carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / 10 Situs Nonton Film Gratis Pengganti LK21 dan IndoXXI

10 Situs Nonton Film Gratis Pengganti LK21 dan IndoXXI

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 12 Maret 2021

IndoXXI adalah salah satu situs streaming film ilegal yang ditutup oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada awal tahun 2020. Bersifat ilegal karena film yang diunggah di situs tersebut merupakan film bajakan atau diedarkan tanpa perizinan. Meskipun demikian, pengguna situs IndoXXI di Indonesia sudah sangat banyak dan merasa kehilangan atas penutupan situsnya.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menonton film di situs streaming ilegal adalah gratis. Ya, situs-situs streaming ilegal tersebut memang tidak mengenakan biaya kepada penggunanya karena sepenuhnya mengandalkan income yang berasal dari ads alias iklan.

Untuk mendukung sineas film, kita bisa menghentikan kebiasaan menonton film streaming di situs ilegal semacam IndoXXI itu. Ada beberapa situs dan aplikasi nonton film gratis yang bisa menjadi alternatif pengganti IndoXXI. Berikut adalah daftar rekomendasi situs nonton film gratis tanpa biaya berlangganan yang legal.

1. Viu

Viu adalah salah satu situs streaming legal yang sempat menayangkan drama Korea dengan rating tertinggi, “The World of the Married” atau yang dikenal dengan judul “ A World of Married Couple”. Tak tanggung-tanggung, Viu menayangkannya secara up to date, hanya delay beberapa jam saja dari penayangannya di Korea Selatan.

Pengguna Viu kian bertambah setelah kompetitornya, HOOQ, resmi tutup. Banyak orang yang tertarik menggunakan Viu karena platform ini memberikan akses gratis. Sayangnya, semakin ke sini semakin banyak pula film-film di Viu yang hanya bisa ditonton setelah Anda menjadi membership premium.

Walaupun tidak sepenuhnya gratis, biaya berlangganan Viu tetap lebih terjangkau dibanding Netflix atau Amazon Prime Video. Apalagi Viu juga menyediakan aplikasi yang membuat Anda bisa menonton film dari smartphone.

2. Viki

Saat ini, film-film Asia sudah sangat diminati di Indonesia, terutama drama Korea. IndoXXI sebenarnya juga menyediakan film-film Asia seperti film Korea, Taiwan, atau Thailand. Alternatif pengganti IndoXXI jika ingin menonton film Asia secara legal dan gratis adalah Viki.

Situs streaming milik Rakuten tidak akan mengenakan biaya berlangganan. Anda juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Pilih langsung film yang ingin ditonton, klik “Play”, dan tonton film yang Anda pilih tersebut.

Viki selalu meng-update situsnya dengan film-film terbaru. Jadi, Anda tak perlu khawatir situs ini menyediakan film yang lawas, ya! Biarpun gratis, Viki tetap memberikan service terbaik untuk semua penggunanya kok!

3. iflix

Meskipun sudah ada sejak tahun 2014, tapi nama iflix memang baru populer beberapa tahun terakhir. Pengguna iflix di Indonesia semakin banyak manakala IndoXXI ditutup oleh Kominfo dan HOOQ yang menjadi salah satu kompetitornya gulung tikar.

iflix merupakan situs nonton film gratis yang benar-benar gratis. Dengan kata lain, tak ada syarat apapun untuk bisa menonton film-film di iflix. Anda hanya membutuhkan koneksi internet saja agar bisa menonton film-film di sini.

Perusahaan yang berbasis di Malaysia ini menyediakan situs dan aplikasi untuk nonton film. Koleksi filmnya sangat beragam. Bahkan, Anda bisa menonton film-film Indonesia yang baru beberapa bulan terakhir tayang di bioskop melalui iflix. Tenang saja, walaupun iflix cukup up to date, situs dan aplikasinya legal kok!

4. Vidio

Vidio adalah layanan streaming lokal yang menawarkan saluran TV lokal dan internasional, film dan serial terbaik serta video-video menarik dan menghibur. Sejauh ini, konten yang ditawarkan oleh Vidio lumayan beragam dan cukup aktif diperbarui untuk menghadirkan konten-konten baru.

Selain menawarkan paket berbayar, Vidio juga menyediakan sejumlah konten yang bisa dinikmati secara cuma-cuma, termasuk beberapa judul drama Korea. Menariknya, paket langganan di Vidio ada yang tersedia secara mingguan, sehingga bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin coba-coba dulu nonton konten premium di Vidio.

5. iQIYI

iQIYI adalah layanan streaming legal lainnya yang menawarkan sejumlah judul konten yang bisa diputar secara cuma-cuma. Namun, Anda harus menunggu iklan selesai jika ingin menonton judul gratisan di iQIYI. Jika ini tidak masalah buat Anda, jelas konten gratisan di iQIYI cukup memuaskan.

Jika Anda pecinta anime, iQIYI juga menyediakan beberapa judul anime populer yang bebas diakses kapan dan di mana saja. Sebut saja di antaranya One Piece, Haikyuu, Sword Art Online, hingga Digimon ada di iQiYi. Jika pengguna ingin dapat menonton konten terbaru dan terpopuler lebih dulu, iQIYI menawarkan layanan VIP dengan kualitas video tinggi!

6. WeTV

WeTV adalah salah satu tempat untuk menonton drama, film, dan variety show original dan populer yang dapat diandalkan. Selain menawarkan biaya langganan yang lumayan terjangkau, WeTV juga menawarkan opsi nonton gratis untuk beberapa judul kontennya.


Selain beragam judul seri dari Tiongkok dan Korea, WeTV juga memiliki beberapa judul anime yang populer, seperti One Punch-Man dan Attact on Titan. Anda juga bisa menemukan beberapa judul film Indonesia di WeTV.

7. Vision+

Sebelumnya Vision+ bernama MNC Now dan mulai menggunakan namanya yang sekarang sejak tahun 2020. Vision+ menawarkan tayangan dari channel-channel lokal dan premium, mulai dari siaran olahraga, film box office, acara hiburan, drama, dan lain sebagainya.

Ribuan jam film dan serial TV lndonesia dan internasional yang ada di Vision+ terdiri dari berbagai genre, seperti komedi, romantis, keluarga, laga, atau horor. Anda juga dapat menonton sejumlah judul drama Korea yang cukup populer di Vision+, terutama drama yang ditayangkan oleh saluran tvN.

8. CATCHPLAY+

Catchplay merupakan perusahaan distributor film yang berasal dari Taiwan dan hadir di Indonesia pada tahun 2016. Pilihan konten yang ditawarkan di aplikasi CATCHPLAY+ cukup beragam. Selain konten berbayar dan rental, CATCHPLAY+ juga menyediakan ragam konten yang bisa diakses secara cuma-cuma.

Selain beberapa judul film gratis, Anda juga bisa menonton sejumlah drama tanpa perlu membayar. Namun tidak semua episode dari drama-drama tersebut bebas Anda tonton. Biasanya Anda hanya dapat menonton satu hingga tiga episode pertama secara gratis, selanjutnya berbayar. Ini tentu membuat Anda bisa menentukan apakah drama tersebut cocok Anda teruskan nonton atau tidak.

9. MAXstream

MAXstream adalah aplikasi video yang menampilkan ribuan film dan serial TV dari MAXstream Original, HBO GO, MyPlay, NOMO, Starvision, Sushiroll, Vidio, Viu, WeTV, iflix, dan beragam tayangan menarik lainnya. MAXstream juga menyediakan berbagai channel, seperti NET TV, RTV, RCTI, beIN SPORTS, WARNER TV, HBO, dan banyak lagi.

Adanya kerja sama antara MAXstream dengan sejumlah perusahaan penyedia layanan streaming video memungkinkan pengguna MAXstream untuk menonton beragam judul konten yang menarik, termasuk di dalamnya drama dan film Korea.

Namun, karena dimiliki Telkomsel, hanya pengguna Telkomsel saja yang bisa menikmati konten-konten di MAXstream secara penuh, sedangkan pengguna operator lain hanya dapat menikmati konten-konten terbatas.

10. Genflix 2.0

Genflix 2.0 adalah layanan streaming berbasis Indonesia yang menyiarkan film dan hiburan lain yang cukup beragam. Genflix 2.0 menyediakan ribuan jam tayang film-film pilihan, mulai dari film Indonesia Hollywood, Thailand, Korea, Eropa, Iran, anime Jepang, TV series, dan lain sebagainya. Beberapa judul konten di Genflix 2.0 bisa Anda akses secara cuma-cuma lho.

Nah, itulah beberapa situs dan aplikasi yang bisa menjadi alternatif pengganti IndoXXI. Anda bisa mengakses sejumlah judul film, drama, seri, dan anime secara gratis di situs-situs di atas, dengan atau tanpa iklan. Jika Anda ingin akses penuh ke semua konten tanpa iklan, Anda bisa mulai berlangganan sesuai dengan kebutuhan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram