. Layarnya memang cenderung biasa dan umum ditemukan di ponsel harga murah.

Yang menarik, bezel layar ponsel ini cukup tipis untuk kelas harganya. Memang tidak terlalu ramping tapi juga tidak terlalu tebal, baik atas maupun bawah. Cukup oke untuk kelas harganya.


Selain itu, layar ponsel ini diklaim memakai panel IPS dengan dukungan tingkat kecerahan sampai 500 nits. Layarnya juga sudah mendukung 2,5D Curved Display. Dengan spesifikasi tersebut, rasanya tidak berlebihan menyebut layar ponsel ini tergolong menarik di kelas harganya.

5. Baterai Cukup Besar

itel vison 1

Satu hal yang dapat diunggulkan dari itel Vision 1 adalah baterainya. Kapasitas baterai ponsel ini memang hanya 4.000 mAh. Namun, kapasitas sudah tergolong cukup untuk digunakan seharian.

Indiatvnews dan BGR.in menyebut jika baterai ponsel ini dapat bertahan lebih dari satu harian kerja. Itu artinya, ponsel ini dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Sebelum berangkat kerja bisa diisi terlebih dahulu. Setelah pulang kerja pun, angka persen baterai masih mencukupi.

6. Desain Modern dan Tipis

itel vison 1 (6)

Tidak usah terlalu berharap banyak dengan desain dari ponsel ini. Tentu, Anda tidak mengharapkan desain ponselnya dari metal. Atau dibuat dari plastik yang bagus. Tidak seperti itu tentunya.

Ponsel ini dilapisi plastik yang cenderung biasa. Bahan plastik bagian belakangnya sendiri bisa dibuka sehingga Anda bisa melihat slot dual-SIM dan satu slot microSD di dalamnya.

Secara desain memang terlihat terkesan murah. Namun, hal ini bukan masalah. Warna yang ditawarkan juga memang cenderung biasa.

Yang menarik, desain kamera ponsel ini cenderung meniru pola tiga kamera yang ada di iPhone. Sementara di sisi belakangnya, ada tempat untuk sensor sidik jari yang membuat tampilan ponsel ini memang terlihat oke.

Jangan lupakan juga jika ponsel ini memiliki ketebalan yang cukup lumayan tipis. Ketebalannya hanya 8,5 mm yang membuat ponsel ini terlihat tidak terlalu tebal.

7. Triple Slot

itel vison 1 (1)

Sudah disebutkan di poin sebelumnya, jika itel Vision 1 hadir dengan dua slot SIM dan satu slot tambahan microSD. Untuk kelas  harga terjangkau, tentu hal ini menarik. Slot SIM yang tersedia juga sudah mendukung jaringan 4G semua operator.

Selain itu, microSD di itel Vision 1 dapat ditambah sampai 128 GB. Tentu, kapasitas tersebut tergolong oke jika Anda kurang puas dengan storage ponsel ini yang hanya 32 GB.

Kekurangan itel Vision 1

Tentu saja, itel Vision 1 memiliki beberapa kekurangan. Terlebih karena ponsel ini ada di kelas harga terjangkau. Pasti ada kekurangan yang menyertainya. Berikut kekurangan tersebut.

1. Performanya yang Biasa Saja

itel vison 1 (9)

Unisoc SC9863A adalah chipset yang digunakan di itel Vision 1. Chipset yang dulu bernama Spreadtrum ini dibangun dengan proses fabrikasi 28 nm. Jika menilik chipset tahun 2020, sudah jarang ponsel yang memakai chipset dengan fabrikasi 28 nm. Minimal semua sudah memakai chipset dengan fabrikasi 14 nm. 

Dengan chipset ini, jelas itel Vision 1 memiliki performa yang cenderung biasa. Apalagi untuk bermain gim. Prosesor di chipset ini memang terdapat delapan core tetapi semuanya berbasis Cortex-A55 bukan Cortex-A7 series yang biasa digunakan untuk performa.

Dengan sokongan RAM 2 GB, jelas performa ponsel ini cenderung biasa. Penggunaan media sosial juga cenderung memakai tipe aplikasi versi mini (lite). Menurut Indiatvnews, jika ponsel ini membutuhkan resource lebih tinggi seperti penggunaan aplikasi Facebook Messenger  dan Adobe Lightroom, akan membuat performa ponsel jadi lag. 

Tentu jika menilik performa, ponsel ini bukanlah yang terbaik.

Namun, jika menilik harganya, penggunaan chipset dari Spreadtrum terasa cukup lumayan. Apalagi jika Anda menilik Advan G5 yang juga memakai Unisoc SC9863A, dibanderol dengan harga yang lebih mahl dari itel Vision 1. 

2. Pengisian Baterai yang Lama

itel vison 1 (7)

Di kelas harga murah, ada satu kompensasi yang harus diterima semua ponsel. Jika memiliki baterai yang cukup besar dan daya tahannya lama, biasanya tidak akan dibarengi dengan kecepatan pengisian.

Hal tersebut juga yang menimpa itel Vision 1. Ponsel ini memang memiliki daya tahan baterai yang lama. Namun, untuk pengisian dayanya bisa memakan waktu sampai tiga jam lebih, bahkan empat jam.

3. Management Software yang Bisa Lebih Baik

itel vison 1

Menilik tampilan sistem di ponsel ini, Anda pasti akan teringat dengan tampilan XOS milik Infinix. Tampaknya, Infinix berbagi resource dengan itel soal tampilan antarmuka di ponsel ini.

Di informasi sistem sendiri, tidak ada informasi tampilan antarmuka yang dipakai di ponsel ini. Namun, BGR.in menyebut jika tampilan sistem ini bernama itel OS.

Sistem operasi yang diusung di itel Vision 1 sendiri berbasis Android 9 Pie. Tentu sistem operasi ini cukup ketinggalan karena seharusnya minimal Android 10. Namun, tentu saja ada pemakluman.

Yang jadi masalah, itel OS ini masih memiliki banyak bloatware. Sistemnya sendiri memakan 40% dari storage. Karena masih baru, sistemnya belum begitu maksimal tetapi ada banyak fitur menarik yang jarang ditemukan di kelas harga terjangkau.

Menurut BGR.in, itel OS tidak mengadirkan iklan atau rekomendasi dalam bentuk iklan. Namun, BGR.in mengacu pada produk itel Vision yang beredar di India. Bisa jadi hal berbeda terjadi di itel Vision 1 yang beredar di Indonesia.

Simpulan

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan itel Vision 1. Menilik kelebihan dan kekurangan tersebut, itel Vision 1 adalah ponsel yang menarik untuk dilirik jika Anda hanya memiliki dana Rp900 ribuan.

Dengan harga tersebut, itel Vision 1 jadi ponsel yang cukup unggul jika dibanding ponsel lain di kelas harga yang serupa. Di kelas harga ini, tel Vision 1 bersaing dengan ponsel seperti Advan G5, Infinix Smart 3 Plus, Samsung Galaxy A2 Core, Galaxy A01, dan beberapa ponsel lokal.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *