Carisinyal / 10 Tips Membeli HP Secara Online Agar Tidak Tertipu

10 Tips Membeli HP Secara Online Agar Tidak Tertipu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2019

Di zaman serba teknologi seperti ini kita bisa membeli apapun melalui online. Belanja online dapat menghemat tenaga, waktu, dan juga biaya. Mulai dari barang sederhana sampai dengan barang berharga, seperti ponsel, semuanya bisa dibeli melalui situs belanja online.

Meskipun saat ini sudah banyak penjual ponsel online yang memanfaatkan marketplace, tapi toh ada saja pembeli yang tertipu ketika membeli HP secara online. Biar Anda tidak tertipu ketika membeli HP secara online, simak tips aman beli HP online dari Carisinyal berikut ini.

10 Tips Membeli HP Secara Online

1. Ketahui Tipe HP yang Diinginkan

Tipe HP Tips Membeli HP Secara Online

Sebelum memilih penjual HP online, sebaiknya ketahui dulu tipe HP yang ingin dibeli. Setelah mengetahui tipe HP yang diinginkan, lakukan observasi untuk menemukan penjual yang menyediakan tipe HP yang Anda inginkan.

Selanjutnya, lakukan perbandingan harga dari satu penjual dengan penjual lainnya. Sebagai konsumen, tentu saja Anda menginginkan HP dengan harga yang paling murah. Jadi, tak ada salahnya jika Anda melakukan perbandingan antara beberapa penjual HP online yang berbeda.

2. Pilih Penjual yang Terpercaya

Pilih Penjual yang Terpercaya

Bagian yang paling penting ketika hendak membeli HP secara online adalah memilih penjual yang terpercaya. Kualitas penjual memang menentukan barang dagangannya. So, inilah saatnya Anda memilih sendiri penjual yang ingin disinggahi.

Dewasa ini, Anda bisa memilih penjual berdasarkan dengan review pembeli sebelumnya. Review biasanya hanya bisa diberikan kepada orang yang pernah melakukan transaksi dengan si penjual. Salah satu tempat berbelanja HP online yang terpercaya adalah Erafone. Untuk meyakinkan Anda sebelum membeli, cek dulu review pembeli yang memiliki pengalaman dengan Erafone di Indonesiareview.co.id.

3. Kenali Online Shop yang Terjamin Keamanannya

Kenali Online Shop yang Terjamin Keamanannya

Dalam membeli HP secara online, aspek yang perlu Anda perhatikan bukan hanya reputasi penjual saja, tapi juga keamanan dari online shop itu sendiri. Keamanan website penjual akan menjamin transaksi Anda.

Sebagai contoh, ketika Anda membayar HP yang Anda beli dengan kartu kredit, maka Anda harus mengisi sejumlah data kartu kredit di website penjual HP tersebut. Jika keamanan websitenya tidak terjamin, data kartu kredit tersebut bisa bocor ke tangan hacker bila suatu waktu website tersebut dihack.

Website jual HP online yang keamanannya terjamin selalu terdapat https:// di depan domainnya. Selain itu, di address bar juga terdapat gambar gembok atau kunci yang menandakan bahwa keamanan data pembeli benar-benar terjamin.

4. Buat Perbandingan Harga

Buat Perbandingan Harga

Pembeli tentu menginginkan harga barang yang lebih murah, termasuk diri kita sendiri ketika ingin membeli HP baru. Oleh karena itu, buatlah perbandingan harga dari satu penjual dengan penjual yang lain.

Sebagai konsumen tentu saja kita mendambakan harga beli yang murah. Namun, jika harga yang ditawarkan terlalu murah sebaiknya Anda patut curiga. Pilih HP yang harganya berada di kisaran rata-rata, jangan tergiur dengan membeli HP yang harganya sangat murah dari pasaran agar Anda tidak kecewa.

5. Cek Deskripsi Barang yang Tertera

Cek Deskripsi Barang yang Tertera

Sebelum membayar HP yang dipilih, alangkah baiknya jika Anda membaca deskripsi barangnya terlebih dahulu. Deskripsi tersebut biasanya memberikan keterangan mengenai spesifikasi HP, metode pengiriman, sampai dengan kelengkapan yang akan diterima oleh pembeli.

Membaca deskripsi barang adalah poin yang sangat penting agar tidak terjadi misscommunication dengan penjual. Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan HP itu melalui spesifikasinya sehingga Anda masih bisa mengganti pilihan jika spesifikasinya kurang sesuai dengan keinginan.

6. Pastikan HP Bergaransi Resmi

Pastikan HP Bergaransi Resmi

Kebanyakan pembeli yang awam tidak memperhatikan garansi dari HP yang dibeli secara online. Alhasil, ketika HP itu bermasalah dan hendak dibawa ke service center resmi dari merk HP tersebut ternyata garansinya tidak berlaku.

Perlu Anda ketahui bahwa penjual HP yang terpercaya selalu menjual HP dengan garansi resmi dari merk HP tersebut. Hindari membeli HP dengan garansi toko karena biasanya HP tersebut tidak bisa digaransikan di service center resmi. Oleh karena itu, pemilihan toko yang terpercaya memang penting untuk mendapatkan HP berkualitas dengan garansi yang resmi.

7. Kontak Penjual atau Customer Service Jelas

Kontak Penjual atau Customer Service Jelas

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian HP secara online adalah memastikan bahwa ada kontak penjual atau customer service yang bisa dihubungi. Cobalah menghubungi penjual dengan menanyakan beberapa hal. Penjual yang baik pasti akan membalas pesan dari calon pembeli.

Jika belanja di marketplace atau situs penjualan HP ternama seperti Erafone, biasanya ada customer service atau kolom chat untuk terhubung dengan penjual. Jadi, jika ada kendala ketika menerima HP yang dibeli Anda bisa langsung komplain kepada penjual.

8. Gunakan Internet Pribadi Ketika Bertransaksi

Gunakan Internet Pribadi Ketika Bertransaksi

Kejahatan bisa terjadi di mana saja. Bahkan, ketika Anda melakukan pembelian HP di toko online yang keamanannya terjamin bukan berarti Anda bisa lepas dari ancaman kejahatan online. Anda tetap harus waspada ketika melakukan transaksi online, apalagi jika Anda menggunakan internet publik seperti WiFi di café atau mall.

Para hacker biasa memanfaatkan jaringan WiFi di tempat umum untuk melakukan pencurian data. Jadi, gunakan internet pribadi ketika hendak melakukan transaksi pembelian HP online. Internet pribadi ini bisa berupa koneksi data dari kartu SIM yang Anda pakai atau WiFi di rumah sendiri.

9. Tentukan Metode Pembayaran

Tentukan Metode Pembayaran

Setelah menemukan HP dan toko online yang tepat, kini saatnya Anda melakukan pembayaran agar HP tersebut bisa langsung dikirim. Pilih metode pembayaran yang paling nyaman bagi Anda. Sejatinya, metode transfer adalah yang paling aman dari para hacker. Sebaliknya, pembayaran dengan kartu kredit lebih riskan karena data-data kartu kredit bisa dicuri, meskipun website yang keamanannya terjamin sangat minim risiko kebobolan.

Jangan lupa gunakan kode voucher tertentu jika Anda berbelanja di marketplace atau situs penjualan HP ternama. Kode voucher akan memberikan keuntungan bagi pembeli. Belanja HP baru jadi lebih hemat jika Anda menggunakan kode voucher yang valid.

10. Pilih Metode Pengiriman dengan Asuransi

Pilih Metode Pengiriman dengan Asuransi

* sumber: id.techinasia.com

HP adalah barang berharga. Ketika membeli HP secara online sebaiknya pilih metode pengiriman dari kurir yang terpercaya. Selain itu, tambahkan asuransi pada metode pengiriman yang Anda pilih.

Ketika menambah jasa asuransi maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Akan tetapi, biaya tersebut tidak sebanding dengan benefit yang Anda dapatkan ketika HP tersebut hilang atau rusak saat pengiriman.

Itulah sejumlah tips membeli HP secara online yang aman dan praktis. Sebagai pembeli kita harus pandai dalam memilih toko online, terutama ketika kita hendak membeli barang bernilai tinggi seperti HP.

Utamakan membaca review dari pembeli yang pernah bertransaksi di toko online tersebut. Misalnya, ketika Anda ingin mengetahui pengalaman sejumlah orang yang pernah bertransaksi di situs penjualan gadget sebesar Erafone atau yang lainnya, Anda bisa langsung membacanya di Indonesiareview.co.id.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar