10 Tablet dengan RAM 3GB Terbaru (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Tablet dengan RAM 3 GB merupakan salah satu jenis tablet yang banyak dicari. Pasalnya, tablet RAM 3 GB merupakan tipe tablet komputer yang cukup memenuhi kebutuhan penggunaan dasar saat ini. Selain itu, tablet RAM 3 GB juga biasanya harganya terjangkau.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 tablet terbaru yang sudah dibekali dengan RAM sebesar 3 GB. Tak hanya RAM yang besar, namun spesifikasi lain yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Terlebih daftar ini berisi tablet dari berbagai merek seperti Samsung, Huawei, Apple, Advan, dan lainnya.

Penasaran apa saja tablet tersebut? Berikut simak daftar tablet dengan RAM 3 GB yang masuk resmi ke Indonesia pada tabel di bawah ini. Penjelasan detail tiap HP, bisa disimak setelah tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Huawei MatePad SE 10.4

Huawei MatePad SE 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei MatePad SE 10.4 awal rilis di Indonesia menghadirkan varian RAM berkapasitas 4 GB LPDDR4x yang dipadankan dengan storage 64 GB. Harga untuk varian ini adalah Rp2.799.000. Varian ini hadir pada awal November 2022

Akhir Desember 2022, Huawei Indonesia hadirkan Huawei MatePad SE 10.4 versi lebih murah, yakni RAM 3 GB dengan storage 32 GB. Harga untuk varian ini adalah Rp2.599.000. Yang menarik, harga perkenalan Huawei MatePad SE 10.4 RAM 3 GB adalah Rp2.499.000 dengan penawaran HUAWEI Folio Cover dan 1 bulan langganan VIP Vidio. 

Untuk sebuah tablet dengan layar 10 inci, tentunya harga tersebut menarik. Ini membuat Huawei MatePad SE 10.4 jadi layar dipilih. Meskipun. performa untuk multitasking-nya agak sedikit turun jika dibandingkan varian 4 GB.

Tapi nilai jual utama tablet ini memang ada di sektor layarnya. Terlebih layarnya sudah hadirkan resolusi 2K yang tajam dengan reproduksi warna yang cukup kaya. Selain itu, tablet ini hadir dengan dua stereo speaker di tablet ini sungguh menjadikan tablet sarana menonton yang menarik. Huawei bekerja sama dengan Harman Kardon dan Histen 8.0 untuk mengeluarkan kualitas suara yang ciamik.

Karena itu, Huawei MatePad SE 10.4 varian RAM 3 GB, bakal sangat cocok untuk yang cari tablet sekadar menonton atau kebutuhan multimedia saja. Sementara untuk menunjang aktivitas yang agak berat, sebaiknya memilih varian RAM 4 GB.

2. realme Pad Mini

realme Pad Mini
Layar IPS LCD 8.7 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Salah satu opsi tablet dengan RAM 3 GB dengan harga terjangkau jatuh kepada realme Pad Mini. Tablet berukuran 8,7 inci ini menawarkan dimensi mungil dengan material alluminium alloy unibody yang membuatnya terlihat premium dan kokoh.

Tablet ini hanya memiliki ketebalan 7,6 mm sehingga membuatnya mudah diselipkan di sela-sela buku dalam tas. Bukan itu saja, bobotnya yang hanya 372 gram menjadikannya mudah digunakan tanpa membuat tangan cepat lelah.

realme Pad Mini juga memiliki sistem operasi Android yang bersih dan nyaman digunakan, lantaran tidak memiliki begitu banyak bloatware. Karena layarnya yang lebar, Anda juga bisa melakukan aktivitas multi-tasking melalui fitur split-screen. Dengan begini, layar bisa tampilkan dua jendela aktif bersamaan.

Tablet ini juga menyuguhkan fitur yang cocok untuk anak-anak, yakni Google Kids Space. Di kala anak menggunakan tablet, realme Mini Pad akan menampilkan konten berkualitas dalam bentuk buku, gim, aplikasi, video, dan gim.

Bukan itu saja, Google Kids Space juga hadirkan fitur parental control agar dapat membatasi penggunaan tablet pada anak. Tablet seharga 2 jutaan ini cocok untuk digunakan oleh anak, ataupun sekadar menunjang produktivitas dan hiburan sehari-hari.

3. Advan Tab A8 (2022)

advan tab a8
Layar IPS LCD 8 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Advan merilis tablet 1 jutaan bernama Advan Tab A8 pada Juli 2022. Tablet ini dirilis untuk memenuhi permintaan pasar akan perangkat dasar berlayar lebar. Berbagai jenis pengguna cocok menggunakan tablet ini. Contohnya, pelajar dan kasir toko.

Advan Tab A8 memang tak sekencang Advan Tab VX. Meski begitu, performanya cukup memadai untuk aktivitas sehari-hari. Hal itu karena RAM yang dibawanya bukan 2 GB, melainkan 3 GB. Dengan demikian, tablet ini bisa lancar menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa lag.

Beberapa hal yang perlu diapresiasi dari tablet ini adalah percolokannya yang sudah memakai port USB C yang kekinian. Lalu Advan Tab A8 juga dapat tersambung pada jaringan WiFi dan koneksi seluler. Adapun tablet ini memiliki slot microSD sebagai opsi untuk meningkatkan ruang simpannya.

4. Samsung Galaxy Tab A8

Samsung Galaxy Tab A8 LTE
Layar PLS TFT 10.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy Tab A8 hadir resmi ke Indonesia pada Januari 2020. Tablet ini hadir dengan dua versi, versi WiFi-only dan versi LTE. Varian LTE adalah varian yang memiliki RAM 3 GB.

Ia pun merupakan salah satu tablet Samsung yang cukup worth it di harga terjangkau, dengan ukuran layar 10,5 inci beresolusi 1200 x 1920 piksel pada aspek rasio 16:10. Adapun untuk kerapatan pikselnya, sebesar 216 ppi dengan panel TFT.

Siapapun dapat merasakan kinerja gaming yang baik dengan Galaxy Tab A8. Sebab, sudah mengandalkan chipset Unisoc Tiger T618 dengan proses fabrikasi 12 nm dan kartu pengolah grafis berupa Mali G52 MP2.

Soal performanya, tidak perlu ditanya. Sekalipun ia tidak suguhkan SoC dari MediaTek ataupun Qualcomm, chipset Unisoc tersebut sudah gunakan inti ARM Cortex A75 (2 GHz) sebagai unit performa tinggi.

Baterainya yang mengusung tipe Li-Po berkapasitas 7040 mAh juga terbilang lebih dari cukup untuk menunjang penggunaan seharian, meski fast charging-nya terbilang lambat (hanya 15 W).

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram