Carisinyal / Streaming / 15 Situs Nonton Film Gratis Pengganti LK21 dan IndoXXI

15 Situs Nonton Film Gratis Pengganti LK21 dan IndoXXI

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

IndoXXI adalah salah satu situs streaming film ilegal yang ditutup oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada awal tahun 2020 lalu. Bersifat ilegal karena film yang diunggah di situs tersebut merupakan film bajakan atau sebenarnya diedarkan tanpa perizinan. Meskipun demikian, pengguna situs IndoXXI di Indonesia sudah sangat banyak dan merasa kehilangan atas penutupan situsnya.

Untuk mendukung sineas film, kita bisa menghentikan kebiasaan menonton film streaming di situs ilegal semacam IndoXXI itu. Ada beberapa situs dan aplikasi nonton film gratis yang bisa menjadi alternatif pengganti IndoXXI. Carisinyal akan membahas satu persatu di sini. Catat dan kunjungi situs atau aplikasi legal ini, ya!

Situs Nonton Film Gratis Tanpa Biaya Berlangganan

Salah satu alasan mengapa banyak orang menonton film di situs streaming ilegal adalah gratis. Ya, situs-situs streaming ilegal tersebut memang tidak mengenakan biaya kepada penggunanya karena sepenuhnya mengandalkan income yang berasal dari ads alias iklan. Jadi, kalau kamu merasa terganggu dengan iklan judi online dan sebagainya saat menonton di situs streaming ilegal, dari situlah pemasukan mereka.

Bagi kamu yang ingin mencari situs streaming legal yang aman untuk memberi dukungan pada sineas film, berikut adalah daftar situs nonton film gratis tanpa biaya berlangganan:

1. Popcornflix

* sumber: www.androidauthority.com

Popcornflix merupakan situs nonton film gratis yang cukup digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Semua film-film yang tersedia di situs ini bisa diakses gratis tanpa perlu mendaftar jadi keanggotaan atau membayar biaya berlangganan.

Di situs ini film-filmnya didominasi dengan film barat. Walaupun koleksi filmnya tidak bisa dibilang selalu up to date, tapi situs ini legal. Dengan menonton di situs streaming yang legal, itu artinya kamu sudah memberi dukungan pada sineas film agar mereka tetap terus berkarya.

Kelemahan streaming di Popcornflix hanya satu, yakni tidak semua film tersedia untuk negara kita, Indonesia. Untuk menyiasatinya kamu dapat menggunakan VPN dan memilih server luar negeri, seperti Australia, Kanada, atau Amerika.

2. Plex

Meskipun tergolong baru, Plex berhasil menjadi situs streaming film favorit karena koleksi filmnya tergolong baru dan bisa diakses secara gratis. Namun, tidak semua film yang tersedia di Plex ini bisa ditonton secara gratis. Ada beberapa film ‘tenar’ yang mungkin hanya bisa diakses jika kamu sudah menjadi membership premium di Plex. Namun, hal itu tak jadi soal karena koleksi film gratisnya juga cukup menarik.

Agar bisa menonton film-film gratis di Plex, kamu wajib membuat akunnya terlebih dahulu. Tenang saja, kamu tak perlu memiliki kartu kredit untuk bisa membuat akun gratis di Plex kok. Jadi, siapapun bisa menonton film-film keren secara gratis melalui Plex.

3. Crackle

* sumber: blog.roku.com

Crackle kini menjadi alternatif situs nonton film gratis dan legal yang banyak dipakai di luar negeri. Pasalnya, koleksi film yang tersedia di Crackle sangat up to date. Situs yang masih berada di bawah perusahaan Sony Pictures Entertainment ini memang menyediakan film-film yang tergolong baru dibanding situs sejenis lainnya.

Sayangnya, Crackle belum tersedia di Indonesia. Kamu harus memakai VPN agar bisa membuka Crackle. VPN yang sudah diinstall sebaiknya dipakai pada server Amerika atau Australia agar bisa mengakses Crackle. Oh ya, Crackle juga tersedia dalam versi aplikasi yang bisa diinstall di smartphone-mu, lho!

4. Viki

* sumber: allthingsd.com

Saat ini, film-film Asia sudah sangat diminati di Indonesia, terutama drama Korea. IndoXXI sebenarnya juga menyediakan film-film Asia seperti film Korea, Taiwan, atau Thailand. Alternatif pengganti IndoXXI jika ingin menonton film Asia secara legal dan gratis adalah Viki.

Situs streaming milik Rakuten tidak akan mengenakan biaya berlangganan. Kamu juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Pilih langsung film yang ingin ditonton, klik “Play”, dan tonton film yang kamu pilih tersebut.

Viki selalu meng-update situsnya dengan film-film terbaru. Jadi, kamu tak perlu khawatir situs ini menyediakan film yang lawas, ya! Biarpun gratis, Viki tetap memberikan service terbaik untuk semua penggunanya kok!

5. iflix

Sumber: https://medium.com/@tirta/video-on-demand-65a7187d41a9

Meskipun sudah ada sejak tahun 2014, tapi nama iflix memang baru populer beberapa tahun terakhir. Pengguna iflix di Indonesia semakin banyak manakala IndoXXI ditutup oleh Kominfo dan HOOQ yang menjadi salah satu kompetitornya gulung tikar.

iflix merupakan situs nonton film gratis yang benar-benar gratis. Dengan kata lain, tak ada syarat apapun untuk bisa menonton film-film di iflix. Kamu Cuma membutuhkan koneksi internet saja agar bisa menonton film-film di sini.

Perusahaan yang berbasis di Malaysia ini menyediakan situs dan aplikasi untuk nonton film. Koleksi filmnya sangat beragam. Bahkan, kamu bisa menonton film-film Indonesia yang baru beberapa bulan terakhir tayang di bioskop melalui iflix. Tenang saja, walaupun iflix cukup up to date, situs dan aplikasinya legal kok!

6. Tubi

* sumber: www.thurrott.com

Nah, satu lagi situs nonton film gratis yang wajib kamu coba, yaitu Tubi. Situs yang satu ini benar-benar gratis dan tidak mengharuskan penggunanya membayar biaya berlangganan. Bahkan, sekalipun kamu tidak memiliki kartu kredit, kamu tetap bisa membuat akun di Tubi. Situs ini benar-benar memberikan kemudahan bagi penggunanya.


Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, Tubi bukan situs streaming ilegal. Situs ini legal dan aman untuk diakses. Kamu juga tidak perlu memakai VPN untuk bisa membuka website­-nya karena Tubi sudah bisa diakses di Indonesia.

Kekurangan Tubi hanya satu, yaitu tidak tersedia subtitle Bahasa Indonesia. Kalau kamu ingin melatih kemampuan Bahasa Inggrismu, tak ada salahnya nih untuk mencoba streaming film di Tubi.

7. Viu

* sumber: vulcanpost.com

Sama seperti iflix, Viu juga mendadak memperoleh kenaikan jumlah pengguna. Apalagi Viu menjadi satu-satunya situs streaming legal yang sempat menayangkan drama Korea dengan rating tertinggi, “The World of the Married” atau yang dikenal dengan judul “ A World of Married Couple”. Tak tanggung-tanggung, Viu menayangkannya secara up to date, hanya delay beberapa jam saja dari penayangannya di Korea Selatan.

Pengguna Viu kian bertambah setelah kompetitornya, HOOQ, resmi tutup. Banyak orang yang tertarik menggunakan Viu karena platform ini memberikan akses gratis. Sayangnya, semakin ke sini semakin banyak pula film-film di Viu yang hanya bisa ditonton setelah kamu menjadi membership premium.

Walaupun tidak sepenuhnya gratis, biaya berlangganan Viu tetap lebih terjangkau dibanding Netflix atau Amazon Prime Video. Apalagi Viu juga menyediakan aplikasi yang membuatmu bisa menonton film dari smartphone.

Baca juga: Situs dan Aplikasi Nonton Film Terbaik yang Legal

8. Movies Found Online

* sumber: www.androidauthority.com

Kalau sejumlah situs nonton film gratis dari luar negeri hanya bisa dibuka dengan VPN, Movies Found Online adalah situs film yang bisa diakses di Indonesia tanpa memakai VPN. Ya, kamu bisa langsung masuk ke website-nya dan memilih film-film yang hendak ditonton.

Tak hanya menyediakan film layar lebar, ada juga film pendek sampai dengan acara TV yang tersedia di Movies Found Online. Apakah situs ini legal? Ya, situs ini legal dan hampir mirip dengan Torrent. Kamu tak perlu membuat akun atau membayar biaya apapun ketika menonton film di situs ini.

9. Hoopla

* sumber: variety.com

Hoopla adalah situs dengan konsep ‘perpustakaan online’. Di sini, kamu bisa menyewa film, musik, dan buku digital setiap hari. Untuk bisa meminjam film di sini, kamu harus memiliki kartu keanggotaan dari perpustakaan publik atau universitas. Setelah itu, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk bisa nonton film di situs ini.

Hoopla sebenarnya adalah situs nonton yang sangat recommended. Akan tetapi, mengingat tidak semua masyarakat Indonesia memiliki kartu keanggotaan perpustakaan, maka hal ini mungkin akan sedikit menjadi kendala. Selebihnya, Hoopla bisa diakses tanpa memerlukan VPN. Namun, perlu kamu ingat bahwa ada batas waktu peminjaman film atau buku di situs ini layaknya kamu meminjam buku di perpustakaan.

10. Genflix

* sumber: www.wayakomala.web.id

Dari sekian banyak situs nonton online buatan luar negeri, Genflix hadir sebagai salah satu situs streaming karya anak bangsa. Walaupun buatan lokal, tampilan situs Genflix sudah terlihat profesional dan sudah setara dengan tampilan iflix atau Viu.

Genflix memberikan akses gratis kepada penggunanya, tetapi tidak semua film bisa diakses secara gratis. Genflix mengenakan biaya berlangganan untuk beberapa film yang dirasa ‘unggulan’. Kalau tak ingin membayar biaya berlangganan, tonton saja koleksi film gratisnya. Walaupun bukan film baru, setidaknya film-film gratis di Genflix tidak mengecewakan kok.

Daftar situs streaming film gratis di atas bisa menjadi alternatif pengganti IndoXXI yang kini sudah resmi ditutup Kominfo. Meskipun tidak selengkap koleksi film IndoXXI, tapi setidaknya kita sudah menghargai karya pembuat dan pemeran film dengan tidak menonton di situs ilegal.

Manfaatkan Promo Gratis di Situs Nonton Online Ini

Selain situs nonton film yang sudah direkomendasikan di atas, ada juga beberapa situs atau aplikasi nonton berbayar yang memberikan trial gratis untuk penggunanya. Masa berlaku free trial-nya berbeda-beda tergantung dengan kebijakan situs atau aplikasinya.

Yuk, simak dan catat daftar situs maupun aplikasi nonton online yang bisa memberikan free trial ini:

11. Netflix

* sumber: www.digitaltrends.com

Siapa sangka situs nonton online yang paling diminati ini memberikan free trial selama 30 hari? Ya, kamu bisa mendapatkan akses Netflix gratis sebulan penuh. Namun, syarat untuk bisa mendapatkan free trial adalah kamu harus memiliki kartu kredit sebagai ‘jaminan’ bahwa di kemudian hari kamu bakal tetap berlangganan Netflix.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan free trial Netflix:

  • Kunjungi situs Netflix atau bisa juga install aplikasinya di smartphone
  • Pilih menu “Join Free For A Month”
  • Klik “See The Plans”
  • Pilih paket layanan yang kamu inginkan. Mengingat ini gratis, sebaiknya pilih paket terbaik agar kamu bisa menonton film dengan kualitas terbaik
  • Klik “Continue”
  • Lanjutkan dengan mengisi email dan password untuk membuat akun Netflix
  • Pilih metode pembayaran, bisa kartu debit, kartu kredit, dan Paypal. Lengkapi data yang diperlukan untuk pembayaran
  • Klik “Start Membership”.

Kalau kamu menggunakan kartu debit atau Paypal sebagai alat pembayaran, saldomu tidak akan terpotong saat mencoba free trial. Pun begitu ketika kamu memakai kartu kredit, kamu tidak akan mendapat tagihan membership Netflix.

Agar saldo kartu debit atau Paypal tidak terpotong dan kartu kreditmu tidak tertagih saat mendaftar trial membership ini, segera batalkan plans sebelum 30 hari. Misalnya, pada hari ke-28 atau ke-29 kamu sudah membatalkan keanggotaanmu di Netflix.

12. GoPlay

* sumber: www.techinasia.com

Baru-baru ini GoJek yang dikenal sebagai aplikasi untuk memesan ojek online memperkenalkan salah satu produknya, yaitu GoPlay. Aplikasi ini bisa dipakai untuk streaming film. Sayangnya, untuk bisa menikmati akses di GoPlay kamu harus membayar biaya terlebih dahulu.

Kalau tak ingin mengeluarkan uang tak masalah karena GoPlay memberikan free trial selama 7 hari. Berikut adalah cara untuk mendapatkan free trial 7 hari dari GoPlay:

  • Install aplikasi GoPlay terlebih dahulu. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan App Store
  • Masukkan nomor HP yang sama dengan yang kamu pakai di akun GoJek-mu
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS
  • Kamu bisa langsung menggunakan akses gratis untuk mencoba layanan GoPlay.

Promo free trial dari GoPlay ini syarat dan ketentuannya bisa berubah sewaktu-waktu. Agar tidak ketinggalan dengan promo terbaru dari GoPlay, ikuti saja akun Instragram-nya di @goplayindonesia.

13. Amazon Prime Video

* sumber: www.androidauthority.com

Salah satu kompetitor Netflix, Amazon Prime Video, juga menawarkan free trial membership selama 30 hari. Koleksi film di situs ini lengkap dan selalu ter-update. Sama seperti Netflix, Amazon Prime Video juga memiliki beberapa original series dan original films. Akan tetapi, Amazon Prime Video menggunakan sistem membership berbayar agar penggunanya bisa mengakses film-film di dalamnya.

Sebagai situs nonton film online legal yang sudah masuk ke Indonesia, Amazon Prime Video memberikan trial selama 30 hari. Cara mendapatkan free trial di Amazon Prime Video adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs Amazon Prime Video
  • Klik tombol “Mulai uji coba gratis” atau “Start your 30-day free trial”
  • Klik “Create your Amazon account” jika kamu belum memiliki akun di Amazon. Kalau sudah punya akunnya tinggal masukkan email dan password akun Amazon-mu
  • Masukkan kode OTP yang dikirim ke email
  • Masukkan data kartu kredit atau kartu debit (sama seperti ketika mendaftar free trial Netflix)
  • Apabila kartu sudah terverifikasi, silakan coba pilih dan nonton film yang kamu sukai.

Perlu kamu ketahui bahwa masa berlaku free trial dari Amazon Prime Video ini berbeda. Jika kamu mencoba di situs Amazon Prime Video dari server luar negeri, kemungkinan besar kamu akan memperoleh uji coba gratis 30 hari. Akan tetapi, jika mendaftar di situs server Indonesia (yang sudah berbahasa Indonesia), kamu hanya akan mendapatkan 7 hari trial.

14. HBO Go

* sumber: apkpure.com

HBO Go juga tak mau kalah dengan Netflix atau Amazon Prime Video dalam hal memberi free trial. Situs yang satu ini memberikan uji coba gratis selama 7 hari penuh. Soal film-filmnya tak perlu diragukan lagi karena HBO Go menghadirkan film-film terbaru.

Untuk bisa mendapatkan free trial dari HBO Go, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat akun di HBO Go terlebih dahulu. Masuk ke situsnya dan klik tombol “Sign Up”
  • Lengkapi semua data yang diminta
  • Free trial untuk HBO Go ini hanya berlaku untuk pengguna First Media, Indihome, dan Telkomsel. Jika kamu adalah pengguna salah satunya, silakan pilih providernya dan masukkan data yang diminta
  • Setelah berhasil, kamu bisa langsung mengakses film-film yang ada di HBO Go.

Untuk pengguna Telkomsel disarankan sudah menginstall aplikasi MAXstream terlebih dahulu agar pendaftaran free trial-nya berhasil. Setelah berhasil, kamu bisa mengakses HBO Go melalui aplikasi MAXstream dari smartphone-mu.

15. Hulu

* sumber: sea.pcmag.com

Ingin streaming film-film up to date secara gratis di situs yang legal? Yuk, langsung saja mampir ke Hulu. Ini juga merupakan situs nonton film online yang paling diminati, lho. Sayangnya, Hulu mengenakan biaya langganan sebesar USD 5.99 per bulan, tapi tenang saja karena kamu juga bisa mendapat uji coba gratis selama 30 hari.

Bagaimana sih cara mendapatkan free trial di Hulu? Ikuti step by step berikut untuk bisa memperoleh promo uji coba gratis dari Hulu:

  • Masuk ke website Hulu dan pilih tombol “START YOUR FREE TRIAL”
  • Pada halaman pemilihan paket (plans), silakan pilih paket yang per bulannya USD 5.99, bisa juga pilih paket tanpa iklan yang harga langganan per bulannya USD 11.99
  • Isi data yang diperlukan
  • Pada halaman billing info, kamu harus mengisi data kartu kredit atau Paypal
  • Setelah metode pembayaran sudah dilengkapi, kamu bisa menikmati akses semua film di Hulu secara gratis.

Berbeda dengan Netflix dan HBO Go yang menyediakan metode pembayaran menggunakan kartu debit, Hulu hanya menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit dan Paypal saja. Jadi, kamu yang tidak memiliki kartu kredit pasti akan kesulitan untuk bisa menikmati promo uji coba gratis dari Hulu.

Agar tidak tertagih pada kartu kreditmu, hentikan membership Hulu sebelum tanggal uji cobanya habis. Hal yang sama juga berlaku jika kamu membayar dengan Paypal.

Nah, inilah beberapa situs dan aplikasi yang bisa menjadi alternatif pengganti IndoXXI. Semua situs yang kami ulas di atas dijamin legal dan tidak melanggar hukum.

Saat ini, kamu memang masih bisa menemukan situs nonton online sejenis IndoXXI. Namun, mengingat situs tersebut adalah ilegal dan merugikan sineas film, maka sebaiknya kamu menonton dari situs streaming legal yang kami rekomendasikan di atas.

Apabila kamu memiliki informasi lain mengenai situs atau aplikasi streaming film legal yang gratis, silakan tulis rekomendasimu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. kadang suka heran ngikutin drakor di netflix belum ada, giliran cek nontonfilm168 (ketik di google aja) malah uda update duluan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *