Carisinyal / COC / Tips & Cara Bermain COC (Clash of Clans) Yang Baik

Tips & Cara Bermain COC (Clash of Clans) Yang Baik

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 September 2018

Clash of Clans atau yang biasa disingkat menjadi COC merupakan game yang sangat populer di Indonesia. Game online besutan Supercell ini mampu menarik jutaan pemain berkat gameplay serta fitur-fitur seru yang disuguhkannya.

Salah satu game strategi terbaik ini akan membuat Anda betah berlama-lama di depan layar smartphone atau tablet Android. Tidak hanya menyerang dan bertahan, Anda juga dituntut untuk mampu mengelola sumber daya yang dimiliki sebaik-baiknya.

Nah kali ini Carisinyal akan mengulas tips, trik, cheat, serta cara bermain COC yang baik dan benar. Berbagai tips ini sangat berguna bagi para pemula yang baru memainkannya ataupun bagi Anda yang kesulitan untuk mengelola base Anda dengan baik.

Hematlah Dalam Menggunakan Gems

Ketika kita membuat atau mengupgrade sebuah bangunan di COC, kita akan membutuhkan waktu beberapa saat hingga bangunan tersebut selesai. Semakin tinggi levelnya, maka semakin lama pula proses pembangunannya tersebut.

Salah satu cara termudah agar bangunan tersebut selesai dibuat adalah dengan menggunakan gems. Sayangnya, gems yang tersedia sangat terbatas sehingga kita harus menghematnya sebaik mungkin agar bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih penting.

Jangan menggunakan gems hanya untuk mempercepat proses pembangunan yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Jangan pula menggunakannya ketika Anda sedang mengikuti tutorial di awal permainan.

cara bermain coc clash of clans

Gunakanlah gems tersebut untuk membangun sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dalam waktu cepat. Anda juga dapat menggunakannya untuk membangun builder’s hut karena tambahan pekerja bangunan akan membantu proses pembuatan bangunan yang lainnya.

Jika persediaan gems mulai menipis, Anda dapat mulai menyusun strategi untuk menyelesaikan berbagai macam misi yang disediakan. Anda juga bisa mendapatkan gems dengan cara membersihkan base Anda dari batu, ranting, dan hal-hal yang mengganggu lainnya.

Tentukan Pola Permainan

Dalam bermain game Clash of Clans ini Anda harus menentukan pola permainan yang diinginkan agar tidak salah dalam mengatur strategi. Anda dapat memilih antara pola permainan bertahan ataupun pola permainan menyerang.

Jika Anda lebih memilih untuk bertahan, maka yang perlu Anda upgrade pertama kali adalah town hall, kemudian wall, dan kemudian item pertahanan seperti mortar, archer tower, dan cannon. Mortar dan archer tower merupakan komponen pertahanan yang paling penting sehingga harus ditempatkan di posisi sentral dan dilindungi sebaik mungkin.

tips bermain coc

Setelah elemen pertahanan selesai dibangun, sekarang saatnya Anda fokus membangun sumber daya dan upgrade hingga level maksimal. Pastikan berbagai sumber daya tersebut juga dilindungi agar tidak mudah dihancurkan oleh musuh.

Satu hal yang perlu Anda ingat, pemain yang memiliki town hall level tinggi hanya akan mendapatkan hasil yang sedikit ketika menyerang pemain dengan level yang lebih rendah. Oleh karena itu jangan terburu-buru melakukan upgrade town hall jika Anda bermain dengan pola bertahan.

Cara bermain COC selanjutnya yang dapat Anda pilih adalah pola permainan menyerang. Pada pola ini hanl pertama yang harus Anda bangun adalah town hall, lalu produksi elixir sebanyak-banyaknya agar dapat mulai membangun sumber daya yang lainnya.

Pastikan Anda melakukan upgrade barracks dan camps hingga level maksimal agar dapat menyiapkan pasukan perang sebaik-baiknya. Kedua bangunan tersebut dapat diletakan di luar karena tidak akan memberikan apa-apa kepada musuh yang menyerang.

Manfaatkan Shield

trik clash of clans shields

Menjadi hal yang sangat menyebalkan apabila markas kita diporak-porandakan oleh musuh. Namun tidak usah kecewa karena apabila 40% dari markas Anda dihancurkan oleh musuh, maka Anda akan mendapatkan shield gratis selama 12 jam. Sedangkan jika tingkat kehancurannya mencapai 90%, maka Anda bisa mendapatkan shield selama 16 jam.

Manfaatkan lah shield gratis tersebut sebaik-baiknya dengan cara membangun kembali bangunan yang rusak, upgrade persenjataan, dan siapkan pasukan perang sebanyak-banyaknya agar Anda siap kembali untuk maju ke medan peperangan.

Ingat jangan sekali-kali menyerang musuh ketika melakukan perbaikan tersebut. Pasalnya, shield yang melindungi markas Anda akan langsung dimatikan sehingga musuh bisa kembali menyerang dan menghancurkannya kapan saja.

Susun Formasi Base Sebaik Mungkin

Membuat formasi base sebaik mungkin merupakan salah satu langkah yang sangat penting dalam menjaga markas Anda. Pastikan Anda memasang wall sebanyak mugkin antara bangunan, persenjataan, dan akses ke luar wilayah.

cheat coc clash of clans

Pastikan antara satu bangunan dengan yang lainnya memiliki tembok yang kokoh. Dengan begitu pasukan musuh tidak bisa langsung berpindah secara mudah setelah menghancurkan sebuah bangunan. Mereka harus menghancurkan tembok terlebih dahulu sebelum bisa menuju ke yang lainnya.

Buat juga formasi base yang rapat agar berbagai senjata dapat menjangkau seluruh bangunan dengan mudah. Terakhir, tempatkan berbagai persenjataan di posisi sentral agar para pasukan musuh membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkaunya.

Tentukan Target Serangan

war clash of clans

Ketika mencari musuh yang hendak diserang, pastikan Anda sudah menentukan tujuan dari serangan tersebut. Jika Anda hanya ingin mendapatkan tambahan resource, maka Anda dapat memilih musuh dengan town hall yang lebih rendah.

Musuh dengan town hall yang rendah lebih mudah untuk ditaklukan namun hanya memiliki sumber daya yang sedikit. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pasukan karena hanya dengan goblin saja biasanya sudah cukup untuk merusaknya.

Jika Anda ingin mendapatkan resource yang melimpah atau ingin mendapatkan trophy untuk meningkatkan rangking, maka carilah musuh dengan town hall yang tinggi. Selanjutnya, silahkan atur strategi peperangan sebaik-baiknya.

Siapkanlah berbagai pasukan yang dapat menghancurkan base musuh dengan sangat baik. Gunakan giants untuk menahan serangan dari tower lalu gunakan wall breaker untuk merusak wall dan membuka jalan ke area musuh.

Jika cannon, mortar, dan elemen pertahan lainnya sudah dihancurkan, maka Anda dapat mulai meluncurkan barbarian, wizard, dan archer untuk menghancurkan bangunan. Turunkan juga pasukan goblin untuk mengambil berbagai sumber daya yang tersedia.

Satu hal yang perlu Anda ingat, Anda tidak memiliki kontrol langsung terhadap berbagai pasukan tersebut. Artinya Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana pola pergerakan dan apa objek yang disukai oleh setiap pasukan tersebut agar Anda tidak salah dalam menempatkannya.

Sebagai contoh, pasukan barbarian biasanya akan langsung menyerang bangunan terdekat sehingga sangat tidak cocok jika di sana ada mortar atau cannon. Gunakanlah giant dan wall breaker untuk menghancurkannya terlebih dahulu, dan sebagainya.

Bergabung Dengan Clans

clash of clans pemula

Jika Anda sudah memiliki base dengan level maksimal, sudah menyelesaikan semua level di single-player, dan sudah mengatur pertahanan dengan sebaik mungkin, maka kini saatnya Anda masuk ke dalam dunia clan.

Ya, salah satu fitur paling menarik yang ditawarkan oleh Clash of Clans ini tentu saja sistem clan-nya. Anda bisa membentuk sebuah clan yang kuat bersama dengan pemain lainnya. Clan yang Anda buat tersebut kemudian bisa menyerang clan-clan yang dimiliki oleh pemain lain.

Lakukanlah koordinasi yang baik dengan anggota clan Anda. Anda juga dapat belajar sekaligus berbagai tips dan trik dalam hal strategi dengan anggota clan yang lainnya. Semakin baik koordinasi yang Anda lakukan, maka akan semakin kuat pula clan yang Anda miliki.

Atur Strategi Penyerangan

Jika clan Anda sudah siap bertempur dengan clan yang lainnya, maka mulailah untuk mengatur strategi penyerangan sebaik-baiknya. Pertama-tama cobalah untuk menyerang clan yang lemah tersebih dahulu. Jika berhasil, maka Anda dapat sedikit demi sedikit meningkatkan level musuh yang akan dihadapi.

Pastikan Anda juga memantau keadaan markas musuh sebelum menyerangnya. Perhatikanlah bagaimana formasi bangunannya sehingga Anda dapat menentukan pasukan apa yang bisa digunakan untuk menghancurkannya secara cepat.

Sebagai contoh, jika clan musuh hanya memiliki perlindungan dari wall yang levelnya masih rendah, maka Anda dapat menyerangnya dari darat. Sedangkan apabila pertahanan udaranya masih rendah, maka Anda juga dapat menyerangnya dari udara.

Nah itulah berbagai tips serta cara bermain COC yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika Anda memiliki tips dan trik lainnya yang belum ada dalam ulasan di atas, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Tips & Cara Bermain COC (Clash of Clans) Yang Baik”

  1. Coc mod apk yang paling kamu sukai dari pria yang tidak bisa di ajak ke dalam hati saya sakit hati dan perasaan ini adalah

Tinggalkan komentar