carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aksesoris / 10 Smart TV yang Bagus dan Berkualitas di Tahun 2021

10 Smart TV yang Bagus dan Berkualitas di Tahun 2021

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 21 Juli 2021

Sejak tahun 2014, kehadiran smart TV atau televisi pintar sudah memperoleh sambutan positif dari konsumen. Smart TV ini bisa menggantikan posisi PC maupun laptop. Disebut sebagai televisi pintar karena alat elektronik yang satu ini memang didukung dengan berbagai fitur dan teknologi yang membuatnya terlihat “pintar.”

Karena begitu banyak merk Smart TV yang beredar di pasaran, tentu Anda bingung saat harus memilih salah satu yang terbaik. Berikut ini Carisinyal membuat daftar rekomendasi smart TV terbaik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum Anda membeli televisi pintar ini.

1. Sony W660G Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu televisi pintar terbaik yang kami rekomendasikan adalah Sony W660G Series yang tersedia dalam ukuran 108 cm (43 inci) dan 126 cm (50 inci). Dengan harga yang bersaing mulai Rp 5 jutaan, Sony W660G Series adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu fitur unggulan dari Sony W660G Series adalah pemrosesan gambar X-Reality PRO yang meningkatkan setiap piksel untuk kejernihan layar Full HD-nya. Selain itu televisi pintar ini juga sudah mendukung HDR untuk sorotan yang cemerlang dan tekstur yang indah.

Bagi Anda yang gemar nonton YouTube, Sony W660G Series telah dibekali dengan akses YouTube instan hanya dengan satu klik. Anda juga dapat menikmati konten dari ponsel pintar dengan mudah menggunakan fitur Smart Plug & Play.

Sony W660G Series memiliki desain yang apik dan rapi dengan kabel tersembunyi. Sementara itu, teknologi X-Protection PRO barunya membuat televisi ini terlindung dari sambaran petir, lonjakan listrik, debu, dan kelembaban.

2. Sony X8000H Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Masih dari Sony, kali ini adalah X8000H Series yang dijual dengan harga yang lebih tinggi dari Sony W660G Series. Jika Anda punya dana mulai Rp 8 jutaan dan ingin memiliki televisi pintar yang berkualitas, Anda bisa memasukkan Sony X8000H Series ke dalam daftar pilihan Anda.

Sony X8000H Series tersedia dalam lima model dengan ukuran mulai 123 cm (49 inci) hingga 215 cm (85 inci). Fitur-fitur yang ditawarkannya cukup banyak. Contohnya seperti tampilan Triluminos yang didukung oleh prosesor X1, yang membuatnya mampu mereproduksi rentang warna lebih lebar dan presisi.

Sony X8000H Series juga memiliki tampilan 4K yang sangat tajam dan detail. Menariknya gambar yang direkam dalam 2K dan bahkan Full HD dapat ditingkatkan hingga mendekati resolusi 4K dengan teknologi 4K X-Reality PRO menggunakan basis data 4K.

Fitur unggulan lainnya termasuk teknologi Motionflow untuk mengurangi blur, X-Balanced Speaker untuk suara berkualitas tinggi (ukuran 55 inci ke atas), memiliki lebih dari 5.000 aplikasi, dukungan Google Assistant, kompatibel dengan Google Home, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Samsung TU8000 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dari Samsung kami merekomendasikan TU8000 Series, dengan ukuran mulai 43 inci. Harga yang ditawarkannya cukup kompetitif. Selain itu, televisi tersebut juga dibekali dengan sejumlah fitur unggulan, salah satunya layar UHD 4K yang jernih dan tajam.

Samsung TU8000 Series juga memiliki kelebihan dari segi desain yang tampak ramping dan elegan khas produk-produk Samsung yang berkualitas. Televisi ini juga tampak rapi karena semua kabel tersembunyi tepat di dudukannya.

Ada beragam fitur unggulan yang bisa Anda temukan pada Samsung TU8000 Series. Beberapa di antaranya adalah HDR untuk detail yang mengesankan, fitur Smart Hub & One Remote Control untuk mengontrol banyak hal seperti dekoder, konsol game, aplikasi, dan bahkan siaran langsung TV.

Untuk perintah suara, Samsung mengadopsi teknologinya sendiri, Bixby, yang biasa ditemukan pada produk ponsel unggulannya. Selain itu, TV ini juga dapat bekerja dengan Amazon Alexa dan AirPlay 2.

4. Samsung TU6900 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Samsung TU6900 Series adalah rangkaian televisi pintar 4K yang bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp 4 jutaan. Tersedia tiga ukuran yang bisa Anda pilih, yaitu 43 inci, 50 inci, dan 55 inci.

Selain menonjolkan tampilan 4K yang memukau, Samsung TU6900 Series juga memiliki desain yang elegan dan berkelas dengan 3-side Boundless Design. Selain untuk menonton, TV ini juga dapat diandalkan untuk bekerja.

Fitur Remote Access pada Samsung TU6900 Series memungkinkan Anda melakukan mirroring tampilan komputer pada layar TV secara nirkabel. Fitur lainnya termasuk dukungan HDR dan Game Enhancer untuk merasakan pengalaman bermain game yang mulus.

Bagi pengguna produk-produk Apple, televisi pintar ini juga bekerja dengan AirPlay 2. Dengannya Anda dapat melakukan streaming atau berbagi konten dari perangkat-perangkat Apple seperti iPhone dan iPad ke layar televisi yang lebar.

5. LG UN7300 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda sedang mencari TV 4K dengan harga yang kompetitif dan berkualitas, LG UN7300 Series bisa menjadi pilihan yang bagus. Televisi pintar ini hadir dalam 5 ukuran, yaitu 43 inci, 49 inci, 50 inci, 55 inci, dan 65 inci. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai angka Rp 4 jutaan.

Dengan harga yang bersaing, LG UN7300 Series mampu memberikan fitur dan performa yang bagus. Itu termasuk prosesor empat inti 4K yang mampu menghilangkan noise pada video dan menciptakan warna serta kontras lebih tajam dan kecerdasan LG AI ThinQ yang mendukung perintah suara dalam bahasa Indonesia.

LG UN7300 Series juga dibekali fitur HDR 10 Pro & HLG Pro yang mampu memberikan kualitas gambar HDR yang optimal. Selain masih ada fitur-fitur unggulan lain, seperti Ultra Surround, Filmmaker Mode, HGiG profile untuk HDR Gaming, dan lain sebagainya.

6. Toshiba L5995 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Toshiba L5995 Series juga merupakan pilihan yang bagus, terutama jika Anda terobsesi dengan merek asal Jepang. Televisi ini hadir dalam tiga macam ukuran, yaitu 32 inci, 43 inci, dan 49 inci. Harganya sendiri mulai Rp 3 jutaan.

Terdapat beberapa fitur yang ditonjolkan dari televisi ini. Contohnya adalah Cevo Engine Premium untuk gambar yang lebih hidup. Setiap saat, Cevo Engine menganalisa dan mengatur kualitas gambar konten, dan mereproduksi gambar TV dengan lebih detail dan mendalam.

Lalu ada teknologi Dolby Audio untuk suara layaknya di bioskop. Fitur menarik lainnya adalah Pro Theatre yang telah mendukung lebih dari 30 format video. Jadi, Anda bisa menikmati film atau hiburan favorit hanya dengan menghubungkan ke USB.

7. Mi TV 4 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mi TV 4 Series adalah rangkaian televisi pintar dari Xiaomi yang terdiri dari tiga ukuran, yaitu 32 inci, 43 inci, dan 55 inci, yang masing-masing dibedakan menjadi reguler dan Bezel-less. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai Rp 3 jutaan.

Setiap model Mi TV 4 Series memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda, khususnya mengenai tampilan. Sebagai contoh, model 32 inci hadir dengan layar HD, sedangkan model 55 inci menampilkan layar 4K dengan HDR.

Sementara itu, teknologi audio yang digunakannya oleh Mi TV 4 Series adalah Dolby Audio atau DTS-HD atau gabungan keduanya. Fitur-fitur lain yang disematkan termasuk Google Assistant, Chromecast bawaan, penghemat data, dan lain sebagainya.

8. TCL A5 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dari merek TCL kami merekomendasikan TCL A5 Series. Televisi yang hadir dalam ukuran 32 inci dan 40 inci ini memiliki tampilan yang ramping dan bingkai yang tipis. Tidak hanya terlihat elegan, tampilannya juga membuat acara menonton jadi lebih menyenangkan.

TCL A5 Series juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Beberapa di antaranya termasuk Dolby Audio untuk audio yang imersif dan Smart Volume untuk menghilangkan fluktuasi mendadak bisa dialami saat berpindah saluran.

Dari bagian tampilan sudah ada dukungan HDR yang memberikan kontras gambar yang lebih besar, menyempurnakan detail gambar dan menghadirkan warna hidup. Tak lupa ada fitur Google Assistant dan telah disertifikasi oleh Google Android TV, Netflix dan YouTube

9. Coocaa S6G PRO Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Coocaa S6G PRO Series adalah TV flagship Coocaa pertama di Indonesia. Televisi ini diluncurkan pada bulan Maret 2020 dan menjadi televisi pintar pertama di Indonesia yang hadir dengan sistem operasi Android 10.0 beserta RAM 2 GB dan memori 32 GB.

Coocaa S6G PRO Series tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yaitu 50 inci, 55 inci, dan 65 inci. Dengan harga mulai Rp 5 jutaan, televisi ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan, seperti dukungan Dolby Audio dan DTS Studio Sound untuk audio yang imersif.

Televisi Coocaa S6G PRO Series juga memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh untuk mengatur sistem audio, AC, serta perangkat pintar lainnya di dalam seluruh penjuru rumah. Dan masih banyak fitur lain yang tidak disebutkan di sini.

10. Changhong H4 Series

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Televisi pintar dari Changhong ini diluncurkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2019. TV ini tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 32 inci, 40 inci, dan 43 inci. Harganya sendiri mulai dari angka Rp 2 jutaan.

Changhong H4 Series sudah dilengkapi dengan fitur Google Assistant, sehingga Anda bisa melakukan perintah suara melalui remote control. Sistem operasi yang digunakannya adalah Android 9.0 dan diklaim sebagai televisi pintar pertama dengan OS tersebut.

Selain sejumlah fitur yang berafiliasi dengan Google, Changhong H4 Series juga hadir dengan HLG (Hybrid Log Gamma). Teknologi tersebut membuat Changhong H4 Series mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan warna yang lebih akurat.

Itulah sepuluh pilihan smart TV terbaik dari Carisinyal. Produk-produk di atas tersedia dalam beberapa ukuran dengan harga yang bervariasi, umumnya mulai Rp 3 jutaan untuk ukuran 32 inci. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan fitur dan teknologi yang disuguhkan oleh televisi pintar ini, cukup beli LED TV biasa.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram