10 Pilihan Tablet dengan RAM 2GB Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kapasitas RAM yang mumpuni sangatlah penting bagi sebuah perangkat Android. Pasalnya, sistem operasi Android cenderung membutuhkan RAM yang besar agar bisa berjalan secara optimal, baik itu ketika melakukan multitasking ataupun ketika sedang bermain game.

Untuk sebuah smartphone Android, ukuran RAM 2GB mungkin sudah dianggap terlalu kecil. Namun untuk tablet, kapasitas RAM 2GB masih cukup mumpuni karena biasanya penggunaan tablet tidak seintensif smartphone. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tablet terbaru, kami akan merekomendasikan 10 tablet terbaru yang sudah dibekali dengan ukuran RAM 2GB. Apa sajakah itu?

1. Huawei MatePad T 8 Kids Edition

Layar IPS LCD 8 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei Indonesia mengklaim bahwa penjualan tablet Huawei MatePad T 10 Kids Edition laku keras. Dalam 10 hari setelah perilisannya, tablet tersebut sudah terjual lebih dari 1000 unit. Atas dasar itu, mereka menghadirkan Huawei MatePad T 8 Kids Edition.

Tablet ini punya bentang layar yang lebih kecil, 8 inci. Namun, ukuran layar yang lebih mini ini memang ditujukan Huawei untuk anak dengan usia lebih dini. Karena layarnya lebih kecil, MatePad T 8 Kids Edition juga punya harga yang lebih miring ketimbang T 10 Kids Edition.

Kendati demikian, fitur-fitur untuk mendukung pertumbuhan si kecil tetaplah sama. Mulai dari case silikon yang food grade, pena stylus yang masuk dalam paket penjualan, Blue Light Filter untuk mengurangi emisi cahaya biru, Safe Charging Lock, dan berbagai macam gim untuk anak.

Selain itu, orang tua dapat memantau aktivitas anak dengan tabletnya melalui tiga fitur. Fitur tersebut yakni Time Management, Application Management, dan Content Management. MatePad T 8 Kids Edition mampu memberikan performa lancar meskipun hanya dibekali RAM 2 GB, SoC MediaTek Helio P22, dan memori internal 16 GB.

2. Huawei MatePad T 10 Kids Edition

Layar IPS LCD 9.7 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei Mate T 10 Kids adalah tablet yang dirancang sebagai perangkat untuk membantu tumbuh kembang anak-anak. Ketika anak-anak masih balita, tablet ini aman karena dilapisi case peredam benturan yang memakai material foodgrade. Karena foodgrade, si kecil akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan saat tidak sengaja menggigitnya.

Nah, seiring pertumbuhan anak, interaksinya dengan tablet pun berubah. Gim yang dimainkan tak lagi sama, demikian dengan case peredam tadi. Case yang punya kesan imut tersebut bisa dicopot jika ingin mengubah tampilannya, fleksibel bukan?

Fleksibilitas untuk mendukung perkembangan anak dalam jangka waktu yang panjang juga tidak lepas dari spesifikasi Huawei Mate T 10 Kids yang cukup mumpuni. Tablet ini memakai SoC Kirin 710A dengan profil CPU delapan inti. Ada empat core performa Cortex A73 2,0 GHz, empat core efisiensi Cortex A53 1,7 GHz, dan GPU Mali G51.

Kemudian, ia diperkuat RAM 2 GB yang cukup untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Tidak lupa memori internal 32 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 512 GB. Membeli tablet ini pun bisa membuat orang tua berhemat. Mereka tidak lagi harus keluar uang setiap tahun untuk membelikan perangkat baru buat si anak.

3. Huawei MatePad T 10

Layar IPS LCD 9.7 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei MatePad T10 adalah tablet yang powertul. Setidaknya hal itu bisa kita lihat dari SoC yang ia pakai, Kirin 710A (4 x Cortex-A73 2,0 GHz + 4 x Cortex-A53 1,7 GHz). SoC itu membuat tablet ini terasa sudah sangat cukup untuk menjalankan berbagai pekerjaan ringan harian.

Pekerjaan ringan itu misalnya memutar film atau video. Jelas tablet ini sangat mumpuni karena punya bentang layar IPS yang luas, 9,7 inci, dan mampu mengeluarkan 16,7 juta warna. Ada teknologi Eye Comfort-nya pula agar mata terlindung selama menonton film.

Pengalaman nonton film makin asyik karena tablet ini punya speaker stereo (ganda) yang diperkuat dengan teknologi HUAWEI Histen 6.1. Suara dengan level kelantangan menengah dan tinggi terasa mantap, bahkan elemen bass-nya pun terdengar.

Hal menarik lain dari tablet ini adalah teknolgi untuk membuka dua jendela aplikasi bernama HUAWEI App Multiplilier. Huawei MatePad T10 dibanderol Rp2 jutaan saja dengan konfigurasi memori 2 GB RAM dan 32 GB penyimpanan. Ruang simpan masih bisa diperluas sampai 512 GB memanfaatkan slot microSD khusus.

4. Huawei MatePad T8

Huawei MatePad T8
Layar IPS LCD 8 inci
Chipset MediaTek Helio P22T
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Punya tablet dengan RAM 2 GB tidak semestinya menjadi kendala, karena Huawei MatePad T8 setidaknya menghadirkan chipset dari MediaTek yang cukup gahar sebagai kompensasinya.

Harganya yang murah juga membuat MatePad T8 ini tampak menarik, ternyata hanya dibutuhkan kocek Rp1,5 jutaan untuk mendapatkan tablet berlayar besar dari Huawei.

Perangkat ini pun mengemas baterai dengan kapasitas 5.100 mAh untuk pemakaian hingga belasan jam. Untuk menunjang kebutuhan anak-anak saat melaksanakan pembelajaran dari rumah, layar berukuran 8 inci pun dikerahkan pada perangkat ini.

5. EVERCOSS E-Tab

evercoss etab
Layar IPS LCD 10 inci
Chipset -
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalau Anda mencari tablet dengan RAM 2 GB, salah satu pilihan yang termurah jatuh pada EVERCOSS E-Tab. Dengan harganya yang dibanderol Rp1.299.000,- Anda sudah bisa membawa pulang tablet dengan memori internal 16 GB ini.

Serta, dukungan microSDXC-nya pun tersedia bagi Anda yang ingin menyimpan lebih banyak lagi file pada tablet. Dari segi kamera tidak ada yang istimewa, hanya menghadirkan kamera belakang 8 MP serta kamera depan 5 MP.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram