carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 10 Situs Download Torrent yang Populer dan Masih Aktif

10 Situs Download Torrent yang Populer dan Masih Aktif

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 22 Januari 2021

Sistem tukar data BitTorrent kini semakin digemari oleh banyak orang sejak kecepatan Internet kian kencang. Torrent dipilih karena sistem pertukaran data peer-to-peer-nya dinilai stabil ketika seseorang mengunduh suatu file. Dalam sistem peer-to-peer, seseorang yang tergabung dalam jaringan akan bertindak sebagai pengunduh sekaligus pengunggah file.

Makin banyak yang mengunduh suatu file, makin cepat dan stabil transfer datanya. Sementara komputer server hanya menyediakan file awal untuk didistribusikan ke komputer client. Komputer client nanti melanjutkan distribusi file sebagai seeder (mengunduh lalu mengunggah file terunduh ke komputer lain).

Pengunduhan file dengan cara kerja torrent ini sebetulnya sudah ada sejak 2001. Namun, baru populer di Indonesia sekitar 10 tahun belakangan. Berbagai jenis file dibagikan secara gratis melalui situs-situs download torrent. Mulai dari gambar, video, musik, dokumen, aplikasi, dan gim. Carisinyal akan membagikan situs-situs download torrent yang paling populer.

Namun perlu dicatat, ulasan ini hanya sebagai pengetahuan. Carisinyal tidak bertanggung jawab terhadap risiko serangan malware dan pelanggaran hak cipta. Berikut 10 download torrent paling populer dihimpun dari berbagai sumber.

1. YTS

YTS

YTS terkenal sebagai penyedia film-film dengan kualitas video bagus sejak berdiri pada 2011. Meski bagus, video yang ada punya ukuran file kecil. Orang yang mengunjungi situs torrent ini bisa langsung menuju ke kolom pencarian untuk menemukan film sesuai judulnya.

Bisa juga dengan mencari film berdasarkan yang paling banyak diunduh orang (trending), atau dengan beberapa penyaringan tertentu. Penyaringan yakni kualitas, genre, rating, tahun rilis, dan bahasa. Untuk kualitasnya, film-film koleksi YTS ada dari resolusi HD (720p) sampai dengan 4K.

Beberapa genre yang ada di antaranya yakni aksi, komedi, horor, misteri, dan thriller. Semua film dihimpun mulai dari yang keluarnya awal 1900-an hingga yang baru-baru. Total ada lebih dari 25 ribu film. YTS sering berganti-ganti URL, tetapi saat Carisinyal mencoba situs ini bisa diakses di alamat https://yts.mx/.

2. Torlock

Torlock

Torlock menjamin keaslian isi dari file yang disediakan. Jika ada tautan yang tertera tak sesuai dengan file-nya, seseorang bisa melaporkan hal itu. Mereka yang melaporkan akan mendapat ganjaran 1 dolar AS. Karena itu, Torlock relatif lebih aman.

Di situs Torlock ada macam-macam file. Film, gim, musik, software, anime, e-book, gambar, dan lain-lain. Untuk mencari file di situs ini, seseorang bisa langsung mengklik sesuai kategorinya. Bisa juga dengan menuliskan di kolom pencarian. Sambil menunggu download selesai, kamu juga bisa membaca berita-berita pilihan yang tersedia.

Penulis teknologi Dawn Teh menyebut situs yang didirikan sejak 2010 ini punya rerata kecepatan unduh 59,7 Mbps. Ada sekitar 4,5 juta file torrent yang tersedia. Walau begitu, tidak sedikit yang tak memiliki seeder sehingga file tersebut tak bisa diunduh. Torlock bisa diakses dari www.torlock.com.

3. EZTV

EZTV

Hal yang dirasakan ketika pertama kali membuka situs EZTV adalah nyaman, tak ada iklan yang menyambut. Situsnya tak neko-neko dan ringan dibuka. Di situs ini, beragam video acara TV, serial, dan film. Meski begitu, Carisinyal tak menemukan reality show kenamaan dari Korea Selatan, Running Man, setelah mengetiknya di kolom pencarian. Namun, acara reality show American Idol ada.

Terlepas dari itu, EZ TV cukup memanjakan bagi penikmatnya. Orang-orang bisa mengikuti secara up to date acara-acara tv berdasarkan tanggal rilisnya. Jika ketinggalan, seseorang tinggal mencarinya saja di “Countdown List”. Seluruh video yang disediakan oleh situs yang didirikan pada 2015 ini punya kualitas mulai dari resolusi 480p sampai 2K (2160p). EZTV bisa diakses dengan tautan: eztv.re.

4. Torrentz2

Torrentz2 sebetulnya bukanlah sebuah situs yang menyediakan file torrent. Akan tetapi, ia hanyalah situs pencarian torrent karena itulah situs ini tidak diblokir di negara mana pun. Torrentz2 secara khusus bekerja untuk mencari situs torrent penyedia file musik.

Kinerja situs ini benar-benar cepat sesaat setelah tombol enter ditekan. Responsnya hanya sepersekian detik ketika Carisinyal mencoba mencari file lagu To Be With You dari Mr Big.

Hanya, dalam empat halaman hasil yang ditampilkan, tidak seluruhnya merupakan file yang sesuai dengan kata kunci. Torrentz2 telah membuat indeks lebih dari 31 juta file torrent yang aktif dari 50 domain. Situs yang muncul sejak 2016 ini dapat dikunjungi di torrentz2eu.org.

5. LimeTorrents

LimeTorrents merupakan salah satu situs torrent yang paling populer di dunia. Hal itu tak mengherankan karena keberadaannya sudah terendus sejak 2009. Situs ini menyediakan beragam file hiburan. Seperti film, tv show, musik, gim, dan anime. Aplikasi komputer dan smartphone juga ada di sini. Semuanya bisa ditemukan melalui kolom atau merujuk pada kategori.

Tak mengherankan jika situs ini punya sangat banyak koleksi file mengingat usianya yang sudah lama. Untuk kategori film saja, ada 2,1 juta lebih file torrent yang tersedia. Total ada hampir 10 juta file torrent dari berbagai kategori.

Yang menarik dari situs ini adalah seseorang bisa mencari file torrent berdasarkan ‘kesehatannya’. Kalau kesehatannya bagus (berwarna hijau), itu tandanya ada banyak seeder di file tersebut. Hal itu berarti proses unduh file bisa semakin lancar. LimeTorrents bisa diakses dari www.limetorrents.info.

6. 01Torrent

01Torrent

01Torrent hampir serupa dengan YTS karena sajian utamanya adalah film. Saat kali pertama membukanya, kamu akan disuguhi highlight dari film-film terbaru. Di bawah highlight ada deretan film yang baru saja diunggah.

Bukan hanya film yang ada di sini, tetapi ada juga musik, dan acara tv yang jadi andalan. Meski begitu, 01Torrent pun menyediakan aplikasi, gim, buku, dan anime. Hal menarik dari situs ini adalah kamu tahu kapasitas film sebelum diunduh. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa ruang kosong yang mesti disediakan untuk menyimpan file suatu film.

Mengakses situs 01Torrent terasa gegas karena tidak ada iklan yang mengganggu. Sayangnya, tidak ada fitur penyaringan berdasarkan kualitas saat mencari suatu film atau video. Alhasil, kamu harus mengecek satu per satu untuk melihat resolusinya.

7. The Pirate Bay (TPB)

Tak ada yang bisa mengalahkan popularitas dari The Pirate Bay (TPB) untuk saat ini. Wajar saja karena TPB sudah ada dari 2003. Orang-orang yang sudah lama memanfaatkan torrent sebagai sarana download file pasti tahu dengan situs yang satu ini.

Sekilas, tampilan paling awal dari TPB mirip Google. Seseorang yang mengaksesnya langsung disuguhi kolom pencarian. Di bawah kolom pencarian itu ada dua tombol “Cari” dan “Saya Lagi Beruntung”. Hal yang membedakannya dengan Google adalah adanya ceklis pencarian berdasarkan kategori.

Situs TPB juga sederhana tanpa ada iklan-iklan pengganggu. Ketika menuju file yang dicari, situs ini akan memberi tahu ukuran file, jumlah seeder, dan leecher. Kemudian, TPB juga memberi informasi apakah file yang hendak diunduh terpercaya atau tidak. Situs ini sering bergonta-ganti URL, tetapi Carisinyal dapat mencoba mengaksesnya dari piratebay.party.

8. 1337x

1337x

Situs legendaris torrent selain TPB adalah 1337x. Alasannya sama, karena 1337x juga sudah lama usianya—berdiri sejak 2007. Di situs ini, ada berbagai macam file yang dibagikan secara gratis. Seperti film, video acara televisi, gim, musik, aplikasi, anime, dan lain-lain.

Menurut penulis teknologi Dawn Teh, hal yang membikin 1337x populer adalah karena pengawasannya yang ketat. Pengawasan yang ketat menyebabkan file-file yang ada di dalamnya terjaga kualitasnya. Kendati demikian, harus tetap waspada terhadap file yang diunduh. Bisa saja di dalam file tersebut tersusupi malware berbahaya.

Secara performa, situs ini tergolong gegas karena mampu menampilkan hasil pencarian seketika setelah tombol enter ditekan. Setelah itu, deretan file akan tersaji berikut informasi ukuran, jumlah seeder dan leecher, waktu unggah pertama kali, dan nama si pengunggah. Sebagaimana situs download torrent lainnya, 1337x juga sering berganti URL. Namun, saat kali terakhir diakses, Carisinyal berhasil masuk melalui alamat www.1337x.am.

9. Zooqle

Kalau dilihat dari tahun berdirinya, Zooqle memang paling hijau. Sebab, situs download torrent yang satu ini baru menampakkan diri pada 2013. Walau baru, tampilan dari situs ini cukup menarik dan intuitif. Di tampilan paling depan, tersaji serial tv dan film yang paling dicari oleh orang-orang.

Jika bukan film atau serial tv yang dicari, kamu bisa mengalihkan pencarian dengan menyorot ikon-ikon kategori di samping kolom pencarian. Kategori yang bisa ditemukan adalah gim dan aplikasi dari berbagai platform. Ada juga anime dan macam-macam e-book berbentuk komik, majalah, buku teks, dan lain sebagainya.

Selain itu, saat menemukan file yang dituju, ada beragam informasi terkait file yang disertakan. Seperti resolusi, ukuran, kapan diunggah pertama kali, dan kesehatan suatu file. File dikatakan sehat jika jumlah seeder-nya banyak. Mengunduh file dari situs ini tidak perlu melakukan pendaftaran. Carisinyal sukses mengakses Zooqle dari URL zooqle.unblockit.ltd.

10. Kickass Torrents

Kickass Torrent

Kickass Torrents termasuk situs download angkatan awal lantaran terlahir pada 2008. Situs ini cukup populer karena punya banyak pengguna setia. Sebagian orang mungkin tidak suka dengan tampilan awalnya karena punya kesan berantakan. Kesan berantakan tercermin pada kata kunci paling populer yang menghiasi bagian depan situs.

Namun, sebagian orang mungkin bisa jadi suka. Pasalnya, hiasan di depan situs tersebut akan mempercepat penyaringan kategori, karena tidak perlu mengetik suatu kata kunci di kolom pencarian. Jika kata kunci yang tertera di depan tidak ada yang cocok, seseorang bisa mengarahkan kursornya ke pojok kanan.

Di sana orang akan menemukan apa saja yang populer dan top berdasarkan kategori-kategori tertentu. Sebut saja acara tv, gim, aplikasi, musik, film, atau anime. Hal yang menjadi pembeda Kickass Torrents dari situs download torrent lain adalah informasi penting yang tertera di suatu file.

Informasi penting itu adalah siapa pengunggah file tersebut. Jika pengunggahnya terverifikasi, besar kemungkinan file yang disajikan terjamin keamanan dan keasliannya. Di luar itu, informasi yang tertulis standar seperti situs lain. Seperti rasio seeder dan leecher, ukuran file, dan kapan file itu diunggah. Situs Kickass Torrent dapat diakses di alamat https://kickasstorrent.cr/.

Kemunculan teknologi BitTorent di satu sisi membuat akses dari suatu informasi atau konten semakin terbuka. Hanya saja, tidak sedikit konten yang dibagikan tersebut memiliki hak cipta. Sehingga, tindakan membagikan dan menyebarluaskan sangat rawan berakibat pelanggaran. Itulah mengapa banyak situs download torrent kerap mengubah alamatnya setelah mendapati pemblokiran di berbagai negara.

Carisinyal telah sukses mencoba membuka 10 situs download torrent di atas tanpa menggunakan VPN. Namun, bisa jadi kesepuluh situs tersebut tidak bisa diakses pada waktu mendatang. Bijak dan berhati-hatilah dalam mengakses situs download torrent agar terhindar dari kejahatan siber.

 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram