Carisinyal / Tips Fotografi / 10 Tips Foto Di Konser Musik Untuk Hasil Terbaik

10 Tips Foto Di Konser Musik Untuk Hasil Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Datang ke konser musik favorit kita adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa ikut menikmati musik yang dimainkan oleh musisi tersebut atau mungkin bernyanyi mengikuti lirik lagu yang sedang dinyanyikan oleh si vokalis. Bahkan, tak jarang kita ingin mengabadikan foto dari musisi favorit ketika mereka sedang tampil di atas panggung. Hasil foto tersebut bisa diunggah ke media sosial dan dipamerkan ke teman-teman.

Untuk mengabadikan momen saat berada di konser musik, Carisinyal menyarankan Anda untuk menggunakan kamera DSLR. Pasalnya, kamera tersebut memiliki pengaturan yang bisa membuat hasil foto tampak lebih baik. Namun, bila di venue Anda tidak boleh membawa kamera DSLR, maka Anda bisa menggunakan kamera ponsel dengan bantuan dari tips foto di konser musik berikut ini.

1. Perhatikan Peraturan “Three Songs” dan “No Flash”

Bagi orang awam, mungkin aturan ini terasa asing di telinga. Namun, tips foto di konser musik kali ini akan memberikan informasi mengenai peraturan foto dalam sebuah konser yang biasa dipahami oleh fotografer dan jurnalis.

Pada umumnya, fotografer diberikan waktu 10 menit (Sekitar 3 lagu yang akan dimainkan oleh musisi) untuk mengabadikan momen saat musisi tampil di atas panggung. Sementara itu, aturan untuk tidak menggunakan flash disebabkan karena lampu flash akan bertabrakan dengan lighting panggung sehingga hasil foto tampak flat.

2. Gunakan Gear yang Tepat

tips foto di konser musik

Untuk menghasilkan momen di konser musik, gunakan gear yang tepat. Bawalah lensa yang memiliki bukaan lebar. Bawalah kamera DSLR Anda, tak  peduli kamera merk apa yang Anda miliki. Kemudian, sertakan juga lensa fix dengan lokal menengah sampai tele, seperti 50mm f/1.8 atau 85mm f/1.4. Mungkin Anda juga perlu membawa lensa all-round dengan bukaan yang besar, seperti 24-70mm f/2.8.

3. Tingkatkan Pengaturan ISO

pengaturan iso

Sebenarnya, apapun jenis kamera Anda tidak menjadi penghalang untuk menghasilkan foto yang bagus di dalam konser musik. Hanya saja, jika bisa gunakan kamera yang memiliki ISO 800 ke atas. Salah satu contoh kamera dengan ISO yang lumayan dan dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal adalah Canon EOS 400D.

ISO 800 sangat bermanfaat untuk mengatasi noise pada hasil foto. Namun, karena pada umumnya di konser musim pencahayaannya sangat minim, maka Anda bisa meningkatkan ISO menjadi 1.600. Meskipun hasil fotonya akan terdapat banyak noise, tetapi percayalah hasil foto tersebut akan nampak tajam setelah ISO ditingkatkan.

4. Lensa Adalah Senjata Utama Anda

lensa kamera

Bermain lensa adalah bagian dari tips foto di konser musik yang akan kami bagikan kali ini. Ketika ingin mengabadikan momen di konser musik, Carisinyal merekomendasikan Anda untuk menggunakan lensa dengan aperture yang besar, yakni F/2.8 ke bawah.

Sayangnya, harga lensa yang memiliki aperture besar umumnya dibandrol dengan sangat mahal. Namun, lensa dengan aperture besar biasa dipakai untuk mengambil gambar dari jarak yang agak jauh.

Bila Anda memperoleh kesempatan untuk memotret dari bibir panggung, gunakan lensa wide atau prime dengan diafragma yang sedang. Pastikan Anda mendapatkan posisi yang baik dan pencahayaan yang bagus untuk menghasilkan foto yang keren.

5. Setting White Balance Otomatis

Sebuah konser musik tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan lighting yang berwarna-warni. Lighting ini bisa membantu seorang fotografer untuk menghasilkan foto yang bagus sekaligus menyulitkan fotografer saat harus mengatur white balance.

Solusi dari permasalahan ini adalah, setting white balance secara otomatis. Karena setiap beberapa detik atau menit lighting di panggung pasti akan berganti warna, jangan buang waktu Anda untuk mengatur white balance di kamera Anda untuk menyesuaikan dengan warna lampu panggung.

6. Bawa Perlengkapan Seperlunya

Karena di venue nanti Anda harus berdesakan dengan banyak orang, maka Anda tidak perlu membawa tripod. Selain itu, bawalah lensa secukupnya. Jangan sampai Anda membawa semua koleksi lensa Anda. Pastikan Anda membawa barang yang muat di dalam satu tas berukuran sedang. Karena sesampainya di sana Anda tidak mungkin menitipkan barang Anda pada sembarang orang, bukan?

7. Teknik Mengambil Foto

Implying Motion

Para fotografer biasa menggunakan dua teknik kala mereka sedang memotret di konser musik. Teknik pertama adalah Freeze Motion, di mana gerakan yang dihasilkan objek akan terekam di dalam foto, sehingga objek akan tampak seperti terjebak atau membeku pada suatu momen.

Selanjutnya, ada pula teknik kedua yang bernama Implying Motion, di mana Anda akan menciptakan gambar dengan flowing effect yang memilki sedikit sentuhan efek gerakan. Jangan lupa untuk terus memantau hasil foto yang barusan Anda jepret, agar Anda bisa mengetahui apa kekurangan dari foto sebelumnya dan berusaha memperbaikinya di foto selanjutnya.

8. Hasilkan Foto yang “Berbicara”

foto yang berbicara

Tidak semua momen di konser musik layak untuk diabadikan. Sebagai seorang fotografer yang andal, pastikan Anda menghasilkan foto yang “berbicara”. Apa itu definisi dari foto yang berbicara? Definisinya adalah foto tersebut bisa bercerita ke orang-orang yang melihatnya tentang suasana di venue.

Misalnya, Anda memotret vokalis yang sedang menyanyi dan urat-urat di lehernya nampak sangat menonjol, lalu Anda juga memotret si gitaris yang sedang memetik gitar sembari menghentakkan kepalanya sehingga rambut panjangnya nampak messy. Dengan foto tersebut, orang yang tidak hadir di konser itu pun bisa tahu bahwa Anda sedang mengabadikan momen dalam konser musik rock.

9. Memotret Objek Lain Selain Musisi

penonton konser

Adakah objek lain yang menarik untuk difoto dalam sebuah konser musik selain musisi yang sedang tampil di atas panggung? Tentu saja ada. Penonton adalah objek menarik lainnya yang bisa dipotret. Euphoria penonton akan membuat hasil foto Anda tampak sangat berenergi.

Jangan lupa untuk memotret penonton ketika mereka bernyanyi, berteriak, atau bahkan bergoyang mengikuti alunan musik di konser tersebut. Tips foto di konser musik ini juga menyarankan Anda untuk memotret tanpa mengganggu penonton.

10. Tidak Masalah Menggunakan Ponsel

Jika di venue tidak perkenankan untuk menggunakan kamera DSLR, Anda tak perlu kecewa. Karena Anda bisa menggunakan smartphone Anda. Apapun smartphone Anda, baik iPhone atau Android, asalkan kameranya sudah memiliki pengaturan ISO dan White Balance, maka Anda bisa memotret di konser musik dengan hasil yang cukup baik.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua konser musik mengizinkan Anda untuk memotret dengan DSLR. Kecuali, Anda adalah fotografer resmi yang disewa oleh panitia atau Anda seorang pers yang sudah meminta izin terlebih dahulu.

Nah, inilah tips foto di konser musik yang harus Anda perhatikan, terutama jika Anda baru pertama kali memotret di sebuah konser musik. Sebelum membuat persiapan yang matang, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu suasana dan peraturan yang berlaku di tempat konser tersebut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar