Rekomendasi 10 Tablet dengan RAM 6 GB Terbaru (November 2022)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sementara di bagian bobotnya, varian 11 inci dari iPad Pro (2020) ini hanya seberat 471 gram untuk versi WiFi dan 473 gram untuk versi LTE. Sayangnya, belum didukung koneksi 5G pada tablet ini.

Sama seperti varian 12,9 inci, varian 11 inci juga turut hadirkan lensa LiDAR Scanner yang punya beragam fungsi. Selain dapat mengukur ruang tiga dimensi, LiDAR Scanner juga berfungsi untuk menempatkan perabotan virtual berdasarkan space nyata di dalam ruangan.

iPad Pro 11 (2020) ini juga kompatibel dengan aksesoris-aksesoris tambahan seperti Magic Keyboard dan Apple Pencil. Sayangnya aksesoris-aksesoris ini dijual terpisah.

Beragam kelebihan lainnya turut hadir seperti baterai berkapasitas besar yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian normal, jaringan WiFi 6 802.11ax, penggunaan iPad OS yang intuitive, serta kualitas empat speaker yang nendang untuk kebutuhan multimedia.

9. Huawei MatePad Pro 10.8

Huawei MatePad Pro 10.8
Layar IPS LCD 10.8 inci
Chipset Kirin 990
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei MatePad Pro adalah tablet futuristik lainnya yang juga sudah dikemas dengan RAM 6 GB. Tepatnya, RAM-nya ini punya tipe memori LPDDR4x Dual Channel yang beroperasi pada frekuensi 2133 MHz. Sebagai chipsetnya, tablet mengandalkan SoC buatan Huawei bernama Kirin 990 yang diproduksi dengan proses manufaktur 7 nm.

Chipset ini terdiri dari tiga klaster, mencakup dua inti ARM Cortex A76 (2,8 GHz), dua inti ARM Cortex A76 (2,3 GHz), serta empat inti ARM Cortex (1,9 GHz). Sehingga, aktivitas berat seperti mengedit dokumen, bermain game, ataupun mengedit foto bisa dilakukan dengan nyaman.

Layar tablet juga menampilkan visual yang luar biasa jernih, mendukung ukuran 10,8 inci dengan resolusi tajam QHD dengan bezel tipis 4,9 mm, sehingga rasio bodi ke layar mencapai 90%. Layar juga mengusung sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi sinar biru yang berbahaya bagi mata.

Bagi Anda yang tidak ingin bergantung pada power bank, tablet ini juga cocok dijadikan pilihan karena hadirkan kapasitas baterai 7250 mAh yang besar. Dan, ini juga merupakan salah satu tablet Huawei pertama yang sudah hadirkan pengisian daya nirkabel, walaupun daya yang dihadirkan terbilang kecil di angka 15 W.

Tablet ini menggunakan sistem operasi EMUI 10 berbasiskan Android 10 yang di dalamnya tersedia fitur Desktop Mode. Tinggal hubungkan tablet dengan keyboard, maka Huawei MatePad Pro akan menampilkan antarmuka PC yang familiar untuk menunjang produktivitas.

10. Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6
Layar Super AMOLED 10.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 5 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kendati terbilang jadul, tablet Samsung keluaran 2019 ini masih layak dijadikan daily driver pada masa sekarang, lho! Bagaimana tidak? Layar dari Samsung Galaxy Tab S6 sudah tidak lagi gunakan TFT atau IPS, melainkan sudah Super AMOLED. Panel Super AMOLED dikenal memiliki efisiensi daya yang lebih baik serta mampu hadirkan kontras rasio yang begitu tinggi.

Prosesor yang dihadirkan berasal dari Snapdragon 800 series dengan balutan RAM 6 GB LPDDR4x Double Channel 2133 MHz, serta memori internal berkapasitas 128 GB yang bisa diperluas lagi menggunakan microSD hingga 1 TB.

Untuk memudahkan Anda dalam memasukkan tablet dalam tas, bodinya pun dirancang setipis mungkin pada ketebalan 5,7 mm dan berat 420 gram. Mengingat tablet ini dirilis sebelum era 5G, Galaxy Tab S6 masih mentok pada jaringan LTE.

Rupanya, tablet dengan RAM 6 GB cukup beragam, ya. Mulai dari brand Huawei, Apple, hingga Samsung, Anda sekarang tidak perlu bingung lagi memilih tablet berperforma tinggi untuk menunjang produktivitas dan hiburan. Tablet dengan RAM 6 GB mana yang paling membuat Anda tertarik?

«12 3
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram