carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Smartphone / Tablet / Daftar Tablet 8 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013

Daftar Tablet 8 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Memilih tablet terkadang menjadi hal yang cukup rumit jika kita tidak bisa menentukan ukuran tablet yang pas. Banyak orang yang menyukai tablet 7 inch karena praktis dan tidak sedikit pula yang menyukai tablet 10 inch karena menawarkan layar yang lebih lega. Namun jika Anda merasa tablet 7 inch terlalu kecil dan 10 inch terlalu besar, maka mungkin Anda harus memilih salah satu dari 5 tablet 8 inch terbaik yang akan dibahas oleh Carisinyal berikut ini. Tablet yang masuk ke dalam daftar ini merupakan tablet berukuran 7,5 hingga 9 inch, sehingga ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

tablet 8 inch terbaik

LG G Pad 8.3

LG merilis tablet pertamanya ini hampir satu tahun yang lalu, namun tablet ini tetap laris manis di pasaran hingga saat ini. Selain mengusung layar berukuran 8.3 inch dengan resolusi 1200 x 1920 piksel, tablet LG G Pad 8.3 ini juga dibekali dengan prosessor Snapdragon 600 quad-core 1.7 GHz, RAM sebesar 2 GB, dan GPU Adreno 320 sehingga tidak ada masalah untuk aktivitas gaming dan multimedia.

Tablet ini juga dibekali baterai 4600 mAh serta kamera 5 MP yang mendukung HDR serta perekaman video 1080p. Tersedia juga IR-port untuk beberapa keperluan remote control. Sayangnya, tablet ini hanya dibekali memori internal sebesar 16 GB sehingga Anda harus membeli MicroSD card untuk menambah kapasitasnya.

Kelebihan: Android 4.2.2 Jelly Bean, slot MicroSD, IR-port, performa dan layar yang sangat baik

Kekurangan: Memori internal hanya 16 GB

Amazon Kindle Fire HDX 8.9

Dalam hal performa, tampaknya saat ini belum ada yang bisa mengalahkan Amazon Kindle Fire HDX 8.9. Tablet ini dibesut oleh prosessor Snapdragon 800 quad-core 2.2 GHz, GPU Adreno330, serta RAM sebesar 2 GB. Resolusi sebesar 2560 x 1600 yang diusungnya juga akan memberikan tampilan yang tajam serta jernih pada layarnya yang berukuran 8.9 inch. Tablet ini juga memiliki kamera utama 8 MP serta sebuah kamera depan yang sanggup merekam video 720p.

Baca juga: Inilah Daftar 5 Tablet Terbaik Tahun 2013

Seperti tablet Kindle yang lainnya, Amazon Kindle Fire HDX 8.9 ini menggunakan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi dan tidak menyediakan Play Store. Semua aplikasi maupun game harus diunduh dari Amazon App Store. Selain itu, tablet ini juga tidak menyediakan slot MicroSD untuk menambah memorinya.

Kelebihan: Performa serta layar yang sangat baik

Kekurangan: Tidak ada slot MicroSD, tidak ada Play Store, OS Android-nya sudah dimodifikasi

Apple iPad mini 2

Jika harga bukanlah masalah untuk Anda, maka Apple iPad Mini 2 merupakan pilihan terbaik. Tablet terbaru besutan Apple ini mengusung layar 7.9 inch Retina display dengan resousi 1536 x 2048 piksel. Tablet ini juga mengusung aspek rasio 4:3 yang lebih baik untuk membaca dan menjelajah internet dibandingkan layar 16:9. Anda juga tidak akan kekurangan aplikasi dan game karena semuanya telah tersedia di Apple App Store.

Tablet iPad mini 2 ini tidak dilengkapi dengan slot MicroSD sehingga Anda disarankan untuk membeli versi 32 GB. Selain itu, versi WiFi dari iPad Mini 2 ini juga tidak dilengkapi dengan chip GPS.

Kelebihan: Aplikasi yang tidak terbatas, performa dan layar yang ciamik

Kekurangan: Mahal. tidak ada slot MicroSD dan chip GPS

Lenovo Yoga 8

Tablet 8 inch terbaik selanjutnya adalah Lenovo Yoga 8. Walaupun prosesor quad-core MediaTek 1.2GHz serta layar 1280 x 800 piksel bukan yang terbaik, namun Yoga 8 merupakan salah satu tablet 8 inch dengan harga terjangkau yang menyediakan konektivitas 3G. Selain itu tablet ini juga sudah dilengkapi dengan Dolby Digital Plus dan baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 6000 mAh.

Baca Juga: 10 PC Tablet Yang Memiliki Daya Tahan Baterai Terbaik

Sayangnya, tablet Lenovo Yoga 8 ini hanya mendukung jaringan 3G pada frekuensi HSDPA 900 / 2100 saja sehingga Anda harus berada pada area tersebut untuk menggunakannya pada jaringan 3G. selain itu jika Anda membeli versi 16 GB, maka Anda juga harus membeli MicroSD card karena memori internal tersebut pasti akan cepat habis.

Kelebihan: Android 4.2 Jelly Bean, murah, slot MicroSD, dan baterai berkapsitas besar

Kekurangan: Tidak mendukung LTE, frekuensi 3G terbatas, dan dukungan update yang dipertanyakan

Samsung Galaxy Note 8.0

Samsung Galaxy Note 8.0 merupakan tablet 8 inch terbaik yang sudah mendukung jaringan LTE. Sayangnya, tablet ini hanya menyediakan layar yang memiliki resolusi 800 x 1280 piksel sehingga kalah telak di sisi layar dan performa jika dibandingkan dengan LG G Pad 8.3. Untungnya, tablet LG G Pad 8.3 tersebut hanya mendukung jaringan WiFi saja sehingga tablet Note 8.0 ini tetap dapat diperhitungkan.

Galaxy Note 8.0 juga sudah dilengkapi dengan IR-port serta dukungan USB Host. Selain itu tersedia juga S-Pen yang akan memudahkan Anda dalam mencatat berbagai macam hal pada tablet ini.

Kelebihan: Android 4.1.2 Jelly Bean, slot MicroSD

Kekurangan: Resolusi layar yang buruk

Baca juga: Daftar Tablet 7 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013, Daftar Tablet 10 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram