Daftar Spesifikasi Yang Mungkin Akan Hadir Pada Samsung Galaxy S5

Ditulis oleh Carisinyal

Setelah sukses dengan Galaxy S4, kini Samsung sudah mulai merancang seri smartphone flagship selajutnya yaitu Samsung Galaxy S5. Walaupun belum diumumkan secara resmi, namun berbagai macam rumor mengenai spesifikasi dan fiturnya sudah mulai bermunculan. Lantas apa sajakah spesifikasi dan fitur yang akan hadir pada smartphone yang kemungkinan besar akan hadir pada kuartal pertama tahun 2014 ini?

samsung galaxy s5

Layar PLS LCD berukuran 5,3 inch

Walaupun layar AMOLED yang sudah lama diusungnya banyak disukai oleh para penggunanya, namun Samsung tampaknya sudah mulai gerah dengan para produsen asal Cina seperti Oppo dan Xiaomi yang mampu menghadirkan smartphone berlayar apik dengan harga murah. Pilihan layar PLS LCD tmpknya cukup realistis walaupun masih banyak yang meyakini jika Samsung tetap akan mengusung layar AMOLED.

Layar Samsung Galaxy S5 juga kemungkinan akan bertambah besar mejadi 5,3 inch. Selain ukurannya, smartphone ini juga disebut akan mengusung resolusi 2560 x 1440 piksel dengan kerapatan sebesar 560 ppi. Bisa dibayangkan betapa tajamnya layar yang akan diusung oleh smartphone tersebut.

Chipset Exynos 64-bit

Setelah iPhone 5s sukses dengan prosesor 64-bit yang diusungnya, Samsung juga tentunya tidak ingin ketinggalan langkah. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut diyakini akan membenamkan chipset Exynos 64-bit di smartphone Galaxy S5 terbarunya. Selain mengusung chipset Exynos, smartphone tersebut juga diyakini akan hadir dengan versi chipset Snapdragon 805 seperti yang dilakukannya pada seri Galaxy S4.

RAM 4 GB

Jika benar menggunakan chipset Exynos 64-bit, maka Samsung juga kemungkinan besar akan menyematkan RAM sebesar 4 GB yang akan benar-benar membuat Samsung Galaxy S5 menjadi raja di kelasnya. Selain itu banyak juga rumor yang mengatakan jika RAM sebesar 3 GB akan digunakan pada versi chipset Snapdragon 805.

Kamera 16 MP dengan OIS

Kamera 13 MP yang diusung Galaxy S4 memang masih menjadi salah satu yang terbaik, namun beberapa perangkat Android terbaru sudah mulai menghadirkan kamera yang lebih baik. Oleh karena itu Galaxy S5 kemungkinan besar akan mengusung kamera 16 MP yang dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS). Kamera tersebut diklaim dapat menyuguhkan hasil foto 8 kali lebih cerah dari sebelumnya. Untuk kamera depannya, tampaknya smartphone ini akan menyediakan kamera berukuran 2 MP.

Fingerprint sensor

Sensor sidik jari tampaknya menjadi fitur yang wajib hadir pada Samsung Galaxy S5. Baik itu menggunakan sistem swipe seperti pada HTC One Max ataupun sistem sentuh seperti pada iPhone 5s, sensor sidik jari benar-benar akan memberikan keamanan ekstra bagi para pemilik smartphone ini.

Hadir dengan versi plastik dan metal

Selain hadir dengan dua versi chipset yang berbeda, banyak rumor juga yang mengatakan jika Galaxy S5 akan hadir dengan dua desain yang berbeda yakni plastik dan metal. Walaupun terdengar aneh, namun bukan tidak mungkin Samsung akan melakukannya.

Di satu sisi, bahan metal merupakan bahan yang kuat dan tampak elegan sehingga layak disematkan pada smartphone flagship ini. Namun di sisi yang lain, Samsung sudah cukup tersohor dengan bahan plastiknya sehingga mereka tidak mungkin begitu saja meninggalkannya. Oleh karena itu, merilis dua versi Galaxy S5 yang berbeda merupakan sebuah ide yang menarik mengingat Apple juga meluncurkan dua versi iPhone sekaligus dengan desain yang berbeda yaitu iPhone 5S dan 5C.

Conference video call

Fitur terakhir yang diprediksi akan hadir pada Samsung Galaxy S5 adalah Conference video call. Dilansir dari Phone Arena, Samsung tampaknya akan membenamkan secara langsung fitur ini sehingga para penggunanya tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan conference video calls bersama kerabat atau keluarga mereka.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram