8 Tablet dengan RAM 6 GB Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Apakah Anda sedang mencari tablet yang mampu menunjang kegiatan multitugas? Jika iya, kami sarankan untuk pilih tablet dengan RAM minimal 6 GB. Seperti yang diketahui, tablet cenderung punya RAM yang lebih kecil dari smartphone.

Ini dikarenakan penggunaan tablet yang tidak seintens smartphone, sehingga RAM 2 GB pun terbilang cukup untuk penggunaan tablet sehari-hari. Akan tetapi, beda cerita jika Anda berniat menggunakan tablet sebagai pengganti laptop sementara.

Ya, tablet yang dihubungkan dengan keyboard bisa menjelma sebagai PC, bahkan beberapa tablet juga sudah sediakan mode desktop yang hadirkan antarmuka komputer yang biasa Anda gunakan.

Berbagai fitur pun turut diperlukan, seperti multi-window untuk menampilkan banyak aplikasi dalam satu waktu. Penggunaan seperti ini tidak akan bisa dilakukan pada tablet yang punya RAM kecil.

Oleh karena itu, Carisinyal pun memutuskan untuk menyusun daftar tablet terbaru yang sudah hadirkan RAM 6 GB. Kira-kira ada apa saja, ya? Yuk langsung disimak yang berikut ini!

1. Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5
Layar IPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 8720 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi sempat absen membikin perangkat tablet sejak kali terakhir meluncurkan Mi Pad 4 pada 2018. Seri tablet Xiaomi pun bangkit dari tidurnya dengan munculnya Xiaomi Pad 5. Ya, produk yang satu ini tidak lagi memakai nama "Mi" karena Xiaomi melakukan rebranding agar lebih sederhana.

Momentum kembali ke pasar tablet tidak disia-siakan oleh Xiaomi. Pasalnya, Pad 5 yang mereka luncurkan ini terbilang bagus untuk kelas Rp4 jutaan. Dari segi desain, performa, dan daya tahan baterai, tidak ada yang membuat kecewa. Apalagi RAM-nya terbilang besar, yakni 6 GB, dan dipadu storage 256 GB.

Konfigurasi memori 6/256 GB adalah satu-satunya varian yang dijual di Indonesia. Belum lagi potensi sajian multimedia yang sip berkat layar IPS LCD 120 Hz dan empat buah speaker dengan preset Dolby Atmos. Yang disayangkan dari tablet ini mungkin hanya dijual tanpa slot SIM alias WiFi only.

2. Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11
Layar IPS LCD 10.95 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei MatePad 11 tidak hanya diapresiasi karena memiliki RAM 6 GB yang besar, melainkan juga karena punya layar beresolusi tinggi serta dapur pacu yang begitu bertenaga. Pada layarnya yang berukuran 10,95 inci, resolusi yang dihadirkannya berupa WQXGA alias 2560 x 1600 piksel.

Tablet ini juga mempunyai layar dengan sertifikasi dual TÜV Rheinland untuk mengurangi intensitas cahaya biru yang bisa membahayakan mata. Ditambah lagi, layar perangkat ini mempunyai refresh rate yang dua kali lipat lebih tinggi dari normal, yakni 120 Hz. Niscaya, pengalaman scrolling ataupun bermain game akan memberikan kenyamanan yang lebih.

Ingin mengasah sisi kreativitas Anda? Tinggal perlu cabut Huawei M-Pencil dan mulai menggambar. Stylus canggih ini dirancang dengan 4.096 tingkat sensitivitas agar pengguna bisa mengaplikasikan bold yang persis seperti yang Anda bayangkan. M-Pencil ini juga punya latensi rendah 2 milidetik untuk responsivitas yang secepat kilat.

Tablet ini juga merupakan salah satu produk Huawei pertama yang tidak lagi menggunakan sistem operasi Android, melainkan sudah menggunakan HarmonyOS. Ya, sejak isu perang dagang yang terjadi dengan Amerika Serikat, Huawei memang mencanangkan akan membuat sistem operasi sendiri, dan hari itu telah tiba.

HarmonyOS disinyalir punya pengalaman pengguna yang lebih baik dibanding Android ataupun iOS, menghadirkan sisi konektivitas yang lebih seamless untuk mendukung ekosistem produk Huawei.

Navigasinya pun dibuat dengan lebih mulus dengan sistem keamanan yang lebih ketat. Kendati begitu, ini artinya Anda tidak bisa lagi menginstal aplikasi Android di tablet ini.

Hubungkan tablet ini dengan mouse dan keyboard, maka Huawei Matepad 11 bisa digunakan selayaknya laptop biasa. Sistem operasi juga akan turut menyesuaikan antarmukanya agar pengguna dapat rasakan pengalaman yang hampir sama persis seperti pada laptop biasa. Menarik, bukan?

3. Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G
Layar TFT 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, sesuai namanya, mengusung konektivitas 5G yang dapat menghadirkan koneksi internet super ngebut dan berlatensi rendah. SEIN (Samsung Electronics Indonesia) juga telah bekerja sama dengan beberapa provider di Tanah Air untuk penggunaan 5G di tablet ini.

Ada beberapa alasan lain yang membuat Galaxy Tab S7 FE 5G seharga Rp9,5 jutaan. Mulai dari performa tiada dua yang dihadirkan Snapdragon 865, support penggunaan S Pen yang dapat menempel pada bodi secara magnetis, hingga dukungan baterai jumbo di kapasitas 10.090 mAh.

Samsung sendiri mengklaim baterai yang awet ini dapat menyuplai tablet selama 13 jam pada pemakaian streaming video. Durasi pemakaian yang sungguh lama, bukan? Dan apabila habis, baterai juga bisa diisi hingga penuh dalam waktu yang cukup singkat melalui fast charging 45 W.

Seperti tablet canggih pada umumnya, Galaxy Tab S7 Fan Edition ini juga menghadirkan antarmuka multi-window yang andal, memungkinkan pengguna menjalankan tiga jendela terpisah pada waktu yang sama. Sedang tidak membawa laptop? Tenang saja, Anda masih bisa berproduktivitas seperti biasa dengan menyambungkan mouse pada perangkat.

Pasalnya, ada fitur Samsung DeX yang juga akan mengubah sisi antarmuka tablet menjadi seperti PC. Penawaran yang sungguh menarik. Sayangnya layarnya ini masih menggunakan panel TFT, tidak seperti varian Galaxy Tab S7 Plus yang sudah menggunakan AMOLED. Belum lagi, tidak tersedia opsi refresh rate tinggi pada tablet ini.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram