Ini 15 Situs dan Aplikasi Penghasil Uang yang Bisa Dicoba

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Sayangnya, ketika kami coba, aplikasinya cukup lama saat mencari ‘pekerjaan’ baru. Loading-nya bisa lebih dari 1 menit. Meski begitu, kehadiran aplikasinya memberi kemudahan bagi Anda yang penasaran dengan pekerjaan mengisi captcha ini.

Kelebihan:

  • Cukup mudah digunakan, bahkan oleh pemula
  • Tersedia opsi bahasa Indonesia
  • Multi-paltform (Tersedia di Android)
  • Dilengkapi statistik
  • Ada opsi referral untuk mengundang teman

Kekurangan:

  • Uang yang didapat langsung hilang bila salah isi captcha
  • Penarikan uang tidak dapat dilakukan melalui rekening bank lokal
  • Pencarian tugas/pekerjaan isi captcha cukup lama

11. Afiliasi E-commerce

shopee_

Kini, mendapatkan uang dari aplikasi e-commerce sedang naik daun. Ada beberapa e-commerce besar di Indonesia yang menjalankan program afiliasi. Dua di antaranya adalah Tokopedia dan Shopee. Dengan program ini, baik penjual ataupun pengguna aplikasi bisa mendapatkan uang dari promosi produk.

Sebagai affiliate, Anda harus mempromosikan produk apa saja yang ada di e-commerce tersebut. Unggah konten berisi promosi produk dan bagikan tautan produknya ke media sosial Anda. 

Jika ada yang menekan tautannya hingga membeli barang tersebut, Anda akan mendapatkan komisi. Setiap e-commerce membagikan jumlah komisi berbeda. Baik Shopee dan Tokopedia sama-sama memberi komisi sebesar 10%. Akan tetapi, nominal uangnya berbeda. Komisi Shopee bisa mencapai Rp10.000 per produk. Sedangkan Tokopedia Rp50.000 per produk.

Khusus untuk Tokopedia, affiliate akan mendapatkan Rp50 dari tautan yang diklik sebanyak satu kali. Hanya saja, jumlah saldo tidak akan langsung bertambah. Setelah dicoba, kami harus menunggu hingga hari esok. Setelahnya, kami baru bisa melihat nominal komisi yang didapat dari tautan yang diklik saja.

Sebelumnya, tentu Anda perlu mendaftar program afiliasi terlebih dulu. Baik Shopee dan Tokopedia sama-sama mudah, kok. Untuk Shopee, Anda tinggal isi data diri. Lalu, sambungkan Shopee dengan akun media sosial aktif. Jika jumlah pengikut Anda di atas dua ribu, Anda akan tergabung sebagai Shopee Affiliate influencer. Sebaliknya, kalau jumlah pengikut Anda di bawah dua ribu, Anda hanya akan jadi affiliate saja.

Shopee membutuhkan verifikasi yang lebih lama daripada Tokopedia. Jangka waktunya sebanyak 3 hari kerja. Biasanya, Anda akan menerima email konfirmasi. Namun, ada pula yang langsung aktif tanpa menerima email apa pun.

Sementara itu, Tokopedia tidak memerlukan verifikasi panjang. Anda tinggal menyambungkan akun media sosial saja. Setelahnya, Anda langsung tergabung dalam program afiliasi Tokopedia.

Kelebihan:

  • Mudah diaplikasikan
  • Cocok untuk siapa saja (Tidak hanya influencer)
  • Jumlah komisi cukup besar 
  • Saldo akan langsung masuk ke e-wallet di e-commerce, atau melalui rekening bank terdaftar
  • Proses pendaftaran mudah 
  • Tersedia program khusus partner dan influencer dengan benefit yang lebih bagus (Khusus e-commerce tertentu)
  • Tidak ada batasan jumlah pengikut media sosial (Khusus e-commerce tertentu)

Kekurangan:

  • Proses verifikasi memakan waktu lama, bahkan melebihi jangka waktu yang ditentukan (Untuk e-commerce tertentu)
  • Berpotensi gagal verifikasi bila akun Anda dinilai tidak memenuhi syarat 

12. Shopback

shopback 1-side_

Shopback adalah salah satu aplikasi cashback paling populer. Tidak cuma ada di Indonesia, aplikasi satu ini bahkan menjangkau beberapa negara di Asia Tenggara. Shopback menjanjikan keuntungan berupa cashback pada penggunanya.

Untuk mendapatkan cashback, pengguna ‘hanya’ perlu belanja online saja. Contohnya, Anda bisa berbelanja produk tertentu di Shopee. Biasanya ada daftar produk yang menawarkan cashback. Jumlah cashback bisa berbeda untuk setiap produk. Bisa Rp5.000 atau bahkan lebih. Anda harus menekan tombol continue to app untuk lanjut berbelanja.

Setelah itu, pengguna bisa berbelanja seperti biasa. Setelah melakukan pembayaran, toko online akan memverifikasi pengguna. Jika berhasil, cashback dapat diterima langsung melalui aplikasi Shopback. Ada banyak toko online yang mendukung penggunaan Shopback. Tiga di antaranya adalah Shopee, Zalora dan Tokopedia.

Terdengar mudah, memang. Namun, nyatanya tidak semudah itu. Kami mencoba menggunakan akun ini dan mencari promo serta cashback yang bisa didapat. Tentu, jumlahnya sangat amat banyak. 

Ada beberapa persyaratan yang harus diikuti agar mendapat cashback. Misalnya, pengguna tidak bisa membeli produk tertentu, seperti pulsa atau produk digital. Selain itu, barang yang harus dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan. Jika verifikasi tak berhasil atau syarat tak dapat dipenuhi, tentu cashback tak bisa didapatkan.

Menariknya, cashback yang ada di aplikasi dapat dicairkan. Hanya saja, waktu pencairan bisa sampai berbulan-bulan. Aplikasinya juga menentukan minimum pencairan cashback sebesar Rp50.000. Yah, Shopback memang bukan aplikasi penghasil uang instan. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini. Info dan link download aplikasi ini bisa langsung ke situs resmi Shopback Indonesia.

Kelebihan:

  • Aplikasi mudah digunakan
  • Banyak penawaran cashback dan promo menarik
  • Pilihan toko dan produk beragam
  • Ada fitur untuk membandingkan harga
  • Terdapat misi yang menghasilkan reward
  • Cashback dan promo bisa dipilih sendiri
  • Cashback dapat diuangkan

Kekurangan:

  • Tidak semua pembelian produk menghasilkan cashback
  • Ada cukup banyak syarat yang harus dipenuhi
  • Pencairan cashback memakan waktu lama

13. BuzzBreak

buzzbreak 1-side_

BuzzBreak bisa jadi pilihan untuk Anda yang mencari aplikasi penghasil uang. Dengan membaca artikel berita dan menonton video, Anda akan mendapatkan poin. Tentu, poinnya dapat diuangkan.

Kami mencoba menggunakan aplikasi ini dan mengikuti misinya. Salah satu misi yang tersedia adalah membaca artikel. Ada target minimum yang akan ditentukan oleh BuzzBreak. Misalnya, sebanyak 1-3 artikel. Kami membaca lebih dari 3 artikel. Hasilnya, kami mendapatkan total 80 poin. 

Sebelumnya sudah ada welcoming points dari BuzzBreak sebanyak 2000 poin. Lalu, ada pula poin dari hadiah harian sebanyak 610 poin. Jadi, total poin yang kami dapatkan kurang lebih sebanyak 2690. Tapi, jangan salah. Meski jumlah poinnya ribuan, jika diuangkan poin ini hanya bernilai Rp38 saja.

Ya, sedikit memang. Namun, bila Anda tertarik, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak poin. Tak hanya baca artikel dan menonton video saja, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak reward dari game atau mengunduh aplikasi tertentu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram