Carisinyal / Aplikasi / 10 Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik dan Terpopuler

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik dan Terpopuler

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Saat kamu memutuskan untuk mengambil gambar dari internet, maka kamu harus hati-hati karena tidak semua gambar boleh kamu posting ulang di situs atau media sossial milikmu. Atau jika kamu terpaksa maka kamu harus mencantumkan sumber asli dari gambar tersebut.

Namun, saat ini ada beberapa situs yang menyediakan banyak gambar gratis (dengan resolusi tinggi) yang bisa kamu gunakan kembali. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir terkena hak cipta jika ingin memasang gambar tersebut di situs atau di media sosial.

Walaupun bebas digunakan, sebaiknya kamu mencantumkan link yang menuju langsung ke halaman gambar tersebut (atau link situs web penyedianya). Hal itu dilakukan setidaknya untuk menghargai karya orang ltersebut.

Gratis bukan berarti bisa seenaknya digunakan. Setiap situs penyedia gambar gratis memiliki syarat dan ketentuan (atau lisensi) yang berbeda-beda. Soal lisensi ini diatur oleh organisasi bernama Creative Commons (CC) yang menentukan beberapa tipe atribut gambar atau produk hak cipta lainnya.

Jadi, sebelum menggunakan gambar gratis, sebaiknya kamu bisa membaca dulu “Terms and Conditions” yang disediakan oleh situs para penyedia gambar gratis. Lantas, situs apa saja menyediakan gambar gratis tersebut? Berikut ini adalah daftarnya yang dilansir dari situs The Next Scoop.

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik

1. Pixabay

Pixabay

Situs penyedia gambar gratis yang pertama adalah Pixabay. Bisa dibilang kalau Pixabay adalah yang terpopuler dan terfavorit di sini. Kamu bisa mencari gambar-gambar gratis yang kamu inginkan di Pixabay, lalu mem-posting ulang gambar tersebut di situs atau sosmed kamu tanpa perlu membayar!

Gambar-gambar Pixabay bisa diunduh dalam format JPG dan memiliki beberapa resolusi gambar yang berbeda (dengan ukuran yang berbeda pula). Kamu bisa langsung unduh gambar tersebut tanpa perlu mendaftar, tapi dengan melewati captcha terlebih dahulu.

Pixabay Free Download

Jika ingin lebih simpel saat menyimpan gambar, sebaiknya kamu register terlebih dahulu dengan akun media sosial atau surelmu. Pixabay juga menyediakan tombol donasi kepada pemiliki gambar melalui PayPal (dengan meng-klik tombol Coffee. Jika kamu punya banyak uang dan ingin menghargai karya tersebut, kamu bisa memberi sesuai kemampuanmu.

Sebelum siap mengunduh sebuah gambar gratis di Pixabay, perhatikan dahulu ketentuan yang ditulis di bawah tombol donwload (lihat gambar di atas). Jika ada tulisan Free for commercial use dan No attribution required, berarti gambar tersebut memang bebas digunakan kembali. Hal ini juga berlaku untuk situs penyedia gambar gratis lainnya. Klik di sini untuk menuju Pixabay.

2. Pexels

Pexels

Selanjutnya situs penyedia gambar gratis adalah Pexels. Seperti  Pixabay, Pexels memungkinkan kamu bisa memilih resolusi gambar yang tersedia dan menyediakan pilihan donasi bagi pemilik sah gambar. Kamu juga bisa langsung menyimpan gambar gratis yang kamu inginkan tanpa perlu daftar terlebih dahulu.

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Pexels dan Pixabay adalah adanya pilihan custom size di Pexels. Kamu bisa mengunduh sebuah gambar dengan resolusi yang kamu tentukan sendiri. Jadi, misalnya kamu ingin posting gambar di Instagram dengan resolusi 800 x 800 pixel, maka kamu bisa menentukan hal itu secara langsung di Pexels. Klik di sini untuk menuju ke Pexels.

3. Flickr

Flickr

Walaupun Flickr bukan seperti Pixabay atay Pexels yang 100% penyedia layanan gambar domain publik, namun situs ini memiliki jutaan gambar berkualitas yang bisa kamu gunakan kembali. Ada 3 juta lebih gambar yang tersedia di Flicker. Gambar-gambar tersebut umumnya memiliki resolusi tinggi.

Flickr mengklaim dirinya sebagai komunitas yang berfokus pada para photographer terbesar di dunia. Jika kamu salah satu pencinta fotografi, maka kamu bisa berkumpul dengan orang-orang yang sama denganmu di Flickr.

Kamu bisa mempercantik gambar yang ingin kamu download dari Flickr dengan editing tools yang disediakan khusus oleh penyedia layanan. Jangan lupa untuk memerhatikan lisensi gambar sebelum siap mengunduhnya. Hal itu karena sebagian besar gambar Flickr memerlukan kredit pemiliknya. Jadi, jangan asal comot saja ya. Klik di sini untuk pergi ke Flickr.

4. FreeImages

FreeImages

Di urutan keempat ada situs FreeImages yang juga menyediakan gambar gratis, baik untuk kepentingan pribadi atau komersil. Di sini kamu bisa menemukan ratusan ribu stok foto gratis dan gambar bebas royalti yang dapat kamu gunakan kembali.

Untuk bisa mengunduh foto atau gambar dari FreeImages, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu dengan alamat emailmu. Gambar yang bisa kamu simpan tersedia dalam beberapa pilihan resolusi seperti halnya situs-situs di atas. Agar dapat dibagikan secara cepat, kamu bisa menggunakan kode HTML sebuah gambar yang berfungsi sebagai direct link. Klik di sini untuk mengunjungi FreeImages.

5. Freerange Stock

Freerange Stock

Freerange Stock juga adalah salah satu situs yang menyediakan gambar gratis yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan komersil. Untuk mendapat akses ke stok foto-foto berkualitas di situs ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu.

Freerange Stock juga menyediakan ribuan gambar berdomain publik yang bisa kamu modifikasi dan posting sesuka hatimu tanpa memerlukan kredit pemiliknya. Jika ingin mencoba menggunakan jasa situs ini, kamu bisa mengkliknya di sini.

6. Gratisography

Gratisography

Jika kamu ingin menemukan gambar-gambar gratis yang unik dan berkualitas tinggi, maka salah satu tempat terbaiknya adalah Gratisography. Koleksi gambar yang ada di situs ini dibuat oleh seorang desainer grafis kreatif yang bernama Ryan McGuire.

Walaupun Gratisography memiliki variasi stok gambar gratis yang sedikit jika dibandingkan dengan situs-situs di atas, namun sebuah gambar baru setidaknya akan muncul seminggu sekali. Gambar-gambar di sini bebas untuk digunakan kembali tanpa memerlukan kredit pemiliknya Ryan McGuire. Namun, sebaiknya kamu tetap melakukan hal ini sebagai bentuk terima kasih kepadanya.

Menghargai karya orang lain yang hebat tidak ada salahnya, bukan? Klik di sini untuk pergi ke Gratisography. Jangan lupa untuk membaca ketentuan yang berlaku di sana.

7. Picjumbo

Picjumbo

Situs yang ini hampir mirip dengan Gratisography. Situs ini menghadirkan foto yang dibuat secara khusus oleh orang yang bernama Viktor Hanacek. Dia merupakan seorang fotografer bertalenta dan merangkap sebagai desainer web. Foto yang ada di Picjumbo juga tergolong unik-unik dan original karena dihasilkan oleh ahlinya.

Tidak semua foto atau gambar di situs ini gratis kamu dapatkan, tapi mayoritas bebas kamu gunakan. Selain itu, kualitas fotonya juga tergolong baik. Jika ingin mendapatkan akses lebih, kamu bisa menjadi member premium. Klik di sini untuk menuju ke Picjumbo.

8. Unsplash

Unsplash

Gambar-gambar yang ada di situs ini dibuat oleh para photographer dari berbagai kalangan, baik itu yang pro atau yang semi. Walaupun jumlah gambarnya tidak bisa dibandingkan dengan situs penyedia gambar gratis lain yang populer, namun kualitas yang dimiliki oleh Unsplash bisa dikatakan lebih baik dibanding beberapa situs serupa.

Foto-foto yang ada di sana juga telah dikategorikan sesuai temanya masing-masing. Seperti situs lain pada umumnya, kamu bisa menggunakan foto-foto di Unsplash tanpa kredit pemiliknya. Namun, sebaiknya kamu menyertakan link kredit foto yang akan kamu gunakan sebagai bentuk terima kasih. Link ke situs ini ada di sini.

9. Pikwizard

Pikwizard

Dari semua situs penyedia gambar gratis yang sudah dibahas di sini, Pikwizard bisa dikatakan sebagai pemain baru. Walaupun masih fresh, situs ini sudah banyak menyediakan aneka macam gambar dan foto dari tema yang beragam. Tata letaknya juga cukup simpel sehingga memudahkan pencarian.

Salah satu fitur menarik di Pikwizard adalah edit gambar. Kamu bisa menambahkan teks atau ikon pada gambar atau foto yang ingin kamu unduh. Jadi, kamu bisa mempercantik gambar Pikwizard yang ingin digunakan. Ingin mencoba Pikwizard? Klik saja di sini.

10. Morguefiles

Morguefiles

Morguefiles adalah situs penyedia gambar gratis yang sudah lama hadir. Malah situs ini bisa dibilang salah satu penyedia gambar gratis tertua. Hal menarik dari situs ini adalah kamu bisa menggunakan gambar untuk keperluan pribadi maupun untuk penggunaan komersial.

Untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan mendapatkan gambar di situs ini, kamu bisa mendaftar akun di Morguefiles. Dengan mendaftar akun, kamu bisa lebih mudah menandai gambar yang kamu bakal unduh atau gambar yang kamu suka. Tersedia juga akun premium yang tentunya memberikan layanan yang lebih baik. Langsung saja kunjungi situs Morguefiles dengan klik link ini.

Selain daftar di atas, ada juga layanan semacam agregator untuk gambar gratis.  Layanan tersebut disediakan oleh mesin pencari raksasa Google . Google memiliki fitur pencarian gambar atau foto yang jumlahnya sangat banyak, termasuk juga mungkin foto kamu. Sangat mudah untuk menggunakan Google Image Search, tinggal buka aplikasi Google dan pilih menu Image.

GIS

GIS memiliki fitur filter yang bisa kamu gunakan untuk menyaring gambar yang berlisensi atau tidak. Untuk mencari gambar yang bisa digunakan kembali secara gratis di GIS adalah dengan cara menggunakan filter Labeled for reuse. Cara klik Tools pada menu GIS, lalu klik bagian No filtered by lisence, dan pilihlah filter tadi.

Walaupun gambar yang difilter dengan label penggunaan ulang jumlahnya terbatas, Google Image Search ini bisa kamu andalkan jika ingin mencari gambar gratis dengan cepat. Klik di sini untuk menggunakan fitur GIS ini.

Itulah daftar 10 situs yang menyediakan gambar dan foto gratis yang bisa kamu manfaatkan. Pemanfaatan dalam hal ini dapat untuk penggunaan ulang ataupun bahkan untuk komersial. Namun, alangkah lebih baik sebenarnya jika kamu memotret sendiri atau membuat ilustrasi sendiri. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi atau software untuk membuat gambar/ilustrasi yang tentunya bisa lebih menambah originalitas karyamu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment