Carisinyal / 10 Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkualitas

10 Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semakin banyaknya orang membuat situs, semakin banyak pula orang yang membutuhkan hosting sebagai tempat atau server situs tersebut. Faktor ini pula yang kemudian mendorong banyaknya jasa penyedia web hosting.

Banyaknya jasa web hosting Indonesia tidak serta merta membuat semua jasa hosting itu bagus. Jadi buat Anda yang hendak membeli web hosting perlu hati-hati karena bisa saja Anda kecewa di tengah jalan lantaran hosting yang Anda beli ternyata tidak berkualitas alias abal-abal.

Nah, agar Anda tidak tertipu oleh jasa hosting abal-abal, sebaiknya sebelum membeli hosting, Anda harus perhatikan tips-tips berikut ini.

1. Memilih Hosting Sesuai Kebutuhan

hosting option

Sebelum membeli hosting, tentukan dulu kebutuhan situs Anda seperti apa. Jika misalnya situs yang akan Anda bangun hanya berupa halama profil tanpa banyak fitur aneh-aneh, tentu paket hosting basic atau yang standar bisa Anda pilih.

Lain cerita jika Anda akan membangun website untuk keperluan toko Anda, halaman profil dengan banyak page, situs untuk jasa dengan berbagai kostumisasi fitur, atau situs yang ditujukan untuk portal berita. Jika kebutuhan seperti ini, tentu hosting yang dipilih juga adalah hosting dengan kapasitas yang besar.

Nah, karena itu petakan terlebih dulu kebutuhan situs Anda. Jika Anda berenca akan membuat banyak fitur di website pada kemudian hari, Anda bisa memulai memilih hosting yang standar dulu. Baru nanti upgrade.

2. Bandwidth

hostinger

Poin ini masih berhubungan dengan nomor 1. Anda sebaiknya memilih hosting yang menawarkan bandwidth besar. Mengapa? Karena jika suatu hari situs Anda mendapat banyak pengunjung, situs Anda tidak kewalahan.

Jika bandwidth dibatasi, ini akan akan membuat website Anda down. Bayangkan misalnya jasa hosting yang Anda pilih membatasi 3 atau 4 GB bandwidth saja tapi pengunjung situs Anda padat, situs Anda akan kewalahan. Ibarat gerbang tol yang hanya menyediakan 2 gerbang saja untuk masuk tapi jumlah mobil yang masuk ke tol ada banyak.

Karena itu sebaiknya Anda memilih hosting yang menyediakan bandwidth tak terbatas. Biasanya bahasa marketing untuk hal ini adalah “bandwidth unlimited”. Istilah ini mengacu pada layanan bandwidth yang tak dihitung alias jumlah bandwidth tidak dibatasi.

3. Melihat ulasan dari orang yang memakai hosting tersebut

Jangan dulu membeli hosting dari suatu jasa, jika belum ada yang mengulas atau pengalaman menggunakannya. Ibarat kita hendak membeli smartphone merek A tapi kita mencari tahu dulu ulasan tentang smartphone tersebut.

Hal sama juga berlaku ketika Anda menentukan menggunakan layanan hosting. Cari tahu dulu orang yang sudah memakai hosting tersebut. Lihat review atau ulasannya selama menggunakan layanan hosting tersebut. Jika ternyata banyak yang puas, tidak ada salahnya untuk membeli.

Jika tidak ada informasi atau tidak ada yang memakai, sebaiknya cari yang lebih baik.Untuk mencari tahu ulasan layanan suatu hosting, Anda bisa cari informasinya di mesin pencari Google.

4. Mencoba langsung

hosting gratis

Jika Anda belum puas dengan referensi atau ulasan orang lain, dan penasaran dengan jasa hosting yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda langsung mencoba hosting tersebut. Caranya Anda bisa membeli hosting tersebut selama 1 sampai 3 bulan saja, jadi jangan sampai 1 tahun langsung.

Jika tidak mau mengeluarkan dana sama sekali, Anda bisa mencari penyedia layanan hosting yang memberikan hosting gratis. Hostinger contohnya. Penyedia layanan hosting ini punya fitur layanan hosting gratis yang bisa dicoba oleh siapapun lewat id.000webhost.com.

Jika Anda puas memakai layanan gratis dari hosting tersebut, tak perlu ragu untuk mencoba paket berbayar dari penyedia hosting tersebut. Di Hostinger misalnya, ada paket web hosting premium dan paket web hosting bisnis yang menawarkan berbagai kelebihan seperti mendapatkan domain gratis dan gratis sertifikasi SSL.

5. Lokasi Server

Hosting ada yang lokasi servernya di Indonesia, Singapura, Amerika dan lainnya. Untuk keperluan website Anda, sebaiknya perhatikan lokasi server ini. Kenapa? Karena lokasi server berpengaruh pada kecepatan saat sedang memuat web Anda (web loading).

Bila target pengunjung situs Anda adalah orang Indonesia, maka sebaikya Anda memilih lokasi server yang di Indonesia, Berbeda jika Anda akan membangun blog bahasa Inggris dan target pengunungnya orang Amerika, maka sebaiknya pilih server Amerika.

6. Penyimpanan

Sebaiknya Anda memperhatikan juga soal penyimpanan hosting. Ini penting karena akan berkaitan dengan penyimpanan data situs Anda. Lihat detail hosting, cek tipe penyimpanannya. Sebaiknya pilih hosting yang menyediakan tipe penyimpanan SSD dan HDD. Seperti yang diketahui, SSD adalah tipe penyimpanan yang baik dan cepat.

Perhatikan juga kapasitas penyimpanan yang diberikan. Jika kebutuhan situs Anda akan memuat banyak gambar, tentu penyimpanan dengan kapasitas adalah piihan wajib.

Salah satu hosting yang menyediakan tipe penyimpanan SSD dan tak dihitung alias unlimited adalah Hostinger. Anda bisa memilih Hostinger jika membutuhkan hosting untuk kebutuhan situs untuk bisnis atau situs dengan banyak gambar.

7. Fitur dan fasilitas

fitur

Sebaiknya jangan tergoda dengan jasa penyedia hosting yang menawarkan harga murah tapi ternyata abal-abal dan tak memiliki banyak fitur. Pilihlah hosting yang memiliki banyak fitur dan fasilitas. Misalnya Hostinger yang menawarkan banyak sekali fitur dan fasilitas yang digunakan.

Di Hostinger terdapat fitur seperti support PHP, database InnoDB, PHPMyAdmin tool, FTP, dan sebagainya. Di Hostnger juga terdapat fitur untuk menambahkan subdomain secara tak terbatas alias fitur  “subdomain unlimited”. Fitur ini tentu akan berguna untuk Anda yang butuh subdomain cukup banyak.

8. Backup Harian

backup

Namanya situs yang gampang diakses siapapun, tentu cukup rawan jika ada hal buruk menimpa. Apalagi jika Anda butuh data yang ada di situs tersebut. Kan repot jika data situs Anda hilang atau terjadi hal buruk yang membuat Anda harus membuat situs dari awal lagi.

Karena itu daripada hal buruk tersebut terjadi, sebaiknya pilih layanan hosting yang menawarkan backup secara berkala. Hostinger contohnya, pada paket bisnisnya menawarkan fasilitas backup harian yang tentunya akan sangat berguna, terlebih jika situs Anda sudah memiliki banyak data berupa teks dan gambar.

9. Jaminan Terpercaya

trsuted hostinger

Pilihlah web hosting yang memberikan jaminan garansi kepada Anda. Jaminan ini sangat penting karena akan membuat Anda menilai kredibilitas penyedia hosting tersebut.

Misalnya jika penyedia web hosting menawarkan jaminan Uptime 99% serta jaminan 30 Hari uang kembali, tentu weh hosting tersebut bukan abal-abal serta terpercaya. Dan Hosting adalah web hosting yang menawarkan dua jaminan tersebut.

10. Costumer service

chat

Yang terakhir, pilihlah hosting yang menyediakan pelayanan terbaik kepada Anda. Semisal customer service yang siap melayani Anda jika ada masalah dan gangguan. Yang paling mudah adalah pelayanan lewat chat karena langsung berkomunikasi untuk mengatasi masalah saat itu juga.

Hostinger sebagai penyedia web hosting dan domain murah, adalah salah satu penyedia web hosting yang memberikan pelayanan terbaik jika ada masalah. Customer servier dari Hostinger siap membantu dan menjawab pertanyaan Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *