Carisinyal / Stardew Valley / 10 Tips Bercocok Tanam yang Baik di Stardew Valley

10 Tips Bercocok Tanam yang Baik di Stardew Valley

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bercocok tanam merupakan salah satu aktivitas utama yang harus Anda lakukan di game Stardew Valley. Terdapat tumbuhan dan pepohonan berbeda yang bisa Anda tanam di setiap musimnya, mulai dari strawberry hingga jagung.

Berbagai tanaman tersebut akan memberikan keuntungan yang berbeda-beda sehingga Anda harus cermat memilih tanaman yang memberikan keuntungan paling banyak. Nah, berikut ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips bercocok tanam di game Stardew Valley ini.

Utamakan Tanaman yang Paling Menguntungkan

Di tahun pertama sangat disarankan untuk menanam semua macam benih yang tersedia, terutama jika Anda berencana untuk melengkapi bundles di Community Center. Setelah itu, barulah Anda memilih tanaman-tanaman yang menghasilkan keuntungan paling banyak saja.

  • Spring

Di musim semi strawberry merupakan tanaman yang paling banyak menghasilkan keuntungan. Satu benih strawberry dijual dengan harga 100 gold, dan satu buah hasil panennya seharga 120 gold. Karena strawberry mampu berbuah sebanyak 5 kali dalam sebulan, maka hasil total yang akan Anda dapatkan adalah 600 gold. Artinya keuntungan bersih yang didapatkan adalah sebesar 500 gold per benih.

tips bercocok tanam di stardew valley

Sayangnya, seperti diulas di artikel sebelumnya, benih strawberry hanya bisa dibeli di egg festival. Oleh karena itu belilah benih strawberry sebanyak-banyaknya di egg festival lalu simpan untuk kemudian ditanam musim semi tahun berikutnya.

Sebagai alternatif dari strawberry, Anda bisa menanam cauliflower dan green bean di tahun pertama. Masing-masing mampu menghasilkan keuntungan 190 dan 180 gold setiap bulan dari satu benihnya. Sedangkan untuk tahun kedua dan selanjutnya, Anda bisa menanam rhubarb dengan keuntungan 240 gold.

  • Summer

blueberry

Di musim panas blueberry menjadi tanaman yang wajib untuk ditanam karena mampu menghasilkan keuntungan 880 gold selama sebulan dari satu benihnya. Benih blueberry sendiri dijual dengan harga 80 gold di toko Pierre.

Selain blueberry Anda juga bisa menanam starfruit yang mampu memberikan keuntungan 800 gold. Sayangnya, benih starfruit ini hanya bisa didapatkan di dessert. Untuk tahun kedua dan selanjutnya, Anda juga bisa menanam red cabbage yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar 480 gold.

  • Fall

fall

Untuk musim gugur, tanaman yang paling menguntungkan adalah Cranberry dengan penghasilan bersih sebesar 1100 dari setiap benihnya. Harga benih cranberry juga terbilang cukup mahal, yakni 240 gold, namun cukup sepada dengan keuntungan yang ditawarkannya.

Tanaman lainnya yang bisa dijadikan alternatif adalah pumpkin dan grape yang bisa memberi keuntungan 440 dan 420 gold perbulannya. Jika punya uang banyak, Anda juga bisa membeli rare seed di travelling cart karena bisa menghasilkan keuntungan sebesar 2000 gol perbenihnya.

Buat Sprinkler

Jika kebun yang Anda miliki semakin luas, maka proses menyiram tanaman akan semakin menyita banyak waktu dan juga tenaga. Oleh karena itu, tips bercocok tanam yang selanjutnya adalah dengan memasang sprinkler alias penyiram tanaman otomatis.

Terdapat 3 jenis sprinkler yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah sprinkler dasar yang hanya mampu menyiram 4 petak saja. Selanjutnya ada quality sprinkler yang bisa menyiram 8 petak. Yang paling bagus tentu iridium sprinkler yang mampu menyiram 24 petak secara sekaligus.

Pasang Bee House di Dekat Bunga

Bee house merupakan sarang lebah yang mampu menghasilkan madu setiap 3 atau 4 hari. Jika diletakan di sembarang tempat, maka madu yang dihasilkan biasanya hanya seharga 100 gold saja. Namun jika diletakan di samping kebun bunga, maka madunya bisa berharga sangat mahal.


Sebagai contoh, madu dari fairy rose mampu menghasilkan 680 gold, poppy 380 gold, summer spangle 280 gold, blue jazz 200 gold, dan tulip 160 gold. Pastikan tanaman bunga tersebut tidak lebih dari 5 petak dari sarang lebahnya.

Pasang Scarecrow

scarecrow

Seringkali tanaman yang hampir di panen menghilang karena dicuri oleh burung gagak. Oleh karena itu, Anda harus memasang scarecrow agar bisa mengusir burung-burung tersebut. Satu scarecrow dapat melindungi tanaman dalam radius 8 petak.

Perhatikan Tanaman dengan Tralis

Beberapa tanaman menggunakan tralis kayu ketika ditanam, seperti grape dan hops. Tralis tersebut tidak bisa ditembus sehingga Anda tidak boleh menanamnya dalam 3 lapis sekaligus. Pasalnya, tralis yang ada di tengah-tengah tidak akan bisa disiram ataupun dipanen.

Tanam Dalam Pola 3×3

giant crop

Tips bercocok tanam yang selanjutnya sangat pas bagi Anda yang akan menanam cauliflower, melon, dan pumpkin. Ya, ketiga tanaman tersebut bisa berubah menjadi giant crop jika ditanam dalam pola 3×3, dan akan menghasilkan keuntungan 2 kali lipat.


Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal membeli 9 benih salah satu dari ketiganya, lalu tanam dalam pola 3×3. Jika beruntung, tanaman tersebut akan berubah menjadi besar di saat panen. Anda juga harus memanennya dengan menggunakan axe.

Tanam Pohon Buah

fruit tree

Tips bercocok tanam yang selanjutnya, jika Anda sudah memiliki banyak uang, belilah benih pohon buah agar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Setiap benih pohon buah tersebut harus ditanam di tengah-tengah pola 3×3 agar bisa tumbuh. Benih tersebut tidak perlu disiram dan akan tumbuh dalam waktu 28 hari.

Benih pohon buah dapat ditanam di musim apa saja, namun hanya akan berbuah pada musim tertentu saja. Sebagai contoh, apricot dan cherry berbuah di spring, orang dan peach di summer, serta apple dan pomegranate di fall.

Sadap Pohon yang Tidak Berbuah

tapper

Selain berbagai pohon buah di atas, terdapat 3 jenis pohon lainnya yang bisa tumbuh liar di kebun kita, yakni pohon mapple, oak, dan pine. Selain dapat dimanfaatkan kayunya, berbagai pohon tersebut juga dapat kita ambil getahnya.

Caranya, pasangkanlah tapper di pohon mapple untuk menghasilkan mapple syrup, oak untuk menghasilkan oak resin, dan pine untuk menghasilkan pine tar. Tapper juga bisa dipasang di jamur raksasa untuk menghasilkan jamur. Proses penyadapannya tersebut bisa berlangsung antara 4 hingga 8 hari.

Perbaiki Green House

greenhouse

Terdapat sebuah green house yang rusak di dekat gua. Green house tersebut dapat diperbaiki kembali  dengan cara menyelesaikan pantry bundle di Community Center. Green house ini sangatlah berguna karena bisa bisa menumbuhkan tanaman apa saja sepanjang tahun, termasuk di saat musim dingin.

Di dalam green house ini Anda juga bisa menanam pohon dan menaruh sprinkler agar tidak perlu repot menyiramnya. Anda juga tidak perlu menaruh scarecrow karena tidak akan ada burung gagak yang masuk. Tips bercocok tanam di green house ini sangat cocok untuk menumbuhkan tanaman yang paling menguntungkan sepanjang tahun.

Proses Sayuran dan Buah Sebelum Dijual

Tips bercocok tanam yang terakhir adalah memproses hasil panen sebelum dijual. Ya, selain bisa dijual secara langsung, berbagai sayuran dan buah-buahan yang Anda panen juga bisa diolah terlebih dahulu agar harganya semakin mahal.

Sebagai contoh, preserves jar bisa mengolah sayuran menjadi picles dan buah-buahan menjadi jelly. Selanjutnya Keg bisa mengolah sayuran menjadi wine, buah-buahan menjadi juice, wheat menjadi beer, dan hops menjadi pale ale. Sedangkan oil maker bisa merubah corn dan sunflower menjadi oil.

Nah itulah berbagai macam tips bercocok tanam di game Stardew Valley yang bisa kami bagikan kali ini. Apabila Anda memiliki tips dan trik lainnya yang cukup unik, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *