Carisinyal / Aplikasi Lowongan Kerja / 10 Rekomendasi Situs untuk Pekerja Freelance di Indonesia

10 Rekomendasi Situs untuk Pekerja Freelance di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Apakah kamu seorang pekerja freelance yang sedang mencari proyek? Kalau ya, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Soalnya, di sini kami mempunyai sejumlah rekomendasi situs yang dapat membantumu menemukan proyek yang sesuai dengan keahlianmu.
Adapun sejumlah rekomendasi itu bisa disimak di bawah ini.

1. Project.co.id

Project.co.id

* sumber: www.project.co.id

Situs pertama yang bisa dikunjungi adalah Project.co.id. Di situs ini, kamu bisa mendapatkan proyek dari beragam bidang, entah itu IT, sosial media, maupun content writing. Semua freelancer yang mengunjungi situs ini bisa mendaftar secara gratis.

Di sini, para freelancer tak hanya bisa mencari proyek saja. Mereka juga bisa menjual produk yang mereka hasilkan ke para klien, semisal desain kaos, buku elektronik, template website, atau jasa perbaikan situs/media sosial.

2. Gobann

Gobann

* sumber: www.techinasia.com

Situs yang satu ini menerapkan konsep micro job. Konsep itu mengakibatkan semua proyek di sini dipatok tarif Rp 50 ribu. Ada dua jenis layanan yang ditawarkan situs ini. Kangtao dan Demand adalah dua layanan tersebut.

Kangtao adalah layanan yang memudahkan freelancer untuk menawarkan jasanya. Sementara Demand adalah layanan di mana freelancer bisa melihat dan memilih sejumlah proyek dari klien.

Situs ini juga dilengkapi model pembayaran yang variatif. Adapun sistem pembayaran yang dipakai di sini adalah Paypal, T-Cash, Kaspay, dan transfer bank.

3. Sribulancer

Sribulancer

* sumber: dailysocial.id

Ini merupakan situs freelance asli Indonesia yang tergolong populer. Walaupun asli Indonesia, kamu bisa mendapatkan fee dalam kurs USD bila mengambil proyek di situs ini. Pembayaran fee di Sribulancer sendiri mayoritas dilakukan via transfer bank, kartu kredit, dan Paypal.

Proyek yang ada di situs ini beragam dan berasal dari berbagai bidang, semisal desain grafis, penerjemahan, dan penulisan artikel/konten. Situs ini juga dilengkapi panduan yang lengkap, sehingga cocok untuk para freelancer yang baru pertama kali memakai Sribulancer.

Situs ini bisa ditampilkan dalam format bahasa Indonesia dan Inggris. Sejauh ini, Sribulancer sudah menampung puluhan ribu freelancer serta puluhan ribu klien yang sebagian di antaranya adalah perusahaan ternama.

4. Sribu.com

* sumber: id.wikipedia.org

Situs ini merupakan “turunan” dari Sribulancer. Berbeda dari Sribulancer, situs yang satu ini hanya berisi proyek khusus para desainer grafis. Sejumlah proyek desain bisa didapatkan di sini, mulai dari desain logo, aplikasi ponsel, label, kalender, hingga desain poster dan company profile.

Cara kerja Sribu sendiri tidaklah terlalu rumit. Proyek yang diberikan klien kepada Sribu nantinya bakal ditawarkan kepada sejumlah freelancer. Para freelancer lantas mengerjakan project tersebut, serta menunggu feedback dan fee dari klien.

Secara sistem pembayaran, Sribu tak hanya bisa memakai transfer bank, Paypal, maupun kartu kredit. Situs turunan Sribulancer ini pun juga memakai Go-Pay sebagai sistem pembayarannya.

5. Kreavi

Kreavi

* sumber: www.ziliun.com

Kreavi sebetulnya merupakan tempat komunitas kreatif untuk berjejaring dan memamerkan karya mereka. Walau begitu, situs ini juga mempunyai sejumlah proyek yang barangkali bisa menambah penghasilanmu. Karena itulah kami merekomendasikan Kreavi untukmu.

Tak hanya proyek untuk freelancer, Kreavi juga menyediakan beragam lowongan kerja full time ataupun magang. Semua lowongan dan proyek yang ditawarkan di Kreavi diperuntukkan untuk mereka yang bekerja di industri kreatif, khususnya desain grafis, copy writing, dan pekerjaan kreatif berbasis visual dan audio.

6. GetCraft

Getcraft

* sumber: crafters.getcraft.com

Situs bentukan Patrick Searie dan Anthony Reza ini cukup berbeda. Untuk mendapatkan proyek di situs ini, kamu harus menjual jasamu terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mendaftar di situs ini, melengkapi profilmu, dan mengisi fitur add new service.

Lewat add new service, kamu bisa memperkenalkan jasa yang kamu tawarkan, mulai dari durasi pengerjaan jasa, hingga harga jasa yang kamu patok. Untuk harga jasa, kamu bisa memilih untuk menampilkan atau menyembunyikannya dari klien.

Bila kamu beruntung, jasa yang kamu tawarkan bakal di-notice oleh beberapa klien. Kabar baiknya, sejumlah klien yang ada di Getcraft berasal dari perusahaan ternama di Indonesia maupun Asia Tenggara.

7. Fastwork

Fastwork

* sumber: fastwork.id

Fastwork adalah situs freelance asli Thailand yang melakukan invasi ke Indonesia. Lewat Fastwork, kamu bisa mendapatkan proyek dari bidang desain grafis, penulisan, penerjemahan, hingga pemograman dan jasa konsultasi.

Cara mengakses Fastwork tidaklah sulit. Setelah kamu melakukan registrasi di Fastwork, kamu bisa langsung memposting jasa yang kamu tawarkan. Tunggu selama 24 jam hingga postinganmu disetujui pihak admin.

Agar postinganmu bisa di-notice klien, kamu bisa mengikuti tips & trik yang ditawarkan Fastwork. Bila kamu mendapatkan klien, ajaklah berdiskusi dengan baik, hingga kamu memperoleh penawaran dan kontrak kerja yang ideal.

8. Freelancer Indonesia

Freelancer Id

* sumber: www.freelancer.co.id

Situs ini merupakan versi Indonesia dari Freelancer yang berasal dari Australia. Di situs ini, kamu bisa menemukan sejumlah project dari sejumlah bidang, perusahaan, dan negara. Semua proyek di sini memiliki deskripsi yang detail, sehingga kamu tak akan bingung saat mengerjakannya.

Ada satu fitur unik yang dimiliki situs ini. Di situs ini, kamu bisa menawar atau melelang fee dari sebuah project. Bicara soal fee, fee yang kamu dari sini bisa berupa dollar ataupun rupiah. Adapun cara untuk mengambil fee itu bisa dilakukan via Paypal ataupun kartu kredit.

9. Upwork

Upwork

* sumber: blog.soshace.com

Kalau kamu ingin mendapat proyek internasional, situs ini layak dikunjungi. Situs bikinan oDesk ini memiliki 1,5 juta klien dengan proyek di berbagai bidang. Ada dua jenis sistem pembayaran yang ditawarkan Upwork, yaitu perjam dan per-proyek.

Kamu tak perlu takut akan keaslian proyek di situs ini. Pasalnya, Upwork dilengkapi fitur yang dapat mendeteksi apakah sebuah proyek itu asli atau palsu. Upwork pun juga dilengkapi fitur komunikasi yang memudahkanmu untuk berinteraksi dengan klien.

Setiap jenis freelancer bisa mencari proyek di situs ini, termasuk mereka yang masih baru atau amatir. Jadi, kamu yang baru pertama kali melakoni dunia freelancing, tidak ada salahnya untuk mencari proyek pertamamu di situs ini.

10. Behance

Behance

* sumber: fhive.iscom-digital.com

Situs ini cukup mirip dengan Kreavi. Di Behance, kamu tak hanya sekadar memamerkan hasil karya visualmu saja, tetapi juga menyediakan sejumlah proyek menjanjikan. Proyek yang disediakan Behance sendiri mayoritas adalah proyek desain grafis dan proyek berbasis audio visual.

Situs ini memang bukanlah asli Indonesia. Namun, di situlah letak kelebihannya. Lewat situs ini, kamu bisa mendapatkan proyek freelance dari klien potensial luar negeri. Bila beruntung, kamu bisa mendapatkan pekerjaan penuh waktu ataupun remote.

Behance tak hanya bisa diakses lewat PC. Kamu juga bisa mengaksesnya lewat ponsel pintarmu. Caranya tentu dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di toko aplikasi.

Nah, itulah rekomendasi situs-situs freelance yang cocok untuk orang Indonesia yang senang dan hendak menekuni bidang tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Jika kamu berniat mencari kerja, kamu bisa membaca artikel Carisinyal lainnya mengenai rekomendasi situs lowongan kerja terbaik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *