Carisinyal / Cara Mudah Mengirim dan Menerima SMS via Web

Cara Mudah Mengirim dan Menerima SMS via Web

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Mengirim dan menerima SMS merupakan aktivitas yang identik dengan ponsel. Namun hal tersebut nampaknya akan mulai berubah karena saat ini kita tidak hanya bisa melakukannya melalui ponsel, tetapi kita juga bisa mengirim dan menerima SMS via Web. Ya, hanya dengan bantuan PC dan koneksi internet kita sudah bisa melakukan hal tersebut tanpa perlu lagi bergantung kepada perangkat ponsel.

Saat ini mungkin Anda sudah mengetahui cara mengirim SMS via web menggunakan situs yang menyediakan layanan untuk mengirim sms online gratis. Hal tersebut memang sangat mudah, namun rentan akan bahaya privasi karena bisa saja SMS yang Anda kirim dapat dibaca oleh pengelola situs tersebut.

Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan memberikan cara mudah mengirim SMS melalui PC, namun tetap memanfaatkan ponsel Anda sebagai perantaranya. Tips ini menggunakan 3 aplikasi yang akan membantunya, yaitu MightyText, AirDroid, dan Google Voice. Ketiga aplikasi ini juga hanya bisa digunakan bagi Anda yang menggunakan ponsel Android.

SMS via Web dengan MightyText

sms via web

Aplikasi SMS via web yang pertama yaitu MightyText. Dalam sistem kerjanya, aplikasi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu server dan client. Aplikasi yang diinstal di perangkat Android akan disebut sebagai “server”, sementara aplikasi web yang Anda buka di PC akan disebut sebagai “client”. Server dan client ini kemudian akan saling berinteraksi antara satu sama lain melalui akun MightyText. Hal ini tidak jauh berbeda dengan sistem yang digunakan Facebook di PC dan di ponsel.

Ketika Anda mengirim SMS melalui PC, maka SMS tersebut akan dikirimkan terlebih dahulu ke perangkat Android Anda untuk kemudian baru dikirimkan ke tujuan. Hal serupa juga berlaku ketika Anda menerima SMS di mana SMS tersebut akan dikirim ke perangkat Android terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke PC. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik dalam jaringan wifi atau pun jaringan seluler. Silahkan download aplikasi ini di sini.

AirDroid

Aplikasi untuk mengirim SMS via web selanjutnya adalah AirDroid yang bekerja seperti aplikasi MightyText. Aplikasi AirDroid ini akan menghubungkan perangkat Android Anda dengan PC melalui aplikasi yang terinstal di ponsel dan juga aplikasi web di PC.

Sayangnya, aplikasi ini hanya akan bekerja jika ponsel dan PC Anda berada dalam satu jaringan wifi yang sama karena aplikasi ini tidak bisa berjalan dalam jaringan seluler. Namun hal ini tentu bukan menjadi masalah jika Anda memiliki jaringan wifi pribadi di rumah atau pun di kantor.

Konfigurasi pada ponsel dan PC Anda dapat dilakukan secara mudah dengan cara membuka aplikasi ini pada kedua perangkat tersebut kemudian mengikuti instruksi yang ditampilkan. Karena kedua perangkat berada pada jaringan wifi yang sama, maka proses ini akan berlangsung secara cepat. Walaupun tidak sesederhana aplikasi MightyText, namun aplikasi ini tetap layak untuk Anda coba. Silahkan download aplikasinya di sini

Google Voice

Cara mengirim SMS via web yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Google Voice. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan di Negara Amerika Serikat saja. Aplikasi ini tidak akan menggunakan nomor telepon dari operator Anda, melainkan Anda akan diberikan nomor telepon baru dari Google.

Karena semua pesan sms yang Anda kirim akan tersipan dalam server Google, maka Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari berbagai perangkat yang Anda miliki seperti tablet, PC, dan lainnya.

Dengan aplikasi Google Voice ini maka Anda dapat mengirim dan menerima SMS dari mana saja, baik itu dari ponsel, tablet, ataupun dari PC. Sistem kerjanya juga tidak seperti kedua aplikasi yang sudah dibahas di atas karena aplikasi ini menggunakan web server Google sebagai perantaranya. Penggunaan Google Voice ini juga cukup populer karena Anda tidak perlu menggunakan nomor dari operator sehingga privasi Anda akan terjaga. Silahkan download aplikasi ini di sini

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

4 Responses

  1. saya ingin membuat kartu perdana yang hanya bisa untuk terima sms dan tidak bisa di telfon apakah ada sistem yang seperti itu?

    1. pakai aplikasi android pak,, coba wa 085865445561

  2. Mau aktifkan kartu Telkomsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *