carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 10 Rekomendasi Situs Link Shortener (Pemendek Link) Terbaik

10 Rekomendasi Situs Link Shortener (Pemendek Link) Terbaik

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 19 Juli 2021

Kehidupan zaman modern membuat jenis pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah blogger, yang membuat konten baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Memutuskan menjadi blogger artinya kamu bekerja secara mandiri.

Sebab, kamu sendiri yang menentukan kapan bekerja, di mana tempatnya, hingga jangka waktu untuk menyelesaikan target. Semua tampak fleksibel, sehingga kamu punya banyak waktu lebih bersama keluarga.

Hanya saja, jika kamu adalah blogger baru, ada satu upaya yang mesti kamu lakukan agar blog-mu makin terkenal dan dikunjungi banyak orang. Upaya itu adalah membagikan link (tautan) blog-mu ke media sosial. Kamu bisa membagikannya ke status WhatsApp, Facebook, atau Twitter.

Tapi tunggu, link yang kamu bagikan bisa jadi cukup panjang dan jelimet. Sebagian orang mungkin akan sulit mengingatnya. Kemudian, beberapa media sosial juga punya keterbatasan karakter untuk bisa menampung link beserta caption menarik yang kamu sertakan.

Karena itu, kamu butuh memperpendeknya lewat situs link shortener. Nah, ada apa saja sih, situs yang bisa dipakai? Cukup banyak, tapi Carisinyal akan pilihkan yang terbaik buat kamu. Jadi baca dengan saksama artikel ini sampai tuntas, ya!

Manfaat Menggunakan Link Shortener

Pilih situs streaming yang bagus
*

Benar bahwa situs link shortener punya fungsi utama sebagai pemendek link. Namun, ternyata ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya. Apa saja itu? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Mendapat Penghasilan

Kamu pasti menyadari, seseorang yang mengklik link yang sudah dipendekkan akan melewati satu halaman khusus secara sepintas. Baru setelah itu ia akan otomatis melihat alamat situs yang sebenarnya. Nah, situs link shortener memang sengaja membuat orang melewati satu halaman khusus tersebut.

Tujuannya agar orang yang mengklik melihat iklan. Dari sinilah situs link shortener memperoleh pendapatan. Namun, kamu pun kebagian hasil pendapatan dari iklan tersebut, karena beberapa situs link shortener memang membagikan komisi. Situs link shortener tentu punya perhitungan sendiri soal berapa nominal yang dibayarkan.

2. Melihat Statistik

Link yang dipendekkan melalui situs link shortener juga bisa kamu lacak performanya. Informasi yang bisa kamu lacak yakni mengenai rasio klik tayang (CTR: Click-through rate), siapa saja yang mengklik link tersebut, di mana lokasi si pengunjung link, kapan waktu klik link, dan lain sebagainya.

Informasi-informasi yang berupa statistik tersebut sangat berguna untuk menentukan strategimu ke depan. Sebagai contoh, jika ternyata orang-orang ramai mengklik link pada jam makan siang dan jam pulang kantor, kamu bisa meningkatkan frekuensi pembagian link pada dua waktu tersebut.

3. Kustomisasi

Situs link shortener sebetulnya sudah memilihkan karakter pendek dengan kombinasi angka dan huruf yang unik. Meski begitu, beberapa situs link shortener memberimu keleluasaan untuk mengutak-atik alias kustomisasi agar link pendek yang muncul lebih keren dan mudah diingat.

Munculnya nama link yang keren juga mampu mengundang orang yang lebih banyak untuk mengklik, dibanding dengan link pendek biasa.

Situs Link Shortener Terbaik

Carisinyal sudah menyaring banyak situs link shortener menjadi 10 saja. Semuanya termasuk populer karena cukup banyak digunakan di Indonesia. Silakan pilih dan coba satu per satu situs di bawah ini untuk menemukan yang paling cocok.

1. Bitly

sumber: bit.ly

Bitly alias bit.ly adalah salah situs link shortener yang paling populer digunakan. Hal ini mengherankan karena situs yang didirikan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah ada sejak 2008. Saking populernya, bitly rata-rata memperpendek 600 juta link setiap hari.

Brand kedai ayam kenamaan dunia McDonald's pun acap kali memanfaatkan bitly sebagai pemendek URL setiap kali mereka melakukan promosi. Menggunakan bitly sangat aman, praktis, dan mudah. Kamu tinggal mengetikkan alamat bit.ly lalu menempelkan alamat yang sudah kamu salin ke kolom yang disediakan.

Tak sampai dua detik alamat yang dipendekkan sukses dibikin. Link pendek yang sukses dibikin aman karena dijamin sudah dienkripsi HTTPS. Kamu bisa memendekkan link di situs bitly sebanyak-banyaknya kendati tanpa akun. Namun, jika punya akun gratis, kamu bisa meraih berbagai keuntungan.

Di antaranya adalah, bikin link custom (hanya link belakang) berjumlah 50 tiap bulan, memberi tag pada link, menyimpan history sampai 30 hari untuk melihat statistiknya, dan bisa langsung posting link ke Twitter dari situs bitly.

Kalau belum puas dengan layanan gratisnya, kamu bisa berlangganan paket basic 29 dolar AS per bulan. Beberapa keuntungannya, kamu bisa meng-custom link sesukamu, membuat link jadi QR Code, dan bisa memendekkan link secara massal. Kunjungi situs link shortener bitly dari sini.

2. S.id

sumber: s.id

Organisasi nirlaba yang bertugas sebagai nama domain .id, PANDI, punya layanan manajemen link. Nama layanannya adalah S.id yang alamat aksesnya sama seperti tertulis. Memendekkan link di situs S.id juga cukup mudah, sekali pun kamu tidak punya akun.

Kamu tinggal copy link yang ingin kamu pendekkan, lalu paste di kolom yang tersedia. Keunggulan dari situs ini adalah ringan dibuka di berbagai platform. Waktu aksesnya tetap cepat kendati situs yang link-nya kamu pendekkan dikunjungi berjuta-juta orang.

Adapun kalau kamu bikin akun gratis di situs S.id, kamu bakal memperoleh dua kemudahan lain. Pertama, kustomisasi link agar keren dan mudah diingat orang. Kedua, kamu punya akses untuk mengetahui berbagai statistik kunjungan link yang diberikan secara real-time.

3. TinyURL

sumber: tinyurl.com

Twitter memanfaatkan layanan dari TinyURL sebelum punya pemendek link sendiri. TinyURL dipilih Twitter salah satunya karena usianya yang sudah matang. Benar, situs link shortener adalah salah satu yang tertua lantaran berdiri pada 2002.

Hal yang paling menjanjikan dari TinyURL adalah tidak adanya kedaluwarsa dari link yang dipendekkan. Artinya, sekali kamu memendekkan link di sini, selamanya akan aktif. TinyURL memang tidak mewajibkan penggunanya untuk membikin akun. Namun, jika kamu punya akun gratis, berbagai fitur esensial sudah bisa kamu dapatkan.

Seperti bikin link pendek tanpa batas dengan jumlah klik tak terhingga, kustomisasi link, dan statistik berdasarkan history 30 hari. Adapun kalau ingin berlangganan, paket termurahnya dihargai 9,99 dolar AS/bulan. Salah satu benefit-nya yakni bisa memantau statistik dari history selama 2 tahun. Akses ke situs TinyURL bisa lewat tautan ini.

4. Safelink.ID

sumber: safelink.id

Safelink.ID memang bisa digunakan untuk memendekkan link meski tanpa bikin akun. Namun, sangat disarankan untuk membuat akun. Sebab, selain gratis, situs link shortener asal Indonesia ini bisa jadi salah satu sumber pemasukan!

Untuk tiap 1000 klik dari Indonesia (CPM: Cost Per Million), bayarannya adalah 3,2 dolar AS (sekitar RP46 ribu). Bayaran yang diperoleh dari klik negara lain tentu punya perhitungan tak sama. Menariknya, kamu bisa melakukan penarikan uang mulai dari 3 dolar AS!

Uang akan ditransfer via Bank, dompet elektronik, dan pulsa. Bisa juga lewat Paypal. Adapun Safelink.ID juga punya fitur statistik sebagaimana link shortener lain sehingga kamu bisa melacak asal klik dan mengetahui informasi terkait secara rinci. Masih penasaran? Langsung saja coba situs ini lewat link ini.

5. Rebrandly

sumber: rebrandly.com

Rebrandly memang masih tergolong muda dibanding situs link shortener lain karena baru didirikan pada 2015. Meski begitu, banyak brand-brand mentereng dunia yang kepincut untuk menggunakan jasanya dalam berbagai kesempatan promosi. Perusahaan teknologi seperti Hewlett Packard dan IBM jadi mitranya.

Alasan kenapa Rebrandly dipercaya perusahaan-perusahaan besar adalah karena fiturnya yang kaya dan sangat mendukung dalam pemasaran. Misalnya, nama domain kustom yang bisa diutak-atik sesukanya. Kemudian, satu link bisa dibuatkan lebih dari satu nama domain.

Lalu, kamu juga bisa menjadwalkan kapan link yang dipendekkan bakal kedaluwarsa. Semua fitur-fitur keren tersebut bisa kamu dapati dengan membikin akun dan berlangganan 29 dolar AS tiap bulan.

Namun, jika belum tertarik berlangganan, fitur-fitur diperoleh dengan membuat akun gratis sudah cukup mumpuni. Putuskan matang-matang dengan mencobanya terlebih dahulu melalui alamat ini.

6. Adsafelink

sumber: adsafelink.com

Situs link shortener ini memang dirancang agar familier buat warga Indonesia. Hal ini terlihat dari tampilan situs yang berbahasa Indonesia. Satu hal yang ditonjolkan Adsafelink adalah potensi penghasilan yang diberikan jika kamu mendaftar dan memakai layanannya.

Adsafelink memberi bayaran Rp21 ribu per 1000 klik dari tiap link yang kamu pendekkan. Ada pula bonus 15% jika kamu berhasil mengajak orang untuk mendaftarkan diri di situs ini. Kamu bisa menarik uang pendapatanmu minimal Rp50 ribu untuk ditransfer ke rekening bank, pulsa, atau dompet digital yang ada di Indonesia.

Berbagai tool yang diberikan Adsafelink lumayan lengkap, salah satunya adalah MasShrinker. Tool ini berguna saat kamu hendak memperpendek link yang jumlahnya banyak dalam sekali waktu. Ada pula tool Website Script yang bisa otomatis memendekkan seluruh link di laman situs atau blog-mu. Situs Adsafelink bisa diakses via tautan ini.

7. Yourls

sumber: yourls.org

Yourls adalah singkatan dari Your Own URL Shortener. Situs link shortener ini punya tampilan yang sederhana. Di balik kesederhanaannya Yourls ternyata bersifat open source dan seluruh layanannya gratis. Yang menarik, kamu bisa bikin URL sendiri via situs pemendek link ini.

Hal itu bisa kamu lakukan lantaran Yourls punya fitur self-hosting. Nah, itu artinya kamu harus memasang link pendek dari Yourls dan menjalankannya di server sendiri. Tenang saja, Youls menjamin bahwa link tidak akan membebani servermu karena sangat ringan.

Seperti situs pemendek link lainnya, Yourls juga punya tool statistik untuk memantau kinerja dari link yang kamu pendekkan. Tool itu meliputi laporan jumlah klik secara periodik, referrers tracking, dan informasi mengenai lokasi pengunjung link. Kamu bisa kunjungi situs Yourls via link ini.

8. YouShort.me

sumber: youshort.me

YouShort.me adalah salah satu situs pemendek link yang direkomendasikan untuk dipakai blogger. Alasannya yakni karena CPM-nya cukup tinggi. Untuk trafik Indonesia, bayaran per 1000 kliknya 3 dolar AS (setara Rp43,5 ribu) untuk PC desktop.

Bayaran meningkat jadi 5 dolar AS (sekitar Rp72,5 ribu) jika pengunjung link adalah mereka yang menggunakan HP atau tablet. Namun, untuk mendapatkan penghasilan itu, kamu tentu harus mendaftar. Tenang saja, tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendaftar lalu membikin akun.

Pendapatan dari bonus referal 20% juga bisa kamu raih setelah berhasil teman untuk ikut mendaftar. Uang yang kamu dapat bisa dicairkan via pulsa, transfer ke rekening, dan bitcoin.

Adapun link yang kamu pendekkan di situs ini bisa dipantau statistiknya melalui berbagai tool yang disediakan. Klik alamat ini untuk menuju halaman utama YouShort.me.

9. Adtival

sumber: adtival.network

Situs link shortener Adtival menjadi favorit bagi sebagian blogger. Pasalnya, hingga artikel ini ditulis, Advital punya rasio pembayaran paling tinggi dibanding situs pemendek link lainnya, khusus trafik Indonesia. Situs ini memiliki CPM 8,2 dolar AS. Artinya, kamu bakal dibayar sekitar Rp118 ribu setiap 1000 klik!

Jika masih kurang, ada bonus 5% dari referal. Pendapatan bisa dicairkan minimal 5 dolar AS dengan cara transfer ke rekening bank yang ada di Indonesia, atau bisa juga dikirim ke akun Paypal jika kamu punya.

Tentunya kamu harus mendaftarkan diri dan buat akun untuk bisa memendekkan link dan memperoleh pendapatan dari situs ini. Semuanya gratis! Malah, selain dibayar, kamu juga dapat memanfaatkan beragam statistik dari tiap link untuk merumuskan strategi ke depan. Halaman utama situs Adtival dapat diakses via tautan ini.

10. BL.INK

sumber: bl.ink

Orang menyukai BL.INK karena tampilannya yang bersahabat dan fiturnya berlimpah. Di situs link shortener ini, kamu tidak hanya bisa memodifikasi link dan melacak pengunjung link. Namun, kamu juga bisa bikin link berdasarkan keyword populer melalui tool bernama Smart Link.

Fitur ini penting agar link berpotensi memperoleh trafik lebih besar. Smart Link tentu sangat membantu jika kamu tengah menjalankan suatu bisnis. Fitur-fitur keren BL.INK bisa kamu manfaatkan dengan membuat akun gratis. Fitur-fitur keren itu seperti melacak perangkat apa yang dipakai pengunjung, sampai bahasa yang mereka pakai.

Namun, kamu dibatasi 1000 klik per link untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut secara gratis. Agar mendapatkan akses tak terbatas, kamu bisa berlangganan mulai dari harga 48 dolar AS (sekitar Rp695 ribu) per bulan. Supaya tidak terus-terusan penasaran, coba saja layanan BL.INK via alamat ini.

Nah, itulah 10 situs link shortener terbaik yang populer dipakai di Indonesia. Dilihat dari daftarnya, sebagian ada yang benar-benar gratis, ada yang berbayar, dan ada juga yang memberikan bayaran. Ragam tersebut timbul karena beberapa situs ada yang murni memberikan layanan, bersifat open source, dan ada juga yang bermuatan iklan.

Seluruh situs yang masuk dalam daftar sama baiknya. Tergantung kamu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu punya pengalaman menggunakan salah satu situs link shortener yang dijelaskan di atas, bagikan ceritamu di kolom komentar. Kamu bisa juga merekomendasikan situs lain yang menurutmu punya value lebih.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram