carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Mengenal Fitur Canggih SmartThings Samsung Galaxy S21 Series 5G

Mengenal Fitur Canggih SmartThings Samsung Galaxy S21 Series 5G

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 27 April 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Jika Anda sering menonton film fiksi ilmiah, Anda pasti pernah melihat adegan para tokohnya yang dapat kemudahan dengan berbagai perangkat yang dapat bekerja secara otomatis.

Contohnya pintu yang terbuka otomatis ketika Anda mau masuk rumah. Atau TV yang menyala sendiri begitu Anda duduk di kursi menonton TV.

Waktu kecil membayangkan adegan tersebut,  saya membayangkan bahwa teknologi tersebut sudah hadir di depan mata. Hanya saja tidak di Indonesia.

Seiring bertambahnya usia, saya baru sadar bahwa apa yang ditampilkan di film terkait teknologi canggih tidak semuanya nyata. Apalagi membayangkan ada mobil terbang dan teknologi yang bisa baca pikiran.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, apa yang ditampilkan di karya fiksi ilmiah, perlahan mulai hadir di dunia nyata. Contohnya, sudah banyaknya robot otomatis, meski dengan kemampuan yang masih terbatas.

Atau paling sederhana adalah perangkat pintar yang sekarang sudah mudah ditemukan. Misalnya, TV yang menyala sendiri atau pintu yang memakai sistem pengenalan wajah.

Tentu di masa depan akan banyak lagi perangkat pintar yang ada di sekitar manusia. Terlebih banyak produsen teknologi yang menghadirkan berbagai perangkat pintar yang semakin membantu manusia menjalani aktivitas sehari-hari.

Samsung dan IoT

IoT

Contoh produsen yang fokus pada hal ini adalah Samsung.  Perusahaan asal Korea Selatan ini jadi salah satu pionir dalam perkembangan teknologi terkini. Contohnya di industri ponsel.

Di Industri ini, Samsung jadi salah satu pemain besar dan jadi salah satu pionir yang hadirkan banyak teknologi terkini. Yang terbaru adalah produk Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Samsung Galaxy S21 Series 5G, yang terdiri dari Samsung Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra, merupakan produk yang tidak sekadar smartphone yang dapat hadirkan konten epik. .

Ketiga ponsel tersebut juga hadirkan inovasi bagi penggunanya dalam menjalani hidup di masa depan. Hidup seperti yang ada di karya fiksi ilmiah, setidaknya mendekati apa yang terjadi di fiksi ilmiah.

Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Samsung SmartThings, sebuah teknologi yang membuat perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G jadi “teman yang lebih pintar” bagi para penggunanya.

Tentang Samsung SmartThings

SmartThings

Fitur SmartThings, dihadirkan Samsung agar Anda atau pengguna dengan  mudah dapat mengakses lebih banyak hal hanya dengan perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Cukup dengan menghubungkan SmartThings yang ada di Samsung Galaxy S21 Series 5G ke berbagai perangkat IoT (Internet  of  Things).

Lantas, apa itu IoT dan hubungannya dengan SmartThings?

IoT dapat dikatakan sebagai teknologi masa depan yang memungkinkan berbagai perangkat saling terintegrasi lewat jaringan tanpa kabel dengan tujuan memudahkan manusia dalam menjalani keseharian.

Sementara, adalah teknologi dari Samsung yang merupakan platform terbuka yang bisa kompatibel dengan perangkat seluler, perabotan rumah, TV, dan sensor Anda untuk sebuah pengalaman yang tidak terbatas.

Dari penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa lewat SmartThings, Samsung ingin hadirkan teknologi yang mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang dimilki oleh perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G pengguna, dengan berbagai perangkat-perangkat yang berbasis IoT yang Anda miliki.

Fitur-fitur Samsung SmartThings

SmartThings sendiri merupakan aplikasi yang dapat diunduh di perangkat Samsung. Terkhusus Samsung Galaxy S21 Series 5G, Anda dapat memakai SmartThings lebih pintar dan digunakan  untuk kebutuhan yang dapat disesuaikan dengan rutinitas.

Fitur-fitur yang dimiliki SmartThings, memungkinkan anda melakukan berbagai hal menarik yang dulu mungkin hanya terjadi di karya fiksi.

Lantas, apa saja fitur yang dimiliki SmartThings? Berikut penjelasannya.

1. Menyalakan Perangkat Secara Otomatis

SmartThings
Sumber: SBS

SmartThings punya teknologi yang dinamakan SmartThings Deep Integration, Dengan teknologi ini, SmartThings punya fitur untuk memudahkan pengguna melakukan kegiatan sesuai yang diinginkan. Jika Anda ingin memasang alarm pukul 5 pagi, Anda dapat mengatur berbagai perangkat pintar lainnya agar terkoneksi lebih mudah Galaxy S21 Series 5G,

Yang perlu Anda lakukan hanya mengakses SmartThings dan lakukan integrasi dengan berbagai perangkat dengan cara mendaftarkan perangkat SmartThings yang dimiliki.

Anda kemudian tinggal mengatur alarm dan memilih “Wake-up using smart-device”. Nantinya, perangkat yang terhubung dengan SmartThings dapat otomatis bekerja ketika alarm menyala pada waktu yang ditentukan.

Misalnya, saat alarm menyala pukul 5 pagi, tirai rumah Anda terbuka, lampu dan TV menyala secara otomatis.

Dengan cara ini, Anda cukup bangun pagi dengan tenang tanpa perlu repot membuka tirai atau menyalakan TV untuk melihat apa yang sedang terjadi.

2. Mengetahui Informasi Cuaca dan Kualitas Udara

SmartThings

Teknologi SmartThings Deep Integration  juga memiliki kemampuan yang menarik, yakni mendeteksi cuaca seperti temperatur dan tingkat polusi. Informasi seperti ini memang cukup umum.

Menariknya, dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G, SmartThings dapat menginformasikan soal kualitas udara di rumah anda melalui menu ‘Indoor Air Quality’.

Berkat fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui tingkat banyak sedikitnya debu yang ada di rumah. Bahkan, Anda dapat menyalakan air purifier secara remote untuk menjaga kondisi udara di rumah anda tetap baik, walaupun Anda berpergian.

3. Mengatur Lewat SmartView

smartview

Ponsel Android Samsung punya fitur yang dinamakan SmartView. Fitur ini memungkinkan layar televisi menampilkan konten yang ada di perangkat Samsung Galaxy.

Di Galaxy S21 Series 5G, SmartView bekerja melakukan mirroring tampilan layar secara langsung. Hanya saja, berkat teknologi SmartThings Deep Integration, SmartView bekerja lebih pintar seperti mengontrol lampu pintar dan tirai pintar agar sesuai dengan intensitas cahaya pada layar televisi.

Tentu tujuan hal ini agar Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih nyaman.

4. Mengatur dari Head Unit Mobil

SmartThings Android Auto

Lewat SmartThings, Samsung Galaxy S21 Series 5G juga dapat mengakses aplikasi Android Auto untuk terhubung dengan Head Unit di mobil Anda. Berkat fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengontrol perangkat pintar yang ada di rumah langsung dari mobil. Sebuah teknologi yang canggih bukan?

Rasanya tidak berlebihan menyebut teknologi SmartThings pada Samsung Galaxy S21 SERIES 5G benar-benar canggih. Apa yang dulu hanya jadi khayalan di karya fiksi, perlahan tentu bisa terjadi.

Terlebih kedepannya bakal banyak  perangkat pintar yang dapat diatur dengan mudah melalui Samsung SmartThings.

Karena itu, jika Anda ingin merasakan berbagai perangkat pintar yang menunjang aktivitas Anda, menilik Samsung Galaxy  S21 series 5G adalah jawabannya.

Anda bisa memilih tiga varian Samsung Galaxy  S21 series 5G. Ada   Galaxy  S21  5G  yang dijual mulai  Rp.  12.999.000, Galaxy  S21+  5G  mulai  Rp. 15.999.000, dan Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18.999.000.

Yang menarik, Samsung hadirkan promo pembelian mulai  tanggal 12  Maret  hingga  14  Maret  2021. Bentuk promo tersebut adalah setiap pembelian Samsung Galaxy S21 Series 5G melalui Samsung Official Store di Blibli, pelanggan akan mendapatkan

  • Untuk  setiap  pembelian  Samsung  Galaxy  S21+  5G  atau  S21  Ultra  5G  pelanggan  akan mendapatkan E-voucher Blibli senilai Rp. 2.000.000,-untuk pembelian produk Samsung apa saja di Blibli  Samsung Official Storeo
  • E-voucher akan dikirimkan melalui aplikasi Samsung Gift Indonesia dan konsumen harus melakukan redeem untuk melihat kode voucher dengan batas waktu penggunaan sampai dengan 30 Juni 2021
  • Untuk setiap  pembelian  Samsung  Galaxy  S21  5G,  S21+  5G  atau  S21  Ultra  5G,  pelanggan  akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 3.000.000.

Untuk   pembelian   Samsung   Galaxy   S21   Series   5G   di   Samsung   E-store,   silakan   kunjungi situs resmi Samsung.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram