Carisinyal / Download Buku / Cari Referensi di 10 Situs Jurnal Nasional Terpercaya Ini

Cari Referensi di 10 Situs Jurnal Nasional Terpercaya Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jurnal ilmiah merupakan hal yang tidak asing dalam dunia pendidikan, utamanya di jenjang perguruan tinggi, yang merupakan tulisan khusus yang ditulis oleh seseorang yang kompeten di bidangnya. Jurnal ilmiah mencakup berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sosial, ilmu alam, humaniora, medis dan lain-lain dan tentunya yang sudah berdasarkan acuan penelitian yang benar.

Untuk kamu yang sedang berada sedang di perguruan tinggi, khususnya mahasiswa tingkat akhir pasti sangat membutuhkan banyak referensi jurnal ilmiah yang telah dijamin kredibilitasnya. Nah, kamu yang ingin tahu jurnal ilmiah apa saja di Indonesia yang bisa kamu akses dan terpercaya. Yuk, ikuti ulasannya.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang disingkat Perpusnas merupakan perpustakaan tertinggi di dunia yang memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dengan interiornya yang sangat modern. Namun bukan hanya buku-buku secara fisik saja yang bisa kamu temui di sini.

Terdapat namanya digital library yang merupakan e-book yang bisa kamu akses dengan menjadi anggota Perpusnas. Kamu bisa mengaksesnya melalui http://e-resources.perpusnas.go.id/. Banyak jurnal terpercaya yang berada di situs ini, salah satunya dari SAGE, Ebsco, Neliti dan masih banyak lagi.

2. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI merupakan lembaga penelitian pertama yang didirikan dan merupakan lembaga penelitian yang ditunjuk pemerintah yang menaungi berbagai penelitian ilmiah di Indonesia.

Banyak kalangan dari berbagai profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan yang menerbitkan jurnal ilmiah di situs ini, dan telah tercatat sebanyak 8.000 jurnal ilmiah yang telah diterbitkan sampai Januari 2017. Oh ya, kamu bisa mengakses jurnal yang diterbitkan oleh LIPI melalui http://isjd.pdii.lipi.go.id/.

3. Indonesian Publication Index (Portal Garuda)

Portal Garuda

Situs selanjutnya adalah Indonesian Publication Index atau disingkat IPI. Mungkin kamu lebih mengenalnya Portal Garuda yang menyediakan jurnal nasional yang telah terakreditasi ISSN dan berisi jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu.

IPI telah dibangun sejak tahun 2012 dengan ribuan jurnal yang telah diterbitkan dari berbagai lembaga penelitian atau lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi negeri, untuk kamu yang ingin mengakses jurnal ilmiah disini bisa melalui https://journal.portalgaruda.org/.

4. Jurnal Sains dan Teknologi (BPPT)

BPPT

Untuk kamu yang sedang terjun dalam bidang sains dan teknologi, Jurnal dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi atau BPPT ini bisa membantu kamu. BPPT sendiri merupakan lembaga Non Kementerian Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1978.

Dari awal pendiriannya pun BPPT fokus pada pengkajian masalah-masalah teknologi secara mendalam dan menyeluruh, khususnya untuk mengembangkan industri dan produksi ketahanan nasional. Untuk kamu yang ingin mengakses jurnal sains dan teknologi di BPPT ini bisa melalui http://ejurnal.bppt.go.id/.

5. Google Scholar

Google Scholar

Google Scholar atau lebih dikenal juga sebagai Google Cendekia merupakan penyedia jurnal nasional maupun internasional yang diluncurkan pada tahun 2004 dan terdapat jurnal dengan berbagai bidang ilmu di dalamnya.

Selain itu kita juga bisa menemukan tesis, abstrak, buku, peer-reviewed dan artikel dari berbagai penerbit akademis, universitas dan lainnya. Penggunaannya pun mudah seperti menggunakan Google pada umumnya. Untuk menggunakannya kamu tinggal mengaksesnya di https://scholar.google.co.id/.

6. Jurnal Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)

ISEI

Situs selanjutnya adalah Jurnal Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia atau disingkat dengan ISEI. Situs ini khusus buat kamu anak ekonomi yang ingin mengakses jurnal yang memuat paper ilmiah di bidang ekonomi moneter, perbankan, keuangan, sistem pembayaran, ekonomi internasional, ekonomi pembangunan dan lain-lain.

ISEI sendiri berdiri pada tahun 1955 dan berisi orang-orang hebat di dalamnya seperti mantan menteri Bappenas Ibu Armida Alisjahbana dan lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mendapatkan berbagai jurnal ilmiah seputar ekonomi kamu bisa mengaksesnya di http://jurnal.isei.or.id/.

7. Academia.edu

Academia.edu

Situs ini sendiri pasti sudah tidak asing didengar. Ya, Academia yang merupakan situs jejaring sosial bagi para akademisi, namun digunakan juga untuk berbagi dokumen dengan penelitian di berbagai bidang.

Academia sendiri didirikan pada tahun 2008, dengan 133.721.593 papers yang sudah dipublikasikan. Banyak para akademisi di berbagai universitas tinggi yang mengakses dan mempublikasikan hasil penelitiannya disini jika kamu ingin mengakses berbagai pilihan jurnal di berbagai bidang bisa di www.academia.edu.

8. Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir (Batan)

Batan

Mungkin jurusan nuklir di perguruan tinggi Indonesia belum terlalu banyak, hanya beberapa Universitas yang memiliki jurusan ini. Bagi kamu yang berkecimpung dan tertarik dengan beberapa jurnal ilmiah tentang nuklir bisa banget kamu buka situs jurnal dari Batan ini.


Batan sendiri merupakan lembaga pemerintah Non Kementerian yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang penelitian, pemanfaatan dan pengembangan tenaga nuklir dan telah berdiri sejak tahun 1997. Untuk kamu yang ingin mengakses jurnal sains dan Teknologi Nuklir bisa mengaksesnya di http://jurnal.batan.go.id.

9. Researchgate.net

Researchgate

Sama seperti Academia, Researchgate.net juga merupakan situs web jejaring sosial para akademisi namun bisa diakses secara gratis. Di sini kamu bisa menemukan berbagai database publikasi ilmiah, diskusi metodologi, forum, grup dan berbagai fitur lainnya. Kelebihannya adalah telah mengembangkan sistem pencarian semantik yang mampu mencari makalah penelitian dari sumber internal seperti CiteSeer, arXiv, NASA Library dan Pubmed.

Situs yang telah berdiri sejak tahun 2008 ini telah digunakan lebih dari 1.400.000 ilmuwan dari 196 negara dan sudah membentuk sekitar 1.100 grup dalam ResearchGate. Untuk kamu yang ini mengakses berbagai jurnal ilmiah ResearchGate yang bisa kamu dapatkan secara gratis bisa melalui www.researchgate.net.

10. Neliti.com

Neliti

Sama seperti Google Scholar yang merupakan mesin pencari khusus dalam bidang ilmiah, Neliti.com juga merupakan salah mesin pencari yang membantu lembaga penelitian ataupun individu dan lembaga pendidikan yang ingin mencari berbagai hasil penelitian, data primer dan fakta ataupun sebuah laporan. Oh ya, kamu bisa mengakses mesin pencarian ini melalui www.neliti.com/id.

Neliti.com berdiri karena keresahan Anton Lucanus yang mengetahui bahwa dari 120 ribu perpustakaan di Indonesia hanya 30% saja yang baru dipublikasikan secara online. Sehingga saat kamu membuka situs ini kamu bisa mendapatkan akses jurnal secara gratis, makalah, buku-buku, dan data-data secara online. Hingga saat ini sudah sekitar 2 juta pengguna yang memanfaatkan situs ini terbanyak dari kalangan dosen, mahasiswa dan peneliti.

Itulah 10 situs jurnal ilmiah nasional yang bisa kamu akses. Tentu jurnal ilmiah sangat penting dalam dunia pendidikan namun kamu harus bisa memilih jurnal ilmiah yang memiliki kredibilitasnya seperti sudah mempunyai ISSN.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia ekonomi kamu bisa mengakses jurnal ilmiah dari ISEI, dijamin kamu bakal lebih tahu tentang sistem perekonomian di Indonesia baik secara nasional dan internasional. Jangan lupa cek juga situs jurnal internasional yang direkomendasikan ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *