carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Editorial / Fakta Menarik Susunan Tombol Keyboard pada Laptop

Fakta Menarik Susunan Tombol Keyboard pada Laptop

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Satu komponen yang hampir tidak pernah berubah sejak lama pada laptop dan komputer adalah keyboard atau papan ketik. Tombol-tombol pada keyboard disusun menurut standar yang ditetapkan secara geografis atau berdasarkan bahasa setempat.

Susunan huruf-huruf pada keyboard yang paling umum sendiri, ketika pertama kali diproduksi, bukanlah sesuatu yang baru. Susunannya hampir sama dengan susunan alfabet pada mesin ketik yang lahir jauh sebelum komputer.

Keyboard pada laptop dan komputer merupakan hasil adaptasi mesin ketik yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada 1874. Awalnya, ia menyusun tombol-tombol berdasarkan urutan alfabet, namun desain ini sering macet ketika dua tombol yang paling sering dipakai berada pada sisi yang sama ditekan secara cepat berturut-turut.

Singkat kata, sebagai solusi, lahirlah keyboard QWERTY yang memisahkan kombinasi dua huruf yang paling sering dipakai pada sisi yang berseberangan pada papan ketik. Desain baru ini mampu memperlambat pengetikan sehingga lebih jarang macet.

Susunan tombol-tombol pada keyboard menentukan kemudahan penggunaan menurut masing-masing pemakai. Di bawah ini adalah jenis-jenis susunan tombol keyboard aksara Latin atau turunannya.

Berdasarkan Letak Geografis atau Bahasa Setempat

Susunan Tombol Keyboard qwerty

  • Keyboard QWERTY

Saat ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan tanpa mengenal batas geografi dan bahasa. Meskipun demikian, jenis ini bervariasi di setiap negara yang memiliki lebih dari 26 abjad Latin, misalnya di Belanda, Denmark, Estonia, Finlandia, Islandia, Norwegia, Turki, dan Vietnam.

Susunan alfabet pada baris atas: Q W E R T Y U I O P
Baris tengah: A S D F G H J K L
Baris bawah: Z X C V B N M
Pelajari keterampilan mengetik dengan 10 jari agar lebih produktif.

  • Keyboard AZERTY

Wilayah pemakaian: Prancis, Belgia, dan Lithuania
Susunan alfabet pada baris atas: A Z E R T Y U I O P
Baris tengah: Q S D F G H J K L M
Baris bawah: W X C V B N

  • Keyboard QWERTZ

Wilayah pemakaian: Jerman, Austria, Ceko, Polandia, Hongaria, Slowakia, Swiss, Liechtenstein, Luksemburg, Bosnia, Kroasia, dan Slovenia
Susunan alfabet pada baris atas: Q W E R T Z U I O P Ü
Baris tengah: A S D F G H J K L Ö Ä
Baris bawah: Y X C V B N M

  • Keyboard QZERTY

Wilayah pemakaian: Italia
Susunan alfabet pada baris numerik: Ç È À É
Baris atas: Q Z E R T Y U I O P Ì
Baris tengah: A S D F G H J K L M Ù
Baris bawah: W X C V B N Ò

Pengaturan pada sebagian versi sistem operasi bisa mengubah susunan keyboard. Misalnya keyboard QWERTY bisa diatur sehingga secara virtual berfungsi sebagai keyboard AZERTY. Jenis keyboard tertentu juga bisa dioperasikan melalui layar sentuh tanpa memiliki perangkat keras keyboard yang bersangkutan. Namun, pengoperasian keyboard seperti ini membuat layar mudah kotor dan memerlukan cara membersihkan layar laptop atau komputer secara benar.

Berdasarkan Kemudahan Pergerakan Jari

Susunan Tombol Keyboard dvorak

  • Keyboard DVORAK

Hasil penemuan August Dvorak pada 1936 ini diciptakan dengan mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar orang tidak kidal. Berbeda dari QWERTY yang mendorong lebih banyak penggunaan tangan kiri, DVORAK memungkinkan penggunaan tangan kanan lebih dari 50% rata-rata pengetikan sehingga meningkatkan kecepatan ketik.

Susunan alfabet pada baris atas: P Y F G C R L
Baris tengah: A O E U I D H T N S
Baris bawah: Q J K X B M W V Z

  • Keyboard COLEMAK

Jenis ini dibuat berbasis pada QWERTY dengan perubahan posisi 17 tombol alfabet. Sebagaimana DVORAK, COLEMAK didesain untuk mengurangi jarak perpindahan jari dari satu tombol ke tombol lain. Salah satu ciri utama COLEMAK adalah hilangnya tombol [Caps Lock] yang diganti dengan tombol [Backspace]. Jadi, terdapat dua tombol [Backspace].

Susunan alfabet pada baris atas: Q W F P G J L U Y
Baris tengah: A R S T D H N E I O
Baris bawah: Z X C V B K M

  • Keyboard MALTRON

Berbeda dari susunan keyboard yang lain, tombol-tombol alfabet MALTRON terbagi menjadi dua blok yang dipisahkan oleh blok tombol numerik di tengah.

Susunan alfabet pada baris atas: Q P Y C B (kiri) V M U Z L (kanan)
Baris tengah: A N I S F (kiri) D T H O R (kanan)
Baris bawah: J G (kiri) W K X (kanan)
Di luar baris: E (kiri bawah)

  • Keyboard JCUKEN

Jenis ini digunakan di wilayah Uni Soviet atau Rusia saat ini karena kompatibilitasnya dengan susunan keyboard Rusia ЙЦУКЕН.

Susunan alfabet pada baris atas: J(Й) C(Ц) U(У) K(К) E(Е) N(Н) G Z H
Baris tengah: F Y W A P R O L D V
Baris bawah: Q S M I T X B

Selain keempat jenis di atas, terdapat juga QWPR, MINIMAK, COLMAN, NEO, PLOVER, dan BÉPO.

Berdasarkan Faktor Geopolitik dan Geoekonomi

Susunan tombol-tombol numerik pada keyboard QWERTY sendiri terpolarisasi menjadi dua berdasarkan pengaruh politik dan ekonomi dunia. Pada keyboard laptop standar Amerika Serikat dengan sistem operasi Windows, kombinasi tombol [Shift]+[2] menghasilkan [@] dan kombinasi tombol [Shift]+[3] menghasilkan [#]. Sedangkan pada keyboard standar Inggris, kombinasi masing-masing tombol menghasilkan [“] dan [£] secara berturut-turut.

Perbedaan mencolok antara keduanya adalah tombol [@] dan [“] yang saling bertukar posisi. Simbol mata uang poundsterling [£] tidak tampil pada susunan keyboard standar AS dan bentuk tombol [Enter] yang berbeda di antara keduanya. Masih banyak perbedaan yang tidak tampak secara kasat mata antara satu jenis keyboard dan jenis yang lain.

Lapisan Penyamar Keyboard

Susunan Tombol Keyboard

Sebagaimana disebutkan di atas, perangkat keras keyboard jenis tertentu bisa berfungsi sebagai keyboard jenis lain jika diatur melalui sistem operasi. Di pasaran juga tersedia lapisan silikon yang bisa menyamarkan jenis susunan keyboard untuk menyesuaikan pengaturan sistem operasi.

Jadi Anda tidak perlu membeli keyboard baru, cukup membeli lapisan penyamar. Masalahnya, lapisan silikon semacam ini rentan meninggalkan bekas pada layar ketika laptop ditutup. Jika ini terjadi, simak situs-situs andalan, seperti Bersih Bersih, untuk mengetahui cara membersihkan layar laptop.

Bahkan keyboard tanpa silikon pelapis pun tetap bisa meninggalkan bekas pada layar ketika laptop ditutup. Selain cara membersihkan layar laptop untuk mengatasi bekas keyboard, langkah pencegahan bisa diambil dengan cara menghindari menyimpan laptop di dalam tas yang terlalu ketat agar permukaannya tidak tertekan dan layarnya tidak bersentuhan dengan keyboard.

Keyboard Indonesia

Karena Bahasa Indonesia menggunakan aksara Latin, maka keyboard dengan susunan generik QWERTY adalah yang paling cocok dan umum dipakai. Mengenai kenapa keyboard standar AS yang dipakai, mungkin karena faktor di mana simbol $ lebih sering dipakai daripada £ atau €.

Dengan susunan QWERTY, terdapat kata-kata atau kumpulan kata baku panjang yang bisa diketik hanya pada satu bagian tertentu tombol-tombol alfabet. Misalnya:

  • Tombol-tombol alfabet pada baris atas: ‘prototipe’, ‘tertutup’, dan ‘properti’
  • Tombol-tombol alfabet pada bagian kiri: ‘secara cerdas serta dewasa’
  • Tombol-tombol alfabet pada bagian kanan: ‘poliklinik’ dan ‘hukum monopoli

PR untuk Anda: temukan kata-kata baku panjang yang bisa ditulis menggunakan hanya satu bagian pada keyboard. Jika tidak yakin apakah suatu kata baku berdasarkan ejaan yang disempurnakan, cek di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram